07 May 2016

Sehari bersama mbak Marita | Ngobrol Bareng

 

Baca juga yaa..

Holaaa..

Long weekend sudah datang. Jalanan di Jogja macet, tempat wisata full. Dan long weekend ini aku manfaatkan buat kumpul keluarga besar, teman dan sahabat. Alhamdulillah..

Nah, kali ini My Scrap Book lagi punya kesempatan buat bisa seharian bareng mbak Marita nih. Penasaran nggak, ngapain aja sih kita berdua seharian ini?

Oke, simak yuk, obrolan cantik kita berdua..

Hallo, mbak, apa kabarnya nih? Waah, lagi sibuk apa nih sekarang? 

Hai mbak Asri, alhamdulillah baik. Mbak Asri baik juga kan? Sibuk apa yaaa.. sibuk jadi Buaya alias ibu-ibu muda banyak gaya... hihi... Ya sibuk ngurus rumah, nulis untuk content, dan blogging suka-suka aja mbak.
Ehm, mbak, maaf yaa, ganggu waktunya sebentar. Boleh nanya-nanya kan? Ehm, mbak, kalau boleh tau nih, profesi mbak saat ini apa yaa? Boleh diceritakan sedikit  mengenai profesi mbak saat ini?

Boleh banget laaah, tersanjung gitu lo bisa muncul di blog cantiknya Mbak Asri :)
Kalau profesi utama sih jelas Ibu Rumah Tangga mbak. Sejak resmi resign dari posisi asisten manager LPIA Kedungmundu Semarang pada Februari 2012, aku mengabdikan diri untuk keluarga (cieee). Hehe, tapi berhubung biasa megang uang sendiri, biasa kerja dari jam 8 pagi pulang jam 8 malam... gatel juga untuk kerja lagi. Alhamdulillah April 2012 aku ditawari teman untuk jadi freelance content writer di beberapa web yang nggak bisa aku sebutkan namanya, karena memang kontraknya demikian. Dari situlah aku mulai tahu ternyata dari menulis kita bisa menghasilkan, tidak cuma karya, tapi juga rupiah. 
 
Pernahkah mbak merasakan kebosanan atau mati gaya saat menjalani profesi mbak yang nggak sedikit itu? Bagaimana cara mbak apabila kemudian tiba-tiba merasakan kebosanan yang teramat sangat?
Pernah bangeeeet. Meskipun menulis itu hobbyku, tapi kalau kita terus-terusan dipaksa nulis yang bukan passionnya kita, kesukaan kita, tapi karena ngejar dapat fee aja, emang feelnya beda banget yaa... Kalau bosennya udah sampai ke ubun-ubun, biasanya aku ngajak jalan-jalan suami... entah ngafe atau kemana pokoknya enggak di dalam rumah aja. Biar pikiran jadi fresh lagi. Selain itu ketemu temen, dengerin musik juga bisa jadi cara ampuh untuk ngilangin bosen.
Ngisi blog sendiri juga salah satu cara untuk ngembaliin mood nulis kerjaan utama :) Seneng baca-baca komen dari sesama blogger bikin semangat kerja naik lagi.

Meski sudah kenal blog sejak 2007an, tapi masih untuk sekedar tempat curcol gitu, belum untuk sesuatu yang lebih. Sekarang baru sadar ternyata blogging itu enak bangeeet.

Kalau boleh tau nih, kan selain mbak berprofesi sebagai IRT dan freelance content writer, mbak juga berprofesi sebagai blogger. Gimana sih cara bagi waktunya antara kesibukan mbak sendiri dengan menulis blog? 

Ada managernya sih.. alias suami hehe... biasanya aku mulai kerja jam 1 atau 2 pagi.. enak sepi, si kecil juga lelap tidur. Sama suami ditanya.. mau ngerjain apa dan mana dulu? Butuh waktu berapa jam. Misal aku jawab mau ngerjain punya si A, butuh waktu dua jam. Dua jam kemudian suami bakal ndeketin aku dan bilang time out, saatnya ngerjain apa lagi ini? Soalnya kalau nggak digituin bisa nggak beres kerjaanku hihhi.

Selain ngandelin suami jadi "jam weker", aku juga bikin jadwal sih.. hari ini harus kelar berapa tulisan untuk kerjaan utama, dan postingan untuk blog berapa. So far sih begitu, meski masih harus banyak belajar banget. Yang pasti sebisa mungkin jam 6 pagi tulis menulis untuk kerjaan utama harus udah kelar, kalau anak sekolah ya nyiapin anak sekolah, kalau nggak prepare untuk posting di blog pribadi, kalau udah kelar baru ngerjain urusan rumah atau kegiatan-kegiatan lain, misal liqo, kopdar dengan teman-teman di beberapa komunitas, dll.
 
Apa yang melatar belakangi mbak kemudian membuat blog? Kalau boleh tau, dalam sehari, seminggu, sebulan, bisa posting berapa banyak? Ada tantangan/kesulitan nggak, setiap kali mau memposting tulisan di blog?
 
Awalnya sih blog itu bagaikan diary online buatku. Curcol, puisi, cerpen gitu doang isinya. Tapi baru mulai tahun kemarin mulai nulis sesuatu yang lebih "berisi", nulis yang bisa memberikan manfaat untuk diri sendiri dan orang lain, juga untuk mengikat ilmu biar nggak lupa. Sebelumnya sih posting di blog pribadi sesempetnya aja tapi pengennya mulai Maret tahun ini bisa one day one posting sih. Kalau nggak inget punya kerjaan utama, tiga - lima posting per hari untuk blog pribadi bisa aja, cuma kan karena ada kerjaan lain yang harus diurusi mulai Maret aku berusaha posting sehari satu artikel di blog. Soal kesulitan sampai hari ini  kalau untuk mencari ide alhamdulillah nggak, justru kalau untuk blog idenya banyak banget, sampai punya beberapa draft karena ada ide-ide yang belum sempat dieksekusi. Tapi kesulitan yang terbesar sih soal time management :D.

Bagaimana pandangan orang-orang di sekitar mbak, di lingkungan pekerjaan mbak Marita dengan profesi mbak sebagai blogger? Apakah mereka mendukung atau malah ada yang mencibir? Apa keuntungan yang mbak dapatkan saat mbak kemudian memilih menjalani profesi sebagai blogger? 

Kalau keluarga sih mendukung aja.. karena memang tahu dari dulu suka nulis. Teman-teman di luar blogger juga asyik-asyik aja.. Paling kalau ada teman yang kurang paham soal perbloggingan, malah bisa jadi sarana berbagi informasi tentang blog. Kalau keuntungan jadi blogger yang sudah terasa hingga saat ini sih jadi punya banyak teman, hasil tulisan bisa dibaca banyak orang, bisa berkarya dengan happy, bisa menghasilkan karya meski baru lewat buku antologi, bisa ikut gathering yang asyik-asyik. 

Apakah keluarga mbak selama ini mendukung dari sisi pekerjaan tetap mbak Marita dan pekerjaan sampingan mbak sebagai blogger?

Sangat mendukung. Suami justru yang sering menyemangati agar pekerjaan utama dan blogging harus berjalan seiringan, jangan sampai saling mengganggu.


Ada tips dan trik nggak dari mbak dalam menuliskan sebuah tema di blog? Atau saat menulis blog?
 
Tentunya sesuaikan dengan materi blog itu, kalau blognya memang berisi niche atau kata kunci tertentu, ya berarti temanya harus di seputaran itu. Misal blog travelling, berarti temanya ya tentang wisata kemana, tips berwisata, tips tetap cantik saat berwisata, dll.
Kalau ingin lebih serius mendalami SEO, bisa gunakan keyword planner di google adwords, atau google trends untuk mengumpulkan kata kunci yang paling banyak dicari di google. Kalau udah punya bank data keyword, tinggal dipilih deh, mau nulis yang mana dulu. Tulis sesuai style kita.
Bisa juga menulis yang lagi jadi trend topic di sekitaran kita, soal plastik berbayar, soal pencabulan oleh SJ dll.

Intinya kalau soal tema sih, harus banyak baca, banyak dengar, banyak lihat dan banyak blogwalking biar nemu ide-ide baru.


Menurut mbak, blogger di era sekarang ini penting nggak sih?

Penting banget. Di dua acara gathering yang saya datangi bulan Februari lalu, narasumbernya menyatakan bahwa blogger itu memiliki peranan penting dalam "membesarkan" gaung sebuah event atau nama produk. Jadi penting banget buat para penyelenggara acara untuk nggandeng blogger dalam tiap kegiatan mereka. Karena blogger itu biasanya jujur dalam tiap tulisannya, tidak hanya sekedar "iklan". Blogger juga bisa banget bikin sesuatu topic jadi viral.

Yang terakhir ya. Ada pesan nggak untuk para blogger yang memiliki pekerjaan pokok atau untuk para pemula yang masih baru berkecimpung di dunia perbloggeran? 
 Maju terus pantang mundur. :) Do what you love and success will follow!



*** 
Gimana hasil My Scrap Book ngobrol bareng mbak Marita? Asyik kan? Seru banget kan? Jadi, tambah bikin nggak sabar buat segera meluncur ke blognya mbak Marita buat baca postingan serunya. My Scrap Book udah lho, kamu?

Makasih banyak, Mbak Marita, sudah bersedia menghabiskan waktu seharian bersama My Scrap Book. Semoga dengan ini bisa menjadikan kita makin akrab dan silaturahmi tidak terputus yaa..
  
Untuk tampilan blog dari Marita adalah :
 
 
Asyikkk, kelar sudah ngobrol bareng My Scrap Book bersama dengan Mbak Marita. Don't go anywhere, tetap stay tune yaaa di blog My Scrap Book. Karena ada berbagai artikel menarik disini.

Ngobrol bareng ini menjadi pilihan My Scrap Book untuk ikut meramaikan postingan di blog ini. Dimulai dengan Ngobrol bareng, dan jangan lupa baca Guest Post yang sudah bisa mulai kamu baca juga di blog ini. Semoga dengan adanya postingan ini bisa menambah pertemanan dan keakraban di antara teman-teman semua.
 ***

Tentang Marita :
 
Hi, kenalin namaku Marita Surya Ningtyas. Seringnya dipanggil Marita atau kalau keluarga dan teman-teman dekat biasa manggil Ririt. Saat ini kesibukanku ngurus anak dan suami sambil jadi content writer di beberapa web. Selain itu juga sedang mulai mengaktifkan diri kembali blogging. Blog buatku seperti rumah kedua dimana aku bisa dengan bebas mengutarakan dan mengekspresikan apa yang aku lihat, dengar dan rasa. Sedang giat belajar parenting dan bantu-bantu di YukJOS Community Semarang Chapter dan HSMN Semarang.

Kamu bisa menemukan kesehariannya di Blog | Twitter | Facebook
Be First to Post Comment !
Post a Comment

Tulis komentarmu dengan bahasa yang sopan dan tinggalkan Nama/URL yaa, biar bisa langsung saya BW :)

Custom Post Signature

Custom Post  Signature