21 June 2016

Meet Time with Social Media Officer, Ina fatah | Ngobrol Bareng


Holaaa..

Selasa! Yeay.. Ada rencana apakah kalian di hari selasa ini? Apakah buka bersama dengan teman, keluarga atau someone special?

Nah, kali ini My Scrap Book lagi mau Meet Time sama Social Media Officer, Ina Fatah. Penasaran nggak? Penasaran kan, iya kan?

Oke, simak yuk, obrolan cantik sambil kita berdua yuk..
 
Hallo, mbak, apa kabarnya nih? Waah, lagi sibuk apa nih sekarang? 

Halo juga...alhamdulillah kabar baik....sekarang seperti biasa, sibuk aktifitas di kantor, ngeblog dan tentu sibuk sebagai seorang istri dan ibu dari bocah empat tahun yang super ceriwis :) 
 
Ehm, mbak, maaf yaa, ganggu waktunya sebentar. Boleh nanya-nanya kan? Ehm, mbak, kalau boleh tau nih, profesi mbak saat ini apa yaa? Boleh diceritakan sedikit  mengenai profesi mbak saat ini?

ehem....profesi saya saat ini adalah Social Media Officer atau SMO. Itu lho yang menghandle akun social media di perusahaan tempat saya bekerja. Tugasnya memberikan informasi, menjawab pertanyaan, kritik dan saran dari kostumer yang masuk melalui akun social media tempat saya bekerja.


Pernahkah mbak merasakan kebosanan atau mati gaya saat menjalani profesi mbak yang nggak sedikit itu? Bagaimana cara mbak apabila kemudian tiba-tiba merasakan kebosanan yang teramat sangat?
Mati gaya atau bosan ?hmmm....ada. Itu terjadi ketika ada masukan atau tuntutan dari kostumer yang saya tidak bisa jawab dan ketika ditanyakan ke pihak manajemen mereka tidak bisa memberikan solusi. Itu memang sih masalah internal perusahaan dan mereka berhak untuk tidak memberikan atau membeberkan sesuatu di sosial media secara gamblang. Tapi saya mengatasinya dengan berdiplomasi supaya kostumer tidak terlalu kecewa dan bisa mengerti. 
Jika bosan teramat sangat saya mengalihkan dengan browsing, membaca situs-situs berita, mendengarkan musik dan juga menulis di blog.

Kalau boleh tau nih, kan selain mbak berprofesi sebagai ( Social Media Officer ), mbak juga berprofesi sebagai blogger. Gimana sih cara bagi waktunya antara kesibukan mbak sendiri dengan menulis blog?

Untuk menulis saya biasanya di jam istirahat, bikin draft. Atau jika ada ide yang memang takut hilang, saya tulis dulu di notes. Kadang saya menulis di jam yang tidak terlalu sibuk, biasanya menjelang bubar kantor atau bubar kantor saya masih stay di kantor hingga 1 jam. Kadang juga di rumah pas malam ketika anak sudah tidur.


Apa yang melatar belakangi mbak kemudian membuat blog? Kalau boleh tau, dalam sehari, seminggu, sebulan, bisa posting berapa banyak? Ada tantangan/kesulitan nggak, setiap kali mau memposting tulisan di blog?
 
Saya punya blog sejak 2008. Awalnya karena sok kekinian ya. Lihat orang-orang punya blog saya pun ingin punya. Jadilah saya belajar otodidak melalui buku. Waktu itu benar-benar saya mulai dari dasar. Hingga saya belajar mengubah template, menambah fitur dari hasil brwosing. Postingannya pun dulu banyak curhat-curhat tak jelas hehe..kritik kritik pedas pada kebijakan pemerintah. Tapi sekarang sudah banyak curhat-curhat dan kritik-kritik itu yang saya hapus hehehe.Tapi sekarang bagi saya menulis di blog adalah untuk berbagi kepada khalayak, semoga apa yang saya sampaikan bermanfaat dan ternyata memang ada karena banyak sejumlah pertanyaan yang muncul dari pembaca kepada saya tentang informasi yang saya sajikan di blog. 
Saya tidak menargetkan harus menulis dalam sebulan berapa. Setiap ada ide atau pengalaman yang harus saya tulis ya saya tulis. Kadang seminggu bisa 2 sampai 3 tulisan. Kadang malah tidak ada. Tapi setiap bulan pasti ada tulisan baru. 
Kesulitannya untuk memposting sih tidak ada. Cuma kadang kalau kurang foto pendukung dan harus googling itu kadang ga enak meski tetap mencantumkan sumbernya.


Bagaimana pandangan orang-orang di sekitar mbak, di lingkungan pekerjaan mbak Annisa dengan profesi mbak sebagai blogger? Apakah mereka mendukung atau malah ada yang mencibir? Apa keuntungan yang mbak dapatkan saat mbak kemudian memilih menjalani profesi sebagai blogger? 
 
Suami saya mendukung karena dia tahu sejak dulu sebelum kenal dia saya udah menulis. Teman-teman juga mendukung meski ada juga sih yang mungkin nada negatif. Misalnya saya berbagi informasi tentang safety deposit box (SDB) di bank. Di tulisan itu kan saya menjelaskan mengapa saya harus menyewa SDB, cara menyewa, keuntungan menyimpan barang berharga di SDB. Nah ada yang anggap saya pamer harta kekayaan yang tidak seberapa itu hehehe.

Keuntungannya ya itu kepuasan batin ketika kita memberikan informasi kepada orang lain melalui tulisan dan orang yang semua tidak tahu jadi tahu. Apalagi melalui tulisan kita itu orang lain sangat terbantu karena selama ini ia memang "buta" tentang sesuatu hal. Keuntungan lain saat ini ya dapat duit sampingan dari job review dan menang lomba hehehe


Apakah keluarga mbak selama ini mendukung dari sisi pekerjaan tetap mbak Helena dan pekerjaan sampingan mbak sebagai blogger?

Keluarga mendukung...karena mereka tahu passion saya itu menulis. Bahkan saya bertekat akan menulis sepanjang hayat


Ada tips dan trik nggak dari mbak dalam menuliskan sebuah tema di blog? Atau saat menulis blog?

Tipsnya mungkin kembali kepada tujuan kita ya. Kalau ingin memberikan informasi kepada pembaca, ya tulislah dengan bahasa yang baik, runut, sistematis dan jelas. Sehingga pembaca puas dan kalau pun ingin bertanya mungkin tidak terlalu detil lagi atau sekedar tambahan saja


Menurut mbak, blogger di era sekarang ini penting nggak sih?



Menurut saya sangat penting. Blogger adalah bagian penyampai informasi kepada masyarakat melalui tulisan tulisan mereka yang berdasarkan pengalaman, pengamatan dll. Bahkan tulisan blogger banyak menjadi referensi bagi pembaca sebelum mereka hendak melakukan sesuatu. Misal saja, jika mau pergi wisata ke suatu daerah pasti banyak yang googling. Ketika mereka membaca pengalaman seorang blogger yang pernah ke sana, pembaca tentu akan menjadikannya referensi dan sudah dapat gambaran.


Yang terakhir ya. Ada pesan nggak untuk para blogger yang memiliki pekerjaan pokok atau untuk para pemula yang masih baru berkecimpung di dunia perbloggeran? 

Sebaiknya tetap utamakan pekerjaan utama. Pintar pintar membagi waktu saat menulis di sela jam kerja. Misal di jam istirahat atau pulang kantor. Untuk pemula, yang penting jangan bosan untuk menulis. Jangan terlalu banyak "tuntutan" pada diri sendiri karena nanti itu malah akan bisa down. Tapi, pelan tapi pasti tetaplah menulis dan konsisten. Jangan memaksakan diri harus bisa segera seperti blogger yang udah bertahun-tahun menulis. Selain itu rajinlah membaca tulisan orang lain, jalin link melalui komentar-komentar di tulisan orang lain karena hal itu akan membuka banyak peluang lho, salah satunya bisa mengetahui info lomba atau cara mendapatkan job review hehehe
 
*** 
Gimana hasil My Scrap Book ngobrol bareng mbak Ina? Asyik kan? Seru banget kan? He.. he.. he.. Jadi, tambah bikin nggak sabar buat segera meluncur ke blognya mbak Ina buat baca postingan serunya. My Scrap Book udah lho, kamu?

Makasih banyak, mbak Ina, sudah bersedia mengobrol, berbagi ilmu bersama My Scrap Book. Semoga dengan ini bisa menjadikan kita makin akrab dan silaturahmi tidak terputus yaa.. 

Untuk tampilan blog dari Ina adalah :
 
 
Asyikkk, kelar sudah ngobrol bareng My Scrap Book bersama dengan mbak Ina. Don't go anywhere, tetap stay tune yaaa di blog My Scrap Book. Karena ada berbagai artikel menarik disini.

Ngobrol bareng ini menjadi pilihan My Scrap Book untuk ikut meramaikan postingan di blog ini. Dimulai dengan Ngobrol bareng, dan jangan lupa apabila kamu ingin ikutan di rubrik ini, bisa langsung send me an email yaa. Semoga dengan adanya postingan ini bisa menambah pertemanan dan keakraban di antara teman-teman semua.
 ***
 
 
Tentang Ina :
 
Saya ruziana, seorang istri, ibu, wanita pekerja dan blogger. Sekarang bekerja sebagai Social Media Officer (SMO) di sebuah perusahaan jasa di Kota Tanjungpinang (bukan pangkalpinang ya..itu beda jauh lho) Provinsi Kepulauan Riau. Sebelumnya selama kurang lebih 10 tahun saya bekerja sebagai seorang jurnalis. Tapi sejak ada anak saya memilih bekerja tetap di belakang layar komputer hehehe. Profesi SMO sudah saya jalani sejak 2 tahun ini.
Saya menjadi seorang blogger sejak tahun 2008. Awalnya karena ingin seperti orang lain yang saya lihat punya blog pribadi. Akhirnya secara otodidak saya belajar membuat blog dan menulis. Dulu blog saya isinya lebih kepada curhat-curhat tidak jelas seperti mengisi diary hehe...Bahkan sempat beberapa tahun blog saya terlantar tapi sejak saya bergabung di sejumlah komunitas blog melalui social media, akhirnya semangat ngeblog bangkit kembali. 
Alhamdulillah, bagi saya menulis adalah passion bahkan saya bertekat menulis sepanjang hayat. Semoga media blog yang saya gunakan bisa menjadi sarana bagi saya untuk memberikan informasi kepada orang lain, sehingga mereka bisa tahu, terinspirasi bahkan termotivasi.  
Melalui blog banyak yang saya dapat, baik kepuasan batin karena sudah bisa menuangkan ide-ide yang bermanfaat untuk orang lain, juga menambah banyak teman, link dan jaringan. Selain itu saat ini blog juga menjadi sumber pendapatan kedua dari job review yang datang ke saya. 

Kamu bisa menemukan kesehariannya di Twitter | Facebook | Blog
5 comments on "Meet Time with Social Media Officer, Ina fatah | Ngobrol Bareng"
  1. Asyik kayaknya profesi ini. Bisa surfing internet terus

    ReplyDelete
    Replies
    1. kata teman saya..main fesbuk kok dibayar hehe

      Delete
    2. Hihi.. ikutan yukkkk, kayaknya asyik yaa.. tapi, depends on jaringan internet juga ini hehe

      Delete
  2. makasih mak udah nulis tentang saya...
    jadi malu2 gimana gitu saya :D
    izin share ya mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2, mbak Ina..

      Jangan maluuu dunz..

      Boleh share, silahkan :)

      Delete

Tulis komentarmu dengan bahasa yang sopan dan tinggalkan Nama/URL yaa, biar bisa langsung saya BW :)

Custom Post Signature

Custom Post  Signature