23 April 2016

Jalan Santai bareng Mbak Mirna | Ngobrol Bareng

 
Baca juga yaa..


Holaa..


Weekend.. Hari ini di Jogja, ada Red Carpet AADC 2 lhooo.. Ada yang ikutan daftarkah kemarin?

Nah, kali ini My Scrap Book janjian jalan santai sama Mbak Mirna nih. Biar sehat gitu.. He.. he.. he.. Ada yang sudah kenal mbak Mirna? Belum? Waa.. kalau begitu, tak kenal maka tak sayang. Buat yang belum kenal, semoga dengan ngobrol bareng ini bisa sedikit mengenal mbak Mirna yaa. 

Oke, simak yuk acara Ngobrol Bareng mbak Mirna..


 Hallo, mbak, apa kabarnya nih? Waah, lagi sibuk apa nih sekarang? 

Halo Mba Asri, alhamdulillah kabarnya baik, bahagia, dan sehat. di Bulan April ini sibuk dengan kerjaan soalnya bulan pertama di fisca year jadi udah open project baru di kantor jadi lumayan lah ya prepare kebutuhan projectnya. Dan rajin-rajin ngeblog sih pengen men challange diri supaya jumlah tulisannya selalu meningkat ketimbang bulan sebelumnya. 

Ehm, mbak, maaf yaa, ganggu waktunya sebentar. Boleh nanya-nanya kan? Ehm, mbak, kalau boleh tau nih, profesi mbak saat ini apa yaa? Boleh diceritakan sedikit  mengenai profesi mbak saat ini?

Saat ini aku bekerja di sebuah perusahaan asing di bidang alat berat sebagai plan and marketing research. Kerjanya ya gitu merencanakan dan riset kondisi pasar saat ini. Sebenernya dari riset kecil-kecilan itulah yang bantu buat bikin rencana atau strategi apa untuk meningkatkan penjualan. Pekerjaan ini baru bagiku dan melenceng dari kuliahku yang di IT tapi ya dijalani aja sambil belajar.

Pernahkah mbak merasakan kebosanan atau mati gaya saat menjalani profesi mbak yang nggak sedikit itu? Bagaimana cara mbak apabila kemudian tiba-tiba merasakan kebosanan yang teramat sangat?

Pernah banget, karena departemen plan and marketing research ini baru jadi membernya cuma aku dan atasan aja. Sekalinya kerjaan numpuk duh pengen banget aku tinggalin semua, bosen harus ngitung melulu cara mengatasinya ya lari ke blog heheh.. nulis blog sambil dengerin musik atau ngopi bareng temen.. Pokoknya melakukan apapun yang bikin hapi lalu balik kerja lagi.

Kalau boleh tau nih, kan selain mbak berprofesi sebagai marketing research, mbak juga berprofesi sebagai blogger. Gimana sih cara bagi waktunya antara kesibukan mbak sendiri dengan menulis blog? 

Aku agak riweh juga sih nulis blog tapi namanya hobi jadi tetep hepi, caranya gini, ada ide langsung nulis di draft walaupun itu cuman judul langsung aku tulis dan simpen di draft. Lalu nulis blog pas istirahat jama kerja sama pulang kerja dicicil sedikt sedikit sambil ngumpulin materi gitu sih.. Ya memanfaat kan waktu luang.. Ga cuma nulis blog tapi juga sama blog walking.. biasanya pas jam istirahat kerja..

Apa yang melatar belakangi mbak kemudian membuat blog? Kalau boleh tau, dalam sehari, seminggu, sebulan, bisa posting berapa banyak? Ada tantangan/kesulitan nggak, setiap kali mau memposting tulisan di blog?

Aku emang suka nulis, awalnya aku suka jurnalis dari SMP sampai SMA pernha jadi volunteer di Kompas Muda namun setelah pindah ke Jakarta untuk kuliah makanya aku gak nerusin di Kompas soalnya jam kulaihku padat, beralihlah ke blog. Sebenernya pas kuliah ikut lomba nulis artikel atau essay, nah biar ga cuma dibuat lomba aku bikin blog yang isinya tulisan lomba itu. Seiring berjalanan waktu blog ku isinya mulai macem-macem ga cuma tulisan essay doang.. Cerita kehidupanku dan lainya.

Kalo tantangan atau kesulitan pas nyiapin postingan adalah mematikan rasa males dan menurukan ekspetasi. Maksudnya gini, aku tuh pengen tulisanku yang baguuus banget terus dilengkapi materi yang koplit ples foto yang menarik tapi suka males nyiapin itu semua jadilah tulisan cuma ngendon di draft. Akhirnya untuk lebih produktif aku harus memotivasi diri sendiri untuk rajin nulis dan menurunkan egoku, kalo nunggu bagus banget baru di posting ya lama dong.. Ya yang penting masih enak dibaca aja. Gitu

Aku ga tentu bisa berapa dalem seminggu setindaknya setiap bulan ada yang di posting gitu aja sih.. Dan berusama menambah jumlah posting lebih banyak daripada bulan sebelumnya
      
Bagaimana pandangan orang-orang di sekitar mbak, di lingkungan pekerjaan mbak Annisa dengan profesi mbak sebagai blogger? Apakah mereka mendukung atau malah ada yang mencibir? Apa keuntungan yang mbak dapatkan saat mbak kemudian memilih menjalani profesi sebagai blogger? 

Banyak yang mendukung dan kadang ikut membantu dalam proses mengumpulkan materi tulisan malah hehehe.. Keuntungannya ya bisa mencurahkan hobi nulis, terus dengan ikutan komunitas blogger berarti aku bisa nambah temen.. Terus semejak aktif di komunitas dan ikut beberapa event (padahal cuma 4 event hehehe) dari brand aku jadi tahu gimana cari duit sebagai blogger ^_^ tapi engga ko aku cuma bahagia kalau tulisanku bermanfaat.

Apakah keluarga mbak selama ini mendukung dari sisi pekerjaan tetap mbak Mirna dan pekerjaan sampingan mbak sebagai blogger? 

Keluargaku dukung banget.. apapun yang aku kerjain selama itu baik mereka dukung, cuma suka dinasehati untuk bisa fokus kerja dan nulis gitu aja sih.. 

Ada tips dan trik nggak dari mbak dalam menuliskan sebuah tema di blog? Atau saat menulis blog?

Yang jelas sering-sering blog walking, sering baca buku, koran atau media online lainnya biar terbuka pengetahuannya jadi tahu yang lagi happening itu apa lalu bisa bikin tulisan dari sudut pandang yang beda. Atau sering-sering dengerin curhatan temen sapa tahu bisa jadi inspirasi nulis heheh... Ya apapun deh itu yang berkaitan dengan kehidupan yang kita jalani sebenernya bisa jadi bahan atau tema tulisan toh blog ini aku buat sebegai Personal Blog ga condong ke 1 tema tulisan aja.

Menurut mbak, blogger di era sekarang ini penting nggak sih?

Penting, blogger bisa menjadi marketer handal di era digital seperti ini. Blogger menuliskan pengalamannya memakai suatu produk dengan bahasa yang lebih "manusiawi" akan lebih diminati pembaca dari pada tulisan yang memang bertujuan untuk "jualan" .Ada cerita, ada pengalaman, yang membuat blogger bisa jadi marketer.

Yang terakhir ya. Ada pesan nggak untuk para blogger yang memiliki pekerjaan pokok atau untuk para pemula yang masih baru berkecimpung di dunia perbloggeran?

Em agak susah ya soalnya aku juga pemula, ya fokus pada konten yang bermanfaat pada pembaca. Meskpun blogger sebagai pekerjaan utama gak ada salahnya lebih banyak tulisan yang berbagi ketimbang promosi. Menulis dengan hati, konsisten dan percaya diri sehingga nge blog bisa bisa bikin hidup kita lebih hepi.  

*** 
Gimana hasil My Scrap Book ngobrol bareng Mbak Mirna? Asyik kan? Seru banget kan? Selain seru juga tambah sehat nih. Bikin nggak sabar nih buat segera meluncur ke blognya Mbak Mirna buat baca postingan serunya. My Scrap Book udah lho, kamu?


Makasih banyak, Mbak Mirna, sudah bersedia meluangkan waktunya untuk bertemu dan membagi ilmunya untuk kawan-kawan My Scrap Book. Semoga dengan ini bisa menjadikan kita makin akrab dan silaturahmi tidak terputus yaa..
  

Untuk tampilan blog dari Mirna adalah :
Asyikkk, kelar sudah ngobrol bareng My Scrap Book bersama dengan Mbak Mirna. Don't go anywhere, tetap stay tune yaaa di blog My Scrap Book.

Ngobrol bareng ini menjadi pilihan My Scrap Book untuk ikut meramaikan postingan di blog ini. Dimulai dengan Ngobrol bareng, dan jangan lupa baca Guest Post yang sudah bisa mulai kamu baca juga di blog ini. Semoga dengan adanya postingan ini bisa menambah pertemanan dan keakraban di antara teman-teman semua.

 ***
 https://pbs.twimg.com/profile_images/694696981910806528/AihFVwrm.jpg 
Tentang Mirna :
Seorang istri, marketer, dan blogger. Menyukau edelweiss, kopi, hujan, buku dan ingin pergi ke seluruh dunia.
Kamu bisa menemukan kesehariannya di Blog | Twitter 
1 comment on "Jalan Santai bareng Mbak Mirna | Ngobrol Bareng"
  1. Halo mba asri... terima kasih ya sudah mengulas tentang aku... semoga semakin berkah nge blognya....

    ReplyDelete

Tulis komentarmu dengan bahasa yang sopan dan tinggalkan Nama/URL yaa, biar bisa langsung saya BW :)

Custom Post Signature

Custom Post  Signature