07 June 2016

Nyiapin Ide Postingan with Working Mom, Reni | Ngobrol Bareng

 

Holaaa..
Selamat Puasa, teman-teman semua. Alhamdulillah, kita berjumpa lagi dengan bulan penuh berkah di tahun ini. Alhamdulillah. Apa yang kalian lakukan selama menjelang berbuka puasa?

Nah, kali ini My Scrap Book lagi mau nyiapin ide postingan sama mbak Reni nih. Kira-kira idenya apa yaa. Penasaran?

Oke, simak yuk, obrolan cantik sambil nyiapin ide postingan blog yuk..
 
Hallo, mbak Reni, apa kabarnya nih? Waah, lagi sibuk apa nih sekarang? 

Halo juga mbak Asri, alhamdulillah kabar yang luar biasa...
Kesibukan yaa seperti biasanya mbak Asri, melaksanakan tugas negara (ceileee...segitunya) dan tugas sebagai ibu rumah tangga, working mom gitulah istilahnya sekarang hehehe...plus nyiapin beberapa list ide postingan yang masih tertunda... 

 Ehm, mbak Reni, maaf yaa, ganggu waktunya sebentar. Boleh nanya-nanya kan? Ehm, mbak Reni, kalau boleh tau nih, profesi mbak Reni saat ini apa yaa? Boleh diceritakan sedikit  mengenai profesi mbak Reni saat ini?

Ah mbak Asri, nggak merasa terganggu kok, seneng malah bisa ngobrol-ngobrol dengan mbak Asri. Profesi saya saat ini adalah dalam dunia pendidikan mbak, yaitu sebagai konselor sekolah yang bertugas membantu siswa dalam upaya menemukan dirinya, penyesuaian terhadap lingkungannya serta membantu mereka merencanakan masa depannya.

Pernahkah mbak Reni merasakan kebosanan atau mati gaya saat menjalani profesi mbak yang nggak sedikit itu? Bagaimana cara mbak Reni apabila kemudian tiba-tiba merasakan kebosanan yang teramat sangat?

Kalo bosan sih pernah lah... tapi nggak pernah lama-lama bosennya, apalagi yang dihadapi kan manusia (siswa) dengan berbagai dinamika dalam dunianya. Paling-paling kalo pas lagi tugas atau kerjaan numpuk dan banyak yang belum terselesaikan. Secara, I love my job. Kalo lagi bosen sama kerjaan biasanya ya ngobrol dengan teman, searching internet, buka medsos  bentar ...

Kalau boleh tau nih, kan selain mbak Reni berprofesi sebagai  konselor sekolah, mbak Reni juga berprofesi sebagai blogger. Gimana sih cara bagi waktunya antara kesibukan mbak Reni sendiri dengan menulis blog?  

Profesi Sebagai konselor sekolah. Bagi waktu untuk nulis blog dengan menjalani kerjaan biasanya sih malem setelah semua pekerjaan rumah beres (padahal nggak pernah beres hihihi...), nunggu si kecil tidur (maklum masih punya batita) atau setelah selesai melaksanakan tugas di sekolah sebelum pulang sempatkan nge blog atau nge draft.

Apa yang melatar belakangi mbak Reni kemudian membuat blog? Kalau boleh tau, dalam sehari, seminggu, sebulan, bisa posting berapa banyak? Ada tantangan/kesulitan nggak, setiap kali mau memposting tulisan di blog?

Saya mulai ngeblog pada bulan Maret 2008. Saat itu motivasi ngeblog karena ingin mendokumentasikan tentang kegiatan-kegiatan keluarga, siapa tahu nanti bisa dikenang oleh anak cucu, agar sejarah hidup kami tetap hidup...(wiihh...). Selain itu ingin berbagi atau sharing tentang hal-hal yang berkaitan dengan parenting barangkali bisa bermanfaat bagi orang lain. Jadi blognya nggak ber-niche nih mbak...blog gado-gado gitu...

Kalau intensitas posting masih naik turun nih, belum bisa konsisten untuk rajin posting. Paling dalam sebulan 3 -4 posting, itupun kalau lagi rajin. Kalau blog nggak kepegang ya bisa-bisa nganggur deh blog saya hehehe...

Maunya sih sering-sering posting tapi terkendala waktu. Eh berarti harus punya time management yang ciamik dong saya... Bagi saya ngeblog itu adalah ME TIME dan AS A HOBBY... Yang namanya hobi kan sesuatu yang dilakukan di waktu senggang kaan... Nah itulah dia...

Sebagai abdi negara saya tetap harus mendahulukan tugas-tugas yang menjadi tanggung jawab saya (bukan sok sok an loh yaa...). Terus sebagai ibu rumah tangga dengan dua anak yang masih kecil (10 tahun dan 2,9 tahun) dan tanpa asisten rumah tangga kan harus menyelesaikan pekerjaan rumah yang segambreng dan tiada habisnya itu kaan...
Hmm...mangkanya saya ngiri banget sama blogger-blogger hebat yang nulisnya produktif banget padahal dia seorang workingmom yang harus ngurus keluarga dan bekerja eight to four.

Oh ya tentang ngeblog sebagai hobi, saya teringat ada yang bilang bahwa pekerjaan yang sangat menyenangkan adalah hobi yang dibayar. Nah, saya ingin nih yang kayak gini... hobi ngeblog dan dapat duit dari blog... tapi yang ini masih belum, soalnya masih harus banyak belajar untuk monetize my blog...

Bagaimana pandangan orang-orang di sekitar mbak Reni, di lingkungan pekerjaan mbak Reni dengan profesi mbak Reni sebagai blogger? Apakah mereka mendukung atau malah ada yang mencibir? Apa keuntungan yang mbak Reni dapatkan saat mbak Reni kemudian memilih menjalani profesi sebagai blogger?  

Kebetulan ada satu teman Blogger juga di tempat kerja sehingga bisa sharing hal-hal yang berkaitan dengan nge blog atau acara-acara yang melibatkan blogger. Hanya sebagian kecil saja yang tahu kalo saya nge-blog (mau nyebut diri sebagai blogger kok berasa belum pantas yaa hiks... habis nge-blog nya masih gitu-gitu aja...) Apapun sebutannya saya sih enjoy aja...saya ingin nyaman saat nge blog, nggak harus merasa terintimidasi oleh sebutan-sebutan blogger apalah-apalah atau kalau meminjam istilahnya Mak Windi Teguh blogger remahan nastar hehehe...

Bagi saya blogger belum sebagai profesi, masih sekedar hobi. Meski begitu banyak sekali yang saya  dapatkan dari aktivitas nge-blog saya antara lain tambah teman, tambah banyak ilmu.

Apakah keluarga mbak Reni selama ini mendukung dari sisi pekerjaan tetap mbak Helena dan pekerjaan sampingan mbak Reni sebagai blogger?

Alhamdulillah keluarga mendukung. Suami pun siap anter ke acara-acara blogger meski saya nya sering tidak bisa ikutan acara blogger karena seringnya acaranya pada saat jam kerja. Disitu kadang saya merasa sedih... jadi kalau acaranya di hari Minggu atau libur baru bisa. 

Ada tips dan trik nggak dari mbak Reni dalam menuliskan sebuah tema di blog? Atau saat menulis blog?

Aduh tips apa yaa secara saya blogger apalah-apalah...
Sepertinya belum layaklah untuk ngasih tips dan trik nge-blog. Menurut saya nge blog itu lebih pada passion tiap pemilik blog. Saya ngeblog karena saya senang dan enjoy. Jadi tulis aja yang sesuai dengan hati sehingga kegiatan blogging menjadi sesuatu yang cheerfull... Dan jangan berhenti belajar ilmu tentang blogging...(saya terus berusaha belajar juga lho...meski terseok-seok nih...hehehe)

Menurut mbak Reni, blogger di era sekarang ini penting nggak sih?

Blogger di era sekarang yang pasti tidak bisa dipandang sebelah mata. Blogger turut andil dalam menyampaikan informasi dan berita, ilmu dsb apapun bentuknya. Selain itu sekarang banyak pihak yang menggunakan "jasa" blogger untuk mempromosikan atau mempublikasikan produk-produk mereka. Belum lagi pihak pemerintah juga tak jarang menggandeng para blogger untuk mensosialisasikan program-program pemerintah. Blogger dipilih karena biasanya tulisannya lebih "nature" dan apa adanya. 

Yang terakhir ya. Ada pesan nggak untuk para blogger yang memiliki pekerjaan pokok atau untuk para pemula yang masih baru berkecimpung di dunia perbloggeran? 

Pesan untuk para blogger yang punya pekerjaan pokok (termasuk pesan untuk diri sendiri nih)

Yaa berdasar pengalaman sih... harus punya time management yang bagus agara pekerjaan, rumah tangga (bagi yang sudah berkeluarga) dan nge blog bisa berjalan seimbang. Kalau harus memilih ya tetaplah utamakan keluarga dan tugas atau pekerjaan kita.
Untuk para blogger pemula...tetap semangat nge blog, terus update ilmu nge blog (self reminder juga nih)... ENJOY AND HAPPY BLOGGING... LOVE YOU ALL...

*** 
Gimana hasil My Scrap Book ngobrol bareng mbak Reni? Asyik kan? Seru banget kan? By the way, gimana nih ide postingan blognya, mbak, sudah dapatkah? He.. he.. he.. Jadi, tambah bikin nggak sabar buat segera meluncur ke blognya mbak Reni buat baca postingan serunya. My Scrap Book udah lho, kamu?

Makasih banyak, mbak Reni, sudah bersedia mengobrol, berbagi ilmu bersama My Scrap Book. Semoga dengan ini bisa menjadikan kita makin akrab dan silaturahmi tidak terputus yaa..  
 
Untuk tampilan blog dari Reni adalah :
 
 
Asyikkk, kelar sudah ngobrol bareng My Scrap Book bersama dengan mbak Reni. Don't go anywhere, tetap stay tune yaaa di blog My Scrap Book. Karena ada berbagai artikel menarik disini.

Ngobrol bareng ini menjadi pilihan My Scrap Book untuk ikut meramaikan postingan di blog ini. Dimulai dengan Ngobrol bareng, dan jangan lupa apabila kamu ingin ikutan di rubrik ini, bisa langsung send me an email yaa. Semoga dengan adanya postingan ini bisa menambah pertemanan dan keakraban di antara teman-teman semua.
 ***
 https://pbs.twimg.com/profile_images/613589411385577472/gQcAzODJ.jpg

Tentang Reni :

Seorang ibu dari 2 putri dan bekerja sebagai konselor di sebuah sekolah di kota Gresik.

Kamu bisa menemukan kesehariannya di Facebook | Twitter | Blog
8 comments on "Nyiapin Ide Postingan with Working Mom, Reni | Ngobrol Bareng"
  1. Saya sudah kenal lama dengan Mbak Reni. Dulu aktif, dan (kayaknya) sepmat agak lama vakum. Senang meihat Mbak Reni sekarang aktif ngeblog lagi :)

    ReplyDelete
  2. Konselor sekolah, mantap deh, coba dulu di sekolah saya ada konselornya. Jadi bisa dibantu dalam urusan psikolog.gitu. semoga mba Reni selalu semangat yaa menulis dan menebar manfaatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiinn..

      Jadi keinget sama guru BK di SMAku.. hwaa kangen..

      Delete
  3. Kenal dengan mba Reni belum ada setaunan nih, ketemu dengan mba yang kalem di berbagai acara blogger di Surabaya.
    Btw ini kemarin ngobrol barengnya via telfon ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeayyy.. alhamdulillah, udah meet up yaa..

      Ehm.. via apa yaaa.. hihi.. ssttt.. *rahasia dapur*

      Delete
  4. @keke naima : ahaaa kita emang kenal sdh lama...sejak anak pertama kita msh kecil msh play group kayaknya ya Chie... iya dulu sempat vakum, terus mulai semangat lagi dengan melihat blogger2 kece kayak mama keke dan naima ini... #bighug

    @Ipeh Elena : Terima kasih mak... semoga doanya terkabulkan ... membuat adem di hati

    #dwi (nining) : aku kalem yaaa...mosok to mbak...
    utk pertanyaan terakhir biar mbak asri rahayu (yang punya gawe hebat ini) yang menjawab yaa .. hihihihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waa.. terima kasih, mbak Reni, untuk jawaban2nya.. :)

      Delete

Tulis komentarmu dengan bahasa yang sopan dan tinggalkan Nama/URL yaa, biar bisa langsung saya BW :)

Custom Post Signature

Custom Post  Signature