05 June 2016

Nge-Gudeg sambil Nostalgia.. Hasyik | Tastylicious

 

Baca Tastyliscious disini juga yaa..



Holaaa..


Apa kabarnya kalian semua? Yeayyy.. Bulan Juni.. Saatnya kita memasuki bulan penuh berkah, Ramadhan tibaaa.. Alhamdulillah..


Yeayy, project barengan alias keroyokan bareng si Empu dan si Lady, bikin nggak akan merasa lapar sama sekali. Kali ini setelah melalui diskusi yang cukup panjang x lebar x tinggi dan tentunya cukup alot sealot daging yang belum dimasak serta postingan yang telat, akhirnya kami memutuskan untuk menuliskan makanan daerah.

  

Buat yang udah kenal aku banget, pasti tau kalau aku tinggal di kota Yogyakarta, jadi pasti tau dong, apa makanan daerah kota Yogyakarta? 


Yup! Jawabannya adalah gudeg. Enak bangettttt lhooo gudeg itu.. Kalau pas lagi pingin, cuzz, jalan bentar terus nyebrang terus beli deh.. Secara dekat rumah ada yang jual, so pas banget kan? Ha.. ha.. ha..

http://www.resepumi.com/wp-content/uploads/2014/11/Resep-Gudeg.jpg
sumber gambar
Karena makanan daerah kota Yogyakarta adalah gudeg, mari kita mengenal gudeg itu sendiri. Diambil dari wikipedia.org, arti gudeg adalah sebagai berikut :
Makanan khas Yogyakarta dan Jawa Tengah yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan. Perlu waktu berjam-jam untuk membuat masakan ini. Warna coklat biasanya dihasilkan oleh daun jati yang dimasak bersamaan. Gudeg dimakan dengan nasi dan disajikan dengan kuah santan kental (areh), ayam kampung, telur, tahu dan sambal goreng krecek. 
Lalu ada berapa varian gudeg sih? Hmm.. ada berapa yaa?
1. Gudeg kering
2. Gudeg basah
3. Gudeg solo
Terusssss... kenapa aku suka sama gudeg? Selain manis *kurang manis cukup lihat wajah diri sendiri di kaca*, juga enak banget. Bumbunya kerasa banget. Tapi, emang sih, rasa gudeg di satu tempat dan tempat lainnya beda. Nggak sama. Makanya, kalau ditanyain tempat gudeg yang enak, bingung deh. Tapi, tetep nunjukkinnya di Wijilan. Karena disana memang udah terkenal banget sama gudegnya. Seriusan. Kalau lewat sana pas liburan, penuhhhh. Nggak liburan aja, penuh. 
Sebisa mungkin sih kalau pas pingin banget makan gudeg, beli. Yaa, sebulan sekali, kadang dua bulan sekali. Nggak mesti sebenarnya.. Ha.. ha.. ha..
Kalau kamu, apa makanan daerah kamu? Share yuk :)  
6 comments on "Nge-Gudeg sambil Nostalgia.. Hasyik | Tastylicious"
  1. Jadi pengin gudeg.
    Tapi kreceknya harus banyak. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siniiiii.. kubeliin gudeg yang kreceknya buanyaakkkk

      Delete
  2. Aku sukaaaaa mamam gudeg. Maniiiss. Sama kayak kak Pincess hihi

    Ini blogpost Intan ya kak >> http://www.inokari.com/2016/06/ikan-pais-kuliner-bengkulu.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku itu nggak manis.. Tapi kece *siapin ember*

      Delete
  3. Aku baru denger soal Gudeg Solo. Bedanya apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum pernah makan kalau yang gudeg solo, mbak.. Lebih sering makan yg dari Jogja :)

      Delete

Tulis komentarmu dengan bahasa yang sopan dan tinggalkan Nama/URL yaa, biar bisa langsung saya BW :)

Custom Post Signature

Custom Post  Signature