23 January 2024

Pentingnya Perawatan Kulit: Investasi Terbaik untuk Aku


Hola, teman-teman

Adakah disini yang suka banget pergi melakukan perawatan wajah ke dokter atau menggunakan skincare? Hmm, kalau menanyakan aku, aku tipe yang jarang melakukan perawatan wajah, ke salon untuk facial pun jarang, bisa 3 bulan sekali atau saat pandemi bisa 2 tahun tidak pergi ke salon sekalipun. Ke dokter pun boleh dibilang terakhir kesana saat masa kuliah karena ada masalah di wajah aku. 

Apakah selama ini aku membeli skincare? Iya, aku juga membeli skincare, dengan berbagai macam fungsi dan kegunaannya masing-masing. Aku cenderung membeli skincare dengan brand kosmetik yang memang sudah memiliki nama, nggak berani coba-coba sih sebenarnya, takut banget. Takut kalau ada bahan-bahan berbahaya juga.

Selain itu kulit yang sehat merupakan cermin dari kesehatan tubuh secara keseluruhan. Jadi, untukku menjaga kesehatan kulit bukan hanya terpaku pada masalah kecantikan saja, melainkan juga adanya perawatan diri dari dalam maupun secara holistik. 

Lalu, apa saja langkahku dalam merawat kulit ala aku? Here we go..

Rutin membersihkan wajah

Buat aku, membersihkan wajah secara teratur merupakan langkad dasar dari perawatan kulit itu sendiri. Menggunakan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulitku untuk menghilangkan kotoran, minyak berlebih, sisa make up juga. Aku biasanya melakukan ini setiap pagi, sore, dan malam hari. Akan tetapi, kalau memang terlalu lelah, cukup sore hari saja, selepas pulang kerja. 

Hidrasi yang cukup

Buat aku, meminum cukup air setiap harinya, penting banget untuk menjaga kulit aku tetap terhidrasi dengan baik. Selain itu aku juga memilih jenis pelembab yang memang cocok dipakai di tipe jenis kulit aku. Karena pelembab dapat membantu menjaga kelembaban kulit juga mencegah kulit kering dan pecah-pecah juga.

Melindungi diri dari sinar matahari

Sunscreen sangat amat penting dan tidak boleh terlupa dipakai sebelum keluar rumah, karena bisa melindungi kulit dari sinar UV yang dapat merusak kulit sehingga menyebabkan penuaan dini serta risiko terkena kanker kulit. Aku biasanya menggunakan sunscreen dengan SPF 30+, dan memakai sesuai aturan, yaitu dua ruas jari, serta sebisa mungkin menghindari terlalu banyak terpapar matahari. Karena terkadang aku melakukan kunjungan survey ke lapangan, aku usahakan untuk memakai topi dan mengenakan masker juga.

Mengonsumsi Makanan Sehat

Kalau kata ibu aku, sayur dan buah itu baik untuk kulit. Jadi, sebisa mungkin aku satu harinya, makan makanan yang ada sayur dan membiasakan diri makan buah. Tapi, kalau tidak sempat makan buah, aku meminum jus buah. Karena sayur-sayuran dan buah-buahan itu kaya antioksidan, ditambah dengan biji-bijian juga. Kemudian untuk membantu menjaga kelembaban kulit sendiri, bisa didapat dari Omega-3 ikan.

Tidur Cukup

Tidur yang cukup itu kalau kata ayahku sekitar 8 jam sehari. Jadi, dari kecil aku dibiasakan untuk tidur tepat waktu dan bangun tepat waktu juga. Namun, setelah dewasa, mengenal drakor, ada kucing juga dirumah, aku berusaha untuk tetap tidur sesuai nasihat dari ayahku, 8 jam. Karena, memastikan tidur yang cukup setiap malam dapat memberikan kesempatan bagi sel-sel kulit kita untuk meregenerasi dan memperbaiki diri.

Rutin Melakukan Perawatan Kulit

Seperti yang aku tulis diatas, aku tipe yang jarang melakukan perawatan kulit ke salon maupun ke dokter. Tapi, aku berusaha untuk melakukan perawatan sendiri dengan melakukan eksfoliasi dan masker wajah. Karena eksfoliasi dapat membantu untuk mengangkat sel kulit mati, dan masker juga dapat membantu memberikan nutrisi tambahan.

Mengelola Stress

Buat aku, mengelola stress, awal-awal sangat amat sulit, karena terkadang mendadak malah menjadi overthinking. Namun, lama kelamaan dengan menggunakan metode cuek, dan bodo amat, sebenarnya nggak begitu cuek dan bodo amat juga sih, tapi buat aku metode itu cukup cocok untukku dalam mengelola stress. Karena stree juga dapat memengaruhi kesehatan kulit juga. Selain menggunakan metode cuek dan bodo amat, aku melakukan olahraga walaupun tidak setiap hari yaa, kemudian melakukan berbagai kegiatan yang menyenangkan seperti menonton drakor, film, mendengarkan musik, membaca buku, menulis blog, agar aku juga bisa menjaga kulit aku tetap sehat.

Boleh diingat juga satu hal juga, melakukan perawatan kulit bukan hanya melulu soal penampilan saja, melainkan juga mengenai kesehatan baik fisik maupun mental juga.

Kalau kamu, apa saja yang biasa kamu lakukan?
14 comments on "Pentingnya Perawatan Kulit: Investasi Terbaik untuk Aku"
  1. Memang stress mempengaruhi banget 🥹

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget, kak. Jangan stress-stress yaaa, kak

      Delete
  2. Ga cukup dengan air wudhu kan ya ^^

    ReplyDelete
  3. Selalu konsumsi makanan sehat

    ReplyDelete
  4. stress dan tidur emang terasa banget pengaruhnya ><

    ReplyDelete
  5. Jangan lupa minum air putih 2 liter sehari juga kak.

    ReplyDelete
  6. yang paling susah buat aku, tidur teratur.. hiks.. tidur awal = kehilangan me timeku scrool hp .. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak, kok samaan, aku kadang kayak gini, apalagi kalau postingannya menggoda hati alias makanan dan cogan

      Delete
  7. Mengelola stres itu susah kak.. 😔

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belajar pakai metode cuek dan bodo amat aja coba, kak

      Delete

Tulis komentarmu dengan bahasa yang sopan dan tinggalkan Nama/URL yaa, biar bisa langsung saya BW :)

Custom Post Signature

Custom Post  Signature