10 January 2024

Arti Rumah Untukku




Hola, teman-teman
 
Apa kabar semua? Masuk musim hujan tuh ada senangnya ada sedihnya lho buat aku. Di satu sisi suka, karena jadi mengirit air buat siram-siram tanaman. Tapi, disisi lain, cucianku nggak kering. Ehm, ini bukan tanda nggak bersyukur yaaa. Hanya saja setiap musim hujan datang hal pertama yang terpikirkan adalah cucianku nggak kering. Kalau kalian gimana?
 
Apa sih arti rumah menurut kalian? Kalau di KBBI sendiri, arti dari rumah itu adalah bangunan untuk tempat tinggal. Tempat kita berteduh dari teriknya panas dan dinginnya hujan. Terus, kalau menurut kalian sendiri apa arti rumah itu? Tempat berteduhkah atau ada dalam artian luas?
 
Kalau nanya sama aku, arti rumah itu apa, jawabannya gampang banget, rumah itu bukan sekedar tempat aku tinggal aja, tapi tempat aku pulang. Tempat aku bersandar, tempat dimana aku bisa beristirahat, berkumpul dengan keluargaku, my safety place, my hidden place

Kenapa aku nulis seperti itu, karena dimanapun aku tinggal, dalam artian, ketika aku tinggal di rumah orang tuaku saat ini, atau ketika aku ke rumah adikku atau ketika aku menginap di rumah saudaraku, rumah tempat mereka tinggal bukan hanya sekadar hunian saja, bukan hanya sekadar bangunan saja yang berdiri tegak melindungi dari teriknya panas matahari dan derasnya hujan, tapi ketika aku ke mereka, aku bisa merasakan kenyamanan, keamanan, tanpa takut akan disakiti baik secara fisik maupun psikis. 

Dengan mereka, aku bisa bercerita, berkeluh kesah, bercanda, bersenda gurau, tertawa, menangis bersama, bertengkar, makan atau bermain. Karena itu tadi, I feel safe, I feel comfortable.

Ada kan yaa, dimana di beberapa tempat, banyak yang tidak memiliki rumah dalam artian sama denganku tadi, tidak ada tempat bersandar, merasa ditinggalkan, merasa sendirian, nggak dianggap, ada di lingkungan yang toxic, membuat kesehatan mental mereka jadi sedikit terganggu. Tidak diberikannya rasa nyaman, kasih sayang, pelukan, rasa aman sedikit pun, membuat takut untuk bercerita, sehingga mencari arti rumah di luar. Kalau mencarinya dalam hal positif, bertemu dengan orang-orang yang positif, baik, nggak masalah, tapi, kalau ketemunya dengan orang-orang yang memberikan dampak negatif gimana coba? Kan jadi pingin elus dada ayam, kayaknya enak deh makan ayam goreng pakai sambal bawang, hmmm yummy. Eh, kok jadi ngomongin makanan, aku lapar sih waktu nulis ini, he he he.

So, menurut kalian apa arti rumah buat kalian?

19 comments on "Arti Rumah Untukku"
  1. Jadi pingin makan ayam goreng+sambel bawang 🤤

    ReplyDelete
  2. Tempat pulang, tujuan di setiap mengakhiri hari

    ReplyDelete
  3. Rumah adalah tempat kembali untuk rebahan kak Asri hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah inii, aku suka ini, mari kita rebahan hehe

      Delete
  4. Rumah adalah tempatku untuk menchargerkan diri agar bisa kembali semangat untuk melihat senyum kedua malaikatku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masya allah, mengembalikan energi yang sudah menipis yaaa, kak

      Delete
  5. tempat yang selalu di rindukan..

    ReplyDelete
  6. tempat yang ada ortu sama adik yang menggemaskan hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahhh ini bener banget, kalau aku ada mpuss yang menggemaskan, kak

      Delete
  7. Tempat yg tidak menghakimi saya dan menerima jiwa gila saya

    ReplyDelete
  8. Tempat berkumpul dengan keluarga setelah seharian diluar

    ReplyDelete
  9. Bagian Jadi pengen elus dada Ayam ini bikin aku ngakak, hahaha, ayam hidup apa mati kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ehm ayam goreng aja deh, kak, enak dimakan pakai sambel

      Delete
  10. Seneng deh Kakk bisa melihat arti rumah dari sudut pandang Kakak

    ReplyDelete

Tulis komentarmu dengan bahasa yang sopan dan tinggalkan Nama/URL yaa, biar bisa langsung saya BW :)

Custom Post Signature

Custom Post  Signature