14 December 2023

How Manage Time, Being Blogger - Online Book Shop - Worker?




Holaa..

What a day! Happy time. Holiday and meet the big family. Love this holiday. Gimana dengan liburan kamu? Udah liburan kemana aja nih? Jangan lupa silaturahminya dijaga yaa.

Kali ini sih, entah kenapa tiba-tiba kepikiran soal tema tentang waktu. Jiah, bahasannya agak berat yaa. Padahal nggak sama sekali. He.. he.. he.. Tau sendiri kan, terkadang aku kalau kasih tulisan tema apa gitu, dibikin asyik. Jadi, biar nggak dianggap berat-berat banget.
 
Pernah nggak sih kalian keteteran memanage waktu kalian? Membagi-bagi waktu selama 24 jam untuk berbagai kegiatan? Pasti pernah kan yaa? Nah, kalau kalian tanya sama aku soal cara memanage waktu itu gimana sih, aku juga nggak tau sebenarnya. Karena terkadang waktu selama 24 jam masih kurang sih buatku *gaya mode on*.

Tapi, aku coba kasih beberapa tips yang selama ini udah aku jalani aja yaa.. Apa aja sih? Ingat sebentar yaa, ini tips ala aku yaa, boleh dicontoh atau ditiru selama itu membawa manfaat buat kalian, tapi, kalau nggak, jangan diikuti. Deal yaa? 
 
Simak tips cantiknya yaa..

Agenda




Aku punya 1 agenda, khusus buat nyatat berbagai macam kegiatan aku. Berhubung kegiatan aku bukan hanya sebagai pekerja kantoran saja tapi juga lagi mencoba kembali sebagai blogger dan penjual buku online, aku bagi-bagi menjadi 4 bagian di dalam buku agendaku. Bagian pertama alias yang depan, biasanya aku pakai buat mencatat kegiatan di kantor. Beralih ke bagian kedua, aku pakai untuk mencatat notulen setiap kali ada rapat. Kemudian di bagian ketiga aku pakai untuk mencatat coretan atau tema yang mau aku tulis. Baru yang bagian keempat, aku pakai untuk mencatat nama-nama pembeli, judul buku dan jumlahnya di toko online bukuku. Kenapa aku jadikan satu dengan agenda pekerjaan kantor? Biar saat ada jadwal kerjaan dan tawaran job sebagai blogger nggak ribet mesti mencatat di lain agenda. Cukup satu dan berguna buat banyak hal.. Ceileh.. 
 
Handphone
 

Untuk saat ini, setiap kali aku ada ide tulisan yang ingin ditulis nantinya di blog, aku langsung sat set ambil handphone, kemudian pilih menu notepad, tulis-tulis cantiklah ide dan tulisan yang nantinya untuk posting di blog. Terkadang aku menulis saat lagi dalam perjalanan menuju tempat survey atau saat selesai pekerjaan di kantor, atau bisa juga saat sedang di rumah, tiba-tiba kepikiran sebuah ide, langsung eksekusi. 


Buat Jadwal 




Nah, kalau ini, karena terkadang aku sering lupa tanggal ataupun kadang lupa hari, asal jangan lupa nama ataupun status, penting itu.. Ha.. ha..

Setiap kali, ada tawaran job review dari klien, aku pastikan untuk tau detail jobnya dulu. Kapan tayang, kapan deadline, dll. Jadi, mesti jelas. Terus ngerjainnya kapan? Kalau pas kerjaan kantor nggak full, biasanya aku kerjain saat jam istirahat. Atau kalau memang pas kerjaan full dan waktu istirahat udah kepakai untuk hal lain, aku kerjain dirumah, setelah makan. Jadi, aku benar-benar menghitung waktu banget. Dikerjain jam berapa, selesai jam berapa. Takut mengecewakan amanah yang sudah diberikan, kalau nggak tepat waktu gitu.

Apalagi kalau pas jadwal tayang Cerita Asri, langsung deh H- berapa hari sebelum tayang, udah bikin postingan berjadwal dulu. Seperti saat libur weekend gini, udah beberapa hari sebelum weekend, ngebut bikin postingan berjadwal. Sok sibuk? Nggak. Justru bikin aku semangat buat ngeblog dan makin tertantang buat kasih motivasi ke diri sendiri, kalau aku bisa menyelesaikan amanah dan tantangan.

Itu kan untuk blog daily. Kalau sosmed buku gimana? Nah, kalau sosmed buku, biasanya masih bisa dikerjain di sela-sela waktu istirahat di kantor atau saat dirumah lagi mager yaa. Tapi, kalau untuk bikin konten buku, benar-benar kudu fokus. Karena takutnya kalau disambi-sambi, hasilnya malah nggak maksimal dan melenceng jauh dari ide awal. Jadi, sebisa mungkin, aku usahain buat bagi-bagi waktu banget.

Waktu untuk nge-blog




Kapan sih waktu yang pas buat ngeblog sebenarnya itu? Ehm.. I have no idea. Karena apa? Yaa, karena itu depends on us sebenarnya. Kalau aku lebih suka saat waktu luang dan pas lagi mager dirumah. Atau saat weekend, pas nggak ada acara kemana-mana, benar-benar memanfaatkan waktu untuk bisa menulis, walaupun itu cuma dapat 1 paragraf. Saat mau ngeblog pun, biasanya aku bilang ke Ibu, Bapak sama anak-anak buluku, kalau aku mau ngeblog. Dan, alhamdulillah, mereka kasih aku waktu sepuasnya.

Waktu buat Baca Buku




Kalau ini sih, aku baca bukunya saat dirumah setelah sholat isya, atau saat pekerjaan rumah udah selesai. Baru deh mager baca buku. Jadi, jadwal buat yang lainnya dipending dulu. Atau saat weekend, atau malam libur, langsung ambil posisi cantik di spot favorit buat mager baca buku. Asik banget dah pokoknya. Menikmati 'Me Time'.

Diantara sekian banyak tips ala aku itu, ngeganggu waktu aku sebagai pekerja nggak? Alhamdulillah, nggak. Aku benar-benar berusaha buat balancing waktu atau combine waktu aku sebagai pekerja dan sebagai blogger serta online book shop. Capekkah? Nggak. Senang malah. Worth it lah dengan hasil yang dicapai. Setidaknya bikin boss senang karena pekerjaan selesai dan bikin klien dari pemberi job sebagai blogger atau pembeli buku senang karena amanah dari mereka selesai tepat waktu, merupakan pahala bukan? 

Kalau kamu gimana? Share yuks sama aku di sini..
11 comments on "How Manage Time, Being Blogger - Online Book Shop - Worker?"
  1. Aaahhh! Ternyata itu toh rahasiamu bisa bagi waktu dgn baik meski kegiatan seabreg2...

    Well noted! Ijin nyontek ya, Tuan Puteri... *sun jauh*

    ReplyDelete
  2. Kdng sudah dijadwalkan, tapi jadwal anak bangun dan ngajak main suka gak klop :))
    #malahcurcol :))

    anyway makasih tipsnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kembali kasih, mbak April.. Terima kasih sudah mampir :)

      Delete
  3. wuuahhh...top banget dikau mb Asri, aku nih setua ini aja masih slaluuu keteteran

    ReplyDelete
  4. Gw ngeblog dari HP, semua draft tulisan di kerjakan di draft email. Kalo ada waktu luang langsung di pindahin ke blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaa.. hebat euyyy.. Keren.. tetap semangat yaaa :)

      Delete
  5. Kalau weekend rasanya ga sempat mau nulis apalagi BW mba krn anak saya benar-benar menyita perhatian hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Weekend emang biasanya entah buat yang single atau udah berkeluarga, waktunya buat keluarga sih yaa, mbak? Dinikmati aja, mbak.. hehehe..

      Delete
  6. Tips yang hebat kak

    ReplyDelete

Tulis komentarmu dengan bahasa yang sopan dan tinggalkan Nama/URL yaa, biar bisa langsung saya BW :)

Custom Post Signature

Custom Post  Signature