05 January 2024

Apa itu Sedih?



Hola, teman-teman

 

Hari jumat pertama di bulan Januari 2024. Selamat jumatan buat yang menunaikan ibadah sholat jumat. Buat yang lagi rebahan, makan, bekerja, istirahat, atau apapun itu, asalkan halal, bukan nggak halal, selamat hari jumat. Tetap semangat yaaa. Yeay!

 

Di tempat kalian udah hujan belum? Di tempat aku, alhamdulillah sudah hujan, walaupun intensitasnya belum setiap hari. Alhamdulillah. Tetap bersyukur walaupun kadang ngeluh kalau cuacanya panas sekali, dan berasa di sauna. Tapi ingat lagi, katanya panasnya dunia belum sama dengan panasnya api neraka. Jadi merinding kan, terus tiba-tiba ingat film Siksa Neraka yaaa.

 

Biasanya kalau kalian lagi sedih, kalian ngapain? Kata orang, sedih itu ibarat kata hujan yang turun ke bumi. Iya nggak sih? Kalau menurut kalian gimana?

 

Pernah ada teman yang bertanya padaku, "Kamu selalu kelihatan happy, nggak pernah kelihatan sedih. Tapi, yang aku yakini, pasti kamu pernah merasa sedih hanya saja nggak kamu perlihatkan, terus saat itu terjadi, kamu ada di titik, danggg, kamu sedih, apa yang kamu lakuin?"

 

Buat beberapa teman dekat aku, udah hapal aku kalau sedih tuh ngapain aja, so here we are.

 

1. Makan


Berhubung aku tuh hobinya ngunyah alias makan, tapi dalam porsi secukupnya walaupun ujung-ujungnya tak lama kemudian aku pasti lapar lagi, aku kalau lagi sedih, aku makan. Bisa masak makanan yang aku suka, atau jajan makanan yang aku saat itu inginkan, seperti misalnya leker, gelato, cuanki, bakso, lotis, dan lain-lain.

 

2. Dengerin Lagu


Setahu aku nih yaaa, aku tuh butuh dorongan buat bisa mengeluarkan kesedihan, kayak nangis gitu. Nah, daripada nyesek di dada gitu kan yaa, aku suka nyari lagu-lagu yang bisa membuat aku nangis, biar keluar gitu kesedihannya, dan nggak nyesek lagi deh

 

3. Nonton series atau film


Sama seperti saat aku dengerin lagi, aku pun suka nyari tontonan yang endingnya suka bikin nangis, seperti misalnya drama korea Uncontrollably Fond, tahu kan endingnya seperti apa itu drama korea, udah deh banjir air mata. Atau terakhir nonton Daily Dose of Sunshine, ada adegan yang bikin aku bisa mengeluarkan emosi kesedihanku. Atau nonton film India Kabhie Kushi Kabhie Gam, auto langsung keluar air matanya. Dan masih banyak series drama atau film yang sengaja aku tonton hanya untuk aku bisa mengeluarkan emosi aku

 

4. Main sama Kucing


Ini salah satu obat mujarab buat aku. Saat lagi sedih di kantor atau pas dapat berita duka cita dari keluarga, udah deh, auto meluk anak bulu aku, si mpuss, terus dia nanti ngajak main atau aku ajak ngobrol, pelan-pelan kesedihan yang aku rasakan menguap gitu aja

 

5. Ambil Air Wudhu, Sholat


Sebenarnya, ini hal utama yang sering aku lakuin saat aku lagi nggak berhalangan buat absen menghadap Sang Pencipta, Gusti Allah. Karena kata teman aku, ambil air wudhu, kemudian sholat dua rakaat, terus doa disitu, ngadu sama Allah, cerita sama Allah apa yang lagi kamu rasakan. Dijamin, kamu yang hatinya nyesek, pinginnya nyalahin diri sendiri, yang merasa kehilangan, sedih banget pingin nangis kenceng sambil teriak ngeluarin emosi, jadi tenang banget. Hal ini yang sering aku lakuin tiap kali aku sedih, marah, galau, gelisah, atau segala hal emosi negatif yang datang menghampiri aku. 

 

Setidaknya beberapa hal yang aku lakuin tadi, mengurangi kesedihan yang sedang aku rasakan. Eventhough ada kalanya suatu hari nanti, tidak sengaja keingat sesuatu hal yang pernah membuat aku sedih, auto pingin nangis lagi. Tapi balik lagi aku ngelakuin hal-hal yang setidaknya bikin aku jadi balik happy lagi. 

 

Kalau kamu, biasanya apa yang kamu lakuin kalau kamu lagi sedih? 

 

Oh yaa, aku tuh jarang curhat kalau lagi sedih, kalau nggak kepaksa banget. Soalnya trauma, curhatanku malah dijadikan bahan nasihat terus menerus atau bahan ejekan orang yang aku curhatin. So, aku milih melakukan hal-hal tadi itu yaaa. Paling aman curhat tuh sama Gusti Allah.  

24 comments on "Apa itu Sedih?"
  1. hampir sama kita kak. kecuali main kucing soalnya gk punya kucing dan nampaknya aku dan kucing bermusuhan kekekeke jdi takut kalau suka nyakar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti yang samaan, makan yaaa? Hmm, kan kan bener kan? hihi

      Delete
  2. Main dengan kucing bener bangettt, pulang ke rumah di sambut mereka aja udah seneeeng banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini bener banget, kak Ning. Bikin apa yaaa, kayak senenggg bangettt

      Delete
  3. Bener, kak. Paling aman curhat sama Allah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena itu hal yang melegakan hati, kak

      Delete
  4. bener banget kak, kalau cerita ke orang bukannya dengerin malah adu argumen hehehe. emang paling bener mengadu pada Sang Maha Pencipta.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih-lebih malah cerita kita diumbar kesana kesini, kak, duh, mumet kan jadinya

      Delete
  5. Piye caranya biar ga takut kucing ya kak? Hoho

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu kembali ke diri sendiri, kak winda, mungkin bisa dengan sugesti kucing itu binatang yang amat lucu, menggemaskan

      Delete
  6. Wah samaan kak punya kucing 🐈

    ReplyDelete
  7. Bener banget, salah satu cara yg ampuh juga buat aku..

    ReplyDelete
  8. Sama kak, emang curhat paling aman itu dengan Allah SWT ya kak, lgsg plong lagi.

    ReplyDelete
  9. Aku ga punya anabul sii Kakk, cuma ada kucing liar yang sering mampir kerumah aku dan suka aku ajak mainnnn. Ga seramah anabul yang kita pelihara sehari-hari tapi lucuk juga buat diajak berkeluh kesah hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau kita curhat sama kucing, dijawabnya dengan mengeong itu udah rasanya kayak ngobrol dua arah aja kalau aku, kak

      Delete
  10. Opsi terakhir tidur dan semoga bermimpi indah

    ReplyDelete
  11. keliling motoran sambil nangis, sampe capek.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku belum pernah ngelakuin hal ini, next time mungkin bisa aku coba

      Delete
  12. opsi terakhir adalah bersepeda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah lama nggak naik sepeda. Biasanya kakak sepedaannya kemana aja?

      Delete

Tulis komentarmu dengan bahasa yang sopan dan tinggalkan Nama/URL yaa, biar bisa langsung saya BW :)

Custom Post Signature

Custom Post  Signature