05 January 2024

Dear social media


Dear social media,



Aku pernah ada di posisi dimana mengalami yang namanya social media bullying. Tak perlu aku jabarkan bagaimana kejadiannya, bagaimana rasanya. Setidaknya, aku banyak belajar dari hal tersebut. Mencari teman yang benar-benar baik dan tulus sama aku itu susah. Yang berteman tanpa embel-embel pamrih itu susah.

Dari dulu, aku selalu menganggap semua orang itu baik, nggak jahat. Dari kejadian itu, aku belajar, bahwa di dunia ini tak hanya ada putih, namun juga ada hitam. Mungkin aku terlalu polos menganggap mereka semua baik, berteman dengan aku yang hanya anak kampung. Tapi, ternyata, tidak. Mungkin ada satu dua orang yang memang berteman baik dan tulus dengan aku.

Kejadian itu membuka mata hatiku. Kejadian itu membuat aku merewind segala kejadian yang sudah terjadi selama aku berkecimpung di dunia maya. Dua tahun bukan waktu yang sebentar. Terlalu lama. Setahun pertama, aku sudah merasakan jenuh teramat sangat. Kerakusan akan segala hal yang ditawarkan membuat aku lupa akan kondisi fisik yang tak lagi sama dengan dulu. Lupa akan keinginan sederhana dari orang-orang yang aku cinta dan mencintai aku tanpa pamrih. 


Satu kejadian yang terjadi padaku di social media, disini ada beberapa aplikasi yaa, membuat aku memutuskan untuk berhenti berkecimpung di dunia yang jujur aku mencintainya dengan sepenuh hati. Tapi, apa dayaku. Aku yang hanya anak kampung tak berdaya ketika hujatan, makian, cacian datang menyerangku dari berbagai sudut.

Berkomunikasi dengan Allah, menanyakan segala hal. Menengok ke belakang apa yang sudah terjadi. Kejadian di awal bulan Januari 2019. Butuh waktu kurang lebih 2 minggu untuk aku berpikir. Hingga akhirnya, aku mantap untuk mundur dari dunia tersebut. Mungkin ini teguran dari Allah akan kerakusan yang aku dapatkan dari segala macam tawaran yang datang kepadaku atau mungkin ini memang sudah waktunya aku berhenti dan lebih fokus kepada aku, kedua orang tuaku dan keluargaku.

Sedihkah? Pastinya. Aku memilih melepaskan hingar bingar dunia dan memilih untuk merangkul kembali akhiratku. Aku ingat, ibu aku di kantor pernah bilang, "Nduk, rangkullah akhirat maka kamu juga akan merangkul dunia. Jangan kau rangkul dunia saja. Tak akan kau dapat itu akhirat." Alhamdulillah, sekarang lebih bisa menikmati hidup, lebih bisa meluangkan waktu bersama, kedua orang tuaku. Ingat banget, di bulan Agustus 2018, ada film Sultan Agung dan Si Doel The Movie. Ibu dan bapak pingin banget nonton. Ngajakkin aku nonton, tapi banyak banget alasan yang aku utarakan saat itu. Menyesal? Tentu saja. Karena aku takut jika saat itu aku menolak keinginan kedua orang tuaku, itu hari terakhir aku bersama mereka. Pastinya penyesalan itu akan kubawa seumur hidup aku.

Sampai sekarang, rasa depresi, takut, cemas karena social media bullying masih aku rasakan. Semacam trauma. Alhamdulillah, banyak orang baik yang menarik aku dari rasa depresi, takut, cemas berkepanjangan efek dari social media bullying tersebut. Mungkin kalau tak ada banyak orang baik, aku mungkin tak ada disini hingga sekarang, alhamdulillah.

Terima kasih banyak buat Allah, ibu, bapak, adik-adikku, teman halu aku, pengganti orang tuaku selama di kantor, teman-teman yang berteman denganku tulus tanpa pamrih apapun. Terima kasih banyak untuk kalian semua. Allah yang bisa membalas semua kebaikan kalian. In shaa allah, semoga till jannah yaa persaudaraan dan pertemanan kita.

2 comments on "Dear social media"
  1. Agree...kejarlah akhirat, maka dunia akan mengikuti. Tetep semangat kak asri!

    ReplyDelete

Tulis komentarmu dengan bahasa yang sopan dan tinggalkan Nama/URL yaa, biar bisa langsung saya BW :)

Custom Post Signature

Custom Post  Signature