08 January 2024

Makanan Favorit buat Pecinta Kuliner


 
 
Hola halo, teman-teman

Balik lagi di hari Senin, setelah melewati hari Sabtu dan Ahad, dimana aku libur, dan mungkin beberapa dari teman-teman juga ada yang libur. Gimana, Sabtu dan Ahad kalian ngapain aja nih? Ada kegiatan apa aja nih? Semoga selalu diberi kesehatan yaaa di tengah cuaca yang sedang hujan ini.

Buat yang udah kenal aku, pasti tahu dong hobi aku tuh apa aja. Yups, selain sebagai pecinta kucing dan pecinta buku, film aku juga pecinta kuliner. Walaupun kalau makan, kata temanku, bahasanya nyicip, karena porsi makanku biasanya sedikit, tapi kadang nambah. Atau karena memang aku laperan aja sih itu. 

Nah, kali ini aku mau sharing ke teman-teman, beberapa makanan favorit aku, dan alhamdulillah, gampang dicari, tinggal buka aplikasi go-food, grab-food, shopee-food atau naik bebe nyari makanannya langsung ke penjualnya. Dijamin bikin hatiku senang dan bahagia. Berasa kayak ketemu sama idola gitu, itu lhoo si Park Seo Joon, Chris Evans, Siwon, Kim Taehyung yang lagi wamil. Berbunga-bunga dan senyum-senyum sendiri deh akhirnya. Ada yang samaan kayak aku?
 

Okey, ini dia makanan favorit aku yang hobinya makan, apa aja sih?

1. Leker / Crepes
 
Tahu kan yaa, gimana enaknya makanan satu ini, apalagi kalau dimakan sewaktu masih panas, alias selesai dimasak, beuhh, kriuk-kriuk renyah gitu kan yaa. Topingnya pun bisa milih dengan berbagai varian rasa, Kalau leker, aku biasanya beli di depan masjid Syuhada atau di Alun-Alun Selatan. 
 
2. Martabak Manis
 
Kalau ini, makanan yang bikin aku suka malas makan nasi. Karena biasanya kalau beli 1 porsi itu separo lebih bisa aku habisin sendiri. Alhasil aku suka malas makan nasi ujung-ujungnya. Apalagi kalau belinya topingnya nggak aneh-aneh, alias susu aja, atau original atau dikasih coklat toblerone atau oreo, dijamin deh, bye-bye nasi hehe
 
3. Gelato / Es Krim
 
Kata orang kalau lagi sedih, makan aja es krim atau gelato, dijamin sedihnya hilang. Kalau aku mah mau sedih, bahagia, lagi pingin, jajan gelato atau es krim aja. Makan di tempat atau kalau nggak dibawa pulang, makan di rumah sambil nonton film. Apalagi ditemani sama si bayik mpuss.
 
4. Pecel Lele
 
Kata orang yang dekat dengan aku, sampai bosan tiap kali makan di penyetan yang dipesan lele lagi, lele lagi, gantian pesan menu apa gitu. Tapi, aku gak setiap kali makan di penyetan pesannya lele sih, kadang ayam, kadang telur dadar, atau kadang ikan yang ada disana apa. Kalau pecel lele, karena memang suka. Apalagi dimakannya sama sambal bawang atau sambal lombok ijo. By the way, yang tinggal di Jogja, boleh cobain beli pecel lele sambal lombok ijo di Warung Makan P2M "Putra-Putri Mandiri", enak banget, mata yang tadinya sepet, bisa langsung segar setelah makan, alias kepedasan kalau buat aku, tapi nagih banget. Cobain yaaa, teman-teman.
 
5. Cilok
 
Salah satu jajanan favorit aku adalah cilok tapi bukan yang bumbu kacang yaa, alias cilok yang dikasih bumbu warna warni itu, apa sih namanya cilok kering yaaa? Sering beli dulu di dekat SMSR, tapi kalau sekarang tinggal buka aplikasi go-food atau grab-food, tinggal pilih deh mau beli yang dimana. 
 
6. Lotis atau Rujak Es Krim
 
Kalau ini wajib pakai banget beli pas buah di rumah habis, jadi beli lotis biar asupan buahnya nggak terlewat soalnya nanti ada yang negur, kok hari ini belum makan buah, jadi kalau pas ditanya, jawabnya udah makan buah tadi beli lotis atau rujak, udah sama aja kan yaaa? Hehehe. Biasanya aku kalau beli di depan Pamela 3 atau di depan BNI Kotagede atau di Pakualaman. Kalau mau yang bumbu kacangnya banyak, di dekat Klinik Gading. Ada saran lagi beli dimana?
 
7. Masakan Ndeso
 
Aku paling demen kalau makan nasi pakai sayur ndeso, berasa kayak di rumah gitu. Apalagi ditambah makannya pakai sambal bawang, beuh dijamin bisa nambah 2 - 3 kali kalau pas kelaparan. Jangan ditiru yaaa, tolong. Biasanya sukanya tuh aku makan pakai sayur lodeh, sayur tempe lombok ijo, terus sayur mbayung. Hmm, makan sama lauk telur dadar, tempe garit, yummy, duh nulis ini bikin perut jadi konser kan

8. Mie Rebus dan Mie Goreng Jawa

Aku suka bakmi Jawa karena dari kecil maksudnya dari aku TK atau SD, Bapak udah mengenalkan aku pada kesukaan beliau, yaitu bakmi Jawa. Biasanya dulu belinya di Bakmi Mbah Mo, Bakmi Pele, Bakmi Manding. Nah, kalau sekarang, karena kami sekeluarga mencoba untuk hidup sehat, padahal sering cheating juga, kami pesannya bukan bakmi kuning atau campur, melainkan bihun rebus atau bihun goreng. Terkadang beli memakai aplikasi go-food atau grab-food. Atau beli di dekat rumah atau bisa juga sekalian quality time, makan di Bakmi Gandhok. Ada yang udah pernah makan di Bakmi Gandhok?

9. Cuanki

Aku awal beli cuanki karena penasaran pingin nyobain apa sih cuanki itu. Alhasil setelah nyobain kok enak, eh lha kok ketagihan, eh lha kok bisa pesan mulu. Waahh, bahaya ini. Ha ha ha. Biasanya makan cuanki kalau pas pingin aja, nggak setiap hari juga, ada waktu-waktu tertentu kalau cewek mah. Aku nemu yang enak itu di go-food, dua kali beli disana, habis itu kalau mau beli lagi pas pingin kok nggak ada yaa di go-food, positif thinking aja sih, mungkin lagi tutup. Jadi, beli di tempat lain deh. Kalau ditanya nama tokonya, aku lupa, soalnya history di go-food nggak bisa ngelihat yang udah terlalu jauh waktunya, atau cuma punyaku aja yaa?

10. Siomay, Pempek

Kalau yang tinggal di Jogja, pasti tahu kan yaa di depan GOR Amongrogo ada siomay yang terkenal enak dan antrinya membludak, dan kadang kehabisan. Yups, itu salah satu langgananku kalau beli siomay, atau bisa juga beli di Jalan Canthel, sekalian beli juice. Enak banget kan makan siomay itu, apalagi kalau ada pare, hmm, yummy.

Kalau pempek, aku biasanya beli buatannya atasanku, dan diajarin kalau makan pempek itu direbus baru dikasih kuahnya. Alhasil sekarang kalau makan pempek yang digoreng berasa baru gitu buat aku, karena kebiasaan makannya yang direbus. Tapi, enak lhooo, makan pempek yang direbus itu terus dikasih kuahnya, berasa banget gitu. Atau emang aku yang doyan yaaa? He he..

Sebenarnya masih banyak sih makanan favorit aku, ini beberapa aja. Kalau dibilang aku pemakan segala jenis makanan nggak juga, masih suka coba-coba juga. Ahh iya, ada nih makanan favorit aku, Korean Food sama kalau diajak Nge-Grill ayooo aku suka. 

Kenapa aku bilang nggak semua makanan aku suka, masih coba-coba, karena ada beberapa jenis makanan yang mungkin cocok di lidah dan perut orang lain, belum tentu juga cocok di lidah dan perut aku. Begitu, jadi aku nggak mau memaksakan diri buat apa yang orang lain suka, aku juga suka. Tapi menyesuaikan dengan kemampuan lidah dan perutku, karena kalau nggak cocok dan malah menjadikan kita sakit karena makanan tersebut, yang repot kita juga kan yaa?

Kalau kamu, apa makanan favoritmu? Sharing dong, siapa tahu saat aku berkunjung ke kota kalian, aku bisa cobain juga.

20 comments on "Makanan Favorit buat Pecinta Kuliner"
  1. Sma ni kak martabak manis menjadi idola

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kan, enak kan yaa, apalagi yang original

      Delete
  2. Teringin makan makanan dari Indonesia. Ada teman yang suggest ke aku untuk cuba makan Mie Ayam . Entah bila ya boleh datang ke Indonesia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba Mie Ayam Goreng, kakak Mizah, apalagi mienya buatan sendiri

      Delete
  3. Pecel sama cilok jajanan favorit

    ReplyDelete
    Replies
    1. pecel ini juga enak, hanya saja suka makan pecel yang dijual di pasar gitu

      Delete
  4. Nampaknya mbak Asri jago cari jajan2 enak. Apalagi jajan2 abang gerobak..uwhhhhh sayang banget aku baru2 aja ngerasain enaknya jajanan abang gerobak pas mau lulus😫

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak bea, sini jajan bareng yuks, ha ha ha

      Delete
  5. Cuanki apaan dah pengen cari ah

    ReplyDelete
  6. Crepesss, jajanan wajib tiap CFD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahhh aku lama nggak ikutan CFD, rindu, eh disini ada nggak sih CFD

      Delete
  7. Es krim tiada tanding deh bagi para ciwik-ciwik ya ka asriiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget, lagi batuk aja tetep makan es krim, gimana tuh? semacam menantang bahaya kan yaaa

      Delete
  8. ayo coba gelato di jogjaa~ tempo gelato pasti sudah pernah? aku suka banget yang yogurt yogurt!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada tempat gelato lain, kak, selain tempo gelato, rasanya dijamin enak, dan tempatnya asyik buat santai kayak di pantai

      Delete
  9. Leker adalah dessert yang mmuuah buat aku Kakkk hihi, sd hampir setiap hari beli lekerr

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh iya, kang leker favorit aku saat SD aku kehilangan kabarnya, padahal dari beliau, aku mengenal leker

      Delete

Tulis komentarmu dengan bahasa yang sopan dan tinggalkan Nama/URL yaa, biar bisa langsung saya BW :)

Custom Post Signature

Custom Post  Signature