08 January 2024

Cara Menabung Ide


Hola teman-teman


Apa kabar? Ketemu lagi bareng aku disini. Kalian sedang sibuk apa nih, teman-teman? Kalau aku lagi sibuk menata hati, cieeee, sama sibuk menata blog.


After sekian lama, akhirnya aku mau nulis hal-hal yang udah lama pingin aku tulis yaaa. Setelah bingung mau nulis atau nggak, akhirnya kuputuskan untuk kutuliskan di blog.


Kali ini aku mau bahas tentang gimana sih caranya kita bisa menabung ide buat nulis artikel di blog. Karena ada yang pernah nanya sama aku, idenya darimana aja, dan kok bisa langsung bisa dishare di blog. Well, sebenarnya aku pernah spill sedikit di tulisanku sebelum ini.


Baca juga yaaa How Manage Time, Being Blogger - Online Book Shop - Worker?


Okey, aku mau kasih tahu nih cara aku mengumpulkan dan menuliskan ide aku itu gimana aja


1. Note HP


Aku biasanya setiap kali ada ide mampir di otak, aku langsung ambil HP, dan aku buka aplikasi note di HP. Karena pengalaman, kalau nggak langsung ditulis biasanya keburu lupa.


2. Agenda / Kertas


Kalau lagi nggak di dekat HP, dan adanya cuma kertas atau agenda, ya sudah, itu pun jadi, buat tempat aku nulis


Terus kira-kira idenya tuh biasanya apa aja gitu, darimana asalnya?


1. Ngobrol sama orang


Pas baru ngobrol gitu, entah topik pembicaraannya itu serius ataupun hanya becanda, dari obrolan itu alhasil ada ide yang tiba-tiba muncul di kepala. Kalau di kartun-kartun itu, ada lampu di atas kepala aja gitu.


2. Jalan-jalan


Karena sebenarnya aku tuh hobinya makan, jalan-jalan ke Mall jarang, seringnya ke tempat-tempat alam, atau kalau saat ini lagi seneng menjelajah museum untuk belajar sejarah kembali. Jadinya di setiap jalan-jalan itu entah kemana, bisa menimbulkan ide yang bisa ditulis di blog.


3. Nonton Film / Series, Baca Buku, Dengerin Lagu


Ada aja caranya setiap kali mau dapat ide itu, alhamdulillah. Dari aku yang demennya rebahan kalau pas lelah hayati, dan memutuskan untuk nonton film maupun series atau baca buku atau dengerin lagu, dari kegiatan-kegiatan tersebut, aku biasanya bisa dapat ide, seperti membahas makna film / seriesnya, atau mereview buku atau makna lagu tersebut apa.


Dan sebenarnya masih banyak lagi, cara-caraku buat dapat ide nulis di blog atau sekedar hanya tulisan sambil lalu.


Setidaknya kalau kata atasanku, hasil kegabutanku itu membawa berkah manfaat. Ada hasilnya gitu. Entah itu nantinya dishare ke teman-teman atau tidak, at least, membawa manfaat positif gitu.


Terus, kapan nulis di blognya kalau gitu?

Sebisa mungkin diusahakan ketika aku udah ada ide, dan udah kutulis di note atau agenda atau kertas, setelah selesai, aku copy paste ke aplikasi blogger di handphone. Di copy paste dulu, ediıtnya nanti setelah bisa buka laptop atau komputer atau bisa juga via aplikasi google chrome di handphone. Edit-edit untuk tata letaknya, fontnya, dan lain-lain. Udah deh tinggal di setting mau di-publish kapan, jam berapa. Jadi, ketika orang-orang pada nanya, kok produktif sekali, sebenarnya nggak juga, depends on kita yang mau me-manage waktu kita aja gimana. Sok iye banget yaa aku, udah kayak profesional banget, padahal masih belajar juga ini. 

Kalau kamu sendiri biasanya darimana dapatnya ide? 
1 comment on "Cara Menabung Ide"
  1. Wah bener ni, aq juga suka lupa ide ide jadi berterbangan entah krmana

    ReplyDelete

Tulis komentarmu dengan bahasa yang sopan dan tinggalkan Nama/URL yaa, biar bisa langsung saya BW :)

Custom Post Signature

Custom Post  Signature