07 January 2024

After Wedding - Pradnya Paramitha


Hola, teman-teman


Setelah sekian lama nggak mereview buku, aku mau mencoba untuk kembali menantang diriku sendiri, untuk bisa membaca buku, setidaknya seminggu satu buku. Dan setelah itu, agar tidak lupa, aku tuliskan reviewnya di blog. Selamat menikmati, semoga suka yaaa.


Judul : After Wedding 

Penulis : Pradnya Paramitha

Penerbit : Elex Media Komputindo

ISBN : 9786020298603

And the blurb..

“Jadi, saya mencari perempuan yang bersedia saya nikahi,” Rad memberi jeda satu tarikan napas, “tanpa cinta.”

Reya Gayatri tak pernah menduga bahwa keputusannya menikah dengan celebrity chef Radina Alief Pramoedya merupakan keputusan paling gila dalam hidupnya. Selama 30 tahun, Reya terbiasa dengan hidup yang tertata. Tetapi, kini, hidup dosen muda di jurusan Ilmu Politik itu terasa seperti roller coaster. 

Sebagai public figure, Rad terbiasa bertemu dengan berbagai macam orang dan tahu bagaimana cara berhadapan dengan mereka. Tetapi, tidak untuk Reya. Rad jadi sering kewalahan dan menghela napas frustrasi bahkan sejak malam pertamanya. Rad juga tidak menyangka, perlahan-lahan, kehadiran Reya mengancam segenap benteng pertahanan diri atas cinta juga menggoyahkan janji pada masa lalu yang ia ikrarkan sendiri.

Jangan jatuh cinta pada saya. Maka, kamu akan baik-baik saja. (Rad)

Mereka tidak menikah karena dipaksa. Ini adalah keputusan bersama. Tetapi, ternyata pernikahan bukan hanya soal menggelar resepsi dan perubahan status suami istri saja. Sanggupkah Rad dan Reya mempertahankan keputusannya?
  
Here we go..
 

Cinta bisa datang belakangan. Lagipula, cinta bisa menghilang

After Wedding menceritakan kisah antara Rad dan Reya. Kisah dua orang asing yang tiba-tiba bertemu dan memutuskan untuk menikah. Pernikahan mereka berjalan tanpa ada rasa di dalamnya.

Ketika akhirnya perjanjian terpaksa diikrarkan demi keutuhan rumah tangga antara Rad dan Reya, kehidupan mereka tak lagi sama. Di dalam mereka seperti orang asing. Namun di luar mereka benar-benar terlihat sebagai pasangan yang harmonis.

Hingga tiba-tiba pengakuan dari Reya akan perasaannya membuat kisah masa lalu Rad terbuka. Bagaimana Rad berusaha menepati janjinya pada seseorang. Dan Reya hanya bisa terdiam tak menyangka jika kisah masa lalu Rad benar-benar membuatnya tak berkutik.

Ketika akhirnya seseorang dari masa lalu Rad datang kembali, tak ada yang bisa dilakukan Reya. Permohonan sang sahabat Rad, Tommy pun membuat Reya semakin gundah gulana. Hingga sang mama mertua serta Jessy mengultimatum Rad untuk membawa akibat dari kecerobohannya di masa lalu ke rumah. Joshua.

Saat Kinanthi menagih janjinya, Rad panik. Terlebih Reya melihat apa yang terjadi antara dirinya dan Kinanthi. Dari sana, badai itu bermula. Rad yang berusaha keras untuk mendapatkan Reya kembali dan Reya yang memasang tembok terlalu tinggi. Terlebih saat itu, Kinanthi sedang dalam ada masalah dengan Hans, suaminya.

Apa yang terjadi selanjutnya antara Reya - Rad - Kinanthi? Bagaimana dengan akhir kisah Reya dan Rad? Temukan jawabannya di After Wedding.

Dengan komitmen, seseorang bisa menghargai pernikahan. Dengan komitmen, orang mengerti batasan-batasan yang harus dia lakukan di luar. Hormati apa yang sudah kamu janjikan pada pasanganmu, hormati makna pernikahan yang kalian sepakati. Dan kalian nggak memerlukan cinta untuk menjaga pernikahan tersebut

Membaca novel ini, bikin baper akut. Gemes cantik dan bikin susah lepas dari baca novel ini. Temanya memang sudah umum. Tapi eksekusi ceritanya yang bikin jatuh hati. Dari dua orang tak mengenal, memutuskan menikah dan kemudian ada yang terjadi di dalam kehidupan pernikahan mereka.

Rad yang dewasa, tegas, namun terkadang labil diimbangi dengan Reya yang tegas, berprinsip, namun rapuh. Dua orang yang saling memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Saling melengkapi.

Saat Reya mengetahui masa lalu Rad, hatiku tercabik-cabik. Rad kamu tega banget sih sama Reya (baca : aku). Tapi, aku kaget juga, awalnya bingung, gimana nih tanggapan Reya. Ternyata Reya luar biasa memiliki kebesaran hati dalam menerima masa lalu Rad. Jarang lho ada wanita yang mampu menerima masa lalu pasangan hidupnya *self reminder*.

Aku paham dengan perasaan Reya. Karena aku juga pernah mengalami hal yang sama. Nggak hanya sekali, tapi berkali-kali *nangis sambil makan wafer*. Jadi, wajar kalau Reya menuntut sebuah janji. Rad yang galau akut pun tahu jika kesalahannya kali ini fatal. Sukanya aku sama Rad, dia tipe pria yang nggak gampang menyerah gitu aja. Sekali nggak berhasil, dia coba lagi sampai berhasil. Tipe pejuang cinta banget ini. Reya yang berbalik menjadi galau akhirnya menuruti kata hatinya. Ahh, aku suka eksekusi akhirnya.

Tokoh favoritku disini Reya. Dia tipe wanita yang memiliki prinsip, berkepribadian kuat dan tegas namun rapuh. Dikit banyak mirip sama aku. Reya yang langsung memberikan keputusan kepada Rad saat rumah tangga mereka dihampiri badai. Membuat aku salut dan mengacungkan empat jempol, 2 kaki - 2 tangan. Jarang lhoo, ada wanita yang seperti Reya. Biasanya malah meminta waktu seminggu lamanya bahkan lebih.

Untuk Rad sendiri, dia tipe pria yang berprinsip, tegas, nggak gampang menyerah namun labil tatkala masa lalunya kembali datang. Susah memutuskan seusatu hal yang terkait dalam hidupnya. Selalu memikirkan kebahagiaan orang lain tanpa mau melihat dan berusaha menciptakan kebahagiaan untuk dirinya sendiri.

Banyak pelajaran yang bisa aku ambil dari novel ini. Ada kisah cinta, persahabatan, persaudaraan, kekeluargaan, tradisi. Selain itu disini kita juga bisa belajar bagaimana mengatasi masalah dalam rumah tangga. Dalam menghadapi lawan jenis.

Aku suka dengan cara penulisnya mengenalkan sosok Rad dan Reya serta orang-orang di sekitar mereka berdua. Tak hanya sekilas dan tak begitu detail, namun terasa pas banget. Kemudian cara penulisnya menuliskan interaksi antara kedua tokohnya yang awalnya kaku, lembut, kaku, canggung, lembut. Bikin gemes sendiri.

Sebagai orang dewasa, kita harus siap menerima risiko atas setiap pilihan yang kita ambil

Penulis mampu menuliskan cerita yang membuat pembaca sulit meletakkan novel ino sejenak. Walaupun ada yang sedikit mengganggu mengenai berapa tahun kelulusan seorang S3. Setidaknya tercover dengan adanya cerita yang bikin kebat kebit gemes perasaannya.

Novel ini benar-benar komplit banget. Selain cerita mengenai indahnya setting tempatnya, yang kebetulan ada di tempat aku lahir, Jogja, walau hanya sedikit, tapi aku suka dengan penggambarannya, juga ada cerita yang membuat novel ini semakin menarik untuk dibaca, yaitu kisah cinta, kehangatan keluarga, persahabatan, tradisi, saling memaafkan, berdamai dengan masa lalu, berdamai dengan diri sendiri, bagaimana menghadapi masa lalu dan ikhlas. Dijamin deh, saat kamu membaca novel ini, kamu akan langsung jatuh cinta. Jangan lupa, siapkan camilan yaa.

Kalau kamu mencari novel karya Pradnya. Aku rekomendasikan cerita ini. Jadi pingin cepat-cepat nikah *baper mode on*

Dan aku menunggu karya kamu selanjutnya yaa..

Cinta adalah momentum yang bisa terjadi berulang-ulang. Jangan menyamakan cinta dengan kehendak untuk bersama seseorang. Karena, pada akhirnya, bukan cinta yang membuat kita bersama atau nggak bersama dengan seseorang
4 comments on "After Wedding - Pradnya Paramitha"
  1. Semoga di lain waktu saya juga bisa baca buku ini..tengkyu review nya kak asri

    ReplyDelete
  2. Awalnya bingung nama tokohnya kek sama, Radina kek nama cewek. Sepertinya happy ending ya kan

    ReplyDelete
  3. genre romance yang manis

    ReplyDelete
  4. semoga suatu hari nanti bisa baca bukunyaa, thank you Ka Asri..

    ReplyDelete

Tulis komentarmu dengan bahasa yang sopan dan tinggalkan Nama/URL yaa, biar bisa langsung saya BW :)

Custom Post Signature

Custom Post  Signature