04 June 2016

Re-design Blog yuk Bareng Errika | Ngobrol Bareng

 

Holaaa..

Sabtu ini aku lagi di Malang lho.. Ada something deh di kota ini. Dan balik lagi malam ini ke kotaku tercinta. Udah demam aja aku dari kemarin.

Nah, kali ini My Scrap Book lagi mau re-design blog sama mbak Errika. Penasaran?

Oke, simak yuk, obrolan cantik sambil re-design blog yuk..
 
Hallo, mbak, apa kabarnya nih? Waah, lagi sibuk apa nih sekarang?
 
Haii mbak Asri, kabar baik sekali. Sekarang sedang sibuk mengisi content di blog dan re-design tampilan blog agar terlihat lebih simple dan lebih responsive.
 
Ehm, mbak, maaf yaa, ganggu waktunya sebentar. Boleh nanya-nanya kan? Ehm, mbak, kalau boleh tau nih, profesi mbak saat ini apa yaa? Boleh diceritakan sedikit  mengenai profesi mbak saat ini?
 
Profesi saya saat ini adalah sekretaris Direksi Taman Mini Indonesia Indah. Saya berkerja di tempat rekreasi tsb kurang lebih 7 tahun hingga saat ini. Namun profesi sebagai sekretaris baru saya jalani  baru 6 bulan belakangan ini.  Menjadi sekretaris direksi tentu ada tantangan tersendiri untuk saya, dimana saya dituntut untuk mejaga rahasia perusahaan sekecil apapun. Selain itu tugas saya dikantor tidak terlepas dengan yang namanya surat menyurat, balas email yang masuk , mengonsep surat keluar, berkoordinasi dengan unit dalam maupun unit luar departemen, mengatur jadwal pertemuan atau rapat pimpinan serta kegiatan lain seperti menerima tamu pimpinan, mengangkat telpon dll.

Pernahkah mbak merasakan kebosanan atau mati gaya saat menjalani profesi mbak yang nggak sedikit itu? Bagaimana cara mbak apabila kemudian tiba-tiba merasakan kebosanan yang teramat sangat?
 
Pernah, karena profesi ini syarat dengan hal-hal penting, apalagi terkait dengan pimpinan/ direksi tentu ruangan dan lantai pun terpisah dengan karyawan yang lain, dan hanya orang-orang peting saja yang naik ke lantai ini, tentu hal tersebut sangat membosankan, hampir tidak ada interaksi dengan teman sekantor yang lain, kecuali kalau ketemu di mushola atau di parkiran saat baru mau masuk kantor. Kalau sudah bosan banget biasanya saya langsung buka youtube, saya cari video lucu-lucu yang bikin mood saya balik lagi. Selanutnya penghilang rasa bosan saya yang paling ampuh adalah, BLOGWALKING yeeeey, kalau udah bw biasanya suka ke bablasan, misal Cuma mau nargetin bw 2-3 blog saja, ehh keterusan hihi.
 

Kalau boleh tau nih, kan selain mbak berprofesi sebagai .... (mohon diisi yaa), mbak juga berprofesi sebagai blogger. Gimana sih cara bagi waktunya antara kesibukan mbak sendiri deng menulis blog? 
Profesi saya selain menjadi sekretaris yaitu Ibu rumah tangga dan freelancer Makeup Artist juga blogger, Cara saya membagi waktu sebetulnya cukup simple, untuk urusan blogging biasanya saya lakukan dikantor saat pekerjaan sedang low, jadi maklum saja kalo blog saya trafficnya nggak stabil, kadang kalau lagi low banget bisa posting dua hari sekali, kalau lagi sibuk dan ribet sampe nganggur 2 minggu nggak ngepost apa-apa. Nah kalau sudah sampai rumah, label sebagai sekertaris langsung saya copot, saya sebisa mungkin tidak buka gadget ketika dirumah, malah terkadang kalau ada telepon penting suka nggak keburu di angkat karena posisi handphone yang nggak terjangkau. Paling kalau si kecil sudah tidur nah baru deh saya cek-cek hp hihi. Biasanya kalau suami masih ada kerjaan yang harus dilanjutkan dirumah, saya ikut juga nemenin sambil utak atik blog, atau sekedar maintenance konten blog, upload-upload hasil makeup saya ke instagram, cek email dan sebagainya karena kalau tengah malam kan koneksi internet ngebut banget.

Apa yang melatar belakangi mbak kemudian membuat blog? Kalau boleh tau, dalam sehari, seminggu, sebulan, bisa posting berapa banyak? Ada tantangan/kesulitan nggak, setiap kali mau memposting tulisan di blog?
 
Yang melatar belakangi saya untuk membuat blog adalah untuk berbagi pengalaman dan cerita kepada orang lain, tentunya yang memberi manfaat untuk orang lain. Awal-awal saya menulis konten di blog berisi pengalaman saya mencari vendor catering untuk pernikahan, mencari perias pengantin hingga proses menuju hari pernikahan, setelah menikah konten blog lebih di dominasi oleh pengalaman seputar kehamilan, perkembangan bayi dalam kandungan, lalu setelah ada anak sudah mulau bervariasi lagi, seputar menyusui, mulai dari parenting, sharing tentang milestone anak dan juga resep keluarga serta MPASI, skrg saya menambah konten saya dengan beberapa review makeup.

Sebetulnya saya menargetkan untuk menulis/posting 2 kali seminggu, tapi sejauh ini saya masih belum bisa menjaga konsistensi tersebut karena menyesuaikan dengan volume kerja di kantor serta kesibukan sebagai istri dan ibu rumah tangga dirumah. Dari situ saya belajar untuk tetap menulis walaupun belum terposting dan tersimpan di draft, sehingga ide yang saat itu timbul tidak lenyap begitu saja, selain itu saya juga berencana membuat rubrik rutin agar saya tetap konsisten dalam menulis, seperti untuk hari Selasa tentang parenting (Salting), Kamis Cantik (Mistik) untuk membahas tentang makeup, Sabtu Masak (Samsak) untuk posting-posting resep masakan. Sejauh ini kesulitan yang saya alami adalah di masalah pembagian waktu antara kerja dan ngeblog, kalau sudah ada waktunya dan sudah dapat ide, tapi ketika sudah di depan computer ide-ide tersebut seperti menguap hihi, entah mau mulai dari mana.
 
Bagaimana pandangan orang-orang di sekitar mbak, di lingkungan pekerjaan mbak dengan profesi mbak sebagai blogger? Apakah mereka mendukung atau malah ada yang mencibir? Apa keuntungan yang mbak dapatkan saat mbak kemudian memilih menjalani profesi sebagai blogger?
 
Sebetulnya orang-orang disekitar saya khususnya di kantor tidak begitu memperhatikan/tidak tahu pasti kalau saya juga berprofesi sebagai blogger, saya juga nggak tau pasti sih mereka tau atau nggak, karena nggak ada yang pernah Tanya atau buka blog saya dari internet haha. Jadi aman-aman saja, kecuali suami dan teman-teman saya di luar kantor.

Banyak keuntungan dan manfaat yang saya dapatkan ketika menjadi blogger, Dari sisi ibu rumah tangga, nge blog bisa menjadi media untuk bertukar atau berbagi pengetahuan dan keterampilang, milestone anak, sharing perkembangan atau pengasuhan anak, resep masakan, review produk, review tempat bermain dan sebagainya. Dari segi per makeup an, saya bisa kenal lebih jauh dengan para beauty blogger, para Makeup Artist dari blog nya. Dan dari segi karyawan saya menjadi lebih lancar dalam mengonsep surat, pengolahan kata dan dalam pemilihan kata menjadi lebih tepat dan ter arah.
 
Apakah keluarga mbak selama ini mendukung dari sisi pekerjaan tetap mbak dan pekerjaan sampingan mbak sebagai blogger?
 
Sejauh ini keluarga sangat mendukung apapun yang saya lakukan baik itu profesi saya, maupun pekerjaan sampingan saya seperti freelance makeup artis dan blogger, selama itu positif dan saya bisa membagi waktu dengan baik. Apalagi yang mendatangkan manfaat baik untuk saya sendiri maupun untuk orang lain mereka selalu mendukung.
 
Ada tips dan trik nggak dari mbak dalam menuliskan sebuah tema di blog? Atau saat menulis blog?
  
Sedikit tips dari saya untuk menuliskan tema di blog yaitu :
  1. Banyak membaca.
Membaca apa saja yang menurut saya menarik, mulai dari majalah, buku parenting, buku resep masakan, sampai Koran. Bisanya dengan membaca munculah ide-ide untuk menulis, ini adalah salah satu cara paling jitu ketika saya sudah kehabisan ide untuk menulis. Kenapa nggak browsing internet aja? Ya, TAPI kalau sudah dapat ide atau tema dari membaca baru saya browsing, kenapa begitu? Karena kalau belum dapat ide sudah browsing-browsing pasti fikiran bercabang kemana-mana, buka situs ini itu, belum lagi buka sosmed, kebablasan blogwalking, yang ada malah ngga dapet-dapet inspirasi heheh, malah order di online shop, duuhh!!! Hahha. Saya biasakan untuk ke toko buku Gramedia hanya untuk sekedar baca-baca saja, ya sebut saja cari ilham. Saya baca 2-3 topik, lalu saya foto bukunya sebagai refrensi, nanti di rumah atau dikantor saya browsing deh.
  1. Abadikan momen apa saja, potret!!
Nah ini juga menjadi salah satu ide untuk menuliskan tema di blog. Bagi ibu rumah tangga mengabadikan momen selesai memasak dengan memotret hasil masakan,trus tulis resepnya dan posting deh simple ya dan pastinya bermanfaat juga. Lalu potret kegiatan anak, missal saat sedang berenang, saat bermain sepeda, sedang bermain dengan temannya, trus muncul deh ide misal manfaat bermain sepeda untuk balita, manfaat berenang dll. Mengabadikan moment saat bertamasya dengan keluarga kesebuah tempat nah kita bisa bercerita perjalanan dan kejadian apa saja yang menarik saat bertamasya.
  1. Tulislah hal-hal bermanfaat yang bisa disharing (kejadian-kejadian penting yang sudah kita alami).
Misalnya kita berhasil menyapih anak dari ASI, tak ada salahnya kita sharing cerita dan pengalaman kita di blog, siapa tau orang lain yang sedang berusaha mau menyapih anaknya menjadi termotivasi. Dan lain sebagainya.
  1. Review produk/tempat yang baru kalian coba.
Menurut saya ini cukup penting untuk di jadikan tema, sebagai perempuan setiap kita mau membeli atau ke sebuah tempat, pasti kita akan browsing dulu bagaimana sih reviewnya, kalau bagus ya lanjut, tapi kalau reviewnya kebanyakan negative, bisa jadi kita nggak jadi ketempat itu atau nggak jadi beli sebuah barang misalnya.
  1. Perbanyak blogwalking
Selain memperbanyak teman, dan silaturahmi, blogwalking juga bisa digunakan sebagai ide dalam menuliskan tema di blog, terkadang kita sudah mendapatkan ide untuk dijadikan tema, tapi buntu mau nulis dari mana, pembukaannya gimana ya, karena kalau salah start kayaknya ide-ide malah nggak ngalir, dengan BW kita bisa lihat gaya tulisan teman kita, dari mana harus bercerita, apa yang harus dan tidak boleh di lakukaan di permulaan paragraph dan lain sebagainya, banyak inspirasi dan ilmu baru yang kita dapatkan dari blogwalking.

6. Cermati Trending Topic yang saat ini sedang marak di perbincangkan.
 

. Menurut mbak, blogger di era sekarang ini penting nggak sih?
 
Penting banget yah, saya ibaratkan dengan kita ngeblog itu otak akan terus di asah, jadi tajam terus, kalau pisau aja nggak di pake-pake bisa berkarat dan tumpul kan. hmmm untuk ibu rumah tangga coba kalau kegiatan kita Cuma dirumah aja nggak kemana-mana, ngurus anak, cuci, masak, setrika, trus gossip sama tetangga, bulak balik buka sosmed abis itu baper liat temen yang jalan2, baper kepengen beli lipstick tapi ngga punya duit, hhhhuuh lama-lama otak bisa muntul kalau kayak gitu terus berulang-ulang. Dengan menjadi blogger, maka kita akan di “paksa” untuk membaca dulu, otak kita “dipaksa” untuk browsing dulu, otak kita “dipaksa” untuk blogwalking sebagai bahan inspirasi dan silaturahmi, melek sama trending topic yang terjadi karena akan kita jadikan ide menulis. Jadi wawasan kita bertambah, temanpun bertambah, kegiatan juga bertambah, yang biasanya Cuma dirumah aja, mengerjakan rutinitas sehari-hari, sekarang punya schedule untuk buka laptop dan cek email, punya waktu khusus untuk cek blog dan balas-balas komentar teman yang berkunjung, jadi ada agenda kopdar dengan para blogger lain, atau event2 blogger, hehe seru kan, hidup jadi lebih berwarna. Belum lagi yang bisa menghasilkan uang lewat kerjasama blog, kan bisa menambah pundi-pundi keuangan juga.

Nah itu baru dari segi ibu rumah tangga, belum lagi bagi para mahasiswa dan generesi muda, tentunya akan mendulang banyak manfaat di kemudian hari, dan kegiatannya menjadi lebih positif ketimbang berjam-jam hanya bermain game atau chit chat di social media. Lebih baik kuotanya digunakan untuk ngeblog kan J. Bisa berbisnis lewat blog dan mendapatkan pengasilan tambahan dari ngeblog.
 
Yang terakhir ya. Ada pesan nggak untuk para blogger yang memiliki pekerjaan pokok atau untuk para pemula yang masih baru berkecimpung di dunia perbloggeran? 

Pesan saya, tetaplah berkarya melalui blog, apapun latar belakang profesi kita, walaupun tujuan kita ngeblog bukan untuk komersil tapi setidaknya menjadi ladang silaturahmi, memberikan informasi yang bermanfaat kepada orang lain.


*** 
Gimana hasil My Scrap Book ngobrol bareng mbak Errika? Asyik kan? Seru banget kan? By the way, gimana nih re-design blog kita, mbak, jadikah? He.. he.. he.. Jadi, tambah bikin nggak sabar buat segera meluncur ke blognya mbak Errika buat baca postingan serunya. My Scrap Book udah lho, kamu?

Makasih banyak, mbak Errika, sudah bersedia mengobrol, berbagi ilmu bersama My Scrap Book. Semoga dengan ini bisa menjadikan kita makin akrab dan silaturahmi tidak terputus yaa.. 

Untuk tampilan blog dari Errika adalah :


Asyikkk, kelar sudah ngobrol bareng My Scrap Book bersama dengan mbak Errika. Don't go anywhere, tetap stay tune yaaa di blog My Scrap Book. Karena ada berbagai artikel menarik disini.

Ngobrol bareng ini menjadi pilihan My Scrap Book untuk ikut meramaikan postingan di blog ini. Dimulai dengan Ngobrol bareng, dan jangan lupa apabila kamu ingin ikutan di rubrik ini, bisa langsung send me an email yaa. Semoga dengan adanya postingan ini bisa menambah pertemanan dan keakraban di antara teman-teman semua.
 ***
https://pbs.twimg.com/profile_images/685647705348026368/uHCgxbjD.jpg

Tentang Errika :
 
 Saya Errika Ayu. A. orang-orang biasa memanggil saya Errika, Saya 28 tahun, Ibu 1 anak berusia (3 tahun 4 Bulan), Saat ini saya bekerja sebagai Karyawati Di salah satu Tempat wisata di Jakarta. Selain itu saya juga sebagai freelance Makeup Artist yang baru saya jalani 1 tahun belakangan ini, saya juga sudah mulai ngeblog dari tahun 2009 dan sempat vakum 2 tahun dan beberapa bulan belakangan ini mulai aktif lagi.
 
  Kamu bisa menemui kesehariannya di Twitter| Blog | Instagram Make Up | Instagram Errika 

3 comments on "Re-design Blog yuk Bareng Errika | Ngobrol Bareng"
  1. Anonymous13:10

    bagus banget nih dan isi artikelnya juga menginspirasi bagi saya sendiri sebagai seorang pemula di blogger ^_^ thanks mbak errika :)

    ReplyDelete
  2. Anonymous13:10

    This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Yeah, saya ngeblog untuk silaturahmi aja, biar makin akrab :D sampai sekarang blog saya belum pernah nyoba untuk monetize

    ReplyDelete

Tulis komentarmu dengan bahasa yang sopan dan tinggalkan Nama/URL yaa, biar bisa langsung saya BW :)

Custom Post Signature

Custom Post  Signature