14 January 2024

Bangga Menjadi Warga Negara Indonesia


Hola, teman-teman


Udah tengah bulan dan nggak kerasa yaaa. Untuk sebagian orang yang gajian tanggal 25 setiap bulannya, ini udah masuk masa-masa rawan, nah beda lagi kalau yang gajian setiap tanggal 1 dan 5 masih lumayan aman. Gajian tanggal 10 aman banget. Eh bener nggak sih, teman-teman? Atau ada pendapat lain mungkin?


Sebagai warga negara Indonesia, yang dari lahir hingga tumbuh besar di negara ini, aku bangga sekali. Walaupun mungkin dari 100% itu ada 0 koma sekian persen kadang dibuat sebel sama segala hal negatif disini. Seperti misalnya, macet, terus kadang ada beberapa yang suka main hakim sendiri, apalagi yaaa?


Tapi, ada beberapa hal yang membuat aku bersyukur banget tinggal di Indonesia, apa aja sih?


1. Budaya


Untuk beberapa orang, mereka masih mengutamakan budaya adat ketimuran yang kental. Seperti misalnya, jika memakai baju, diusahakan yang sopan, bertemu orang senyum, anggukan kepala, sapa, dan salaman. Ketika diajak ngobrol dijawab dengan santun dan sopan. Kemudian dengan yang lebih tua, hormat, menghargai, sopan. Apalagi yaa?


2. Makanan


Sebagai pecinta makanan, aku tuh suka sama beberapa makanan asli Indonesia, dan khas beberapa kota yaaa, seperti gudeg, ayam betutu, rawon, rujak cingur, pempek, ketoprak, makanan khas sunda, dan lain-lain


3. Alam


Ini bukan nama penyanyi yaaa. Tapi, memang sebagai pecinta alam, aku memang suka bertualang entah jalan-jalan langsung atau nonton dari youtube tempat-tempat di Indonesia yang memiliki alam yang indah banget. Baik dari alam pegunungan, kemudian pantainya, pepohonannya, sungainya, wuih mata kita dimanjakan banget lhoo.


4. Orang


Orang Indonesia itu terkenalnya ramah, baik, sopan. Mungkin sebagian orang ada yang mungkin lhoo yaaa, dianggapnya kurang ramah, kurang baik, kurang sopan. Tapi buatku masih dalam batas kewajaran sih. Jadi sebelum menjudge orang tersebut kurang ramah, kurang baik, kurang sopan, bisa ditanyakan dulu kenapanya gitu. Tapi, overall, sekalipun buat orang-orang, si X ini misalkan jutek, sombong, nggak sopan, buatku si X ini baik kok. Jadi, buatku orang Indonesia itu semuanya baik, ramah, sopan. Jadi, jangan mengeneralisir semua orang jadi gak baik, gak ramah, gak sopan, karena 1 atau 2 orang aja yaa. Semuanya baik, sopan dan ramah.


Hmmm, apalagi yaaa. Sulit sebenarnya mengungkapkan apa yang membuat aku betah tinggal di Indonesia itu. Karena cinta tidak butuh alasan bukan? Yup, secinta itu aku dengan Indonesia. Berharap baik alam maupun rakyat Indonesia semuanya aman, baik, sehat semuanya.


Cinta kamu, Indonesiaku. Cinta kamu, Ibu Pertiwiku. 

6 comments on "Bangga Menjadi Warga Negara Indonesia"
  1. Kalo mo disebutkan satu satu banyak bangettt ya kak

    ReplyDelete
  2. Cintanya sudah mendarah daging ya Kak, gimana gak betah kan ya. Secinta itu!

    ReplyDelete
  3. Aku juga cinta Indonesia

    ReplyDelete

Tulis komentarmu dengan bahasa yang sopan dan tinggalkan Nama/URL yaa, biar bisa langsung saya BW :)

Custom Post Signature

Custom Post  Signature