27 January 2024

Hidup Berkat Kata-kata Bijak: Nasihat Terbaik yang Membentuk Diriku


Hola, teman-teman

Seringkali kehidupan kita merupakan sebuah perjalanan unik yang dipenuhi oleh berbagai pengalaman baik suka maupun duka. Di dalam perjalanan tersebut, banyak kata-kata bijak dari orang-orang terdekat kita atau mungkin juga dari tokoh-tokoh inspiratif, film atau serial drama, buku yang seringkali menjadi sumber kebijaksanaan dan nasihat serta motivasi terbaik dalam hidup.

Aku ingin berbagi sedikit pengalaman pribadiku tentang bagaimana aku mendapat beberapa nasihat yang akhirnya bisa membentuk diriku dan mempengaruhi jalan hidupku.

Semua dimulai dari Rumah

Nasihat yang aku terima dari ayahku mengenai kebiasaan yang akan kita lakukan, semua berawal dari rumah. Jikalau rumah tidak memberikan perlindungan, kenyamanan, hal-hal yang baik, yang membuat kita kuat, ketika kita melangkah keluar rumah, dan menghadapi permasalahan atau hal-hal yang terjadi sehari-hari dalam hidup, kita tidak bisa menghadapinya serta kita tidak bisa menghargai dan mempercayai orang dalam hidup kita.

Melihat Kecil, Bermimpi Besar

Mulailah dari hal yang kecil, namun mimpikanlah yang besar. Nasihat ini diberikan oleh guru aku saat duduk di sekolah dasar. Beliau mengajarkan bagaimana cara kita menghargai setiap langkah kecil dalam perjalanan hidup, serta memiliki mimpi besar untuk tujuan jangka panjang. Belajar menghargai proses, serta menjalani hidup dengan penuh kesabaran dan tekad.

Keberanian untuk Menjadi Unik

Sahabat dekatku pernah memberikan sebuah nasihat sederhana namun dampaknya luar biasa untuk hidupku. 

Jadilah dirimu sendiri, jadilah dirimu sendiri, jadilah dirimu sendiri. Just be yourself, no matter what happen in your life, just be your self. 

Nasihat ini mengajarkan aku untuk tidak takut menjadi diriku sendiri. Berani untuk mengekspresikan diri tanpa berusaha untuk menjadi orang lain, sangat membantu aku untuk bisa memulai hal-hal yang awalnya membuatku takut dan tak yakin untuk memulainya.

Nikmati Proses Daripada Hasil

Seorang dosen kuliahku, dosen pembimbing skripsiku, mengajarkan aku untuk selalu menikmati proses daripada menerima hasil. Karena dengan kita menjalani proses yang baik, lancar, serta ikhlas, ketika kita mendapatkan hasil yang tidak sesuai maka kita tidak akan terlalu kecewa. Menurut beliau, hasil yang baik merupakan bonus dari proses yang kita jalani selama ini.

Kesuksesan Datang dari Kesabaran dan Kerja Keras

Ayahku pernah memberikan nasihat bijak yang melekat kuat dalam pikiranku hingga saat ini. 

Sukses yang datang hari ini, bukanlah melalui hasil instan, melainkan dari buah kesabaran serta kerja keras yang berkelanjutan.

Nasihat ini tentu saja membimbing aku untuk melalui tantangan serta kegagalan, dan mengingatkan bahwa setiap langkah kecil menuju tujuan merupakan langkah untuk menuju sebuah kesuksesan.

Ubah Rintangan menjadi Peluang

Kembali lagi ayahku memberikan nasihat ketika beliau mengetahui hobiku yaitu membaca dan menulis. Ayahku pernah berkata, “Ubahlah sebuah rintangan untuk kamu jadikan sebuah peluang dalam hidupmu.”

Awalnya aku kurang paham apa maksud beliau, namun beliau menjelaskan perlahan kepadaku, karena dengan membaca sebuah buku, menulis sebuah cerita, walaupun penuh dengan rintangan yang datang menghadangku kala itu, karena kesibukanku kuliah, kemudian bekerja, membagi waktu yang kurang untuk menyalurkan hobiku, jangan menyerah, karena kalau kamu menekuni hal tersebut, suatu hari nanti, hal tersebut akan menjadi peluang untukmu.

Dari beberapa nasihat yang diberikan padaku hingga saat ini, aku menyadari jika nasihat-nasihat tersebut membawa dampak yang mendalam dalam membentuk nilai-nilai, sikap serta keyakinanku dalam menghadapi kehidupan ini. 

Pengalaman ini tentu saja, membuktikan bahawasanya nasihat tersebut bukan hanya kata-kata kosong belaka, namun memiliki kekuatan untuk bisa memberikan arahan dan membentuk diri kita menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Kalau kamu, apa nasihat terbaik dalam hidupmu yang berpengaruh untuk dirimu hingga saat ini?
1 comment on "Hidup Berkat Kata-kata Bijak: Nasihat Terbaik yang Membentuk Diriku"
  1. Kebanyakan org hanya ingin langsung hasilmya, dari pada menikmati prlrosesnya ya kak..

    ReplyDelete

Tulis komentarmu dengan bahasa yang sopan dan tinggalkan Nama/URL yaa, biar bisa langsung saya BW :)

Custom Post Signature

Custom Post  Signature