23 February 2016

Mengenal Desty lebih Dekat | Ngobrol Bareng


Holaa..


Yeayyyy.. Hari ini spesial pake telor bangetttt.. Karena My Scrap Book akhirnya punya postingan baru, yang insya allah, rutin setiap minggu di blog ini. Dan kali ini untuk yang pertama kalinya, My Scrap Book berkesempatan untuk Ngobrol bareng Desty. Siapakah Desty? Ada yang sudah kenal dengan beliau? Belum? Haduhhh.. Oke, mungkin buat yang belum kenal, dengan ngobrol bareng ini bisa sedikit mengenal mbak Desty yaa. Ingat kata pepatah, 'Tak kenal maka tak sayang'.. Ho.. ho.. ho..

Oke, simak yuk acara Ngobrol Bareng Desty.

Hallo, mbak Desty, apa kabarnya? Waaahhh, lagi sibuk apa nih sekarang, mbak?

Hai Asri...Kesibukan yang biasa sih. ngajar plus ngurus anak dan suami

Ehm, mbak Desty, maaf yaa, ganggu waktunya sebentar. Boleh nanya-nanya kan, mbak? Ehm, mbak Desty, kalau boleh tau nih, profesi mbak Desty saat ini apa yaa?

Pekerjaan saya sekarang adalah dosen. Saya mengajar di program studi Biologi, di salah satu universitas swasta yang ada di Palopo, Sulawesi Selatan. 

Kalau boleh tau nih, mbak, kan selain mbak berprofesi sebagai dosen, mbak juga berprofesi sebagai blogger buku. Gimana sih cara bagi waktunya antara kesibukan mbak dengan menulis blog?    

Biasanya saya menulis blog setelah saya selesai membaca satu buku. Sengaja seperti itu supaya ingatannya masih segar tentang isi bukunya.Soalnya saya kadang lupa kalau udah kelamaan. Tapi tidak semua buku yang saya baca saya tuliskan reviewnya di blog, kadang hanya ulasan singkat saja di Goodreads. Soal membagi waktu...hmm...nggak ada kiat khusus sih. Disempatkan saja nulis blogya kalau pas buka laptop. Biasanya sih pagi-pagi di kampus sebelum jam mengajar.

Apa yang melatar belakangi mbak Desty kemudian membuat blog khusus untuk buku? Kalau boleh tau, dalam sehari, seminggu, sebulan, bisa posting berapa banyak, mbak? Ada tantangan/kesulitan nggak, mbak, setiap kal mau memposting tulisan di blog?

Saya memang suka baca buku. Dulu beberapa review saya tuliskan di blog pribadi saya (http://destinugrainy.wordpress.com). Trus liat blognya dengan beberapa sesepuh BBI jadi tertarik untuk membuat blog khusus buku. Sempat kuatir kalau punya 2 blog ada yang ga keurus ...(dan memang benar, blog pribadi jadi penuh sarang laba2). 
Nulis berapa postingan? Nggak tentu. Kalau mood aja. Tapi saya mengusahakan ada postingan sebulan sekali. 

Bagaimana pandangan orang-orang di sekitar mbak Desty, di lingkungan pekerjaan mbak Desty dengan profesi mbak sebagai blogger? Apakah mereka mendukung atau malah ada yang mencibir?


kalau di lingkungan pekerjaan banyak yang belum tahu kalau saya blogger buku. Mereka sih tahunya saya sering dapat buku gratis dari penerbit atau penulis. Jadi kalau mau dibilang mendukung nggak juga, mencibir juga nggak. Yah...di sini blogger belum populer mungkin ya...


Apakah keluarga mbak selama ini mendukung dari sisi pekerjaan pokok mbak dan pekerjaan sampingan mbak sebagai blogger?

Saya ndak bisa mneyebut menjadi blogger buku ini sebagai pekerjaan sampingan. Belum menghasilkan uang sih ya...kalau berupa buku sudah banyak dan lumayan sering. Yah..setidaknya mengurangi pengeluaran membeli buku sih. Keluarga sih ndak protes... Kalau pekerjaan pokok so far mendukung. Saya dibesarkan di lingkungan dimana keluarga saya mengargai seorang perempuan yang bisa berkarir. Karena menajdi perempuan harus bisa mandiri.

Menurut mbak Desty sendiri, blogger di era sekarang ini penting nggak sih, mbak?

Menurut saya sih penting. Sudah banyak perubahan yang terjadi di Indonesia yang diawali oleh "suara blogger". Blogger pun bisa menjadi pekerjaan yang menghasilkan. Tapi mungkin kalau blogger buku masih belum mendapat perhatian khusus. Buktinya kalau ada acara kumpul blogger, nggak satupun blogger buku yang diundang. Padahal seperti yang sudah sering saya bilang, blogger buku itu "penting" untuk dunia literasi. Disadari atau tidak, blogger buku membantu melestarikan literatur di Indonesaia dan bahkan dunia. Yah...Semoga ke depannya bisa lebih baik lagi.

Yang terakhir ya, mbak. Ada pesan nggak untuk para blogger yang memiliki pekerjaan pokok atau untuk para pemula yang masih baru berkecimpung di dunia perbloggeran?
  
Keep blogging. Pekerjaan apapun kalau ditekuni dengan baik pasti akan membuahkan hasil yang baik pula.

***
Gimana hasil My Scrap Book ngobrol bareng mbak Desty? Asyik kan? Seru banget kan? Jadi, tambah bikin nggak sabar buat segera meluncur ke blognya mbak Desty buat baca review cetar membahananya.

Makasih banyak, mbak Desty, sudah bersedia meluangkan waktunya untuk ngobrol bareng di rumah My Scrap Book. Semoga dengan ini bisa menjadikan kita makin akrab dan silaturahmi tidak terputus yaa, mbak..
 
Untuk tampilan blog dari mbak Desty adalah :
  
 https://destybacabuku.wordpress.com/

Fiuh, asyikkk, kelar sudah ngobrol bareng My Scrap Book bersama dengan Desty. Don't go anywhere, tetap stay tune yaaa di blog My Scrap Book.

Ngobrol bareng ini menjadi pilihan My Scrap Book untuk ikut meramaikan postingan di blog ini. Dimulai dengan Ngobrol bareng, semoga berlanjut ke Guest Post. Semoga dengan adanya postingan ini bisa menambah pertemanan di antara teman-teman semua.

***
https://scontent-sin1-1.xx.fbcdn.net/hphotos-xap1/v/t1.0-9/12552810_10205390163650359_2296126473227746372_n.jpg?oh=c404a9bd2ba4e44abddaf114868db2b1&oe=5726B2F0Tentang Desty :

Wanita yang bernama lengkap Pauline Destinugrainy Kasi, dan akrab dipanggil Desty ini adalah anak kedua dari tiga bersaudara. Domisilinya sekarang ini adalah di kota Palopo Sulawesi Selatan bersama seorang suami dan seorang anak laki-laki yang lagi lucu-lucunya. Sehari-harinya, mbak Desty bekerja di sebuah perguruan tinggi swasta, demi mencai sesuap nasi dan setumpuk buku. Kamu bisa melihat kesehariannya di Facebook | Twitter | Blog | Goodreads.

27 comments on "Mengenal Desty lebih Dekat | Ngobrol Bareng"
  1. wahhh... boleh banget nih idenya. Keren!

    ReplyDelete
  2. Setuju dgn mbak desty. Book blogger belum mendapat perhatian khusus. Nungkin krn buku bukan termasuk produk komersil dan minat baca kita masih rendah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih, mbak Ria, sudah mampir dan memberikan komentar cetar membahanya :D

      Delete
  3. blog bukuku udah berlaba-laba, jadi termotivasi lagi baca tulisan ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo, semangat, mbak.. Jangan sampai dihuni laba-lana :D

      Delete
  4. teruskan mak...bagus idenya...

    ReplyDelete
  5. Ide content blog nya boleh juga... tak kenal maka tak sayang kan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih :)

      Tak kenal maka tak sayang :)

      Delete
    2. Hai, mbak Athiyah..

      Terima kasih :))

      tak kenal maka tak sayang :))

      Delete
  6. Replies
    1. hai, mak @noorma.. boleh minta emailnya?

      Delete
  7. waahh keren idenya. khusus blogger buku aja ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, mbak Maya..

      Ini free kok, nggak harus blogger buku.. :)

      Delete
  8. idem sama Mbak Maya Siswadi, khusus blogger buku yah Mbak? saya juga mau dong :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, mbak Ira :)

      Nggak kok, mbak. Bebas. Asalkan dia blogger dan memiliki pekerjaan lainnya. Boleh dibaca postingan terbaru, mbak :)

      Delete
  9. Kereen mak.... aku sukaa...bisa buat inspirasi..

    ReplyDelete
  10. Konten barunya keren, Mbak.. Kapan-kapan saya juga mau dijadikan bahan postingannya. XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, mbak.. Boleh kok.. mbak bisa kirim emailnya ke inbox saya atau ke email saya.. Nanti, saya hubungi mbak elisa :D

      Delete
  11. Akupun suka bgt baca... tp ga kepikiran utk bikin reviewnya di blog :).. secara blog yg skr udh niche hany utk kuliner dan traveling :D. mau baca2 blognya mba desty dulu ah ;)..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bikin 1 blog lagi, mbak, khusus buku.. hehe..

      Delete
  12. Sukses terus mba desty..buat mengajar dan blogger booknya
    Mba asri makasiii yaaah udah ada mengenal lebih dekat iniii...

    ReplyDelete
  13. senang nich idenya, jadi mengenal lebih dekat ya teman-teman blogger yang sering berinteraksi,

    ReplyDelete

Tulis komentarmu dengan bahasa yang sopan dan tinggalkan Nama/URL yaa, biar bisa langsung saya BW :)

Custom Post Signature

Custom Post  Signature