01 March 2016

Hai, Rachma | Ngobrol Bareng

 


Holaa..

Setelah postingan minggu kemarin mendapat respon yang luar biasa bagus. Kali ini, My Scrap Book kembali memposting rubrik baru yaitu Ngobrol Bareng. Dan untuk kali kedua ini, yang mendapatkan kesempatan adalah Ratih Rachma atau biasa dipanggil Rachma. Kenapa posting Ngobrol Bareng Rachma di bulan Maret, awal bulan pula. Karena bulan ini sepertinya bulan yang istimewa untuk beliau. Oke, ada yang sudah mengenal Rachma? Belum? Waa.. kalau begitu, buat yang belum kenal, semoga dengan ngobrol bareng ini bisa sedikit mengenal Rachma yaa.
Oke, simak yuk acara Ngobrol Bareng Rachma.






Hallo, Rachma, apa kabarnya? Waaahhh, lagi sibuk apa nih sekarang?

 Halo juga. Alhamdulillah, baik mbak. Lagi sibuk apa ya? Hehe, lagi asyik ngurusin anak di rumah aja nih, mbak. Soalnya kalo pagi harus kerja di kantor ^^ .

Ehm, Rachma, maaf yaa, ganggu waktunya sebentar. Boleh nanya-nanya kan ini? Ehm, Rachma, kalau boleh tau nih, profesi Rachma saat ini apa yaa? Boleh ceritakan sedikit mengenai pekerjaan kamu tersebut?


Boleh kok ^^.Saat ini aku kerja kantoran di sebuah kantor BUMN di Jogjakarta. Kurang lebih sudah hampir 5 tahun disini (ya ampuun, udah lamaa banget yah). Di kantor aku ada di bagian Akuntansi, kebetulan di sini bagian Akuntansinya cuman satu orang, hehe, jadi memang agak riweh di waktu-waktu tertentu. Kalo di akuntansi ngapain ya (loh, malah nanya), hehe, kerjanya nungguin kerjaan yang lain selesai, baru kita bikin laporan dan kroscek sana sini. Selain kerja kantoran, saya juga sedang focus mengerjakan bisnis jaringan secara online (ceritanya mau jadi mompreneur juga, hehe).

Kalau boleh tau nih, kan selain Rachma berprofesi sebagai karyawati, Rachma juga berprofesi sebagai blogger. Gimana sih cara bagiwaktunya antara kesibukan kamu dengan menulis blog?


Kebetulan, aku sudah ngeblog sejak kuliah sih, hehehe, tapi pas kuliah dulu lebih ke curcol tentang kegiatan sehari-hari. Hehe, coba tengok di Airachma (kemudian tutup mata), tapi lama-kelamaan saat kerja, pindah ke blogspot, hehe. Cara bagi waktunya, kalau dulu, kalau ada waktu aja aku nulis di blog, tapi sekarang mau lebih dibuat terstruktur, karena biar memori-memori saat ini terekam di masa depan (eaaa). Selain itu, dengan dijadwalakan lebih rajin menulis, rasanya perlu banget punya kegiatan disamping membesarkan anak dan bekerja kantoran ^^.


Apa yang melatar belakangi Rachma kemudian membuat blog? Kalau boleh tau, dalam sehari, seminggu, sebulan, bisa posting berapa banyak? Ada tantangan/kesulitan nggak, setiap kali mau memposting tulisan di blog?


Seperti yang aku bilang sebelumnya, kalo saat kuliah aku suka blog, karena aku bisa bercerita banyak disana. Bisa dibilang, aku memang suka menulis sejak kecil. Dulu pas kecil suka banget bikin novel, ikut-ikutan acara kumpul sama penulis (wkwkwk), tapi novelnya nggak pernah terbit. Kalo dulu masih suka nulis tangan, sampe abis lembaran buku tulis kiky buat cerita novel atau cerpen.Tapi semenjak kenal internet, dan blog (sejak kuliah), makin rajin nulis di blog. Motivasi yang lain, muncul lagi ketika sudah bekerja dan menikah kemudian punya anak, blog menjadi salah satu mediaku untuk bercerita tentang anak, dan keluarga. Rasanya seru ketika membaca kembali tulisan-tulisan saat persiapan pernikahan, saat menikah, melahirkan, dsb, hehe. Tapi saat ini postinganku lebih sering mengenai trip atau perjalanan kami bertiga, kebetulan suami suka memotret, jadi lumayan kalau saat posting blog, ada foto-foto bagus yang bisa dipublish bareng tulisanku ^^.
 

Tentang berapa kali aku nulis, mmm.. berapa kali yah, hihi, tergantung mood sih, kadang bisa 1 tapi kadang juga bisa 3-4 kali dalam sebulan. Kesulitannya lebih kefaktor M, MALES, wkwkwkw, kadang sudah mengumpulkan bahan dan foto-foto, tapi tulisan masih ada di folder DRAFT tanpa tersentuh lagi, kemudian lupa (kemudian hening, krik krik krik), hehe.

Bagaimana pandangan orang-orang di sekitar Rachma, di lingkungan pekerjaan Rachma dengan profesi  kamu sebagai blogger? Apakah mereka mendukung atau malah ada yang mencibir?

Rata-rata sih mendukung ya, tapi mendukung dalam diam. Ha..ha.. Keluarga sih tau kalo aku ada blog, dan kadang orang tua ikut baca-baca blogku (walaupun diam-diam). Selama tidak diprotes, aku anggap sih mendukung. Suami juga begitu, malah kemarin ikut nganterin ke acara kopdar blogger KEB Jogja. Hihi.. Alhamdulillah banget ^^

 Menurut  Rachma sendiri, blogger di era sekarang ini penting nggak sih?

Kalau menurutku, penting atau tidak, itu tergantung sudut pandang masing-masing sih. Ada blogger yang memang mencari rejeki dari profesi ini, kalau memang dia mencari rejeki, penting banget mah untuk eksis di era sekarang. Jaman sekarang orang yang mengenal internet lebih banyak daripada yang buta internet. Kebanyakan orang, saat akan mengambil decision (travelling, kosmetik, pekerjaan, review masakan, dsb) pasti akan membuka situs pencarian di internet, dan lebih tertarik dengan review dari blogger daripada website resmi, karena review blogger dirasa lebih personal ^^. Jadi, memang menurut saya blogger sangat penting di era sekarang ^^.

Yang terakhir ya, Ma. Ada pesan nggak untuk para blogger yang memiliki pekerjaan pokok atau untuk para pemula yang masih baru berkecimpung di dunia perbloggeran?

Untuk blogger yang memang menjadikan media blog sebagai pekerjaan pokok, tetep semangat yaa ^^, pintu rejeki dari sini, insya allah bisa kok dijadikan penghasilan tetap. Aku melihat banyak blogger professional yang sukses di dunia blogger, nggak hanya uang yang didapat, tapi teman-teman di dunia maya (yang akhirnya bertemu di dunia nyata) mulai Sabang hingga Merauke ^^.

Untuktemen-temen yang baru bergabung di dunia blogger, tetep semangat juga yaa, jadikan blog sebagai media kalian untuk berbagi cerita dan informasi. Insya allah, apabila blog kita bermanfaat untuk orang lain, nanti rejeki akan datang sendiri ke kita kok ^^. Tetap semangat ngublek-ngublek blog yaah.


*** 
Gimana hasil My Scrap Book ngobrol bareng Rachma? Asyik kan? Seru banget kan? Jadi, tambah bikin nggak sabar buat segera meluncur ke blognya Rachma buat baca postingan serunya. My Scrap Book udah lho, kamu?


Makasih banyak, Rachma, sudah bersedia meluangkan waktunya untuk ngobrol bareng di rumah My Scrap Book. Semoga dengan ini bisa menjadikan kita makin akrab dan silaturahmi tidak terputus yaa..
   
Untuk tampilan blog dari Rachma adalah :

http://rumahrachma.blogspot.co.id/ 

Fiuh, asyikkk, kelar sudah ngobrol bareng My Scrap Book bersama dengan Rachma. Don't go anywhere, tetap stay tune yaaa di blog My Scrap Book.

Ngobrol bareng ini menjadi pilihan My Scrap Book untuk ikut meramaikan postingan di blog ini. Dimulai dengan Ngobrol bareng, dan semoga minggu ini Guest Post sudah bisa mulai diposting juga di blog ini. Semoga dengan adanya postingan ini bisa menambah pertemanan dan keakraban di antara teman-teman semua.
***
https://3.bp.blogspot.com/-WuFTRygbtJQ/Vs1i3jj5KxI/AAAAAAAAGy4/u_U43yIb4DQ/s200/Presentation1.jpgTentang Rachma :

Wanita yang bernama lengkap Ratih Rachma Islami, dan akrab dipanggil Rachma ini adalah seorang istri dari suami yang amat disayanginya dan seorang ibu dari seorang anak laki-laki dan insya allah sebentar lagi menjadi ibu dari 2 orang anak. Tinggal di kota Yogyakarta. Sehari-harinya, Rachma bekerja di sebuah perusahaan BUMN dan oriflamers, berharap profesi mompreneur segera bisa disandangnya. Kamu bisa melihat kesehariannya di Facebook | Twitter | Blog.



5 comments on "Hai, Rachma | Ngobrol Bareng"
  1. salam kenal mba Rachma :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo, mbak @Kanianingsih :)

      *mewakili mbak Rachma* hihi

      Delete
    2. Salam kenal jugaa mba Kania ^^

      Delete
  2. hi mbak salam kenal (sambil dadah-dadah) :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai juga, mbak *dadah-dadah ala princess*

      Delete

Tulis komentarmu dengan bahasa yang sopan dan tinggalkan Nama/URL yaa, biar bisa langsung saya BW :)

Custom Post Signature

Custom Post  Signature