12 April 2016

Bercengkrama di Sore Itu bersama Ophi | Ngobrol Bareng

 

Baca juga yaa..

Holaa..

Selasa, bagaimana dengan Senin kalian kemarin? Hectickah kegiatan kalian kemarin? Yuk, sharing yukk..
 
Nah, kali ini My Scrap Book kedatangan Ophi. Ada yang sudah mengenal Ophi? Belum? Waa.. kalau begitu, tak kenal maka tak sayang. Buat yang belum kenal, semoga dengan ngobrol bareng ini bisa sedikit mengenal Ophi yaa. 

Oke, simak yuk acara Ngobrol Bareng Ophi..


 

Hallo, mbak Ophi, apa kabarnya nih? Waah, lagi sibuk apa nih sekarang? 

Hai Mba Asri, alhamdulillah kabar baik. Biasa nih kerjaan kantor ada beberapa Naskah Akademik dan Rancangan Undang-Undang  yang sedang disiapkan dan disusun di unit saya. Jadi lagi lumayan padat beberapa bulan ini.
 
Ehm, mbak Ophi, maaf yaa, ganggu waktunya sebentar. Boleh nanya-nanya kan? Ehm, mbak Ophi, kalau boleh tau nih, profesi mbak Ophi saat ini apa yaa? Boleh diceritakan sedikit  mengenai profesi mbak Ophi saat ini?

Aku  PNS di Pusat Perancangan Undang-Undang DPR RI. Jadi supporting system di DPR yang tugasnya membantu DPR melakukan penyusunan dan penyiapan Naskah Akademik dan Rancangan Undang-Undang Mbak. Kalau dari sisi kepegawaian aku nih fungsional Perancang Peraturan Perundang-undangan bahasa kerennya legislative drafter. Tugasku sehari-hari ya bergelut dengan proses penyiapan Naskah Akademik dan Rancangan Undang-Undang. Termasuk juga melakukan pendampingan dalam pembahasan RUU antara DPr dan Pemerintah bahkan ikut membantu menyiapkan konspe keterangan tertulis DPR kalau ada Undang-Undang yang digugat di Mahkamah Konsitusi.
 
Mungkin diluar sana banyak yang menginginkan menjadi profesi mbak Ophi sekarang ini, apa ada tips buat para job hunter diluar sana?

Waah gak yakin juga yaa, apakah ada yang minat atau enggak hahaha. Kalau lulusan hukum biasanya lebih memilih jadi praktisi yang sudah keren kayak lawyer, atau hakim, atau jaksa, atau ke notariat. Hmm kalau legislative drafter ini emmang jenis fungsional bidang hukum yang belum terlalu dikenal yaa. Masih terhitung baru.
 
Kalau boleh tau nih, kan selain mbak Ophi berprofesi sebagai ...., mbak Ophi juga berprofesi sebagai blogger. Gimana sih cara bagi waktunya antara kesibukan mbak Ophi sendiri dengan menulis blog? 

Kalau aku sih belum bisa bilang bahwa blogger adalah profesikua juga. Lebih blogging tuh merupakan hobby yang menyenangkan. Semacam me time. Tp memang alhamdulillah seiring waktu adalah mulai mendapat keuntungan materi  dari ngeblog. Mulai memonetize blog juga belum lama kok. Alhamdulillah selain hobby bisa ada rezeki juga dari ngeblog.
 
 Apa yang melatar belakangi mbak Ophi kemudian membuat blog? Kalau boleh tau, dalam sehari, seminggu, sebulan, bisa posting berapa banyak? Ada tantangan/kesulitan nggak, setiap kali mau memposting tulisan di blog?

Awalnya sebagai aja “teraphi jiwa” hahaha...jadi kalau suntuk dan pusing dengan kerjaan kantor nulis dan curhatnya ke blog, lama makin belajar dari banyak blogger lain makin bener deh ngeblognya, mulai ditata sedemikian blognya. 

Hmm seiring waktu akhirnya saya bisa menemukan ritme antara kerjaan kantor dan ngeblog. Mulai bisa “mengakali” gimana tetap bisa ngeblog dis ela-sela kesibukan. Mungkin karena dibawa happy dan dari hati jadi ya asik aja yaa.

Sekarang sih mulai nyaman dan merasa pas dengan angka 8 -12 postingan per bulan. Kalau lagi loading kerjaaan banyak dan gak bisa nyentuh blog yaa..6 blospost deh..tp sebisa mungkin gak kurang dari itu. Kalau lebih dari 12 itu bonus aja berarti.
 
Apakah keluarga mbak Ophi selama ini mendukung dari sisi pekerjaan tetap mbak Ophi dan pekerjaan sampingan mbak Ophi sebagai blogger?

Sebenernya agak “nekat” juag sih udah kerja nyambi ngeblog lagi hahaha. Iya anak-anak tentunya tetap prioritas utama lah yaa. Kerja full time aja saya masih suka diprotes anak-anak apalagi klo di rumah buka lap top atau gadget, Hmm mereka marah deh. Tapi memang saya berkomitmen tidak mengambil waktu saya dengan mereka. Di rumah ya waktunya buat mereka. Ngeblognya di sela-sela waktu kerja, saat di commuter line ngedraf atau ngedit2 photo, nanti aps break buka laptop baru deh rapihin dan edit blogpostnya. Kadang2 ya nunggu mereka tidur atau sebelum mereka bangun. Tapi belakangan karena saya sering mendapat undangan acara untuk blogger yang umumnya melibatkan mereka, atau saya mendapat “merchandise” dari kegiatan negblog yang bermanfaat dan disukai anak-anak. Mereka mulai familiar dan bisa menerima kenyataan kalau ibunya ini juga ngeblog selain ngantor. Tapi sekali lagi anak-anak yang utama sih.
 
Ada tips dan trik nggak dari mbak Ophi dalam menuliskan sebuah tema di blog? Atau saat menulis blog?

Mostly tulisan saya memang yang sifatnya ringan dan keseharian. Saya hamipir selalu menulis yang hanya saya punya pengalaman sendiri atau ada personal sight-nya. Bahkan untuk ikut lomba atau review saya usahakan mengambil tema yang dekat dengan apa yang saya alami.
 
 Menurut mbak Ophi sendiri, blogger di era sekarang ini penting nggak sih?  

Sekarang blogger  tidak lagi hanya jadi ajang hobby lho..banyak yang sudah jadi profesi dan itu menjanjikan dan bisa dijalani secara profesional.  Semakin globalnya era digital dan informasi, semakin peran blogger makin signifikan yaa.
 
Yang terakhir ya. Ada pesan nggak untuk para blogger yang memiliki pekerjaan pokok atau untuk para pemula yang masih baru berkecimpung di dunia perbloggeran? 

Hmm dinikmatia aja, akan ada masa penyesuaian untuk menemukan ritme yang pas yang orang bilangs sebagai “berbagi waktu” karena hanya kita sendiri yang tahu kapan “enaknya” kita menjalani hobby di antara kewajiban utama. Saya sih selalu bilang blogging with heart, karena ngeblog itu asik. Jadi jangan jadi beban.
*** 
Gimana hasil My Scrap Book ngobrol bareng Ophi? Asyik kan? Seru banget kan? Jadi, tambah bikin nggak sabar buat segera meluncur ke blognya Ophi buat baca postingan serunya. My Scrap Book udah lho, kamu?

Makasih banyak, Mbak Ophi, sudah bersedia meluangkan waktunya untuk ngobrol bareng di rumah My Scrap Book. Semoga dengan ini bisa menjadikan kita makin akrab dan silaturahmi tidak terputus yaa..
  
Untuk tampilan blog dari Ophi adalah :

Asyikkk, kelar sudah ngobrol bareng My Scrap Book bersama dengan Mbak Ophi. Don't go anywhere, tetap stay tune yaaa di blog My Scrap Book.

Ngobrol bareng ini menjadi pilihan My Scrap Book untuk ikut meramaikan postingan di blog ini. Dimulai dengan Ngobrol bareng, dan jangan lupa baca Guest Post yang sudah bisa mulai kamu baca juga di blog ini. Semoga dengan adanya postingan ini bisa menambah pertemanan dan keakraban di antara teman-teman semua.
 ***

 

Tentang Ophi:
 
Ibu dari trio krucils, Alinga - Zaha - Paksi. Legislative Drafter yang menikmati Blogging. Bekerja sebagai PNS di Pusat Perancangan Undang-Undang DPR sebagai Perancang Peraturan Perundang-undangan.
 
Kamu bisa menemukan kesehariannya di Blog | Facebook | Twitter   
3 comments on "Bercengkrama di Sore Itu bersama Ophi | Ngobrol Bareng"
  1. hai hai mba Asri...
    makasih untuk obrolan sorenyaa..
    semoga bermanfaat buat semua

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai.. hai.. mbak Ophi..
      aku juga makasih, mbak.. Seruu banget.. jadi bisa tau lhooo pekerjaan buat nyusun RUU.. always penasaran..

      Kembali kasih, mbak..
      Very bermanfaat bangettt ini, mbak..

      Sankyu yaa..

      Delete
  2. Mba Ophi ini termasuk blogger yang kalem juga ramah

    ReplyDelete

Tulis komentarmu dengan bahasa yang sopan dan tinggalkan Nama/URL yaa, biar bisa langsung saya BW :)

Custom Post Signature

Custom Post  Signature