09 April 2016

Menikmati Dinginnya Udara bersama Tikka | Ngobrol Bareng

 

Baca juga yaa..



Holaa..

Yeay, Weekend. Menghabiskan waktu dimana nih, kawan My Scrap Book? QT sama keluarga, teman terdekat, suami, kekasih, anak, atau apa nih kegiatan kawan semua?



Nah, kali ini My Scrap Book kedatangan Tikka. Ada yang sudah mengenal Tikka? Belum? Waa.. kalau begitu, tak kenal maka tak sayang. Buat yang belum kenal, semoga dengan ngobrol bareng ini bisa sedikit mengenal Tikka yaa. 

Oke, simak yuk acara Ngobrol Bareng Tikka..




Hallo, mbak, apa kabarnya nih? Waah, lagi sibuk apa nih sekarang?  

halo juga Asri, kabar aku baik. Kesibukan sekarang ya.. kerja kaya biasa dan sekali-sekali nulis liputan untuk SeMedan.com juga blog sendiri.

Ehm, mbak, maaf yaa, ganggu waktunya sebentar. Boleh nanya-nanya kan? Ehm, mbak, kalau boleh tau nih, profesi mbak saat ini apa yaa? Boleh diceritakan sedikit  mengenai profesi mbak saat ini?

Kalau pekerjaan tetap sekarang aku berprofesi sebagai Zakat Advisor di Lemabaga Amil Zakat Nurul Hayat Medan. memang baru 6 bulan, tapi aku nyaman banget dengan pekerjaan ini karena memberi aku banyak waktu luang untuk menulis.

Kalau bicara seperti apa sih pekerjaan sebagai ZA itu, seperti namanya saya dan teman-teman ZA bertugas mensosialisasikan pentingnya mengeluarkan zakat bagi masyarakat muslim. selain itu kami juga mensosialisasikan beberapa program sosial dan pemberdayaan seperti bantuan bencana alam, bea siswa pendidikan untuk yatim dan dhuafa, juga program lainnya kepada masyarakat sehingga mereka tidak ragu jika ingin berzakat dan atau bersedekah di Nurul hayat.
nah, makanya nih, siapa tau Asri dan keluarga ingin menyisihkan sebagaian rezekinya untuk membantu saudara kita yang membutuhkan hubungi saya aja.. nanti kami bantu menyalurkannya. hehehe. 
Oke, lanjut ke profesi sebagai penulis lepas atau freelance writer.
Kalau profesi ini sudah saya jalani jauh sebelum saya bergabung di LAZNAZ Nurul Hayat. Tapi yah namanya freelance kadang tuh, kebanjiran job sampai gak tidur gegara dikejar date line, tapi sering juga sepi gak ada pemasukan. hff.. hehehe. Namanya profesi dijadikan pekerjaan pasti ujung-ujungnya uang yah.. bukannya matrealistis sih, tapi enggak bisa dipungkiri juga kalau profesi menulis kita jadikan pekerjaan utama, yah banyak tidaknya pemasukan itu memang menjadi pertimbangan.
Pernahkah mbak merasakan kebosanan atau mati gaya saat menjalani profesi mbak yang nggak sedikit itu? Bagaimana cara mbak apabila kemudian tiba-tiba merasakan kebosanan yang teramat sangat?

Merasakan kebosanan cara mengatsinya dengan mencari suasana berbeda aja. entah mengetik di tempat yang berbeda, atau ganti sofa atau cat tembok, atau main game. intinya sih, biar otak diberi jeda atas rutinitas. setelah otak kembali fresh, maka kebosanan pun hilang.

Kalau boleh tau nih, kan selain mbak berprofesi sebagai .... (mohon diisi yaa), mbak juga berprofesi sebagai blogger. Gimana sih cara bagi waktunya antara kesibukan mbak sendiri dengan menulis blog?  

Cara membagi waktu antara bekerja dan ngeblog biasaranya aku utamakan dulu dateline atau target. contohnya yang paling dekat adalah dateline kirim artikel, jadi aku fokus mengerjakan artikel, kalau yang paling dekat adalah dateline lomba blog, ya aku kerjakan dulu blognya. Tapi kalau sedang tidak ada dateline biasanya aku fokuskan ke pekerjaan utama sebagai ZA, setelah semuanya beres, baru aku fokus ke blog dan artikel. itu sebabnya karena pekerjaan yang semakin banyak, walhasil blog dan artikel pun terbengkalai hehehe.

Apa yang melatar belakangi mbak kemudian membuat blog? Kalau boleh tau, dalam sehari, seminggu, sebulan, bisa posting berapa banyak? Ada tantangan/kesulitan nggak, setiap kali mau memposting tulisan di blog?

Yang melatarbelakangi aku menulis blog, pertama karena kecintaanku pada menulis. Dulu niatnya keren aja kalau punya blog pribadi yang bisa diisi dengan tulisan-tulisan sastra kesukaan aku. Tapi lambat laun berubah deh mood dalma berblog ria. kepincut dengan tawaran adsense, akupun sempat punya 5 blog dengan tema berbeda-beda guna meraup niche yang maksimal. tapi karena mengelolanya tidak maksimal, walhasil hasilnya juga tidak maksimal. Dan sekarang aku sudah taubat dengan itu semua hehehe.
Sekarang saya mengelola 2 blog saja yaitu BUNGA MATAHARI dan www.bacabicara.wordpress.com yang sebisa mungkin tetap aku up date. hehehe
Kalau sekarang latar belakang menulis blog karena aku suka menulis dan berbagi informasi dengan masyarakat. Selain itu ngeblog juga memberiku bonus-bonus berupa materi dan teman-teman yang super ketjeh.
Dan kalau ngomongin postingan, terus terang tidak menentu, karena aku orangnya moody banget jadi sesuai mood aja. Tapi kalau ada deadlinenya seperti artikel dan lomba, pasti aku kerjakan sesuai deadline.
Nah, berbicara mengenai kendala dan kesulitan saat memposting yah, itu tadi, mood. Makanya masih belajar cara mengelola mood ini, soalnya masih belum ketemu sama mood booster yang tepat. hehe
Bagaimana pandangan orang-orang di sekitar mbak, di lingkungan pekerjaan mbak Annisa dengan profesi mbak sebagai blogger? Apakah mereka mendukung atau malah ada yang mencibir? Apa keuntungan yang mbak dapatkan saat mbak kemudian memilih menjalani profesi sebagai blogger?

 Karena aku masih juga terbilang baru di dunia blogger, walaupun punya blog sudah lama, tapi yang namnya ngeblog secara serius aku masih dalam tahap belajar, jadi orang-orang sekitar belum banyak yang tau kalau aku juga seorang blogger. kalaupun ada yang tau pandangan mereka ya.. tergantung orangnya juga. adayang menganggap keren karena dia memang tau eksistensi blog dan blogger di zaman sekarang, sedangkan bagi yang tidak paham ya, mereka menganggap biasa saja.
Keuntungan menjadi blogger selain dapat menyalurkan hobi menulis saya, juga bisa mendapatkan materi baik goodiebag, fee atau hadiah lomba. Selain itu menjadi blogger membawa saya berkenalan dengan orang-orang hebat yang memiliki pemahaman out of the box dan banyak deh keseruan lain yang mungkin tidak saya dapatkan jika saya tidak ngeblog.. ^^

Apakah keluarga mbak selama ini mendukung dari sisi pekerjaan tetap mbak Tikka dan pekerjaan sampingan mbak sebagai blogger?

Terus terang keluarga saya hanya tau saya berprofesi sebagai karyawan Lembaga Amil Zakat dan menulis artikel sesekali. kalau ditanya apa itu blog dan blogger pasti mereka bingung. hehe. Tapi aku yakin mereka pasti mendukung apapun profesi aku selama itu positif.
Ada tips dan trik nggak dari mbak dalam menuliskan sebuah tema di blog? Atau saat menulis blog?

Tips dan trik menulis tema blog itu kalau menurut aku sih, tulislah apa yang kamu suka atau apa yang kamu kuasai.


Menurut mbak, blogger di era sekarang ini penting nggak sih? 

Menurutku blogger di era sekarang ini semakin eksis ajah. Dimata produsen produk, posisi seorang blogger itu sama dengan jurnalis media-media cetak dan online lain. Bahkan terkadang testimoni seorang blogger itu jauh lebih berharga dibandingkan dengan sekedar pasang iklan.

Yang terakhir ya. Ada pesan nggak untuk para blogger yang memiliki pekerjaan pokok atau untuk para pemula yang masih baru berkecimpung di dunia perbloggeran?

 
Pesan untuk teman-teman blogger masih baru tetap semangat dan jangan malas untuk terus belajar dari blogger yang senior.
Sedangkan bagi teman-teman blogger yang memiliki pekerjaan tetap,  tetap semangat dan jangan pelit berbagi ilmu dengan pemula seperti saya ini, hehehe.
*** 
Gimana hasil My Scrap Book ngobrol bareng Tikka? Asyik kan? Seru banget kan? Jadi, tambah bikin nggak sabar buat segera meluncur ke blognya Tikka buat baca postingan serunya. My Scrap Book udah lho, kamu?


Makasih banyak, Mbak Tikka, sudah bersedia meluangkan waktunya untuk ngobrol bareng di rumah My Scrap Book. Semoga dengan ini bisa menjadikan kita makin akrab dan silaturahmi tidak terputus yaa..
  

Untuk tampilan blog dari Tikka adalah :

Asyikkk, kelar sudah ngobrol bareng My Scrap Book bersama dengan Mbak Tikka. Don't go anywhere, tetap stay tune yaaa di blog My Scrap Book.


Ngobrol bareng ini menjadi pilihan My Scrap Book untuk ikut meramaikan postingan di blog ini. Dimulai dengan Ngobrol bareng, dan jangan lupa baca Guest Post yang sudah bisa mulai kamu baca juga di blog ini. Semoga dengan adanya postingan ini bisa menambah pertemanan dan keakraban di antara teman-teman semua.
 ***
 
Tentang Tikka:
Kartika Dwi Lestari atau lebih akrab disapa Tikka ini berdomisili di Medan. Blogger pemula yang satu ini berprofesi sebagai Zakat Advisor di Nurul hayat, selain juga menjadi kontributor situs berita lokal semedan.com. Saat ini blogger tergabung di beberapa komunitas menulis FLP Sumut dan juga komunitas blogger seperti KEB Medan dan BLOGM (Blogger Medan).
Kamu bisa menemukan kesehariannya di Bunga Matahari | Baca Bicara  
4 comments on "Menikmati Dinginnya Udara bersama Tikka | Ngobrol Bareng"
  1. Terima kasih banyak my scrap book..

    ReplyDelete
  2. Terima kasih banyak my scrap book..

    ReplyDelete
  3. Wah punya dua blog ya? Aku mengelola satu blog aja udah alhamdulillah kalo up date. Hihii
    Salam kenal uuntuk mba Tikaaa :)

    ReplyDelete

Tulis komentarmu dengan bahasa yang sopan dan tinggalkan Nama/URL yaa, biar bisa langsung saya BW :)

Custom Post Signature

Custom Post  Signature