14 June 2016

Spending a Time with Penulis Buku, Eva Rohilah | Ngobrol Bareng

 

Holaaa..

Gimana puasa kalian di minggu kedua ini? Masih lancar atau sudah ada yang bolong?

Nah, kali ini My Scrap Book lagi mau menghabiskan waktu bersama penulis buku, mbak Eva Rohilah. Penasaran?

Oke, simak yuk, obrolan cantik sambil kita berdua yuk..
 
Hallo, mbak Eva, apa kabarnya nih? Waah, lagi sibuk apa nih sekarang?

Hallo mbak Asri kabar baik alhamdulilah, saya saat ini kerja kantoran tiap senin sampai jumat dan sabtu minggu mengelola bisnis home industri sandal nama, seprey dan bedcover.

Ehm, mbak Eva, maaf yaa, ganggu waktunya sebentar. Boleh nanya-nanya kan? Ehm, mbak Eva, kalau boleh tau nih, profesi mbak Eva saat ini apa yaa? Boleh diceritakan sedikit  mengenai profesi mbak Eva saat ini?

Saat ini profesi saya adalah penulis buku, namun saya senang menulis resensi dan berwirausaha meski kecil-kecilan.

Pernahkah mbak Eva merasakan kebosanan atau mati gaya saat menjalani profesi mbak yang nggak sedikit itu? Bagaimana cara mbak Eva apabila kemudian tiba-tiba merasakan kebosanan yang teramat sangat?

Ya adakalanya kerja kantoran jenuh kalau lg ada masalah dgn riset buku dan klien yang maunya macam2, biasanya kalau lagi bosen saya refreshing dan nonton film dan ikut acara blogger hehehe

Kalau boleh tau nih, kan selain mbak Eva berprofesi sebagai .... (mohon diisi yaa), mbak Eva juga berprofesi sebagai blogger. Gimana sih cara bagi waktunya antara kesibukan mbak Eva sendiri dengan menulis blog?



Saya ikut acara blogger kalau acaranya akhir pekan aja untuk acara2 selain buku, karena blog saya book blogger, para penerbit kirim buku untuk saya review ke rumah jd saya nulis blog pas senggang, libur atau kerjaan lg santai. Jadi sejauh ini semua tidak mengganggu justru mendukung kerjaan saya.Saya juga hobi traveling dan masak, jadi tiap hari saya masak buat keluarga dan bekal kantor ada beberapa resep masakan yg saya upload di blog tapi kebanyakan instagram.

Apa yang melatar belakangi mbak Eva kemudian membuat blog? Kalau boleh tau, dalam sehari, seminggu, sebulan, bisa posting berapa banyak? Ada tantangan/kesulitan nggak, setiap kali mau memposting tulisan di blog?

Saya buat blog sejak tahun 2007 tapi sering ikut acara blogger mulai awal tahun 2015, saya kalau lg gak banyak kerjaan kantor sebulan bisa 4-5 kali tapi kalau lg banyak deadline kantor paling sebulan sekali hehehe, tapi insyaallah saya setiap bulan posting. Sejauh ini gak ada kesulitan cuma waktu aja yang kadang ada perjalanan yang menarik dan masakan serta kuliner enak pengen ditulis di blog tapi waktunya gak ada hehehe

Bagaimana pandangan orang-orang di sekitar mbak Eva, di lingkungan pekerjaan mbak Eva dengan profesi mbak Eva sebagai blogger? Apakah mereka mendukung atau malah ada yang mencibir? Apa keuntungan yang mbak Eva dapatkan saat mbak Eva kemudian memilih menjalani profesi sebagai blogger?



Positif sih, banyak yang gak tahu kalau saya sering ikut acara blogger, tahunya website saya sering ngulas buku. Suami mendukung, dan teman2 juga. Keuntungannya apa yaa banyak sih kenal banyak orang, dapat honor, dan dapat aneka barang dan voucher gretongan hihihi

Apakah keluarga mbak Eva selama ini mendukung dari sisi pekerjaan tetap mbak Eva dan pekerjaan sampingan mbak Eva sebagai blogger?


Ya sangat mendukung, meskipun belakangan saya cukup selektif ya memilih acara blogger, suami senang juga karena melihat saya happy hehe. Karena saya jadi blogger pas week end tertentu dan acaranya menarik baru saya ikut, pekerjaan sampingan sebagai blogger menarik dan tidak mengganggu pekerjaan tetap

Ada tips dan trik nggak dari mbak Eva dalam menuliskan sebuah tema di blog? Atau saat menulis blog?

Ya, tipsnya sederhana aja. Tulis yang ikhlas jangan mengharapkan menang lomba atau terlalu mengendorse produk. Kalau ikut event yang mengharuskan review tulislah segera agar tidak cepat lupa, kalau review buku spt blog saya tulislah secara terencana dan jelas kelebihan dan kelemahan buku.
 
Menurut mbak Eva, blogger di era sekarang ini penting nggak sih?


Penting menurutku sebagai mitra perusahaan utk promo produk, karena blogger itu kalau menulis bisa panjang lebar dan jelas beda dengan media lain yang sekedar menyampaikan informasi seperlunya. Bagi saya sbg penulis, menjadi blogger adalah sebuah passion, hobi yang dibayar dan itu sangat menyenangkan.

Yang terakhir ya. Ada pesan nggak untuk para blogger yang memiliki pekerjaan pokok atau untuk para pemula yang masih baru berkecimpung di dunia perbloggeran?

Ada, pesan saya buat 1) para blogger pemula ayo tulislah dan galilah kemampuan kalian tentang hobbi yang ditekuni agar bisa menulis dengan baik 2) buat para blogger yang memiliki pekerjaan pokok pikirlah dengan seksama kegiatan blogger yang menurut kalian menarik dan waktunya tidak bentrok dengan jadwal kantor dan jangan tergiur dengan iming iming sesaat, selektif saja dan segera tulis jika sudah ikut acara.
*** 
Gimana hasil My Scrap Book ngobrol bareng mbak Eva? Asyik kan? Seru banget kan? He.. he.. he.. Jadi, tambah bikin nggak sabar buat segera meluncur ke blognya mbak Eva buat baca postingan serunya. My Scrap Book udah lho, kamu?

Makasih banyak, mbak Eva, sudah bersedia mengobrol, berbagi ilmu bersama My Scrap Book. Semoga dengan ini bisa menjadikan kita makin akrab dan silaturahmi tidak terputus yaa.. 

Untuk tampilan blog dari Eva adalah :
 

Asyikkk, kelar sudah ngobrol bareng My Scrap Book bersama dengan mbak Eva. Don't go anywhere, tetap stay tune yaaa di blog My Scrap Book. Karena ada berbagai artikel menarik disini.

Ngobrol bareng ini menjadi pilihan My Scrap Book untuk ikut meramaikan postingan di blog ini. Dimulai dengan Ngobrol bareng, dan jangan lupa apabila kamu ingin ikutan di rubrik ini, bisa langsung send me an email yaa. Semoga dengan adanya postingan ini bisa menambah pertemanan dan keakraban di antara teman-teman semua.
 ***

Tentang Eva :

Namaku Eva Rohilah lahir di Sukabumi dan menamatkan SMP sampai kuliah di Jogja. Saat ini bekerja sbg penulis di sebuah penerbitan di Jakarta sambil mengelola bisnis home industri sandal nama yang dikerjakan oleh anak2 putus sekolah di Sukabumi dan memberdayakan ibu rumah tangga di Pamulang Elok untuk membuat seprey dan bedcover.
Kamu bisa menemukan kesehariannya di Twitter | Blog | Facebook Eva | Facebook
4 comments on "Spending a Time with Penulis Buku, Eva Rohilah | Ngobrol Bareng"
  1. Salam kenal mba Eva, semoga bisnisnya semakin sukses ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. *mewakili mbak Eva* terima kasih, mbak Ipeh.. Salam kenal kembali.. Aamiinn

      Delete
  2. Sama seperti saya...kalo ikutan acara blogger kalo nggak libur nggak bisa ikutan. Salam kenal mbak Eva...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Same with me.. paling gondok banget kalau ada acara blogger pas hari kerja.. udah mupeng dan gak bisa ikutan tu rasanya gimana gitu :)

      Delete

Tulis komentarmu dengan bahasa yang sopan dan tinggalkan Nama/URL yaa, biar bisa langsung saya BW :)

Custom Post Signature

Custom Post  Signature