09 July 2016

Meet the Beauty Script Writer, Hani | Ngobrol Bareng

 

Holaaa..
Sabtu. Alhamdulillah. Aaa.. Nggak terasa libur lebaran udah hampir selesai. Udah mulai Arus Balik yaa? Hati-hati di jalan yaa, kawan semua. Jangan lupa perhatikan rambu lalu lintas, siapkan perbekalan makanan yang cukup. Jaga kesehatan juga yaa.. Intinya jaga semuanya.
 
Nah, kali ini My Scrap Book ketemu sama si cantik Script Writer, Hanisah Sukmawati. Penasaran kan? 
 
Oke, simak yuk, obrolan cantik sambil kita berdua yuk..
 
Hallo, mbak, apa kabarnya nih? Waah, lagi sibuk apa nih sekarang? 

Hallooo, Alhamdulillah kabar baik, saat ini masih sibuk dengan rutinitas seperti biasa. Menjalani hari dengan mencoba untuk lebih produktif.

Ehm, mbak, maaf yaa, ganggu waktunya sebentar. Boleh nanya-nanya kan? Ehm, mbak, kalau boleh tau nih, profesi mbak saat ini apa yaa? Boleh diceritakan sedikit  mengenai profesi mbak saat ini?

Alhamdulillah saat ini saya dikasih kesempatan untuk belajar menjadi Blogger, script Writer And Voice Over, masih merintis usaha di bidang Property dan dimulai sebagai freelance Marketing, tapi terlepas dari semua itu saya sangat menikmati peran saya sebagai seorang Istri dan Ibu. Kenapa saya bilang belajar? karena ternyata setelah saya menjalani hidup sampai dengan saat ini, di dunia tidak ada yang benar-benar expert, setiap detik adalah pembelajaran, dan sejatinya dengan merasa puas justru akan menghentikan orang dari proses belajar. Karena itu, saya berharap bisa senantiasa belajar untuk memperbaiki kualitas diri dan terus belajar dari orang-orang di sekitar saya.
Saya mempunyai beberapa blog, tapi baru dua yang bisa saya kelola dengan konsisten, itupun masih tertatih-tatih mengingat saya harus berbagi waktu dengan pekerjaan lainnya. 

Peran saya sebagai script Writer juga menyenangkan. Saya bertugas membuat script untuk promo program di beberapa Channel televisi dan juga sebagai Dubber Promo dengan tugas membuat Voice Over di studio Dubbing.

Untuk Property, saya "berduet" dengan suami saya yang memang dunianya adalah Perbankan untuk mencoba "Peruntungan" dengan menjadi freelance Marketing dan Alhamdulillah saat ini kami sudah bekerjasama dengan beberapa Developer. Masih belajar bangeeeet. Tapi kalau ada teman-teman yang sedang mencari rumah atau tanah, boleh lho merapat. Haha, lho kok promosi ya.

Pernahkah mbak merasakan kebosanan atau mati gaya saat menjalani profesi mbak yang nggak sedikit itu? Bagaimana cara mbak apabila kemudian tiba-tiba merasakan kebosanan yang teramat sangat?

Bosan pernah, mungkin lebih ke pengen istirahat sejenak dari rutinitas yang hectic itu. Sayangnya saya dan keluarga jarang dapat kesempatan untuk liburan. Akhirnya kami mensiasatinya dengan menghabiskan waktu bersama si kecil di akhir pekan dengan lebih berkualitas. Kalau sedang beruntung bisa dapat jatah cuti/izin, paling "kabur" ke tempat-tempat liburan yang ada di sekitar Jabodetabek supaya tidak terlalu jauh. Atau kalau mood nya sedang "cantik", saya bisa lho seharian di dapur eksperimen dengan menu-Menu baru, walau sering gagal tapi itu cukup bikin refresh apalagi kalau hasilnya sesuai harapan, bikin happy.

Kalau boleh tau nih, kan selain mbak berprofesi sebagai Script Writer And Voice Over, mbak juga berprofesi sebagai blogger. Gimana sih cara bagi waktunya antara kesibukan mbak sendiri dengan menulis blog? 

Profesi saya di bidang Broadcast saat ini sebenarnya berkaitan erat dengan dunia penulisan. Perlu ide segar dalam pembuatan script. Karena itu saya mencari inspirasi dari banyak hal seperti dari film, lagu, puisi, dan terutama dari blog. Saya bisa puas-puasin untuk "melototin" komputer kerja saya di kantor untuk itu seharian, termasuk Blogwalking ke blog teman-teman.

Kegiatan di atas seringkali memberikan masukan dan ide untuk bahan postingan di blog saya juga. Biasanya gak langsung saya tulis di badan blog, tapi saya drafting di kereta saat perjalanan ke kantor atau saat pulang (kalau kebagian duduk di kereta), dan besoknya tinggal saya copas ke badan blog, rapikan dan publish.

Apa yang melatar belakangi mbak kemudian membuat blog? Kalau boleh tau, dalam sehari, seminggu, sebulan, bisa posting berapa banyak? Ada tantangan/kesulitan nggak, setiap kali mau memposting tulisan di blog?

Karena pada dasarnya saya mencintai dunia membaca dan menulis, punya mimpi ingin membuat buku solo sendiri, dan saya pikir blog adalah media yang tepat untuk belajar.
Dengan kesibukan saya saat ini, memang belum dapat posting banyak dan sering, tapi saya sedang mencoba menantang diri untuk lebih konsisten posting 8-10 postingan perbulan. Belum bisa lebih banyak dari itu karena saya coba imbangi dengan konsisten Blogwalking juga.

Kendala/tantangan utama jelas waktu, selain itu fisicly kadang udah capek duluan buat nulis blog di rumah padahal ide bertebaran di kepala. Selain itu, anak saya Alfath (2yo) juga sedang aktif-aktifnya, kalau dirumah waktu saya dominan untuk dia.

Bagaimana pandangan orang-orang di sekitar mbak, di lingkungan pekerjaan mbak Hani dengan profesi mbak sebagai blogger? Apakah mereka mendukung atau malah ada yang mencibir? Apa keuntungan yang mbak dapatkan saat mbak kemudian memilih menjalani profesi sebagai blogger? 

Awalnya keluarga agak khawatir karena saya bisa berjam-jam di depan laptop saya untuk blogging, bahkan saya pernah gak tidur demi deadline postingan. Tapi setelah beberapa tahun berjalan, dan keluarga pun merasakan manfaat dari kegiatan saya blogging, mereka sangat support. Tapi tetep warning saya untuk jaga kondisi supaya tidak mudah drop.
Teman-teman kantor bahkan ada beberapa yang minta di ajarkan bikin blog.
Keuntungan secara materi dari hasil blogging selama ini sangat saya syukuri, tapi lebih dari itu keuntungan non materi jauh lebih saya syukuri. Teman dalam komunitas yang akhirnya jadi seperti sodara (padahal ketemu cuma di dunia maya dan sesekali di event), menambah link di berbagai bidang, dan ilmu yang senantiasa bertambah juga semangat yang ditularkan oleh para Senior Blogger yang keren-keren. Dan masih banyak lagi. Blog menjadi penyeimbang hidup saya dan keluarga.

Apakah keluarga mbak selama ini mendukung dari sisi pekerjaan tetap mbak Hani dan pekerjaan sampingan mbak sebagai blogger?

Alhamdulillah, keluarga sangat support.

Ada tips dan trik nggak dari mbak dalam menuliskan sebuah tema di blog? Atau saat menulis blog?

Tips nya, tetap menulis dengan gaya bahasa sendiri, ciri khas sendiri, cari tema tulisan yang benar-benar kita nikmati, termasuk saat ikut kompetisi blog, saya hanya ikut kompetisi yang sekiranya saya nikmati temanya. Jangan memaksakan diri menulis yang temanya "ngga gue banget", biasanya kata hati ngasih petunjuk kok.

Menurut mbak, blogger di era sekarang ini penting nggak sih?
 Sangat penting. Karena ternyata peran Blogger sudah banyak di akui oleh banyak Perusahaan besar. Blogger sangat bisa menjadi Influencer juga, that's why kita harus menulis hal-hal positif di blog supaya dapat menularkan hal positif ke para Pembaca Blog kita.

Yang terakhir ya. Ada pesan nggak untuk para blogger yang memiliki pekerjaan pokok atau untuk para pemula yang masih baru berkecimpung di dunia perbloggeran? 

Pesannya, teruslah menebar manfaat melalui tulisan. Tetap menjadi diri sendiri, say no to Plagiat, jauhi nyinyir dan Bully.

Karena era semakin maju, ternyata para Blogger pun dituntut untuk menyesuaikan diri dengan harus menguasai info grafis, video blog, dan kalau perlu belajar SEO, coding, dll, maka tetaplah semangat belajar dan menggali ilmu untuk kemudian di sebarkan kembali via tulisan.

Pintar bagi waktu dan tenaga, jaga badan untuk tetap fit sangat penting supaya semua kegiatan dapat tetap berjalan sesuai track seharusnya.
 
*** 
Gimana hasil My Scrap Book ngobrol bareng mbak Hani? Asyik kan? Seru banget kan? He.. he.. he.. Jadi, tambah bikin nggak sabar buat segera meluncur ke blognya mbak Hani buat baca postingan serunya. My Scrap Book udah lho, kamu?

Makasih banyak, mbak Hani, sudah bersedia mengobrol, berbagi ilmu bersama My Scrap Book. Semoga dengan ini bisa menjadikan kita makin akrab dan silaturahmi tidak terputus yaa.. 

Untuk tampilan blog dari Hani adalah :
 
 
***
 
 
Tentang Hani :
 
Perkenalkan nama lengkap saya Hani Sah Sukmawati (di KTP ditulis "Hanisah Sukmawati"), tapi cukup panggil saya "Hani". Saya seorang Script Writer and Voice Over untuk beberapa Channel Televisi, mantan penyiar radio ( bekerja di dunia Radio kurang lebih sepuluh tahun membuat saya ingin balik ke dunia radio lagi. LOL), pernah menjadi Lawyer Secretary, Guru Bantu, Kerja di Bidang Otomotif yang setiap hari harus berhadapan dengan oli dan spare parts lainnya, dan juga mantan pegawai Bank Syari'ah.

Saat ini saya juga sedang menyelami dunia Property, project duet saya dan suami.

Di blog ini, saya bisa menulis apa saja yang berhubungan dengan Lifestyle menurut "kacamata" saya.

Selain Blog ini, saya mempunyai beberapa blog yang lain, salah satunya adalah http://rumahhanirandi.blogspot.co.id yang menjadi Family and Parenting Blog saya. Disana banyak cerita tentang saya, suami saya Randi, dan tentang anak saya Alfath.

Blogging adalah salah satu hobi saya yang saya nikmati beberapa tahun ini, Alhamdulillah banyak manfaat yang saya rasakan, terutama berkah dan nikmat silaturahmi dengan teman-teman baru dan para senior Blogger yang ilmunya sudah gak perlu di ragukan lagi. Teman-teman bisa menemukan saya di berbagai akun media sosial.
 
Kamu bisa menemukan kesehariannya di Twitter | Facebook
Be First to Post Comment !
Post a Comment

Tulis komentarmu dengan bahasa yang sopan dan tinggalkan Nama/URL yaa, biar bisa langsung saya BW :)

Custom Post Signature

Custom Post  Signature