11 February 2024

Infinity - Mayang Aeni

Judul Buku : Infinity
Penulis : Mayang Aeni
Penerbit : Grasindo
ISBN : 9786023757657

And the blurb..

Bani kehilangan satu-satunya rumah untuk pulang ketika Bunda yang disayanginya meninggal dunia. Di saat tidak ada satu pun orang yang berdiri di sampingnya, justru Dinda menjadi satu-satunya yang bertahan untuknya, menemani Bani di saat lelaki itu merasa dunianya tengah runtuh. Dinda bukan sosok yang asing untuk Bani, gadis itu sudah masuk ke daftar orang yang tidak disukainya sejak pertemuan pertama mereka. Tapi semesta seolah berkonspirasi untuk mempertemukannya dan Dinda dalam suatu liburan keluarga, sampai akhirnya Dinda pun mulai mengetahui sedikit demi sedikit rahasia yang Bani simpan. Termasuk rahasia tentang keluarga Bani yang semula tersimpan rapat. Keberadaan Dinda selepas kepergian Bunda di sisi Bani perlahan-lahan membantu Bani untuk bangkit kembali, berdamai dengan masa lalunya yang kelam. Dengan Dinda, Bani menemukan kembali rumahnya untuk pulang.

 

Here we go..

Lo bukannya bilang nggak mau sendirian? Kalau lo tetep nyimpen dan mendem masalah lo atau kesedihan lo sendiri, nggak ada gunanya gue atau siapa pun nemenin lo. Lo akan terus merasa sendirian
Infinity bercerita tentang kehidupan seorang Dinda dan Bani di SMA Angkasa. Bagaimana Dinda menjalani kehidupannya begitu juga dengan Bani. Dinda yang merupakan anak baru pindahan dari Bandung dan akhirnya sekolah di SMA Angkasa. Bani yang dikenal sebagai ketua The Fabs, geng yang sangat terkenal di SMA Angkasa. Kerjaannya tentu saja mengerjai anak baru. Sebagai anak pemilik yayasan tersebut, Bani memiliki kekuasaan tersendiri. Dan tentu saja kehadiran anak baru di sekolah tersebut menyenangkan hati para anggota The Fabs. Karena anak baru akan mendapat sambutan khusus dari para The Fabs. Dan anak baru tersebut hanya boleh menerima tapi tak boleh melawan.

Dinda termasuk menjadi sasaran The Fabs. Sejak hari pertama dia diperlakukan kurang menyenangkan oleh The Fabs, Dinda sudah langsung menentang geng tersebut. Konsekuensi yang Dinda dapatkan adalah, bahwa selama satu semester ke depan, dia akan mendapatkan perlakuan kurang menyenangkan dari geng tersebut. Dan tak ada yang bisa membantu Dinda, karena ancamannya adalah menggantikan posisi Dinda mendapatkan sambutan khusus dari The Fabs.
Apa hal paling susah tapi sekaligus indah yang dilakuin di dunia ini, Ban? Memaafkan
Hingga saatnya liburan semesteran tiba. Dinda senang bukan main. Untuk sementara, dia akan istirahat dari aksi dari The Fabs. Liburan yang tadinya dipikir Dinda akan menyenangkan berubah menjadi kurang nyaman, saat dia harus menemani sang mama berlibur ke rumah sahabat Mamanya yang sudah 10 tahun tak bertemu. Satu kejutan datang menghampiri Dinda tatkala berada di rumah sahabat Mamanya ini, Ambar. Yaitu pertemuannya kembali dengan Bani.

Dinda tak menyangka jika Bani yang ditemuinya sekarang ini berbeda dengan Bani saat mereka berada di sekolah. Bani yang terkenal dingin dan ketus, berbalik 180 derajat saat berhadapan dengan Bunda Ambar, bundanya. Bani berubah menjadi sosok anak yang manja bernama Ian.

Dinda bingung dengan sosok Bani. Seakan-akan Bani memiliki dua kepribadian. Bani tak segan mengancam Dinda untuk tak menceritakan liburannya di rumah Bani. Namun, semua berubah tatkala ibunda Bani, Bunda Ambar meninggal. Dinda kasihan dengan Bani yang seolah-olah kehilangan pegangan setelah sang Bunda pergi. Dinda terus berada di samping Bani, mendampingi Bani melewati masa-masa tersulitnya. Dinda tak menyangka dengan sikap Bani selama ini, ternyata ada rahasia yang dia sembunyikan. Rahasia masa lalu yang membuat Bani terluka dan menutup diri dari siapapun. Hingga Bani pun sulit untuk memaafkan kesalahan masa lalu dan berusaha untuk melampiaskan kepada orang lain yang tak tahu apa-apa.

Apa rahasia masa lalu Bani? Bagaimana kisah Bani dan Dinda selanjutnya? Penasaran? Baca bukunya yuk

Gue emang nggak ada tau rasanya jadi lo, Ban. Karena kata orang, kita bisa paham kalau kita udah ngalamin sendiri. Tapi, nggak ada salahnya lo memandang semua dari sisi lain. Gue nggak maksa lo untuk memaafkan kalau lo emang nggak bisa. Tapi, cobalah untuk ngelihat dari sudut yang lain
Membaca novel ini benar-benar mengasyikkan. Benar-benar cukup menguras emosi banget. Nggak nyangka banget, ceritanya bikin aku baper abis, sukses nahan tangis di kantor, dan mager banget buat kerja. Jangan ditiru yaaa. Nggak baik. Kerja kok baca novel. Lha gimana, mata sukses ngantuk banget. Satu-satunya cara selain dengerin lagu yaa baca novel. Ditambah mati listrik juga tadi di kantor, plus hujan dan anginnya waaa.. bikin dag dig dug.

Novel ini tak hanya bercerita tentang kisah Dinda dan Bani. Namun, kehidupan mereka yang seolah saling melengkapi, bersinggungan satu sama lain, saling membutuhkan dan terlebih seolah semesta seperti sudah mengatur jika pertemuan mereka adalah takdir.
Andai manusia bisa milih untuk terlahir dari rahim siapa. Atau andai manusia bisa milih jatuh cinta sama siapa, pasti nggak ada yang tersakiti
Penulisnya pun mampu membuat sifat tokoh utamanya bertanya-tanya. Sebenarnya Bani yang asli itu gimana sih. Bikin penasaran banget. Terlebih saat penulisnya mengajak pembaca untuk mengikuti perubahan Bani menjadi sosok yang lebih baik lagi. Kehadiran Dinda membawa energi positif dalam diri Bani.

Penulis juga mengajak kita untuk belajar menerima kenyataan. Memaafkan orang yang selama ini sudah menyakiti kita. Belajar ikhlas dan sabar. Terlebih rasa sakit itu didapatkan dari sosok orang yang paling dihormati dan disayangi. Aku paham banget gimana rasa sakitnya Bani saat mengalami hal itu. Bani yang memilih untuk menjadi sosok Bani yang ketus, sok cool dan hanya memiliki Bundanya sebagai tempat dia pulang. Ketika sang Bunda pergi, Bani seolah-olah kehilangan pegangan, merasakan sudah tak ada lagi yang peduli padanya. Namun, kehadiran Dinda menguatkan Bani kembali. Dan itu sudah lebih dari cukup. Bani memang memilih jalan yang boleh dibilang mungkin salah, tapi sulit jika harus bilang seperti itu. Karena Bani bersikap seperti itu, memilih jalan seperti itu pun karena orang-orang yang disayanginya sudah menyakitinya. Sulit buat Bani untuk memaafkan mereka. Sebaliknya, jika Bani merasa dirinya tersakiti, terluka karena mereka, mereka pun sama-sama merasakan hal yang sama dengan yang Bani rasakan.
Kalau manusia bisa milih sendiri takdirnya, dunia jadi nggak seimbang. Bakal banyak manusia yang tersakiti karena nggak dipilih
Aku suka banget dengan konflik yang diciptakan oleh penulis serta penyelesaiannya. Dengan Dinda, Bani merasa tak sendiri. Bagaimana Bani berusaha untuk mulai menerima da memaafkan masa lalunya. Semua melalui proses, dan Bani tak takut sendirian, karena Dinda ada disampingnya, menemaninya. Aku juga suka bagaimana cara penulis menuliskan interaksi antara Bani dan Dinda. Yang semula kaku, ketus, sebel, kemudian menjadi baik, ngegemesin bikin pingin gigit dan manja. Terlebih saat penulis menghadirkan tokoh-tokoh lain. Tak hanya sebagai tempelan saja, tapi benar-benar mampu menghidupkan suasana.

Tokoh favoritku disini adalah Dinda. Dinda yang dewasa, bersikap apa adanya, tulus membantu dan peduli. Tak peduli dia pernah disakiti, namun dia tetap membantu orang yang disakitinya. Karakter Bani dan Dinda benar-benar melengkapi. Saat Bani tersesat, Dinda bersedia mendampingi, menemani, menuntunnya pulang.

Kalau kamu mencari novel remaja yang tak hanya bercerita tentang kehidupan para remaja beserta kisah cintanya, namun juga ada unsur kekeluargaannya, persahabatannya, banyak hikmah dan makna yang bisa diambil dari cerita ini, aku rekomendasikan novel Infinity ini untuk kamu baca. Semoga kamu jatuh cinta dengan kisah Bani dan Dinda serta dapat mengambil makna dari kisah mereka.
Peran lo dalam hidup gue tuh terkesan infinity, Nda, tanpa batas. Sometimes you could be my friend, lover, enemy, and even my mom. Gue bisa jadi siapa aja di depan lo begitupun lo di depan gue. Gue nggak takut lagi untuk membuka luka-luka gue dan mengobatinya sejak ada lo
1 comment on "Infinity - Mayang Aeni "
  1. Bani si yang suka bandelin Dinda akhirnya luluh yaa Kakkk karena di dampingi di masa terpuruknya. Sudah lama banget aku ga baca teenfic nihhh, terimakasih rekomendasinya Kak Asrii

    ReplyDelete

Tulis komentarmu dengan bahasa yang sopan dan tinggalkan Nama/URL yaa, biar bisa langsung saya BW :)

Custom Post Signature

Custom Post  Signature