17 February 2024

Panduan Lengkap: 7 Tips Memilih Bengkel Terbaik untuk Sepeda Motor


Buat aku yang tinggal di salah satu kota besar, yaitu Yogyakarta, motor menjadi salah satu kendaraan yang tidak bisa aku tinggalkan begitu saja. Karena jujur saja, aku lebih suka naik motor daripada mobil, apalagi kalau jalanan ramai sekali, macet. Motor menjadi kendaraan yang aku handalkan untuk menjadi teman di setiap lokasi yang aku tuju. Lebih cepat aja, bisa salip sana sini, bisa lewat jalan tikus kalau lihat posisi kendaraan ternyata di jalan tersebut padat merayap, bisa cepat sampai juga, bisa sen kiri belok kanan, eh ini bukan aku sih, lebih ke fenomena yang sering kulihat aja di jalan. Satu lagi, buat aku naik motor itu lebih ringkas sih daripada naik mobil, walaupun kalau hujan dan belanja barang yang agak banyak sedikit merepotkan yaaa. 

Oleh karena itu, jangan heran apabila melihat sepeda motor menjadi salah satu alat transportasi yang populer di Indonesia yaa. Nah, oleh karena itu, sangat penting sekali buat kita para pengguna sepeda motor ini untuk selalu menjaga agar kondisi sepeda motor kita tetap terjaga. Salah satu caranya adalah dengan rutin melakukan perawatan di bengkel. Aku termasuk orang yang notabenenya kurang begitu paham dengan perbengkelan. Terkadang malah lupa kapan harus membawa sepeda motor aku ke bengkel untuk melakukan perawatan rutin. Tapi, alhamdulillah, aku memiliki teman yang selalu mengingatkan teman-temannya untuk rutin melakukan perawatan sepeda motor ke bengkel. 

Selain itu, memilih bengkel yang tepat untuk sepeda motor aku juga menjadi langkah yang sangat penting. Sebuah bengkel yang handal tidak hanya akan memastikan perbaikan yang berkualitas tetapi juga akan memberikan aku sebuah rasa kepercayaan serta rasa aman saat mengendarai sepeda motor. Lalu bagaimana tips yang aku lakukan dalam memilih bengkel sepeda motor terbaik dan terpercaya?

Mekanik Profesional dan Handal

Memilih bengkel yang memiliki tim mekanik yang handal dan memahami seluk beluk dalam memperbaiki sepeda motor secara menyeluruh. Seorang mekanik yang dapat memberikan penjelasan dan jawaban dari segala pertanyaan dan keluhan konsumen. 

Harga Jujur dan Transparan

Biasanya sebelum aku melakukan kunjungan untuk melakukan perawatan sepeda motor aku, aku sudah riset dulu mengenai harga suku cadang dan layanan yang dibutuhkan. Terkadang aku chat admin yang ada di bengkel tersebut juga untuk bertanya tentang harga suku cadang dan layanan apa saja yang dibutuhkan untuk sepeda motorku dengan keluhan yang aku ajukan. Hal ini akan membantu konsumen seperti aku untuk bisa menolak harga yang dirasa kurang sesuai.

Peralatan Modern

Aku termasuk orang yang suka ingin tahu. Jadi, aku suka searching dulu atau nanya-nanya sama teman yang sudah pernah melakukan perawatan sepeda motornya di bengkel A,B, C, dst. Peralatan yang digunakan disana bagaimana, apakah sudah modern atau belum? Karena ketika bengkel tersebut dilengkapi dengan peralatan yang modern tentu saja bisa menjamin pekerjaan perbaikan sepeda motor secara efisien dan efektif.

Kelengkapan Suku Cadang

Bengkel yang terpercaya itu bisa dilihat dari kelengkapan suku cadangnya. Hal ini tentu saja akan memudahkan konsumen karena tidak perlu mencari suku cadang di tempat lain di saat sedang melakukan perawatan maupun perbaikan sepeda motor di bengkel tersebut.

Jaminan Garansi

Dalam memilih bengkel, perlu diperhatikan juga untuk memilih bengkel yang memberikan jaminan garansi baik untuk layanan maupun suku cadang yang digunakan. Kenapa garansi ini penting? Karena garansi ini dapat memberikan keamanan bagi konsumen serta jaminan apabila sepeda motor kita mengalami kendala setelah dilakukan perbaikan. 

Jam Operasional Panjang

Aku suka mencari bengkel yang tutupnya malam, nggak tengah malam juga sih, maksimal jam 8 atau 9 malam. Karena memudahkan aku ketika aku mengalami masalah pada sepeda motorku saat aku pulang kerja di malam hari. Jam operasional yang panjang bisa lebih memberikan fleksibilitas bagi pemilik kendaraan sepeda motor. Contohnya aku, ya karena jam pulang kerjaku nggak tentu, kadang bisa tepat waktu, kadang tidak, dan apabila harus ada perawatan berkala, ketika aku masih di jam kerja, bisa aku bawa ketika aku pulang kerja. Karena jujur saja, aku lebih suka menunggu sepeda motorku ketika dilakukan perawatan atau perbaikan daripada aku tinggal begitu saja. Mungkin karena kembali lagi, aku bisa bertanya-tanya kenapa kok sepeda motorku seperti ini, kenapa begitu. 

Berbagai Metode Pembayaran

Biasanya sebelum aku melakukan perawatan sepeda motor di bengkel, aku nanya dulu ke customer servicenya, untuk pembayarannya sendiri apakah bisa tunai, transfer, qris atau menggunakan e-wallet? Kenapa? Karena memudahkan aku, ketika aku melakukan perawatan sepeda motor di bengkel dan ternyata total yang harus dibayarkan melebihi dari uang yang aku bawa, aku bisa segera melakukan pembayaran menggunakan qris atau transfer bank. Dengan adanya metode pembayaran non tunai, bisa memberikan kenyamanan juga bagi para konsumennya.

Langkah Tepat Servis Motor di Planet Ban

Apakah ada bengkel servis motor terbaik yang mencakup semua tips yang sudah aku tulis? Yups, ada dong, jangan salah. Tempat itu bernama Planet Ban. Sesuai dengan taglinenya "Servis Motor Rasa Mesin Baru," hal tersebut yang membuat aku tenang setiap kali membawa motorku untuk diservis atau dilakukan secara berkala di Planet Ban. 

Di Planet Ban sendiri menjanjikan berbagai layanan perawatan motor yang tentu saja berkualitas terbaik. Mekanik atau montir yang menangani perawatan sepeda motor pun profesional dan suku cadang yang digunakan pun asli bukan kaleng-kaleng. Ditambah lagi, peralatan yang digunakan oleh bengkel ini modern banget. Bikin tambah nyaman kan melakukan perawatan sepeda motor di bengkel Planet Ban.

Untuk servis yang dilakukan oleh para mekanik atau montir saat sepeda motor masuk ke Planet Ban, antara lain:
  1. Servis Mesin
  2. Servis Throttle Body
  3. Servis CVT / Rantai
  4. Servis Injeksi
By the way, di Planet Ban sekarang ini nggak hanya menjual ban motor saja lho. Selain menjual ban motor, Planet Ban juga menjadi pelopor ritel otomotif pertama di Indonesia yang menyediakan berbagai suku cadang berkualitas dan lengkap. Jadi, nggak perlu ke bengkel lain kan? Super komplit. 

Nggak perlu khawatir atau takut dicurangi soal harga suku cadang maupun jasa servisnya, karena di Planet Ban semuanya serba transparan. Kita bisa cek harganya melalui situs planetban.com. Mantap banget kan yaa? Nggak rugi kan bisa servis motor di sini. 

Bukan cuma itu saja lho. Wahh, ada apa nih? Ada promo juga buat kamu yang melakukan servis di Planet Ban lho. 


Oh yaa, buat kamu yang sibuk banget di hari kerja, dan hanya memiliki waktu luang di
weekend, jangan khawatir, Planet Ban tetap buka di akhir pekan. Makin jatuh cinta kan sama Planet Ban?

Ehm, selain itu Planet Ban juga memberikan berbagai keuntungan lain lho kalau kita melakukan servis di Planet Ban itu sendiri, apa saja sih?
  • Gratis biaya pemasangan ban
  • Gratis jasa Servis dan Ganti Oli
  • Gratis jasa pengisian cairan anti bocor
  • Gratis pengisian nitrogen selamanya
Gimana dengan rekomendasi aku mengenai Planet Ban menjadi tempat kamu melakukan servis sepeda motor kamu? Mantap banget kan promonya, nggak kaleng-kaleng deh. Apalagi nih kita bisa dapat voucher potongan harga senilai Rp 150.000,- lho. So, tunggu apalagi nih? Yuk, buruan tancap gas langsung ke Planet Ban. 
6 comments on "Panduan Lengkap: 7 Tips Memilih Bengkel Terbaik untuk Sepeda Motor"
  1. Aku juga suka Kakk service di Planet Ban🥰

    ReplyDelete
  2. Planet ban emang ok sih..

    ReplyDelete
  3. mantap nih, sangat bermanfaat, apakah bisa juga servis mobil dan sepeda?

    ReplyDelete
  4. Apa daya ganti oli juga suka lupa akutuh

    ReplyDelete
  5. Sama, aku juga sebelum service motor liat-liat dulu tempatnya, atau tanya sama temen-temen cowok yang lebih paham

    ReplyDelete
  6. Seru ya servis motor di Planet Ban. Dapat banyak gratisan dan dapat voucher potongan harga sampai 150 ribu Rupiah.

    ReplyDelete

Tulis komentarmu dengan bahasa yang sopan dan tinggalkan Nama/URL yaa, biar bisa langsung saya BW :)

Custom Post Signature

Custom Post  Signature