19 March 2016

Meet Up with Eni Martini | Ngobrol Bareng

 
 



Holaa..


Jumpa lagi di hari Sabtu *jumpa lagi, kita berjumpa lagi* yang penuh dengan kebahagiaan. Gimana nggak bahagia, kalau kita bisa menikmati weekend bersama teman ataupun keluarga. Buat yang bekerja, tetap semangat yaa..



Setelah hari Selasa, My Scrap Book, berkesempatan Ngobrol Bareng dengan salah satu Blogger Buku yang berprofesi sebagai legal analyst, maka kali ini kita juga akan Ngobrol Bareng dengan Blogger yang profesinya macam-macam. Penasaran yaa? Sabar yaa.. Oke, kali ini My Scrap Book kedatangan Eni Martini atau akrab disapa Eni. Ada yang sudah mengenal Eni? Belum? Waa.. kalau begitu, tak kenal maka tak sayang. Buat yang belum kenal, semoga dengan ngobrol bareng ini bisa sedikit mengenal Eni yaa. 

Oke, simak yuk acara Ngobrol Bareng Eni..



​​Hallo, Mbak Eni, apa kabarnya? Waaahhh, lagi sibuk apa nih sekarang, mbak?




Alhamdullilah baik, sibuknya sebagai IRT, pengurus OS buku di facebook, job review blogger dan lagi buat novel roman



Ehm, mbak Eni, maaf yaa, ganggu waktunya sebentar. Boleh nanya-nanya kan, mbak? Ehm, mbak Eni, kalau boleh tau nih, profesi mbak Eni saat ini apa yaa? Boleh ceritakan sedikit mengenai pekerjaan mbak tersebut?




Profesi saya selain sebagai IRT (belum pernah punya ART) yang mengurus 3 anak, dibantu suami karena kita berdua bekerjasama mengelolah OS buku, saya juga seorang penulis novel. Novel terbaru yang terbit Learning To Love diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama, kemudian baru 3 bulan ini saya mulai fokus ngeblog. Maksudnya fokus, tidak hanya rutin menulis tapi juga  mengembangkan untuk menerima job review, mengikuti lomba. Alhamdullilah 3 bulan  ini sudah diberi berkah oleh Allah, menang di dua blog competition: Blog Competition Flipit-juara Blog terpopuler, Blog Competition Softex Daun Sirih juara II.

Pernahkah mbak merasakan kebosanan atau mati gaya saat menjalani profesi mbak yang nggak sedikit itu? Bagaimana cara mbak apabila kemudian tiba-tiba merasakan kebosanan yang teramat sangat?



Pada dasarnya saya workaholic, mba hahaha. Setidaknya sudah kerja dari SMA dulu, dulu jualan buku ke temen-temen, jadi kalau vacum gak kerja justru boring. Kalau kecapean iya sih, sering. Paling saya butuh jalan-jalan sama suami&anak-anak. Saya hobby jalan-jalan model ngebolang, seperti naik kereta angkutan umum.Atau sesekali ketemu teman yang klik, termasuk ikut kegiatan gathering blogger itu selain dapat ilmu, hiburan buat saya.


Kalau boleh tau nih, mbak, kan selain mbak berprofesi sebagai IRT-Penulis-OS buku , mbak juga berprofesi sebagai blogger. Gimana sih cara bagi waktunya antara kesibukan mbak dengan menulis blog?



Kalau IRT ya biasa saja, mba. Saya masak (kadang untuk makanan yang dewasa beli, masak untuk makanan anak-anak saja), ngurus my baby (sering ASI sambil kerja di depan lapi), nyuci baju pakai mesin operatornya suami, beberes rumah juga berdua, nemanin anak mengerjakan PR atau pas ulangan, saya sambil di depan laptop atau kadang sambil momong si kecil. OS digarap berdua suami, tapi suami lebih yang di lapangan bertemu penerbit dll, saya fokus di laptop. Nah, ngeblog ini saya buat jadwal, Mba: Draft apa yang mau saya tulis&jadwal tanggal tayangnya (ini yang special job&lomba), garapnya pagi saat anak-anak sudah sekolah&mybaby masih tidur atau saat malam semua sudah tidur. Jam tidur saya memang mayan malam...bisa jam 1 atau 2, pernah juga habis sholat subuh baru tidur kalau anak-anak libur.Tapi ini jarang sih, karena demi kesehatan. Intinya sih, kegiatan sehari-hari jalani sesuai ritmenya, tapi pekerjaan yang berhubungan dengan job (entah nulis novel, ngeblog, OS buku, harus sesuai jadwal yang saya buat).


Apa yang melatar belakangi mbak Eni kemudian membuat blog? Kalau boleh tau, dalam sehari, seminggu, sebulan, bisa posting berapa banyak, mbak? Ada tantangan/kesulitan nggak, mbak, setiap kal mau memposting tulisan di blog?



Dulu banget suami yang menyarankan ngeblog dan buatin  blog, tapi saya masih males-malesan karena belum nemu asyiknya, off lama. Kemudian dikomporin teman yang juga blogger, Leyla Hana...kalau ga salah awal Desember lah saya jadi aktif. Postingnya gak tentu, Mba, kecuali yang berhubungan dengan tugas yang harus ditulis diblog, ya saya tulis.

Tantangannya: WAKTU, karena masih punya baby ya, selain ngurusin OS. Trus ngeblog juga kan butuh ngedit foto yang ga asal, jadi ini kadang bikin greget hehehe.


Bagaimana pandangan orang-orang di sekitar mbak Eni, di lingkungan pekerjaan mbak Eni dengan profesi mbak sebagai blogger? Apakah mereka mendukung atau malah ada yang mencibir?




Ibu-ibu tetangga saya masih banyak yang buta ngeblog, Mba, dijelaskan pun lebih malas nyimaknya hahaha. Keuntungannya selain bisa membuat dokumentasi pertumbuhan anak saya, perjalanan saya, secara ilmu banyak masukan, secara silaturahmi jadi luas dan secara materi...tentu saja imbasnya banyak.



Apakah keluarga mbak selama ini mendukung dari sisi pekerjaan pokok mbak dan pekerjaan sampingan mbak sebagai blogger?


Alhamdullilah, suami dan anak  mendukung

Ada tips dan trik nggak dari mbak dalam menuliskan sebuah tema di blog? Atau saat menulis blog?
 
 Saya masih baru ya dalam dunia blogger, jadi gak punya tips jitu seperti senior. Paling  saya cuma bisa kasih masukan, kalau memang blog’nya nano-nano (lifestyle) seperti saya, tetap jangan lupa ada satu tema yang menonjol, misalnya kalau saya: Parenting.

Menurut mbak Eni sendiri, blogger di era sekarang ini penting nggak sih, mbak?



Penting




Yang terakhir ya, mbak. Ada pesan nggak untuk para blogger yang memiliki pekerjaan pokok atau untuk para pemula yang masih baru berkecimpung di dunia perbloggeran?




Pesannya, sederhana saya...lakukan segala hal dengan serius dan fokus jika memang mau ngeblog untuk sesuatu, misalnya: sebagai penambah penghasilan, nambah ilmu atau silaturahmi. Ngeblog suka-suka si boleh tapi kalau bisa fokus, kenapa tidak.

*** 
Gimana hasil My Scrap Book ngobrol bareng Eni? Asyik kan? Seru banget kan? Baru tau kalau mbak Eni penulis buku. Sepertinya belum pernah membacanya deh, maybe next time, bakalan berburu bukunya. Jadi, tambah bikin nggak sabar buat segera meluncur ke blognya Eni buat baca postingan serunya. My Scrap Book udah lho, kamu?


Makasih banyak, mbak Eni, sudah bersedia meluangkan waktunya untuk ngobrol bareng di rumah My Scrap Book. Semoga dengan ini bisa menjadikan kita makin akrab dan silaturahmi tidak terputus yaa..
  
Untuk tampilan blog dari Eni adalah :
http://www.duniaeni.com/ 

Fiuh, asyikkk, kelar sudah ngobrol bareng My Scrap Book bersama dengan Eni. Don't go anywhere, tetap stay tune yaaa di blog My Scrap Book.


Ngobrol bareng ini menjadi pilihan My Scrap Book untuk ikut meramaikan postingan di blog ini. Dimulai dengan Ngobrol bareng, dan jangan lupa baca Guest Post yang sudah bisa mulai kamu baca juga di blog ini. Semoga dengan adanya postingan ini bisa menambah pertemanan dan keakraban di antara teman-teman semua.
 ***

Tentang Eni :

Lahir di Jakarta, 29 September 1977. Penulis novel, bukunya sudah diterbitkan lebih dari 20 judul. Salah satu difilmkan Mplus tahun 2010. Owner di bliblibuku.com, ibu dari 3 anak, penyuka teh hangat-perjalanan, fashion dan lifestyle blogger Kamu bisa melihat kesehariannya di Instagram | Twitter | Blog. 


11 comments on "Meet Up with Eni Martini | Ngobrol Bareng"
  1. wah jadi ini semacam dialog interaktif versi blog X)
    semakin musim, dialog interaktif lewat blog kayak begini:))

    ReplyDelete
  2. saya selalu kagum sama blogger yang sudah bisa nerbitin buku

    ReplyDelete
  3. Mak eni ini juga blogger favorit aku. Semua blogger yang jadi novelis, langsung jadi favorit aku deeh. Hihiii

    ReplyDelete
  4. wah baru bisa berkunjung nih di blog baru Mak Asri.. Cakeep, aplagi ada tambahan konten kayak gini.
    Setuju sama Mbak Eni, apapun yang kita lakukan ada baiknya fokus.

    ReplyDelete
  5. Haduh keren banget mba Eni, udah ngeblog, nulis, masih ngurus anak lagi :D
    saya selalu sukaaa sama penulis yang ngeblog juga
    Pasti tulisannya bagus dan enak dibaca ^^

    ReplyDelete
  6. Kenal mb Eni lewat facebook, hehehe
    hebat IRT 3 anak tanpa ART :)
    Semoga bisa mengikuti jejaknya membuat novel, amin

    ReplyDelete
  7. wah ini contoh wanita/istri yang super sekali ,sip sip semoga bisa menginspirasi banyak #emak2 di luar sana.
    hehe. salam kenal
    http://santobdbx.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  8. HUhuhuhu..terharuuuuu makasih ya mba Asri, yang bersedia meluangkan waktunya mendengarkan celoteh aksara saya
    Buat semua temen-temen blogger hebat komen di sini&buat mak Adriana..aku padamu jugah ^_^

    ReplyDelete
  9. Aku padamu, mba Eni dan mba Asriiii. Hiiihii. Mba Eni emang keren. Bisa nerbitin buku dan lagi sibuk nulis buku roman pula :)

    ReplyDelete
  10. Wah keren banget, blogger sekaligus penulis.
    Sukses terus untuk mb Eni :)

    ReplyDelete
  11. Sukses mak eni ... 3 bulan mulai aktif dan langsung menang lomba hahah

    ReplyDelete

Tulis komentarmu dengan bahasa yang sopan dan tinggalkan Nama/URL yaa, biar bisa langsung saya BW :)

Custom Post Signature

Custom Post  Signature