15 March 2016

Ngopi Cantik Bareng Kiky | Ngobrol Bareng


 

 
Holaa..

Jumpa lagi di hari Selasa yang penuh dengan keceriaan. Gimana nggak ceria, kalau ada banyak hal baru di dalam hidup kita yang bisa membuat kita belajar secara langsung.

Setelah hari Sabtu, My Scrap Book, berkesempatan Ngobrol Bareng dengan salah satu Blogger Buku yang berprofesi sebagai salah satu staff pajak di satu perusahaan, maka kali ini kita juga akan Ngobrol Bareng dengan Blogger Buku. Eits.. Simpan dulu.. Jangan tanya dulu apa profesi dia selain Blogger yaa.. Oke, kali ini My Scrap Book kedatangan Rizky Mirgawati atau akrab disapa Kiky. Ada yang sudah mengenal Kiky? Belum? Waa.. kalau begitu, tak kenal maka tak sayang. Buat yang belum kenal, semoga dengan ngobrol bareng ini bisa sedikit mengenal Kiky yaa. 

Oke, simak yuk acara Ngobrol Bareng Kiky..



Hallo, Mbak Kiky, apa kabarnya? Waaahhh, lagi sibuk apa nih sekarang, mbak?


Haloooo juga, Mba Asri. Alhamdulilah sehat, Mba Asri juga sehat khan? Kesibukan saat ini seperti hari-hari biasanya jadi wanita pekerja sekaligus ngurus suami dan anakku yang masih batita.


Ehm, mbak Kiky, maaf yaa, ganggu waktunya sebentar. Boleh nanya-nanya kan, mbak? Ehm, mbak Kiky, kalau boleh tau nih, profesi mbak Kiky saat ini apa yaa? Boleh ceritakan sedikit mengenai pekerjaan mbak tersebut?


Alhamdulilah, sudah hampir 7 tahun ini aku mengejar impian di ibukota, mengabdikan diri sebagai salah satu pekerja di instansi pemerintah. Kerjaan sehari-hari gak jauh-jauh dari merancang kebijakan/peraturan terkait instansi. Ya istilah kerennya Legal Analyst...


Kalau boleh tau nih, mbak, kan selain mbak berprofesi sebagai legal analyst, mbak juga berprofesi sebagai blogger buku. Gimana sih cara bagi waktunya antara kesibukan mbak dengan menulis blog?


Soal membagi waktu, aku biasanya sudah membuat draft postingan review atau misalnya ada blogtour/giveaway jauh-jauh hari, bisa saat malam menjelang tidur atau pagi sebelum mulai pekerjaan, jadi postingan sudah terjadwal tayang kapan. Makanya aku membiasakan diri untuk membaca buku tidak terlalu mepet dari deadline (untuk blogtour/giveaway) biar gak terburu-buru atau keteteran saat mereviewnya. Kalau postingan review biasa, diusahakan tiap habis membaca minimal bikin review singkat dulu di goodreads, kalau pas lowong baru bikin postingan selengkapnya di blog.


Apa yang melatar belakangi mbak Kiky kemudian membuat blog khusus untuk buku? Kalau boleh tau, dalam sehari, seminggu, sebulan, bisa posting berapa banyak, mbak? Ada tantangan/kesulitan nggak, mbak, setiap kal mau memposting tulisan di blog?


Aku sangat mencintai dunia membaca, membaca buatku bukan lagi sekedar hobi tapi sudah menjadi gaya hidup dan bagian dari rutinitas sehari-hari. Dimana pun dan kapan pun, buku selalu menemaniku, diusahakan tiap hari membaca walau hanya beberapa halaman saja. Dulunya aku sama sekali buta dengan blog dan sama sekali tidak tahu bagaimana caranya membuat blog :( Review buku-buku yang kubaca biasanya kushare di akun goodreadsku saja.

Nah, awal tahun 2015 aku tertarik untuk membuat blog buku seperti teman-teman blogger lainnya. Kayaknya seru saja punya media khusus yang isinya berbagi kebahagiaan soal buku. Gak pernah nargetin berapa banyak sey postingan, diusahakan tiap bulan ada minimal 1 (satu) review buku saja.


Tantangannya sejauh ini masalah waktu saja sey, jujur aku sudah tidak bisa membaca buku sebebas kayak dulu. Sekarang 1 buku yang tebalnya hanya 200 halaman saja butuh perjuangan, karena aku hanya bisa membaca saat diperjalanan krl (dengan catatan kondisi memungkinkan saja) atau sebelum tidur malam. Ya, kalau soal memposting diblog, ya tinggal diposting saja, karena buku-buku yang kubaca biasanya sudah kutandain bagian-bagian yang kusuka sey ;p


Bagaimana pandangan orang-orang di sekitar mbak Kiky, di lingkungan pekerjaan mbak Kiky dengan profesi mbak sebagai blogger? Apakah mereka mendukung atau malah ada yang mencibir?


Karena aku baru 1 tahun ini menjadi blogger, sepertinya tidak banyak yang tahu kecuali suamiku sey. Suami sey mendukung asal bisa membagi waktu dengan tugas utama sebagai ibu dan istri. Kalau rekan kerja dikantor kebanyakan tidak tahu, mereka tahunya aku memang suka membaca saja :D


Apakah keluarga mbak selama ini mendukung dari sisi pekerjaan pokok mbak dan pekerjaan sampingan mbak sebagai blogger?


Kalau dibilang pekerjaan sampingan, aku rasa belum sampai di taraf itu dey. Karena aku belum sampai menjadikan blog sebagai media yang menghasilkan penghasilan (uang), blogku masih sebatas mendapatkan bacaan gratis saja (buntelan). Mungkin suatu saat seru juga kali ya, blog bisa menghasilkan uang, sambil menyelam minum air :D Keluarga alhamdulilah mendukung apa saja yang kusukai, selama aku menjalani dengan bahagia dan bisa membagi waktu saja dengan kewajiban utama ;p


Menurut mbak Kiky sendiri, blogger di era sekarang ini penting nggak sih, mbak?


Blogger penting banget dunk. Kalau aku lebih menyoroti soal book blogger ya, bagaimana pun ditengah persaingan penerbit, buku-buku yang terbit menjamur dan harga buku yang lumayan menguras kantong, tentunya pembaca lebih selektif lagi membelanjakan uangnya, termasuk membeli buku. Inilah peran book blogger memberikan informasi mengenai buku yang diincar oleh pembaca. Ini juga bisa menjadi salah satu sarana buat para penerbit/penulis mempromosikan bukunya dengan mengajak kerjasama book blogger sebagai host blog tour/host giveaway buku-buku baru mereka.


Yang terakhir ya, mbak. Ada pesan nggak untuk para blogger yang memiliki pekerjaan pokok atau untuk para pemula yang masih baru berkecimpung di dunia perbloggeran?


Tetap semangat ngeblog, terus belajar, rajin update blog dan tentunya jalin silaturahim dengan teman-teman blogger lain. Sambil silaturahim bisa saling sharing ilmu loh, lumayan buat memperkaya pengetahuan.


*** 
Gimana hasil My Scrap Book ngobrol bareng Kiky? Asyik kan? Seru banget kan? Apalagi anaknya, lucu bangetttt, jadi pingin nyiwel pipinya. Jadi, tambah bikin nggak sabar buat segera meluncur ke blognya Kiky buat baca postingan serunya, ada giveawaynya juga lho. My Scrap Book udah lho, kamu?


Makasih banyak, Kiky, sudah bersedia meluangkan waktunya untuk ngobrol bareng di rumah My Scrap Book. Semoga dengan ini bisa menjadikan kita makin akrab dan silaturahmi tidak terputus yaa..

   
Untuk tampilan blog dari Kiky adalah :
 http://rizkymirgawati.blogspot.co.id/


Fiuh, asyikkk, kelar sudah ngobrol bareng My Scrap Book bersama dengan Kiky. Don't go anywhere, tetap stay tune yaaa di blog My Scrap Book.



Ngobrol bareng ini menjadi pilihan My Scrap Book untuk ikut meramaikan postingan di blog ini. Dimulai dengan Ngobrol bareng, dan jangan lupa baca Guest Post yang sudah bisa mulai kamu baca juga di blog ini. Semoga dengan adanya postingan ini bisa menambah pertemanan dan keakraban di antara teman-teman semua.
***
Tentang Kiky :
Sarjana Hukum yang sangat mencintai dunia membaca, pelahap segala macam genre, khususnya romance. Sekarang bekerja sebagai legal analyst di salah satu instansi pemerintah di Jakarta. Kamu bisa melihat kesehariannya di Facebook | Twitter | Blog.
5 comments on "Ngopi Cantik Bareng Kiky | Ngobrol Bareng"
  1. Hai asri...
    Makin kerren aja nih blognya..isinya juga bervariasi...sukses terus deh buat asri
    Kikii....siapa sih yang ga kenal bloger femes ini, ini salah satu blogger favoritku lho...:) #kikilangsungkipaskipas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, mbak Yanti..
      Terima kasih..

      Semoga bermanfaat yaaa..

      Uhuk, kikyyy :)

      Delete
  2. aiihh..senengnya, keren deh..

    sukses asri, salam kenal

    ReplyDelete
  3. wah keren ya, ngantor..terus ngeblog..kalau sudah cinta apapun dijalani :)

    ReplyDelete
  4. waah keren yaah, bisa ngantor sambil bagi waktu baca buku dan review buku, banyak belajar dari sosok Kyky melalui Asri

    ReplyDelete

Tulis komentarmu dengan bahasa yang sopan dan tinggalkan Nama/URL yaa, biar bisa langsung saya BW :)

Custom Post Signature

Custom Post  Signature