02 April 2016

Celoteh Riang bersama Aira | Ngobrol Bareng

 


Holaa..


Jumpa lagi di hari Sabtu. Sabtu pertama di bulan April. Bukan April Mop kan yaa hari ini? Ada yang terkena kejahilan teman?



Nah, kali ini My Scrap Book kedatangan Aira Kimberly atau akrab disapa Aira. Ada yang sudah mengenal Aira? Belum? Waa.. kalau begitu, tak kenal maka tak sayang. Buat yang belum kenal, semoga dengan ngobrol bareng ini bisa sedikit mengenal Aira yaa. 

Oke, simak yuk acara Ngobrol Bareng Aira..

Hallo, mbak Aira, apa kabarnya nih? Waah, lagi sibuk apa nih sekarang?  

Hai juga Mbak Asri, kalau sekarang sih lagi sibuk nemenin anak belajar sembari ngejar deadline. Maklum mau anakku mau UN hehe ^__^

Ehm, mbak Aira, maaf yaa, ganggu waktunya sebentar. Boleh nanya-nanya kan? Ehm, mbak, kalau boleh tau nih, profesi mbak Aira saat ini apa yaa? Boleh diceritakan sedikit  mengenai profesi mbak saat ini?

Saat ini aku masih melanjutkan profesi sebagai penulis khususnya menulis buku cerita anak, jadi editor dan juga jadi ghostwriter untuk agensi, penerbit maupun freelance. Jadi blogger juga karena keinginan untuk bisa berbagi meski masih secuil ilmunya hehe :) 

Pernah nggak mbak Aira merasakan kebosanan atau mati gaya saat menjalani profesi mbak yang nggak sedikit itu? Bagaimana cara mbak apabila kemudian tiba-tiba merasakan kebosanan yang teramat sangat?

Mati gaya? Kayak lagunya D'Massive itu yaa? :D Aku malah merasa bosan kalau nggak punya kegiatan. Jadi makin banyak yang bisa dikerjakan makin semangat deh. Bahkan kalau bisa pensiun muda tiga tahun lagi aku pengen nyetir sendiri keliling nusantara untuk berbagi. Mohon doanya yaa ^__^ 

Kalau boleh tau nih, kan selain mbak berprofesi sebagai editor freelance dan writter, mbak juga berprofesi sebagai blogger. Gimana sih cara bagi waktunya antara kesibukan mbak sendiri dengan menulis blog?  

Untuk hal ini aku gunakan skala prioritas. Apa yang harus dikerjakan duluan, itu yang harus dikebut sampai selesai. Jangan heran kalau dinding di depan meja kerjaku penuh tempelan notes :D Memang agak kesulitan juga sih, karena waktu hanya 24 jam sehari. Makanya blog aku yang empat itu juga kena imbasnya, paling banter sekali seminggu baru bisa posting. Hiks! :( 

Apa yang melatar belakangi mbak Aira kemudian membuat blog? Kalau boleh tau, dalam sehari, seminggu, sebulan, bisa posting berapa banyak? Ada tantangan/kesulitan nggak, setiap kali mau memposting tulisan di blog?

Aku membuat blog dilatari oleh keinginan untuk mendokumentasikan setiap hal baru yang aku dapat plus untuk bisa berbagi juga sih. Setiap hari aku nulis di setiap blog tergantung hal apa yang aku dapat hari itu. Misalnya, aku lagi ke pameran di pasar modal syariah dan dapat ilmu tentang investasi syariah, aku bagi di blog. Hanya saja, aku nggak berani posting, kalau belum diedit. Nah, nunggu dieditnya ini nih yang kadang tertunda-tunda akibat lebih mendahulukan kerjaan lain yang udah ngantri duluan. Hehe 

Bagaimana pandangan orang-orang di sekitar mbak, di lingkungan pekerjaan mbak Aira dengan profesi mbak sebagai blogger? Apakah mereka mendukung atau malah ada yang mencibir? Apa keuntungan yang mbak dapatkan saat mbak kemudian memilih menjalani profesi sebagai blogger?  

Sebenarnya, orang-orang di sekitar nggak ada yang ngeh kalau aku ini seorang blogger :D Aku bilang aku ini penulis pun mereka nggak ngeh kayaknya. Mereka lebih paham kalau aku bilang aku kerja untuk penerbit yang mereka samain dengan percetakan buku. hahaha :D Karena aku kan nggak ngantor, lebih banyak di rumah atau bepergian.

Apakah keluarga mbak selama ini mendukung dari sisi pekerjaan tetap mbak Aira dan pekerjaan sampingan mbak sebagai blogger?

Keluarga sih santai aja, mereka taunya aku ini selalu wara wiri dengan beragam kegiatan. Jadi nggak terlalu kepo apakah hari ini aku jadi blogger atau jadi writer atau lagi ngerjain hal lainnya :P

Ada tips dan trik nggak dari mbak dalam menuliskan sebuah tema di blog? Atau saat menulis blog?

Aku nulis blog yang sudah tersegmentasi. Misalnya blog Lady Sadosea itu untuk wanita dewasa dan terkait topik healthy, wealthy and wise. Blog All 'bout Children itu semua hal tentang anak, menulis cerita anak, buku anak, dll.  Blog Bicara finansial itu bicara masalah finansial dan investasi. Blog Historyof Culinary itu bicara tentang  kulinermerupakan blog paling bontot untuk saat ini. Tujuannya  dibikin adalah untuk nyalurin passion aku yang pecinta sejarah plus suka foto-foto makanan. Pengennya blog itu akan bisa berbagi mengenai sejarah suatu jenis makanan.

Menurut mbak, blogger di era sekarang ini penting nggak sih? 

Blogger dari zaman dulu sampai sekarang itu penting lho. Aku masih ingat dulu kalau nyari bahan buat data penulisan nyarinya di blog-blog milik blogger lokal atau mancanegara. Jadi, konten sebuah blog itu penting untuk pembaca tertentu. Apalagi di era sekarang. Blog tak hanya dijadikan sarana menulis saja. Ada juga yang menjadikan blogger sebagai profesi. Berarti prospek blogger ini ke depannya masih bagus lho.   

Yang terakhir ya. Ada pesan nggak untuk para blogger yang memiliki pekerjaan pokok atau untuk para pemula yang masih baru berkecimpung di dunia perbloggeran? 

Pesanku untuk para blogger dan sebenarnya pesan diri sendiri juga hehe. Konsisten menulis dengan hati yang tulus, sebab apa yang kita tuliskan di blog jika bermanfaat untuk orang lain tentu bisa jadi tabungan untuk pulkam nanti. Inshaallah. Aamin ^__^
*** 
Gimana hasil My Scrap Book ngobrol bareng Aira? Asyik kan? Seru banget kan? Jadi, tambah bikin nggak sabar buat segera meluncur ke blognya Aira buat baca postingan serunya. My Scrap Book udah lho, kamu?


Makasih banyak, mbak Aira, sudah bersedia meluangkan waktunya untuk ngobrol bareng di rumah My Scrap Book. Semoga dengan ini bisa menjadikan kita makin akrab dan silaturahmi tidak terputus yaa..
  

Untuk tampilan blog dari Aira adalah :
Asyikkk, kelar sudah ngobrol bareng My Scrap Book bersama dengan Aira. Don't go anywhere, tetap stay tune yaaa di blog My Scrap Book.


Ngobrol bareng ini menjadi pilihan My Scrap Book untuk ikut meramaikan postingan di blog ini. Dimulai dengan Ngobrol bareng, dan jangan lupa baca Guest Post yang sudah bisa mulai kamu baca juga di blog ini. Semoga dengan adanya postingan ini bisa menambah pertemanan dan keakraban di antara teman-teman semua.
 ***
 Tentang Aira :
 

Seorang blogger yang berprofesi menjadi penulis buku cerita anak ini juga menjadi menjalani profesi sebagai editor freelance dan ghostwriter untuk agensi, penerbit maupun freelance. Kamu bisa menemukan kesehariannya di Twitter | Blog | Instagram
7 comments on "Celoteh Riang bersama Aira | Ngobrol Bareng"
  1. Wow, thanks a lot Mbak Asri!Moga obrolan kita bisa bermanfaat buat pembaca blog ini yaa ^__^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal Mbak Aira. saya fansnya Mbak Aira. Aduh, saya norak di blognya orang :D

      Delete
  2. Waaah penulis lagiii. Langsung BW ah ke blognya mbak Aira. Hehehe

    ReplyDelete
  3. Makasih Mak ulasannya tentang idola saya. Ahik! REquest dong, Raditya Dika. Hihihi. Mampr juga ke blogku ya Mak.

    http://bit.ly/PersiapanRamadhanLebaran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum punya nyali, mak Liya.. kalau ngehubungi artis terkenal *baper duluan saya*..

      Delete
  4. Ternyata kayak saya juga...tetangga ataupun teman pada banyak yg nggak tahu kalo kita ini blogger hehehe... emang kan kita nggak hobi koar2 yaa...biar mereka tahu dg sendirinya.. ntar kalo bilang2 kitanya dibilang sombong xixixi..
    salam kenal mbak Aira...

    ReplyDelete

Tulis komentarmu dengan bahasa yang sopan dan tinggalkan Nama/URL yaa, biar bisa langsung saya BW :)

Custom Post Signature

Custom Post  Signature