14 May 2016

Mengajar dan Menulis bersama Izzah | Ngobrol Bareng

 

Holaaa..

Hari ini akhirnya bisa juga perpanjangan SIM. Nggak ribet dan nggak lama lhooo.. Mudah banget. Tapi, masih pingin ngerasain ngurus SIM di SIM Keliling. Next time, maybe..

Nah, kali ini My Scrap Book lagi punya kesempatan buat bisa mengajar dan menulis bersama mbak Izzah nih. Penasaran?

Oke, simak yuk, obrolan cantik kita berdua..

 
Hallo, mbak, apa kabarnya nih? Waah, lagi sibuk apa nih sekarang? 


Hai, Mbak. Saat ini saya sedang sibuk mengajar di sekolah tempat saya bekerja, serta menyelesaikan dua naskah buku anak.

Ehm, mbak, maaf yaa, ganggu waktunya sebentar. Boleh nanya-nanya kan? Ehm, mbak, kalau boleh tau nih, profesi mbak saat ini apa yaa? Boleh diceritakan sedikit  mengenai profesi mbak saat ini?

Boleh. Saat ini saya bekerja sebagai guru di sebuah sekolah dasar Islami swasta di Bandarlampung. Namun kemungkinan mulai Juni nanti, saya resmi resign agar lebih fokus mengurus keluarga, serta menjalani passion sekaligus profesi baru saya sebagai penulis buku anak.

Pernahkah mbak merasakan kebosanan atau mati gaya saat menjalani profesi mbak yang nggak sedikit itu? Bagaimana cara mbak apabila kemudian tiba-tiba merasakan kebosanan yang teramat sangat?

Untuk profesi guru, bosen sih nggak, cuma lelah iya. Namanya mengurus dan mendidik banyak anak dengan polah yang berbeda2. Jika sudah begitu, biasanya yang saya lakukan adalah istirahat yang cukup. Menulis, menonton film, membaca buku, atau bercengkrama bersama dengan keluarga, juga menjadi hiburan tersendiri buat saya. Untuk profesi sebagai penulis buku anak, alhamdulillah saya tidak pernah bosan. Selalu semangat dan senang.
Kalau boleh tau nih, kan selain mbak berprofesi sebagai guru di sebuah sekolah dasar Islami swasta di Bandarlampung, mbak juga berprofesi sebagai blogger. Gimana sih cara bagi waktunya antara kesibukan mbak sendiri dengan menulis blog? 

 Biasanya saya ngeblog saat istirahat sekolah, atau di sela2 waktu menulis buku di malam hari. Tidak perlu waktu khusus, sih, karena saya memang senang menulis. Namun beberapa pekan ini aktivitas menulis sedikit berkurang karena keluhan nyeri punggung.

Apa yang melatar belakangi mbak kemudian membuat blog? Kalau boleh tau, dalam sehari, seminggu, sebulan, bisa posting berapa banyak? Ada tantangan/kesulitan nggak, setiap kali mau memposting tulisan di blog?

Berbagi pengalaman dan refreshing. Sebagian besar postingan blog saya ditulis berdasarkan pengalaman. Saya berharap pembaca bisa mengambil manfaat dari pengalaman saya. Ngeblog juga sara refreshing saya setelah menulis naskah buku. Postingnya belum tentu, ya. Kapan saya mau. Kadang tiap hari, kadang seminggu sekali, kadang sampai hitungan bulan tidak posting, hehe.... Kesulitan alhamdulillah tidak ada.

Bagaimana pandangan orang-orang di sekitar mbak, di lingkungan pekerjaan mbak dengan profesi mbak sebagai blogger? Apakah mereka mendukung atau malah ada yang mencibir? Apa keuntungan yang mbak dapatkan saat mbak kemudian memilih menjalani profesi sebagai blogger? 

Kagum. Mereka menganggap blogger atau penulis itu adalah profesi yang butuh kecakapan khusus yang nggak semua orang punya. Keuntungannya bisa menjadi jalan untuk memperoleh penghasilan,  memperluas jaringan, dan amal jariyah yang diperoleh ketika pembaca merasakan manfaat dari postingan kita.

Apakah keluarga mbak selama ini mendukung dari sisi pekerjaan tetap mbak dan pekerjaan sampingan mbak sebagai blogger?

Alhamdulillah, sangat mendukung

Ada tips dan trik nggak dari mbak dalam menuliskan sebuah tema di blog? Atau saat menulis blog?

Tulislah hal yang paling kamu kuasai. Jika tidak,  maka lengkapi dengan data yang memadai.

Menurut mbak, blogger di era sekarang ini penting nggak sih? 

Sangat penting
Yang terakhir ya. Ada pesan nggak untuk para blogger yang memiliki pekerjaan pokok atau untuk para pemula yang masih baru berkecimpung di dunia perbloggeran? 

Menulislah dengan konsisten

*** 
Gimana hasil My Scrap Book ngobrol bareng mbak Izzah? Asyik kan? Seru banget kan? Jadi, tambah bikin nggak sabar buat segera meluncur ke blognya mbak Izzah buat baca postingan serunya. My Scrap Book udah lho, kamu?


Makasih banyak, mbak Izzah, sudah bersedia mengajar dan menulis bersama My Scrap Book. Semoga dengan ini bisa menjadikan kita makin akrab dan silaturahmi tidak terputus yaa..
  

Untuk tampilan blog dari Izzah adalah :

Asyikkk, kelar sudah ngobrol bareng My Scrap Book bersama dengan mbak Izzah. Don't go anywhere, tetap stay tune yaaa di blog My Scrap Book. Karena ada berbagai artikel menarik disini.


Ngobrol bareng ini menjadi pilihan My Scrap Book untuk ikut meramaikan postingan di blog ini. Dimulai dengan Ngobrol bareng, dan jangan lupa baca Guest Post yang sudah bisa mulai kamu baca juga di blog ini. Semoga dengan adanya postingan ini bisa menambah pertemanan dan keakraban di antara teman-teman semua.
 ***
  
Tentang Izzah :
Penulis dan ibu rumah tangga. Mengutamakan keluarga dan rumah adalah surga baginya. Karya pernah dimuat di Lampung Post, Radar Bojonegoro, Majalah Soca, Majalah Bobo, Tabloid Mom & Kiddie, Majalah Sekar, dan Majalah Femina. Penulis buku anak Pangeran Karim dan Putri Karimah, Raja-raja dalam Al-Qur'an, Kumpulan Dongeng Berpantun, dan Komik 10 Pahlawan Islam. Juara 1 FF Islami Syaamil Quran, Juara 2 Lomba Mengajar Balai Bahasa untuk guru SD Se-Provinsi Lampung. 
1 comment on "Mengajar dan Menulis bersama Izzah | Ngobrol Bareng"
  1. rasanya saya belum pernah berkunjung ke blognya mba Izzah ini deh...

    ReplyDelete

Tulis komentarmu dengan bahasa yang sopan dan tinggalkan Nama/URL yaa, biar bisa langsung saya BW :)

Custom Post Signature

Custom Post  Signature