13 September 2016

Jalan-jalan ke Agency bareng Imelda Sutarno | Ngobrol Bareng




Holaaa..

Selasa ini ada kegiatan apakah, kawan-kawan blogger semua?

Nah, kali ini My Scrap Book lagi mau Jalan-jalan ke Agency nih sama Imelda Sutarno. Penasaran?

FYI yaa.. Seharusnya postingan ini tayang kemarin tanggal 12 September 2016. Ini aku yang salah sih. Lagi error, padahal sudah ada di draft dan tinggal publish. Maapkeun sebelumnya, mbak Imelda.  

Oke, simak yuk, obrolan cantik sambil kita berdua yuk..
 
Hallo, mbak, apa kabarnya nih? Waah, lagi sibuk apa nih sekarang?

Alhamdulilah kabar baik mbak. Sehat. Seakrang lagi sibuk jawab email mbak. eh maaf ...mmm...maksudnya sibuk jadi working mom dan punya dua bocah cilik di rumah :)

Ehm, mbak, maaf yaa, ganggu waktunya sebentar. Boleh nanya-nanya kan? Ehm, mbak, kalau boleh tau nih, profesi mbak saat ini apa yaa? Boleh diceritakan sedikit  mengenai profesi mbak saat ini?

Sekarang saya bekerja sebagai karyawan swasta di salah satu digital agency di bilangan Jakarta Selatan. Saya menjadi Personal Assistant of Managing Director. 
  
Pernahkah mbak merasakan kebosanan atau mati gaya saat menjalani profesi mbak yang nggak sedikit itu? Bagaimana cara mbak apabila kemudian tiba-tiba merasakan kebosanan yang teramat sangat?

Mati gaya biasanya pas kerjaan lagi slow down. Bingung dan bertanya-tanya dalam hati "wah jangan2 eikeh dianggap magabut trus nanti dirumahken lagi". Wahahaha. Kalau namanya bosan pasti iya. Secara saya udah di posisi ini selama 7 tahun. Kalo bosan yang teramat sangat sih alhamdulilah belum ya, baru bosan "pake aja", hehe. Kalo bosan biasanya saya baca-baca blog orang lain, atau malah curi-curi baca buku di kantor (takut ketauan pak bos). alhamdulilah pas bosan bukan tipikal yang malah mendadak gila belanja n makan *kekep dompet* *emang kikir aslinya*

Kalau boleh tau nih, kan selain mbak berprofesi sebagai karyawan swasta, mbak juga berprofesi sebagai blogger. Gimana sih cara bagi waktunya antara kesibukan mbak sendiri dengan menulis blog?

Kalo bagi antara kerja sama nulis ya sebenarnya agak sulit juga. Pengeeeen banget nulis dari rumah tapi kendalanya dua: gak punya laptop pribadi a.k.a miskin papa, dan yang kedua kalopun misalnya ada laptop dan mau mulai nulis, dua krucil sudah siap untuk menghadang dan nyeret-nyeret emaknya ngajak main, cari perhatian dll dll. Jadi lebih banyak nulis dari kantor (jangan ditiru ya karyawan model begini mah). Makanya kalo pas Sabtu Minggu jangan harap blog keisi, karena libur di rumah.

Apa yang melatar belakangi mbak kemudian membuat blog? Kalau boleh tau, dalam sehari, seminggu, sebulan, bisa posting berapa banyak? Ada tantangan/kesulitan nggak, setiap kali mau memposting tulisan di blog?

Saya sebenarnya emang hobi nulis dan saya sadar pas SMP. Waktu SMP tahun 80an dulu, belum ada internet blas, saya bikin diary untuk kelas saya. setiap hari saya menulis aktivitas apapun yang teman-teman lakukan di dalam kelas. Diary sendiri malah gak punya. Sampai sekarang ya suka menulis, makanya disalurkan lewat menulis di blog aja. Soal kesulitan memposting alhamdulilah gak ada karena saya pake wordpress yang menurut saya very user friendly. dalam seminggu diusahakan 5 kali postingan. Pengennya sih tiap hari konsisten banget cuma ya ada kendala dua tadi, yang saya sebut di atas mbak.

Bagaimana pandangan orang-orang di sekitar mbak, di lingkungan pekerjaan mbak Imelda dengan profesi mbak sebagai blogger? Apakah mereka mendukung atau malah ada yang mencibir? Apa keuntungan yang mbak dapatkan saat mbak kemudian memilih menjalani profesi sebagai blogger?

Mereka pada gak tau, hahahaha. Yang tau malah orang-orang di luar lingkungan kantor saya, yaitu teman-teman di sosmed yang notabene adalah teman SD saya, teman ketemu di komunitas ibu-ibu, dll. Keluarga saya juga enggak ngeh saya ngeblog. Mungkin karena emang baru juga saya ngeblognya (baru jalan 6 bulan) dan nggak ngetop juga (nasib ya nasib) makanya pada nggak mudeng hehe. Alhamdulilah teman-teman yang tahu saya ngeblog nggak mencibir, malah mendukung. Ketika menjadi blogger, keuntungan nomor satu untuk saya secara pribadi banget: bisa menyalurkan hobi menulis saya dan mengeluarkan semua uneg-uneg yang positif melalui rangkaian kata. Beda rasanya ketika kita (misalnya) menulis status di Facebook soal dilema menjadi ibu RT vs working mother, ketimbang ketika kita menuangkannya dalam sebuah artikel di blog. Itu keuntungan pertama. Yang kedua: wah ada job review. Walaupun very newbie dan sampai saat ini baru dua produk yang dipercayakan ke saya untuk di review, tapi rasanya seneeeeng banget, Karena kepercayaan ke saya berarti sedikit banyak saya udah "dianggap" lah di dunia per blog an tanah air ini *tsaaahhh...."

Apakah keluarga mbak selama ini mendukung dari sisi pekerjaan tetap mbak Imelda dan pekerjaan sampingan mbak sebagai blogger?

Kalau keluarga terutama suami tentunya mendukung. Soal ngeblog dia cuma selalu pesan hati-hati dan ingat pepatah tulisanmu/lidahmu harimaumu. Nulis yang adem dan positif aja, dan selalu berhati2. Begitu pesan pak suami.

Ada tips dan trik nggak dari mbak dalam menuliskan sebuah tema di blog? Atau saat menulis blog?

Tips nya; kalau buntu mau cari ide, blogwalkinglah ke berbagai blog secara random. Bisa nemu ide banyak dengan cara begini. Ide boleh sama, tapi gaya penulisan kita yang berbeda-beda bisa menghasilkan cerita yang beda dan gak kalah menariknya loh. Saya pernah random BW ke blog orang. Duh lupa siapa dia, pokoknya keren lah dia kasih tips gimana kalo kita pas kehabisan ide mau nulis. Buat si blogger itu, gak ada kata kehabisan ide. Apapun bisa. Even misalnya tali beha kita putus, bisa loh jadi bahan tulisan, misalnya "nikmatnya belanja underwear secara online di toko XX". As simple as that kan?

Menurut mbak, blogger di era sekarang ini penting nggak sih?

Penting. Terkadang kita butuh experience orang lain tentang suatu tempat, makanan, buku, anykind of items in this world. Dan kadang hal-hal ini kan gak dimuat di media massa ya. Nah, disinilah blog berfungsi banget. Contohnya: saya mau pergi ke Ragunan. Sebelum pergi cari tau dulu pengalaman orang lain yang sudah pernah kesana. Enaknya jalan jam berapa, lewat mana yang nggak macet, apa yang harus dibawa dll, ini justru nemunya di blog orang bukan browsing di situs-situs media ternama.

Kemudian yang kedua: terkadang kita merasa perlu encourage terhadap masalah yang kita hadapi dalam hidup. Alih-alih pergi ke psikolog misalnya yang bayar konsultasinya juga aujubile mahalnya, lebih baik searching pengalaman hidup yang serupa di blog orang. Berasa nggak sendiri dan bisa jadi pembanding juga kan. Eh kepanjangan yak penjelasannya. Semoga enggak eneg ya mbak, ihik....

Yang terakhir ya. Ada pesan nggak untuk para blogger yang memiliki pekerjaan pokok atau untuk para pemula yang masih baru berkecimpung di dunia perbloggeran?

Untuk yang karyawan sekaligus blogger: jangan tiru saya deh hahahaha. Soalnya sebaiknya jangan curi-curi atau korupsi waktu kerja kalian dengan ngeblog, apalagi kalo kerjanya di perusahaan yang super strict dan internet dibatasi ya, hihihihi. Sebaiknya ngeblog lah di after office hour, supaya kita juga bisa lebih fokus. Untuk pemula, banyak-banyaklah BW ke berbagai blog, supaya bisa mendapatkan ide sekaligus banyak knowledge dari para suhu/senior.



*** 
Gimana hasil My Scrap Book ngobrol bareng mbak Imelda? Asyik kan? Seru banget kan? He.. he.. he.. Jadi, tambah bikin nggak sabar buat segera meluncur ke blognya mbak Imelda buat baca postingan serunya. My Scrap Book udah lho, kamu?

Makasih banyak, mbak Imelda, sudah bersedia mengobrol, berbagi ilmu bersama My Scrap Book. Semoga dengan ini bisa menjadikan kita makin akrab dan silaturahmi tidak terputus yaa.. 

Untuk tampilan blog dari Imelda adalah :



Asyikkk, kelar sudah ngobrol bareng My Scrap Book bersama dengan mbak Imelda. Don't go anywhere, tetap stay tune yaaa di blog My Scrap Book. Karena ada berbagai artikel menarik disini.

Ngobrol bareng ini menjadi pilihan My Scrap Book untuk ikut meramaikan postingan di blog ini. Dimulai dengan Ngobrol bareng, dan jangan lupa apabila kamu ingin ikutan di rubrik ini, bisa langsung send me an email yaa. Semoga dengan adanya postingan ini bisa menambah pertemanan dan keakraban di antara teman-teman semua.
 ***
Tentang Imelda :


An ordinary working mother with two gorgeous kids. Memiliki darah Jawa dan Gorontalo membuat Imelda selalu berbahasa Indonesia dari kecil. Selalu suka dengan yang namanya coklat. Selain itu, Imelda merupakan penggemar music metal. Semenjak memiliki suami dan anak, Imelda yang tadinya tidak menyukai memasak, akhirnya terjun juga ke hal memasak.

Kamu bisa menemukan kesehariannya di Blog | Facebook | Twitter

4 comments on "Jalan-jalan ke Agency bareng Imelda Sutarno | Ngobrol Bareng"

Tulis komentarmu dengan bahasa yang sopan dan tinggalkan Nama/URL yaa, biar bisa langsung saya BW :)

Custom Post Signature

Custom Post  Signature