17 September 2016

Meet the Teacher, Novita | Ngobrol Bareng




 


Holaa..

Ada cerita apa nih kalian di minggu ini? Apakah kalian mengalami hari yang baik atau buruk? Cerita yuk..

Kali ini, kita ketemu sama bu guru Novita lho.. Eits, kemarin sama guru, sekarang juga yaa.. 2 minggu bersama guru-guru cantik nih. 

Penasaran dengan apa yang akan kita obrolin? Simak yuks..
 
Hallo, mbak, apa kabarnya nih? Waah, lagi sibuk apa nih sekarang? 

alhamdulillah baik, lagi sibuk dengan menjalani 3 profesi nih mba, sbg ibu,sebagai guru,dan sebagai blogger

 Ehm, mbak, maaf yaa, ganggu waktunya sebentar. Boleh nanya-nanya kan? Ehm, mbak, kalau boleh tau nih, profesi mbak saat ini apa yaa? Boleh diceritakan sedikit  mengenai profesi mbak saat ini?

profesi sebagai guru di sebuah madrasah aliyah yang berasrama. jadi saya tinggal di dalam kompleks sekolah, mendampingi siswa selama 24 jam, seru dan menantang gaul dengan anak SMA jaman sekarang

 Pernahkah mbak merasakan kebosanan atau mati gaya saat menjalani profesi mbak yang nggak sedikit itu? Bagaimana cara mbak apabila kemudian tiba-tiba merasakan kebosanan yang teramat sangat?

Bosen? Jenuh? sering banget ,.. terutama saat deadline tulisan menanti, urusan dengan si kecil lagi crowded dan kerjaan di kantor lagi numpuk... makanya email jarang banget dicek, dah keburu rempong dengan urusan kerjaan dan rumah tangga.

Kalau boleh tau nih, kan selain mbak berprofesi sebagai guru, mbak juga berprofesi sebagai blogger. Gimana sih cara bagi waktunya antara kesibukan mbak sendiri dengan menulis blog? 
 
selain berprofesi sebagai guru, saya juga berusaha terus menulis dan menghidupkan blog saya... bagi waktunya? belum terlalu terampil sih... sekarang tuh lagi ikut program satu hari satu tulisan, awalnya bisa konsisten, lama lama keteteran juga... akhirny waktu nulis yang enak tuh saat anak dah tidur diatas jam 9 malem

Apa yang melatar belakangi mbak kemudian membuat blog? Kalau boleh tau, dalam sehari, seminggu, sebulan, bisa posting berapa banyak? Ada tantangan/kesulitan nggak, setiap kali mau memposting tulisan di blog?

latar belakang bikin blog sih karena dasarnya saya senang nulis diary, jadi tadinya pengen mengabadikan momen momen penting dalam hidup tuh lewat tulisan, dan pengen juga sharing berbagi ilmu lewat blog. kan kalo ada yang dapet pencerahan gara gara tulisan saya, dapet pahala juga dong saya...kesulitannya biasanya karena saya ga sempet banyak baca buku jadi tantangannya dari sisi referensi ilmiahnya. selain itu, pemilihan tema juga biasanya suka agak kehabisan topik gitu, jadi bingung mau nulis apa, mungkin karena itu tadi penyebabnya adalah kurang banyak baca

Bagaimana pandangan orang-orang di sekitar mbak, di lingkungan pekerjaan mbak dengan profesi mbak sebagai blogger? Apakah mereka mendukung atau malah ada yang mencibir? Apa keuntungan yang mbak dapatkan saat mbak kemudian memilih menjalani profesi sebagai blogger? 

respon orang orang sekitar sih macem macem, ada yang mencibir tapi lebih banyak lagi yang mendukung, suka senang aja tiba tiba ada yang lapor tuh "bu, aku dah baca blognya lho ..." wah rasanya makin semangat lagi deh buat nulis

Apakah keluarga mbak selama ini mendukung dari sisi pekerjaan tetap mbak dan pekerjaan sampingan mbak sebagai blogger?

keluarga sih mendukung, cuma ada kalo ada acara kopdar utk penulis, harus mau berjuang sendiri, karena suami juga sibuk di kerjaannya ... suami juga suka ngasih masukan buat perbaikan tulisan saya, katanya kurang renyah ...

Ada tips dan trik nggak dari mbak dalam menuliskan sebuah tema di blog? Atau saat menulis blog?

tips nya buat calon penulis atau calon blogeer, terus aja menulis dan menulis ... pilih tema atau bidang yang kita kuasai, terus rajin juga blogwalking, ke blog blog yang dah pada ahli, jadi kita bisa belajar banyak dari mereka ... selain itu pilih waktu yang enak buat nulis, yg ga diganggu oleh aktivitas lain ... gitu aja dulu, lebih banyak nasehat buat diri sendiri

Menurut mbak, blogger di era sekarang ini penting nggak sih? 

blogger sekarang penting banget, bukan hanya buat ngikutin tren tapi melatih kita untuk terampil menulis, mengabadikan momen momen penting dalam hidup kita, sehingga anak cucu kita nanti bisa ikut menikmatinya, dan terutama di zaman multimedia ini, blogger bisa jadi ajang pencarian tambahan dana juga lho walau saya juga belum terlalu tau banyak ilmunya.

Yang terakhir ya. Ada pesan nggak untuk para blogger yang memiliki pekerjaan pokok atau untuk para pemula yang masih baru berkecimpung di dunia perbloggeran? 

pesan buat para blogger yang juga sudah punya pekerjaan tetap, jadikan nge blog sebagai sarana refreshing, kalo dah stress dengan kerjaan, nge blog aja, kita nulis bidang lain diluar kerjaan kita, kaya mindahin buku diary ke blog kita, siapa tau bermanfaat juga buat yang lain yang ngalamin hal yang sama

buat para pemula: jangan takut mencoba, tulis segala hal tentang apa saja, blog kita adalah milik kita, kita yang menentukan, jangan terbatas pada satu tema, tulislah tentang segala hal, suatu saat kita akan melihat kecenderungan tulisan kita itu kemana

SEMANGAT TERUS MENULIS YA ...
JANGAN TAKUT SALAH, JANGAN TAKUT MENCOBA, NEVER GIVE UP ...
 
*** 
Gimana hasil My Scrap Book ngobrol bareng mbak Novita? Asyik kan? Seru banget kan? He.. he.. he.. Jadi, tambah bikin nggak sabar buat segera meluncur ke blognya mbak Novita buat baca postingan serunya. My Scrap Book udah lho, kamu?

Makasih banyak, mbak Novita, sudah bersedia mengobrol, berbagi ilmu bersama My Scrap Book. Semoga dengan ini bisa menjadikan kita makin akrab dan silaturahmi tidak terputus yaa.. 

Untuk tampilan blog dari Novita adalah :

Asyikkk, kelar sudah ngobrol bareng My Scrap Book bersama dengan mbak Novita. Don't go anywhere, tetap stay tune yaaa di blog My Scrap Book. Karena ada berbagai artikel menarik disini.

Ngobrol bareng ini menjadi pilihan My Scrap Book untuk ikut meramaikan postingan di blog ini. Dimulai dengan Ngobrol bareng, dan jangan lupa apabila kamu ingin ikutan di rubrik ini, bisa langsung send me an email yaa. Semoga dengan adanya postingan ini bisa menambah pertemanan dan keakraban di antara teman-teman semua.
 ***
 
 
Tentang Novita :
 
Seorang ibu yang berkarir sebagai guru di sebuah Madrasah Aliyah. 
 
 Kamu bisa menemui kesehariannya di Facebook| Blog 
Be First to Post Comment !
Post a Comment

Tulis komentarmu dengan bahasa yang sopan dan tinggalkan Nama/URL yaa, biar bisa langsung saya BW :)

Custom Post Signature

Custom Post  Signature