11 October 2016

Main Cantik bareng Mahasiswi Cantik, Anggi Putri




Holaaa..

Selamat hari Selasa, kawan-kawan blogger semua? Apa kabarnya? Udah minggu kedua bulan Oktober nih. Eh, udah masuk bulan Muharram yaa?

Nah, kali ini My Scrap Book lagi mau Main Cantik bareng Mahasiswi Cantik, Anggi Putri. Penasaran?

Oke, simak yuk, obrolan cantik sambil kita berdua yuk..


Hallo, mbak, apa kabarnya nih? Waah, lagi sibuk apa nih sekarang?

Sekarang kesibukanku sebagai mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia menginjak semester 5 jadi lumayan padat dengan tugas. Selain itu juga freelance writer khususnya artikel dan novel, saya juga mengelola Penerbit Pustaka Kata yang berdiri tahun Maret 2015, blogger (www.anggiputri.com), editor and cover design freelance juga terkadang. Kesibukan lain saya sedang membina sebuah komunitas menulis yakni Komunitas KOMA Jombang, serta menjadi relawan pengajar kelas menulis di salah satu rumah baca di Jombang.

Ehm, mbak, maaf yaa, ganggu waktunya sebentar. Boleh nanya-nanya kan? Ehm, mbak, kalau boleh tau nih, profesi mbak saat ini apa yaa? Boleh diceritakan sedikit  mengenai profesi mbak saat ini?

Seperti layaknya mahasiswa lainnya, tugas pokoknya adalah belajar. Saya pun demikian, menuntaskan tugas-tugas dan menyelesaikan kewajiban kuliah dengan sebaik mungkin. Namun yang membedakan yakni pada malam hari. Saya seperti kelelawar yang hanya tidur beberapa jam. Malam hari saya gunakan waktu  untuk menulis dan menyelesaikan pekerjaan saya di luar kesibukan kuliah karena siang hari sudah termakan oleh jam kuliah dan kesibukan organisasi mahasiswa. Pada weekend saya pulang ke Jombang untuk membina anak-anak komunitas dan mengajar menulis, tapi tidak selalu kalau weekend ada kegiatan di Surabaya saya tetap stay di Surabaya. (kondisional)
  
Pernahkah mbak merasakan kebosanan atau mati gaya saat menjalani profesi mbak yang nggak sedikit itu? Bagaimana cara mbak apabila kemudian tiba-tiba merasakan kebosanan yang teramat sangat?

Sebenarnya bukan bosan yang sering saya rasakan. Saya kesal kalau migrain (sakit kepala sebelah) mulai menghantui saya. Terkadang migrain bisa membuyarkan pekerjaan selama 2-3 hari. Akibatnya, semua yang sudah saya jadwal bisa berantakan. Jika bosan, gampang saja menyelesaikannya yaitu dengan sedikit refreshing, sekadar jalan-jalan atau saat ada acara blogger di luar itu sudah menjadi obat bosan. Juga yang tak terduga, misal antara acara satu dan lain waktunya bersamaan. Terpaksa, saya memilih yang lebih dibutuhkan bukan dipentingkan.

Kalau boleh tau nih, kan selain mbak berprofesi sebagai mahasisiwi dan freelancer, mbak juga berprofesi sebagai blogger. Gimana sih cara bagi waktunya antara kesibukan mbak sendiri dengan menulis blog?

Saya menulis blog saat senggang, atau jika memang terlalu sibuk saya biasakan menulis lebih dari 1 tulisan dan saya buat draft sehingga kalau pas sibuk bisa tinggal posting saja. 

Apa yang melatar belakangi mbak kemudian membuat blog? Kalau boleh tau, dalam sehari, seminggu, sebulan, bisa posting berapa banyak? Ada tantangan/kesulitan nggak, setiap kali mau memposting tulisan di blog?

Saya kenal blog sebenarnya sejak SMA, namun dulu tidak mengerti spesifik kegunaannya sehingga blog hanya sebagai ruang curhat ya ... hanya tempat atau wadah saya menulis. Itu pun jarang diisi. Akhirnya saya kenal Mbak AnisAE yang membuat saya untuk semangat kembali membuat blog dan merawat blog itu layaknya rumah sendiri. Dalam seminggu saya tidak banyak posting, memang dulu pernah posting sehari sekali tapi sekarang hanya posting seminggu 3x.

Bagaimana pandangan orang-orang di sekitar mbak, di lingkungan pekerjaan mbak Anggi dengan profesi mbak sebagai blogger? Apakah mereka mendukung atau malah ada yang mencibir? Apa keuntungan yang mbak dapatkan saat mbak kemudian memilih menjalani profesi sebagai blogger?

Pasti semua blogger khususnya yang kerjanya menulis pernah dicibir bahkan dicurigai oleh para tetangga bahkan orang-orang sekitar. Apalagi mereka yang kurang 'melek' internet. Banyak yang mengira pekerjaan blogger atau menulis hanya mampu dipandang sebelah mata. Selama menjadi blogger hal yang paling berharga bagi saya yakni punya banyak teman dari berbagai wilayah. Ketika semua saling dipertemukan, bagi saya itulah hal istimewa meski ya ... materi yang didapat juga menjadi prioritas sampingannya. Keuntungan lainnya, teman-teman yang berada di luar negeri misalnya, bisa bebas membaca blog kita.

Apakah keluarga mbak selama ini mendukung dari sisi pekerjaan tetap mbak Anggi dan pekerjaan sampingan mbak sebagai blogger?

Sejauh ini, keluarga mendukung dengan semua yang saya kerjakan selama hal-hal tersebut merupakan hal positif dan dapat bermanfaat bagi orang lain.

Ada tips dan trik nggak dari mbak dalam menuliskan sebuah tema di blog? Atau saat menulis blog?

Kalau menurut saya dalam memilih tema blog hendaknya kalian pilih sesuai passion atau minat kalian. Karena sesuatu yang sudah kita sukai akan terasa menyenangkan meski dilakukan berulang kali. 

Menurut mbak, blogger di era sekarang ini penting nggak sih?

Blogger tentu saja penting, dalam era internet seperti zaman sekarang, segala hal sudah menggunakan internet semua orang bahkan anak SMP sudah mengerti cara membuka situs misal saat mereka mencari bahan pelajaran. Jadi keberadaan blogger sangat berguna dalam memberikan info serta hal-hal positif bagi generasi dan era kekinian ini.

Yang terakhir ya. Ada pesan nggak untuk para blogger yang memiliki pekerjaan pokok atau untuk para pemula yang masih baru berkecimpung di dunia perbloggeran?

Kalau kalian senang dengan menulis maka blogger adalah pilihan yang tepat. Bagi saya, apapun hal yang dilakukan dengan niat dan kerja keras semuanya tak akan sia-sia. Beigitupun kalau kalian memilih sebagai blogger. Enjoy with your passion, guys!

*** 
Gimana hasil My Scrap Book ngobrol bareng mbak Anggi? Asyik kan? Seru banget kan? He.. he.. he.. Jadi, tambah bikin nggak sabar buat segera meluncur ke blognya mbak Anggi buat baca postingan serunya. My Scrap Book udah lho, kamu?

Makasih banyak, mbak Anggi, sudah bersedia mengobrol, berbagi ilmu bersama My Scrap Book. Semoga dengan ini bisa menjadikan kita makin akrab dan silaturahmi tidak terputus yaa.. 

Untuk tampilan blog dari Anggi adalah :

Asyikkk, kelar sudah ngobrol bareng My Scrap Book bersama dengan mbak Anggi. Don't go anywhere, tetap stay tune yaaa di blog My Scrap Book. Karena ada berbagai artikel menarik disini.

Ngobrol bareng ini menjadi pilihan My Scrap Book untuk ikut meramaikan postingan di blog ini. Dimulai dengan Ngobrol bareng, dan jangan lupa apabila kamu ingin ikutan di rubrik ini, bisa langsung send me an email yaa. Semoga dengan adanya postingan ini bisa menambah pertemanan dan keakraban di antara teman-teman semua.
 ***
Tentang Anggi Putri :
  
Mahasiswi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Tulisannya ada di antologi Puisi Menolak Korupsi 4 (2014), Memo Terorisme (2016), Tifa Nusantara 2, Lumbung Penyair Jilid III dan beberapa dimuat media seperti Radar Surabaya, Radar Banyuwangi, Radar Mojokerto, Duta Masyarakat, Buletin Jejak, Majalah Cerdas, Malang Pos, Tribun Jateng, SKH Mata Banua, Ruas Online, Tetas Kata, Sayap Kata, Read Zone, dan lain-lain.  Buku puisinya Laku(na) dan Angin Kembara. 

Kamu bisa menemukan kesehariannya di Blog | Email | Twitter
4 comments on "Main Cantik bareng Mahasiswi Cantik, Anggi Putri"
  1. Mbak Anggi orangnya humble banget. Aku jga baru tahu dan lbih kenal dg nya beberapa bulan yg lalu dg komunitas Blogger :D

    ReplyDelete
  2. wah seru yaa my scrap book :)

    ReplyDelete
  3. Menilik diri sendiri lagi, harus tetap bersemangat

    ReplyDelete
  4. Terima kasih My Scrap Book :) juga untuk semua yang sudah baca. Semoga sedikit Ngobrol bareng ini bisa bermanfaat yaa :D

    ReplyDelete

Tulis komentarmu dengan bahasa yang sopan dan tinggalkan Nama/URL yaa, biar bisa langsung saya BW :)

Custom Post Signature

Custom Post  Signature