22 October 2016

Meeting Cantik sama Tia Putri




Holaaa..

Sabtu alias weekend datang. Finally, alhamdulillah akhirnya tepar juga. Oh ya, udah punya weekend list belum nih, kawan-kawan blogger semua?

Nah, kali ini My Scrap Book lagi mau Meeting Cantik sama Tia Putri nih. Penasaran nggak nih, kawan-kawan semua?

Oke, simak yuk, obrolan cantik kita berdua yuk..
  
Hallo, mbak, apa kabarnya nih? Waah, lagi sibuk apa nih sekarang?

Halo Asri, alhamdulillah baik. Kesibukan pekerjaan seperti biasanya. Meeting, bikin report, bikin ini itu macem-macem. Apalagi sudah menjelang akhir tahun, jadi sudah mulai padat merayap pekerjaannya. Biasa... kejar target. Hehehe.

Ehm, mbak, maaf yaa, ganggu waktunya sebentar. Boleh nanya-nanya kan? Ehm, mbak, kalau boleh tau nih, profesi mbak saat ini apa yaa? Boleh diceritakan sedikit  mengenai profesi mbak saat ini?

Profesi saya saat ini adalah karyawan perusahaan swasta. Saya ada di bagian Quality Management System. Secara umum bagian tersebut tugasnya mengelola standar perusahaan macem SOP ISO, Asme, K3, dll; lalu menjadi fasilitator pelaporan capaian perusahaan baik mingguan, bulanan, maupun tahunan, juga mengurusi inovasi perusahaan dan implementasi Knowledge Management. Saya sendiri ada dibagian yang terkait pelaporan capaian perusahaan atau bahasa kerennya disebut Corporate Planning. Jadi sehari-hari kalau gak bikin report ya nagihin capaian bagian lain akan proyek yang dilakukan.
  
Pernahkah mbak merasakan kebosanan atau mati gaya saat menjalani profesi mbak yang nggak sedikit itu? Bagaimana cara mbak apabila kemudian tiba-tiba merasakan kebosanan yang teramat sangat?

Pernah. Karena saya manusia eh pekerja biasa yang kadang merasakan jenuh. Apalagi saat pekerjaannya itu-itu saja. Nah saat jenuh melanda biasanya saya selingi kerjaan dengan ngeblog, hehe... macem blogwalking atau nge-draft postingan. Jalan-jalan ke bagian lain juga bikin jenuh mayan berkurang. Ngobrol dan ngegosip, hahaa...

Kalau boleh tau nih, kan selain mbak berprofesi sebagai Karyawan Swasta, mbak juga berprofesi sebagai blogger. Gimana sih cara bagi waktunya antara kesibukan mbak sendiri dengan menulis blog?

Kebetulan saya termasuk yang masih moodi-an saat ngeblog. Dan akan posting tulisan kalau benar-benar ada hasrat -ide- untuk nulis. Makanya sampai saat ini saya belum merasa yang susah gimana gitu dalam hal membagi waktu antara menulis atau bekerja. Kalaupun misal pas lagi sibuk2nya dikejar deadline kerjaan terus mood menulis nongol, biasanya saya akan membuat poin-poin draft untuk disusun menjadi tulisan di kemudian hari saat sudah senggang.

Apa yang melatar belakangi mbak kemudian membuat blog? Kalau boleh tau, dalam sehari, seminggu, sebulan, bisa posting berapa banyak? Ada tantangan/kesulitan nggak, setiap kali mau memposting tulisan di blog?

Awal saya ngeblog sekitar tahun 2007. Sudah lama ya... tapi secara pencapaian belum ada apa-apanya. Karena dari awal memang tujuannya just for fun. Suka nulis dan bercerita lewat tulisan. Pernah vakum juga di tahun 2009-2011 - persiapan lulus kuliah dan adaptasi kerja pertama kali. Mulai aktif lagi di 2012 sampai sekarang, tapi masih dengan gaya suka-suka. Hehe... Hasilnya rata-rata 5-6 tulisan terpublish setiap bulan.

Tantangan dan kesulitan ngeblog yang saya hadapi adalah mood meski tema membanjir di kepala. Rasanya pengeeen banget cerita tapi jari gak gerak-gerak. Akhirnya beberapa tulisan gak uptodate, alias telat. Kejadiannya kapan nulisnya kapan. Hahaha...

Bagaimana pandangan orang-orang di sekitar mbak, di lingkungan pekerjaan mbak Tia dengan profesi mbak sebagai blogger? Apakah mereka mendukung atau malah ada yang mencibir? Apa keuntungan yang mbak dapatkan saat mbak kemudian memilih menjalani profesi sebagai blogger?

Emm, kebetulan lagi saya gak woro-woro secara khusus kalau saya punya blog. Kalaupun share di sosmed ya hanya share saja, gak ada niatan agar diketahui teman-teman kalau itu blog saya. Ada sih yang ngeh, tapi lebih banyak yang gak kayaknya, atau hanya silent reader? Hahaha...

Bahkan saya menyimpan erat alamat blog saya dari jangkauan teman-teman kantor. Bukan apa-apa, hanya saja aku malu. Malu kalau dianggap enggak mutu isinya. :D

Sejauh ini, mereka yang tahu kalau saya ngeblog sih mendukung-mendukung ya, gak pernah dapat cibiran. Paling suka di-cie-cie-in kalau lagi action ambil foto-foto saat di restoran atau tempat wisata, karena tahu bakal saya post di blog. Hehehe...

Keuntungan yang saya dapatkan banyakan bukan dalam bentuk materi, secara belum dikomersialkan blognya. Banyakan sih tiba-tiba dapat japri tanya-tanya lebih detil mengenai apa yang saya tulis. Jadi berasa membantu orang deh. Bahkan dulu pernah ada yang ngajak kerjasama bikin usaha gegara posting ide usaha keripik bengkoang. Ya di email, di sms, di telp. Rempong euy, padahal itu baru proposal ide bisnis. Hahaha.

Apakah keluarga mbak selama ini mendukung dari sisi pekerjaan tetap mbak Tia dan pekerjaan sampingan mbak sebagai blogger?

Yes, keluarga mendukung sih selama yang dilakukan positif dan tidak saling berbenturan. Terutama suami dan adek yang yang juga seorang blogger.

Ada tips dan trik nggak dari mbak dalam menuliskan sebuah tema di blog? Atau saat menulis blog?

Tipsnya apa yaa, saya aja masih cengceremen nih urusan perblog-an.
Yang pasti ketika mood nulis sedang bagus, tulis dulu semua tema/judul dalam sebuah note. Lanjut bikin poin-poin draft. Setelah itu baru deh susun masing-masing judul menjadi sebuah tulisan lengkap yang siap tayang.

Kalau lagi jenuh nulis, lakukan blogwalking, baca banyak referensi, coba cari tema lomba, biasanya yang terjadwal gitu akan lebih memancing hasrat menulis.

Menurut mbak, blogger di era sekarang ini penting nggak sih?

Blogger di era sekarang penting sih ya. Bahkan sudah rame kayak pasar. Karena blogger juga sebagai corong langsung pengutara pendapat. Misal sebagai pe-review produk tertentu, akan lebih bisa dipercaya kalau yang nulis blogger, apalagi yang ditulis murni dengan hati, bukan hanya sponsor belaka.

Yang terakhir ya. Ada pesan nggak untuk para blogger yang memiliki pekerjaan pokok atau untuk para pemula yang masih baru berkecimpung di dunia perbloggeran?

Mari kita semangat menulis, penuhi blog kita dengan tulisan menarik, positif, dan menginspirasi. Bebas aja, mau nulis suka-suka atau bertema khusus yang penting sesuai minat dan bakat. Tapi jangan jadikan menulis itu beban, agar hasilnya enggak kaku. Karena ternyata menulis bebas pun ada penghargaannya loh, pernah baca di salah satu tulisan seleb blogger. Hehe...
***
Untuk tampilan blog dari Tia adalah :
 

Asyikkk, kelar sudah ngobrol bareng My Scrap Book bersama dengan mbak Tia. Don't go anywhere, tetap stay tune yaaa di blog My Scrap Book. Karena ada berbagai artikel menarik disini.

Ngobrol bareng ini menjadi pilihan My Scrap Book untuk ikut meramaikan postingan di blog ini. Dimulai dengan Ngobrol bareng, dan jangan lupa apabila kamu ingin ikutan di rubrik ini, bisa langsung send me an email yaa. Semoga dengan adanya postingan ini bisa menambah pertemanan dan keakraban di antara teman-teman semua.
 ***
Tentang Tia :

Tia adalah seorang perempuan muda, seorang istri dan seorang karyawan. Berasal dari Kebumen, Jawa Tengah. Dan saat ini beliau tinggal di Jakarta

Kamu bisa menemukan kesehariannya di Blog | Instagram
1 comment on "Meeting Cantik sama Tia Putri"
  1. terima kasih asri sudah diposting di blog kamu... :)

    ReplyDelete

Tulis komentarmu dengan bahasa yang sopan dan tinggalkan Nama/URL yaa, biar bisa langsung saya BW :)

Custom Post Signature

Custom Post  Signature