13 February 2024

Bekal Sehat di Tempat Kerja


Disini apakah masih ada yang membawa bekal di tempat kerja? Sebenarnya hal ini sudah aku lakukan bertahun-tahun lalu, semenjak aku masuk kerja. Alasannya saat itu simple sih, karena tempat makan di sekitar tempat kerjaku saat itu ada banyak, tapi kalau dihitung dari uang gajiku, nggak akan cukup untuk sebulan. Karena lumayan mahal sih, dan belum ada go food, grab food maupun shopee food. Alhasil aku memutuskan untuk bawa bekal. Lebih hemat juga sih. Selain itu, ibuku juga bisa memastikan anaknya makan makanan yang sehat dan nggak sembarangan juga. Intinya sih kurang lebih seperti itu yaa. 

Walaupun jujur saja, persiapan untuk membawa bekal itu sedikit agak riweuh tapi aku menyukainya. Selain memikirkan menu apa yang akan kubawa untuk bekal, aku juga suka sedikit berkreasi dengan menu tersebut. Memang sedikit agak ribet yaaa, karena aku kalau masak dan berkreasi bisa membutuhkan waktu sedikit lebih lama, tapi setidaknya bangga gitu dengan membawa bekal hasil karya sendiri. Eventhough akhir-akhir ini aku sudah jarang membawa bekal, karena pekerjaanku sendiri lebih sering di luar kantor. Jadi, daripada mubazir, lebih baik tidak membawa bekal. Hanya kadang-kadang saja, ketika jadwal hari itu hanya standby di kantor saja.

Baca juga Tastylicious
Punya Eka Bercerita | Punya Rima

Lalu apa saja nih menu sehat yang biasanya aku atau ibuku siapkan untuk bekal aku?

Salad

Menu favorit yang aku bawa untuk bekal aku. Biasanya aku atau ibuku membuat salad yang kaya akan sayuran hijau, bayam, kale atay selada romaine, dan juga kadang ditambahkan dengan protein seperti daging pagang, potongan telur rebus atau tahu. Untuk toppingnya sendiri, biasanya ditambahkan potongan buah-buahan segar, jagung rebus atau roti atau keju. Seadanya yang ada di kulkas sebenarnya sih.

Bento Box

Ini juga salah satu menu makanan yang sering aku bawa dulu, menggunakan kotak bento dan mengisi setiap bagiannya dengan berbagai menu makanan sehat. Seperti misalnya, nasi merah, potongan daging atau tahu, sayuran segar atau rebus. Jadi, tahu kan rasanya kalau pas udah bawa bekal dengan berbagai menu gini, terus nggak dimakan? Menangislah aku, sampai rumah, ibu udah kasih side eye bombastic, padahal anaknya yang nyiapin, tapi emaknya yang protes.

Rice Bowl

Sebenarnya nggak pakai bowl juga sih, pakai tempat makan biasa, hanya saja menunya memang nasi dan terkadang aku tambahin chicken katsu dengan mayo atau ada saladnya sedikit. 

Makanan Rumahan

Menu ini yang sering aku bawa kalau buat bekal ke kantor. Tinggal masukkin nasi, lauk pauk, sayur, sambal kalau ada. Udah deh, setidaknya kata ibu, udah mencakup empat sehat lah, kalau mau lima sempurna, aku diminta beli susu di mini market. 

Jadi, menurut aku membawa bekal ke kantor dengan berbagai menu makanan sehat itu boleh-boleh aja kok. Walaupun kita dibuat rempong setiap harinya, its okay, setidaknya saat kita makan bekal yang kita siapkan itu senang gitu. Jadi, nggak perlu bingung kan ketika sudah masuk jam istirahat kantor, kita tinggal buka menu bekal kita, dimakan deh.

Kalau kamu, biasanya menu makanan apa yang kamu bawa?
Be First to Post Comment !
Post a Comment

Tulis komentarmu dengan bahasa yang sopan dan tinggalkan Nama/URL yaa, biar bisa langsung saya BW :)

Custom Post Signature

Custom Post  Signature