13 February 2024

Menjadi Admin Social Media sebuah Komunitas


Menjelang pemilu, hatiku rasanya berdebar-debar. Karena sampai sekarang masih tetap bingung menentukan mau milih yang mana. Kalau kalian sudah mantap menentukan pilihan belum? Seperti aku masih bingung memantapkan hati memilih antara Song Kang atau Ji Chang Wook atau Lee Min Hoo atau Park Seo Joon eh, kok melebarnya kesini yaaa. Mohon maaf, skip.

Apa kabarnya teman-teman semua? Alhamdulillah, hari Selasa, tanggal 13 Februari 2024. Hari Rabu, 14 Februari 2024 pesta demokrasi kan yaa sama Valentine's Day. Mau dikasih surprise apa yaaa kira-kira sama cogan-cogan halu aku, kayaknya sih nggak ada yaa. Ya sudahlah. Oh yaa, by the way soal Valentine's Day, aku ada cerita nih, suaminya temanku itu kasih bingkisan Valentine's Day ke temenku itu bukan di tanggal 14 Februarinya, melainkan di tanggal 12 Februari, karena tahunya Valentine's Day itu tanggal 12 Februari. 

Oh yaa, hari ini aku mau bagiin gimana sih rasanya menjadi admin dari komunitas yang saat ini sedang aku jalani, atau dulu pernah aku jalani. Gimana sih rasanya? Yuk, diskusi bareng-bareng sama aku disini.
  
Dulu, beberapa tahun yang lalu, alhamdulillah, aku diberi amanah sama teman-teman dari aplikasi Wattpad, di satu komunitas, yang bernama Wattpad Great Family Indonesia. Komunitas itu berisikan teman-teman penulis dan pembaca. Selain di grup FB, fanpage, Instagram, twitter, ada juga grup WAnya. Komplit yaaa. Warbiyasak. Kebetulan, aku megangnya di sosmednya. Jadi, yaa lebih sering main gadget.

Tugasnya sih nggak banyak yaa. Sharing cerita, buat rubrik, buat kuis juga. Ya, adminnya nggak hanya aku sebenarnya, tapi yang sering update aku. Ahay! Kemudian, kita juga sering diskusi sih soal cerita di wattpad, sharing tentang segala macam hal yang memang perlu dibahas. Kalau dibilang capek nggak capek, menyenangkan banget. Walaupun banyak yang berpikir tugas menjadi admin sebuah komunitas itu mudah, tapi ada kalanya nggak seperti yang dipikirkan lho. Ehm, tapi nama bekennya bukan admin komunitas yaa tapi admin social media.

Kemudian, ada satu komunitas lagi nih yang dipercayakan oleh aku untuk aku kelola. Komunitas ini bernama PeeKy Book Tourian. Komunitas yang tugasnya mencari host untuk event blog tour, #ObrolinBuku, dan lain-lain. Dan yaa, menjadi admin social media di semua sosmed untuk komunitas ini. Baru dibentuk, Alhamdulillah, sudah banyak yang bergabung.
 
Nah, kalau sekarang, aku berinisiatif untuk mengajak teman-teman di Alumni Kelas Blognya kak Wulan Kenanga, yang suka membaca dan memang berinisiatif ingin mereview bukunya baik di blog maupun di akun instagram, atau goodreads atau twitternya mungkin, namanya Baca Buku Yuks, bergabung bareng-bareng sambil belajar. Tapi nggak hanya membahas tentang buku saja sih, banyak hal yang dibahas disana, karena kan kita sama-sama masih belajar yaaa. Ada yang mau bergabung bareng kami di sini? Boleh yuks.
 
Mimpiku sih inginnya suatu hari nanti, komunitas kecil ini bisa berkembang dan bisa mengadakan acara-acara meramaikan dunia literasi gitulah. Semoga suatu saat nanti bisa berkembang sesuai mimpiku yaa, walaupun entah siapa yang akan mewujudkan dan memegangnya kelak.  

Nah, kenapa sih ketika ditawarin menjadi admin social media langsung oke? Yaa, karena dengan bergabung menjadi admin social media di sebuah komunitas, aku bisa banyak mendapat pengalaman. Antara lain, pengalaman disaat ada yang mulai nyinyir nggak jelas, gimana cara menghadapinya. Kemudian jika ada masalah, gimana solusinya. Ada tawaran kerjasama, gimana mengolah kerjasama itu agar banyak peminatnya. Dan tentu saja, menjadi punya banyak teman juga. Ada senangnya, ada sedihnya juga.

Terus apa saja sih tugas yang harus di-handling ketika menjadi admin social media. Apa aja sih? Cekidot yuk..

Kalau biasanya di sebuah perusahaan sudah ada tim yang bertugas menjadi admin social media mereka, maka di sebuah komunitas juga sudah memiliki tim tersendiri. Perlu diketahui juga, tugas seorang admin social media bukan hanya mempromosikan komunitas tersebut ke jejaring sosial seperti Facebook, Twitter atau Instagram. Ada beberapa tugas lainnya yang penting untuk dijalani, antara lain:
 
  • Memiliki tanggung jawab akan performa sebuah komunitas tersebut di sosial media
  • Memiliki tanggung jawab untuk memberikan informasi yang terbaru dari komunitas tersebut dan kemudian membagikannya di sosial media
  • Menampung berbagai pertanyaan, curhatan, pengaduan dari pengikut komunitas tersebut dan jangan lupa berusaha untuk memberikan solusinya juga
  • Menerima tawaran kerjasama dari beberapa rekan kerja yang ingin bekerjasama dalam event-event dan kemudian mendiskusikannya bersama tim terkait
  • Menjalin komunikasi dengan para rekan kerja, follower komunitas tersebut dan jangan lupa untuk mempromosikan dan membangun brand dari komunitas tersebut di social media
Selain itu, aku juga mau share tips menjadi seorang admin sosial media. Apa aja yaa? Penasaran?
 
Profil komunitas
 
Jangan pernah lupa untuk mengenali profil dari komunitas yang kamu kelola social            medianya. Harus paham dengan visi misi dari komunitas tersebut, arahnya mau kemana. Ini dimaksudkan agar kamu bisa memposting konten di social media tersebut nggak berbeda jauh dengan visi misi dari komunitas tersebut
 
Apa nih produk dari komunitas tersebut?
 
Jika kamu menjadi seorang admin social media, kamu memang diharuskan untuk menguasai produk dari komunitas tersebut. Ini dikarenakan, komunitas tersebut tentu saja menginginkan berbagai macam strategi di social media dapat membuat mereka semakin dikenal, dan banyak yang datang bekerjasama.
 
Target Market Komunitas
 
Sebagai admin social media dari sebuah komunitas, kamu diharuskan mengetahui target pasar dari komunitas tersebut. Ini penting lho, karena kamu jadi bisa tahu dan paham cara menempatkan diri saat berkomunikasi dengan para follower di social media komunitas tersebut
 
Buat Sapaan Kece buat Followers
 
Nah, kalau ini bisa dijamin bikin mumet. Karena sebagai admin social media, kamu memang diminta untuk membuat sapaan kece dari para followers komunitas tersebut. Sapaan yang mana di tempat lain belum ada dan belum digunakan. Ini salah satu cara agar kamu lebih dekat dengan followers social media komunitas tersebut.
 
Dahulukan yang Lebih Prioritas
 
Sebagai seorang admin social media sebuah komunitas, kamu diharapkan untuk mendahulukan tugas dalam mengelola akun social media komunitas tersebut daripada akun social medianya sendiri. Jadi, kamu harus professional, jangan sampai komunitas yang sudah mempercayakan kamu menjadi admin social media mereka menjadi kecewa.

Mungkin beberapa tugas dan tips ini bisa ditambahkan jika memang masih kurang. Langsung komentar di kolom komentar aja yaa. Kalau ada yang pernah membuat postingan yang satu tema, boleh lho kalau mau share linknya di kolom komentar. Siapa tahu bisa aku masukkan ke tulisanku ini.

Tulisan ini dibuat karena aku ingin sharing.. Karena Sharing is Caring.

Jadi, kalau ada yang mau menjadikan aku sebagai Admin Social Media, dipersilahkan. Ditunggu ajakannya yaaa.
2 comments on "Menjadi Admin Social Media sebuah Komunitas"
  1. Halo Mba, terima kasih atas tips-nya, berguna tuh untuk kita yang masih belajar. :)

    Salam,
    InfoTentang.com

    ReplyDelete
  2. makasih sharingnya , jadi tahu

    ReplyDelete

Tulis komentarmu dengan bahasa yang sopan dan tinggalkan Nama/URL yaa, biar bisa langsung saya BW :)

Custom Post Signature

Custom Post  Signature