21 February 2024

Fenomena K-pop dan Pengaruhnya terhadap Musik Indonesia


Apakah disini ada yang sama seperti aku, menyukai musik-musik dari Korea Selatan? Apa yang membuat kalian menyukai musik K-Pop itu sendiri, apakah karena lagunya, musiknya atau karena yang menyanyikannya cakep, cantik atau apa nih? Kalau aku jujur saja, karena lagunya, musiknya enak didengar, dan dari K-Pop juga aku belajar sedikit-sedikit bahasa Korea, bersamaan dengan drama korea juga yaaa.

Mimpiku sampai saat ini masih sama, ingin pergi ke Korea Selatan. Ingin ketemu sama Song Kang, Jungkook, Lee Min Hoo, Park Hyung Sik, Park Seo Joon, Siwon (kyaaaa), sama siapa lagi yaa, kenapa mendadak jadi ngeblank gini yaaa. Ahh, sama cogan-cogan aku sih intinya. Hehe, saking banyaknya, sampai kelupaan sendiri.

Baca juga gengs Rabu Merindu yaaa

Buat aku, fenomena K-pop telah menjadi salah satu tren global yang mendominasi industri musik selama beberapa tahun terakhir. Dari boyband, girl group, female singer hingga male singer, K-pop telah merambah pasar internasional dengan kekuatan besar, dan dampaknya juga dirasakan di negeri kita tercinta, Indonesia. Dalam tulisan ini, kita akan menjelajahi pengaruh fenomena K-pop terhadap musik Indonesia.

Apa saja Pengaruh Fenomena K-pop terhadap Musik Indonesia?

Popularitas yang Meningkat

Salah satu dampak terbesar dari fenomena K-pop adalah peningkatan popularitas musik Korea di kalangan masyarakat Indonesia. Lagu-lagu K-pop sering diputar di stasiun radio lokal dan menjadi hits di tangga lagu Indonesia. Para penyanyi K-pop juga sering mengadakan konser di Indonesia yang selalu ramai pengunjung. By the way, aku belum pernah menonton langsung nih, kira-kira dekat-dekat ini ada yang mau konser lagi nggak ke Indonesia? Definisi suka dengerin lagunya, tapi jarang update tentang info konser, fan meeting, dan lain-lain.

Pengaruh Gaya dan Fashion

Selain musik, K-pop juga membawa pengaruh besar dalam hal gaya dan fashion. Penyanyi K-pop sering dikenal dengan penampilan yang modis dan trendi, yang kemudian menjadi inspirasi bagi anak muda Indonesia. Banyak dari mereka yang mengadopsi gaya berpakaian dan gaya rambut ala K-pop sebagai bagian dari gaya hidup mereka. Aku termasuk orang yang kadang terinspirasi untuk menggunakan gaya dari cara mereka berpakaian. Tapi, terkadang ketika diaplikasikan ke diriku, kok kurang cocok yaaa. Atau mungkin aku yang kurang PD kali yaaa.

Tren Dance Cover dan K-pop Dance Class

Fenomena K-pop juga memicu tren dance cover di kalangan remaja Indonesia. Banyak anak muda yang menyukai K-pop berusaha meniru gerakan tarian dari video musik K-pop favorit mereka dan membagikannya di media sosial. Selain itu, kelas dance K-pop juga semakin populer di Indonesia, di mana para penggemar dapat belajar gerakan tarian langsung dari instruktur yang berpengalaman.

Kolaborasi Antar Negara

K-pop juga membuka pintu untuk kolaborasi antara musisi Indonesia dan Korea. Banyak penyanyi Indonesia yang bekerja sama dengan artis K-pop untuk merilis lagu atau bahkan mengadakan konser bersama. Kolaborasi semacam ini tidak hanya memperluas pasar musik bagi kedua belah pihak, tetapi juga memperkuat hubungan budaya antara Indonesia dan Korea. Aku suka lhoo, ketika mendengarkan lagu dari musisi Indonesia, terus ngebayangin kalau dinyanyikan dalam bahasa Korea pasti okey nih, ehh nggak lama, ada yang cover lagu tersebut dalam bahasa Korea. Suka deh.

Penyiaran Program Musik Korea

Stasiun televisi di Indonesia juga mulai menayangkan program-program musik Korea seperti acara musik, realitas show, dan drama Korea. Hal ini membantu memperkenalkan lebih banyak artis K-pop kepada penonton Indonesia dan memperluas basis penggemar mereka di tanah air.

Fenomena K-pop telah mengubah lanskap musik global, termasuk di Indonesia. Pengaruhnya yang besar tidak hanya terbatas pada aspek musik, tetapi juga gaya, fashion, dan budaya populer. Dengan terus berkembangnya pasar musik internasional, kita dapat mengharapkan bahwa hubungan antara musik Indonesia dan K-pop akan terus berkembang dan menghasilkan kolaborasi yang lebih menarik di masa mendatang.

Kalau kamu, lagu atau oyband, girl groupfemale singer atau male singer mana nih yang kalian suka?
4 comments on "Fenomena K-pop dan Pengaruhnya terhadap Musik Indonesia"
  1. Sebagai szennies, aku juga seneng banget pas tau member NCT nge-cover lagu Indonesia. Tapi, tetep yaa.. mas-mas Suju yang paling banyak coverin lagu. Plus kemarin mas Wookie sempet tampil di Konsernya mbak Rossa... Uhuhuu~ ((monangiiss)) Indah sekaliii..

    ReplyDelete
  2. Walau pun suka banget ama drakor, tapi untuk Kpop aku masih miniiiiim mba 😅. Blm banyak yg bener2 cocok lagunya. Palingan cuma suka lagu2 lama dari Day6, NCT. Itu doang. Di spotify ku ada bbrp lagu Korea, tapiii biasanya OST dari drama2 yg aku tonton. Jadi memang bukan kpop juga. Kalo lagu OST drakor gitu aku banyaaak suka. Lebih masuk juga, mungkin karena ada dramanya sih yaa, jadi kalo denger lagunya langsung keinget lagi ama adegan favorit 😄

    ReplyDelete
  3. aku jarang dengerin kpop malah asri wkwkwk demenya nonton film atau drakornya. Tapi suka lagu-lagunya kok kalau lewat di beranda

    ReplyDelete
  4. Fashion nya kpop aduh, mini banget yak

    ReplyDelete

Tulis komentarmu dengan bahasa yang sopan dan tinggalkan Nama/URL yaa, biar bisa langsung saya BW :)

Custom Post Signature

Custom Post  Signature