21 February 2024

Lebih Mengenal Grass Media Group bareng Fani


Hola, teman-teman
 
Hari ke dua puluh satu di bulan Februari. Tahun ini adalah tahun kabisat dimana dalam satu bulan ini ada 29 hari. Ini terjadi setiap 4 tahun sekali lho, masya allah.
 
Seperti biasanya, rubrik Ngobrol Bareng hadir kembali minggu ini. Buat yang mau ikutan tampil di blog aku ini, boleh kontak aku via DM instagram atau via email yaaa. Biar banyak orang juga nanti yang kenal sama kamu.
 
Alhamdulillah, di hari ini, salah satu penerbit yang bekerja sama dengan toko buku online aku, bersedia meluangkan waktunya untuk bisa ngobrol langsung bareng aku disini. Masya allah, langsung sama pemilik dari penerbitnya lho. Ada yang punya koleksi atau pernah dan mau terbit bukunya di penerbit Grass Media? Yuk mari kita lebih mengenal Grass Media Group bareng Fani.
 
Hallo, kak Fani, apa kabar? Baru sibuk apa nih sekarang ini?
  
Alhamdulillah, kabar baik.
Untuk kesibukan di rumah aja sih karena sudah fokus buat urus Grass Media dan Lotus Publisher. 
 
Kak Fani, ijin yaa, sebelumnya, aku nanya-nanya tentang Grass Media Group. Siapa tahu nih ada yang tertarik buat nerbitin di Grass Media Group.
 
Silakan, boleh, Kak.
 
 Sebelumnya, kalau boleh, diperkenalkan dulu dong, kak Fani ini di Grass Media Group sebagai apa, dan awal mula Grass Media Group berdiri ini gimana sih, kak, ceritanya? Dan ada berapa tim sendiri, kak, di Grass Media Group ini?
 
Untuk jabatan saya di Grass Media Group tentunya sebagai Owner, ya. 
Grass Media sudah berdiri dari 5 tahun lalu, di tanggal 17 Agustus 2018. 
 
Untuk bagaimana berdirinya, ya semua karena memang ketemu jalannya. Ketemu dengan teman-teman yang hebat hingga bisa berdiri menjadi CV Grass Media. 
 
Awal mula, kita bukan membuat penerbit, melainkan thegrassmarketing, awalnya ada 6 tim, terus rombak dan melihat yang bekerja hanya 2, maka sisa 2 tim. 
 
Setelah marketing terbentuk, baru kita proses pembuatan CV dan terbentuklah Grass Media. 
 
Awalnya ada 2 tim, menyisakan 1 tim marketing saja, Nurul Huda Ifah Rahmantika. Bersama dengan almarhumah, Grass Media menjadi tumbuh hingga saat ini. Selain marketing, kita ada team frelance juga. 

Deep condolance untuk kak Nurul Huda Ifah Rahmantika. 
Untuk di Grass Media Group sendiri, ada berapa penerbit, kak Fani? Boleh diceritakan, perbedaan dari 2 penerbit tersebut, kak?
 
Ada Grass Media itu penerbit yang awalnya kami bentuk, jalur penerimaan naskah yang kita seleksi dan kita terbitkan secara gratis. 
 
Lalu, ada Lotus Publisher. Lotus adalah penerbit yang kami buat dikarenakan Grass Media tidak sanggup menampung bendungan naskah yang masuk karena terlalu banyak sampai daftar terbitnya menjadi 1 tahun ke depan. 
 
Lotus juga resmi, karena kita buat CV nya juga, Yaitu CV Lotus Publisher yang mana tertera di bawah CV Grass Media dalam dokumen resmi. 
 
Di dalam Lotus ada 2 produk, yaitu diterbitkan dengan seleksi naskah dan naskah yang masuk dengan sistem Self Publishing. Selain itu, untuk novel digital juga diambil oleh Lotus Publisher. 
 
 Menarik sekali ini, ada 2 penerbit di bawah Grass Media Group. Mari lanjut, kak. Untuk Grass Media sendiri, sampai saat ini sudah menerbitkan berapa buku, kak? Kemudian genre yang biasanya diterbitkan di Grass Media sendiri apa aja, kak? 
 
Untuk jumlah buku mungkin sudah hampir 200 judul, ya. Kemudian terkait genre, kita mengambil semua genre, tapi jika melihat perjalanan, Grass Media pasarnya lebih ke romance comedy.
 
 Untuk Lotus Publisher sendiri, kak, sampai saat ini sudah menerbitkan berapa buku, kak? Genre yang paling umum diterbitkan di Lotus Publisher sendiri apa saja, kak?
 
 Untuk Lotus mungkin masih 100 judul lebih. Untuk genre juga kita tidak ada batasan, ya. Terutama untuk Self Publish juga banyak genre nya, terakhir kita menerbitkan antologi puisi. 
 
 Ehm, ini yang paling sering ditanyakan sama teman-teman penulis nih, kak. Syarat dan ketentuan buat terbit di Grass Media Group itu gimana sih, kak? Di Grass Media sendiri, dan di Lotus Publisher juga.
 
 Untuk syarat dan ketentuan di pihak kami itu paling mudah sebenernya. Karena kita tidak ingin menyulitkan penulis. Jadi, untuk penulis yang berminat mendaftar di Grass Media atau Lotus, syaratnya mudah sekali. 
 
Silakan kirim inbox di wattpad grass_media dengan format : 
 
Nama :  
No Hp :
Akun Media Sosial (Wattpad dan username IG) : 
 Email : 
Link cerita yang akan kalian ajukan : 
 
Untuk penilian kita akan langsung cek naskah dan selling poinnya. Jika naskah kamu diambil, maka akan dihubungi langsung oleh tim. 
 
 Saat tim redaksi Grass Media Group mencari naskah, biasanya apa aja yang fokus paling utama untuk bisa diterbitkan di Grass Media Group? Apakah ceritanya, genrenya, followers penulisnya atau viewersnya gitu, kak? 
 
 Yang pertama akan kita lihat naskahnya, respon pembacanya, kemudian selling poin penulisnya. 
 
 Nah ini yang ditunggu-tunggu nih, kak. Kalau untuk rencana di tahun 2024 sendiri, rencana akan ada apa aja nih, kak? Ada event tahunan atau mungkin ada lomba menulis atau apa gitu, kak?
 
 Untuk 2024, kita sedang longgar, jadi yang mau kirim naskah bisa langsung aja inbox di wattpad Grass Media. 
 
 Sementara untuk proyek kita ada beberapa kerjasama di 2024. Jadi tunggu dan pantau kami, ya. 
 
 Untuk event menulis, sementara kita libur dulu. Setelah kemaren kita ada proyek GMG Branding Challenge 2023.
 
 Satu lagi yaa, kak, apakah ada pesan-pesan yang ingin tim Grass Media Group sampaikan kepada penulis maupun pembaca novel?
 
 Untuk penulis, Grass Media selalu berusaha menjadi penerbit yang terpercaya, dan kami bukan penerbit yang akan mempersulit penulis. Dari segi pendaftaran naskah, kami buat semudah mungkin. Jadi, silakan percayakan naskah kalian di penerbit Grass Media, ya. 
 
 Untuk pembaca, kami, Grass Media Group akan selalu mencoba yang terbaik dalam menerbitkan buku-buku sehingga bisa kalian nikmati di waktu luang, serta menjadi penyemangat kalian semua di waktu penat. 
 
Bagaimana dengan obrolan aku bareng owner Grass Media langsung, kak Fani? Buat kalian makin semangat nggak untuk bisa bertumbuh bersama menjadi penulis bareng sama Grass Media? Boleh langsung dicoba cara untuk pengiriman naskahnya yaaa.
 

Makasih banyak Grass Media, kak Fani, sudah bersedia aku ajakkin #NgobrolBareng di blog My Scrap Book. Sukses selalu untuk Grass Media Group (Penerbit Grass Media dan Lotus Publisher) yaaa. Aku masih menanti kerjasama kita selanjutnya setiap harinya, semoga semakin bisa berkembang dan maju bersama, semoga novel-novel Grass Media Group bisa tetap PO di toko buku online aku.

 

Untuk kenalan lebih lanjut dengan Grass Media Group, kalian bisa langsung kunjungi akun sosmed Grass Media Group yaaa.

 

Grass Media | Lotus Publisher | Wattpad

Be First to Post Comment !
Post a Comment

Tulis komentarmu dengan bahasa yang sopan dan tinggalkan Nama/URL yaa, biar bisa langsung saya BW :)

Custom Post Signature

Custom Post  Signature