03 February 2024

Pengalaman Menjadi Host Live Instagram, Penuh dengan Hal Seru dan Menarik



Hola, teman-teman

Disini adakah yang memiliki pengalaman yang berhubungan dengan sosial media, seperti instagram mungkin? Pernah ada yang mencoba menjadi host live instagram? Gimana sih rasanya?

Menjadi host live instagram bukan hanya sekedar menghidupkan kamera kemudian berbicara a b c d z, nope. Karena banyak pengalaman yang akan membawa seorang host tersebut ke dalam dunia yang seru dan penuh dengan tantangan, yang memungkinkan kita untuk berinteraksi secara langsung dengan followers atau pengikut kita di instagram, serta dapat memberikan moment yang tak terlupakan. Seperti apa sih pengalaman aku selama menjadi seorang host live instagram di toko buku online aku?


By the way, awal mula terjun ke dunia menjadi host live instagram ini, seingatku dulu belum pernah ada yang memulai di dunia per toko buku online-an. Baru aku mungkin atau ada beberapa host lainnya, aku mungkin yang kurang menjelajah, jadi mohon maaf aku kurang tahu. Baru setelah itu, banyak orang merasa hal ini menjadi salah satu alat untuk kita bisa berinteraksi secara langsung dengan pengikut kita di instagram. 

Okey, mari ikuti pengalaman aku ketika menjadi host live instagram yang buat aku menyenangkan, seru dan menarik


Menemukan Suasana yang Pas


Biasanya sebelum memulai siaran langsung, aku merasa penting banget untuk menciptakan suasana yang pas. Dimulai dari pemilihan latar belakang, pencahayaan yang baik, sinyal yang bagus, bintang tamu yang pastinya ditunggu oleh followers. Karena aku merasa, jika aku memberikan suasana yang penuh dengan kehangatan dan menyenangkan, this is what I think, and I hope they also think the same as me, dapat membuat penonton merasa lebih terhubung dan bisa membuat suasana live menjadi lebih hidup.


Interaksi Langsung dengan Pengikut


Hal yang aku sukai ketika aku menjadi host live instagram ini adalah kesempatanku untuk berinteraksi dengan pengikut. Sebagai host, dapat merespon setiap komentar, menjawab pertanyaan, memberikan sapaan, ngobrol dengan penonton sehingga dapat menciptakan bonding yang kuat. Jadinya, bisa memberikan salah satu pengalaman yang menarik juga, selain itu dapat membangun komunitas yang terjalin selama ini, menjadi lebih solid.


Membawa Konten yang Menarik


Karena ini adalah live instagram di toko buku online aku, alhasil konten yang aku berikan seputar dengan dunia literasi. Ada beberapa topik yang bisa dibahas melalui live instagram ini. Tapi, sebelumnya, aku sebagai seorang host perlu memahami dulu topik yang ingin aku bawakan, setidaknya mengenali dululah bahasan yang akan dibawakan melalui live instagram ini. 


Spontanitas yang Terencana


Sebenarnya hal ini jarang aku lakukan, tetapi terkadang aku melakukannya atas persetujuan kedua belah pihak, yaitu antara aku sebagai host dengan bintang tamuku. Dan ketika melakukan hal ini, suasana menjadi semakin seru, dan membuat siaran menjadi terasa lebih segar dan semakin hidup.


Kolaborasi yang Menggembirakan


Nah ini dia, biasanya aku mengajak atau diajak teman-teman penulis maupun penerbit untuk bisa berkolaborasi bersama. Biasanya kalau sedang ada promo, kami akan sekalian mempromosikan promo tersebut. Selain itu, dengan adanya kolaborasi dengan beberapa pihak, bisa membuat pengikut dapat ikut serta berinteraksi dengan aku maupun bintang tamu yang aku ajak kolaborasi.


Menerima Umpan Balik Secara Positif


Alhamdulillah, selama ini, aku mendapat respon yang positif dari para pengikut baik instagram toko buku online aku maupun instagram penulis dan penerbit. Hal ini menjadikan aku bahagia, karena hal kecil yang aku lakukan bisa membantu baik dari hal penjualan buku maupun followers jadi bisa lebih mengenal dan berinteraksi dengan penulis dan penerbit.


Menangani Tantangan dengan Senyum


Pernah nggak mengalami hal yang nggak mulus selama menjadi host live? Pernah banget. Entah sinyal yang tiba-tiba naik turun, ada panggilan mendadak ke handphone pribadi, ada zoom meeting pekerjaan, ada kucing aku yang ingin ikutan nongol (kalau ini sih dia memang ingin tampil sih, tapi suka malu-malu), atau ada panggilan dari orang tua, ponakan, adik saat sedang live. Dan aku menanganinya dengan senyum, semoga yang ikutan live instagram aku juga ikutan senyum yaaa, walaupun aku banyak gangguan kala sedang memandu.


So, menjadi seorang host live instagram bukan sekadar menyampaikan informasi saja, melainkan juga bagaimana menciptakan pengalaman yang seru, menghibur dan edukatif. Melibatkan pengikut, berkolaborasi dengan penulis dan penerbit, serta mengatasi tantangan yang hadir secara tiba-tiba, adalah kunci dari suksesnya siaran live instagram itu sendiri.


Just be yourself, enjoy the moment dan rasakan keseruannya bagaimana menjadi host live itu.

3 comments on "Pengalaman Menjadi Host Live Instagram, Penuh dengan Hal Seru dan Menarik"
  1. Keren kakaknya, aku mau presentase di depan atasan aja udah nggak karuan perut ku 😀😀😀

    ReplyDelete
  2. Wah, kalo aku live ig biasanya cuma putar playlist musik, trs kebanyakan diem. Ga sampe 5 menit udahan livenya. Keren, Kak Asri..

    ReplyDelete
  3. keren sih berani live!

    ReplyDelete

Tulis komentarmu dengan bahasa yang sopan dan tinggalkan Nama/URL yaa, biar bisa langsung saya BW :)

Custom Post Signature

Custom Post  Signature