03 February 2024

Karakter Mengesankan dalam Charlie and the Chocolate Factory


Hola teman-teman
 
Nggak terasa sudah memasuki bulan Februari. Udah ada rencana apa nih teman-teman di hari sabtu ini? Aku sudah banyak daftar kegiatan yang mau aku lakukan sih di hari sabtu ini, mungkin jika nanti aku tidak lelah karena kehabisan energi, aku mau ceritain di blog. 

But anyway, thank you yaaa yang udah berkenan mampir berkunjung ke blog aku, kemudian meninggalkan jejak komen di postingan-postingan aku. Terima kasih banyak, lemah teles gusti Allah ingkang bales. Aku nggak bisa kasih apa-apa selain doa semoga kalian semua sehat, barokah, diberi kelancaran. Aamiinn

Oh yaa, di hari Sabtu ini, aku juga punya rubrik baru bareng beberapa teman aku, my new friend, kita akan membahas mengenai movie. Wahhh, bahas apa saja nih kira-kira? Nggak sabar banget nih.

Baca juga Moviedate disini yaaa
Punya Ekata | Punya Vera | Punya Febi

Pernah ada yang nonton film Charlie and the Chocolate Factory nggak nih? Salah satu film favorit aku, karena disana karakter mas Johnny Deep beda banget sama waktu jadi bajak laut. Film ini sering aku tonton setiap kali tayang di televisi, dan sebelum ada OTT, aku pernah download (jangan ditiru karena ini ilegal yaaa), buat aku tonton setiap kali aku pingin nonton. Oh ya, by the way, film ini diambil dari sebuah buku karya Roald Dahl dengan judul yang sama yaa, ada yang sudah pernah baca bukunya?
 
Buat aku, Charlie and the Chocolate Factory menghadirkan sejumlah karakter yang nggak terlupakan buat aku. Masing-masing karakter dengan kepribadian yang khas, cerita yang menarik dan tentunya pesan yang ingin disampaikan melalui karakter tersebut. Karakter mana saja yaa kira-kira?

Willy Wonka

Nggak mungkin kan kalau kita membahas Charlie and the Chocolate Factory tanpa memulainya dengan sang pemilik pabrik coklat misterius, Willy Wonka. Wonka ini penuh dengan ide jenius yang eksentrik, di balik topinya yang aneh dan senyum misteriusnya, ada rahasia dalam hidupnya yang dia sembunyikan dari siapapun. Dan di setiap penampilannya dia membawa keajaiban dan tawa canda. 

Sebenarnya Wonka ini menurut aku yaa, mewakili dari seseorang yang kesepian tapi memiliki banyak ide jenius, dan ingin berteman namun bingung untuk memulainya. Di saat bertemu dengan seorang anak yang membawa hal berbeda dalam hidupnya, dia merasakan hal yang berbeda dalam hatinya, yaitu kehangatan cinta dan kasih sayang.

Charlie Bucket

Salah satu tokoh favorit aku yang sederhana namun baik hatinya. Meskipun hidup dalam kemiskinan, semangat dan keberaniannya membawanya ke dalam petualangan tak terlupakan di pabrik coklat. Kebaikan hatinya dan cintanya pada keluarganya, membuat dia berhasil mencuri hati bukan hanya penonton, termasuk aku, namun juga Willy Wonka. 

Buat aku, Charlie Bucket ini tipe yang suka membuat orang lain bahagia. Apapun akan dia lakukan walaupun hal itu mustahil untuk dia lakukan. Keluarga untuknya adalah segalanya.

Veruca Salt

Salah satu anak yang beruntung mendapat undangan untuk mengunjungi Pabrik Coklat Wonka. Hanya saja, dia terlampau manja dan apapun yang dia inginkan harus dipenuhi. Ambisinya melebihi batas banget. Misalkan dia melihat ada tupai pekerja di Pabrik Coklat Wonka, dia ingin membawanya pulang, namun yang terjadi adalah dia dianggap sebagai kacang yang jelek, sehingga dia ikut dibuang.

Buat aku, karakter ini mengingatkan kita agar ketika kita memiliki keinginan disertai dengan usaha, jangan hanya menuruti hawa nafsu saja. Jatuhnya malah tidak baik.

Augustus Gloop

Seorang anak dengan nafsu makan yang tak terkendali, bentar ngomongin soal makanan, aku jadi lapar. Enaknya hujan-hujan gini makan apa yaaa? Okey, kembali lagi. Karakter satu ini mampu membuat aku tersenyum, walaupun perilakunya menjengkelkan, namun kepolosannya serta ketidakmampuannya menahan diri di depan coklat, membuat kita sebagai penonton tidak mungkin untuk tidak bersimpati.

Buat aku, karakter satu ini mengingatkan aku dengan peribahasa Jawa, "Ojo aluamah". Arti aluamah sendiri adalah sebuah nafsu yang menimbulkan keinginan untuk makan dan minum secara berlebihan. Nah, si Augustus Gloop ini salah satunya. Kalau kata ibu dan ayahku, kalau makan jangan berlebihan, secukupnya saja.

Oompa Loompa

Karakter ini sangat iconic dalam cerita, apalagi lagu-lagu yang mereka bawakan sangat lucu dan menghibur ditambah dengan tarian yang energetik. Dulu ketika awal menonton film ini, aku dengan polosnya berpikiran kalau mereka ini terdiri dari banyak orang dengan wajah yang sama. Kehadiran mereka di dalam film ini selain untuk menghibur juga untuk memberikan pelajaran moral kepada para anak-anak yang melakukan kesalahan saat melakukan kunjungan ke dalam pabrik coklat Wonka.

Charlie and the Chocolate Factory tidak hanya menghadirkan kisah petualangan yang menghibur hati, melainkan juga memperkenalkan kita pada karakter-karakter yang bermacam-macam. Dari si pemilik pabrik Willy Wonka yang misterius hingga Oompa Loompa yang ceria namun penuh dengan hal magis.

Dari film ini, kita dapat belajar banyak tentang kebaikan, kesederhanaan hidup, cinta, kasih sayang, tidak melakukan hal-hal yang berlebihan dengan membawa akibat kurang baik dalam hidup sendiri serta pentingnya memperlakukan orang lain dengan baik.

Kalau kamu, pesan apa yang kamu dapatkan ketika menonton film Charlie and the Chocolate Factory?
1 comment on "Karakter Mengesankan dalam Charlie and the Chocolate Factory"
  1. Pesan moralnya cukup banyak ya kak, momen menariknya waktu pembukaan gerbang disambut dengan boneka

    ReplyDelete

Tulis komentarmu dengan bahasa yang sopan dan tinggalkan Nama/URL yaa, biar bisa langsung saya BW :)

Custom Post Signature

Custom Post  Signature