04 February 2024

Sandi's Style - Sirhayani

Judul Buku : Sandi’s Style
Penulis : Sirhayani
Penerbit : Grasindo
ISBN : 9786023759194

And the blurb..

“Lo tahu percepatan gravitasi bumi berapa? Sembilan koma delapan meter per sekon kuadrat. Dan gue butuh lebih dari angka itu di diri gue, supaya elo lebih tertarik ke gue.”

Namanya Sandi. Siswa SMA yang suka membuat kerusuhan bersama dengan enam teman akrabnya di sekolah. Dia benci mata pelajaran Biologi dan dia merupakan salah satu siswa yang mengikuti olimpiade Fisika. Arti namanya kode, tetapi kata orang dia tidak suka memberi kode.

Sandi terkenal konyol. Terkadang ia suka menggombali Safa—siswi olimpiade Biologi—dengan memakai istilahistilah yang berbau sains. Tidak ada tujuan khusus Sandi melakukan itu selain karena dia iseng. Tetapi keisengan itu ternyata berubah menjadi keseriusan, sejak Sandi mulai jatuh hati pada Safa.
  
Here we go..


Sandi’s Style bercerita tentang kehidupan seorang Sandi dan Safa di sekolah. Bagaimana Sandi dan Safa menjalani kehidupan mereka sebagai seorang siswa dan juga seorang anak. Sandi termasuk anak populer di sekolahnya dan sebagai anak populer, dia sering banget membuat ulah. Dari blos, godain guru, tawuran, ngisengin teman-temannya. Tapi, uniknya, meskipun Sandi sering membuat ulah, namun dia termasuk anak yang berprestasi di sekolahnya, karena dia salah satu anggota olimpiade Fisika. Kalau kata orang Jawa, sembodo. Alias dia walaupun nakal, tapi pintar.

Suatu hari, Sandi iseng bermain perahu kertas, akhirnya malah mempertemukan Sandi dengan Safa. Sandi senang, karena Safa adalah seseorang yang berhasil membuat Sandi jatuh cinta.

Banyak hal yang dilakukan oleh Sandi agar Safa menyukainya, dan hal-hal tersebut unik banget. Dan sandi berhasil membuat Safa tersipu akan gombalan yang dilakukannya. Uniknya lagi, gombalan Sandi menggunakan istilah fisika maupun kimia. Kok ada yaaa? Heran juga. Safa menjadi luluh dan membuat Safa menjadi terbiasa akan kehadiran Sandi di setiap harinya. Kalau sehari nggak bertemu, rindu melanda kalbu. Akan tetapi, disaat rasa nyaman yang Safa rasakan, masa lalu hadir dalam kehidupan Safa dan Sandi. Masa lalu Sandi membuat hubungan diantara mereka berdua merenggang. Kemudian kehadiran musuh bebuyutan Sandi makin membuat semuanya menjadi kacau.

Apa rahasia masa lalu Sandi? Bagaimana kisah Sandi dan Safa selanjutnya? Penasaran? Baca bukunya yuk.

Membaca novel ini benar-benar mengasyikkan. Bikin mengenang saat masa-masa SMA. Saat baru merasakan rasanya jatuh cinta kemudian rasa itu terbalaskan. Eh tapi SMP juga udah ada yang jatuh cinta-jatuh cintaan kok yaa. Benar-benar cukup menguras emosi banget. Nggak nyangka banget, ceritanya bikin aku baper abis, sukses bikin aku menahan segala emosi saat membaca ini pas acara begadang.

Aku suka dengan cara Sandi dalam melakukan pendekatan terhadap Safa. Unik dan patut dicontoh sama cowok-cowok sekarang nih. Daripada pakai gombalan yang udah banyak dilakukan sama yang lainnya lho. Tapi, please, jangan ngegombalin aku, cukup kasih aku makanan aja.

Penulisnya pun mampu membuat sifat tokoh utamanya bertanya-tanya. Sebenarnya sifat Sandi itu aslinya gimana sih. Bikin penasaran banget. Terlebih saat penulisnya mengajak pembaca untuk mengikuti keisengan, kenakalan Sandi kemudian bisa berubah menjadi sosok yang hobi ngegombalin Safa.

Penulis juga mengajak kita untuk belajar menjadi diri sendiri. Nggak perlu menjadi orang lain. Tunjukkanlah apa adanya diri kita sesungguhnya, tapi, juga harus mau mengambil resiko yang ada. Jangan kemudian, udah berulah negatif tapi kesehariannya juga negatif. Kalau bisa balance alias seimbang.

Aku suka banget dengan konflik yang diciptakan oleh penulis serta penyelesaiannya. Bagaimana kemudian masa lalu Sandi membuat hubungan antara Sandi dan Safa merenggang. Bagaimana kehadiran Gilang menjadikan keadaan semakin kacau,semakin rumit. Aku juga suka bagaimana cara penulis menuliskan interaksi antara Sandi dan Safa. Cara Safa tersipu malu-malu kemudian gaya gombalan Sandi yang benar-benar bikin mupeng. Terlebih saat penulis menghadirkan tokoh-tokoh lain. Tak hanya sebagai tempelan saja, tapi benar-benar mampu menghidupkan suasana.

Tapi, saat menjelang ending, benar-benar bikin aku penasaran akan akhir kisah mereka berdua. Sebenarnya agak hampir mendekati ekspektasiku sih. Tapi, emang harusnya begitu kali yaa. Penasaran sama bukunya? Dan kamu lagi mencari kisah cerita remaja yang bikin senyum-senyum sendiri? Kamu wajib dan harus baca novel ini. 
Be First to Post Comment !
Post a Comment

Tulis komentarmu dengan bahasa yang sopan dan tinggalkan Nama/URL yaa, biar bisa langsung saya BW :)

Custom Post Signature

Custom Post  Signature