20 April 2016

Matur Nuwun, BPJS Ketenagakerjaan | My Scrap Book


Holaaa...

Aku mau sharing boleh yaa, pengalamanku mengurus JHT alias Jaminan Hari Tua di Jamsostek. Udah ada yang punya pengalaman juga? Sharing yuk.

Berhubung, kontrakku dengan PT yang lama sudah selesai, dan berganti PT yang baru, aku disarankan oleh teman-teman untuk segera mengurus JHTku di Jamsostek atau BPJS Ketenagakerjaan. Awalnya, aku benar-benar males banget buat ngurus. Tapi, setelah dikasih tau, kalau nanti-nanti ngurusnya malah susah, karena harus nyari surat resign ke perusahaan lama, iya kalau perusahaan lama masih ada. Kalau nggak, kan berabe. 


Nah, setelah tanya kesana kemari, gimana caranya, berkas apa aja yang mesti dibawa, akhirnya memantapkan diri, hari ini, mengurus JHT di BPJS Ketenagakerjaan. Jadi, apa aja sih yang harus disiapkan buat mengurus JHT di BPJS Ketenagakerjaan :

1. Surat Keterangan Berhenti dari PT yang lama, diberikan 2 surat :
a. Surat kepada BPJS Ketenagakerjaan
b. Surat kepada Dinas Ketenagakerjaan (dilegalisir di Disnaker sesuai PT tersebut     terdaftar) 
2. KTP (Asli) beserta Fotocopynya
3. Kartu BPJS Ketenagakerjaan (Asli) beserta Fotocopynya
4. Buku Tabungan (Asli) beserta Fotocopy halaman pertama >> gunanya untuk nanti setelah dana JHT cair, dana tersebut akan ditransfer ke rekening kamu. 
5. Kartu keluarga (Asli) beserta Fotocopynya. 
6. Mengisi formulir dari BPJS Ketenagakerjaan (Formulir bisa diambil di BPJS Ketenagakerjaan terdekat). Jangan lupa siapkan materai Rp 6000,- yaa.

Cek ricek, berkas udah komplit semua kan, tinggal berangkat ke BPJS Ketenagakerjaan. Aku memilih untuk ke BPJSnya pagi, karena takutnya antriannya banyak. Dan, menujulah aku tadi pagi, jam 6.50 ke BPJS Ketenagakerjaan di Jl. Godean. Sampai sana, jam 7.10, masih awal yaa, belum banyak yang datang, apalagi petugasnya, belum pada datang. Lha, kan bukanya baru jam 08.00, aku aja yang kepagian.. Terlalu semangat sebenarnya.

Pas, udah giliran nomerku dipanggil, kebetulan dapat nomer antrian 1, dicek dong berkas-berkas yang kubawa. Tarrraaaa.. berkasnya masih ada yang kurang.. Hiks.. *nangis di pojokan*.. Berhubung kartu keluargaku masih yang lama, belum ada gambar garuda, alhasil disarankan untuk dilegalisasi dulu ke Kelurahan. Plus, surat pemberhentian kerjaku kurang 1, dari PT yang awal, untungnya masih 1 kantor dengan yang lama, sedikit mudah untuk minta suratnya. 

http://www.dukcapilpsp.com/wp-content/uploads/2014/12/KK-Depan.jpg
sumber

http://www.jakarta.go.id/jakv1/application/public/img/galleries/news/kkbelakang.jpg
sumber
Jam 8.30, keluar dari BPJS, langsung ke Kelurahan buat legalisir. Selesai, disarankan oleh kelurahan untuk ke Kecamatan, karena memang kalau legalisir sampai ke Kecamatan. Oke deh, lanjut. Sampai ke Kecamatan, ditanyain begini sama Bapak petugas Kecamatan, "Mbak, tolong, besok formulir ini dikasihkan ke Bapaknya ya. Buat ngurus KK yang baru, yang warnanya biru. Karena tempatnya mbak, masih yan warnanya pink, dan belum ada gambar Garuda." Nganggukkin kepala tanda paham, dan tak lupa ucapkan terima kasih. Kira-kira jam 9.30 selesai, langsung berangkat menuju ke kantor, untuk minta surat pemberhentian kerja 1 lagi. Alhamdulillah, prosesnya cepat. Terima kasih, Mbak, sudah dibantu.

Jam 10.00 berangkat ke BPJS Ketenagakerjaan kembali, tapi, sebelum itu, mampir dulu ke Radio Sonora, untuk mengantarkan berkas surat buat teman, agar bisa mengurus JHT juga seperti aku. Kenapa ke Radio Sonora? Karena temanku baru menemani atasannya siaran radio di Radio Sonora.

Alhamdulillah, jam 10.30 sampai juga di BPJS Ketenagakerjaan. Dan oleh bapak petugas disana, berhubung tadi aku udah datang kesana, nomer 1, disarankan langsung aja ke Ibu petugas yang di meja. Tapi, aku menolak. Aku meminta untuk diberikan nomer antrian saja, karena tidak enak apabila nantinya yang lain harus mengalah karena aku. Daripada nantinya diprotes. Yaa, setidaknya membudayakan diri sendiri buat tertib. 

Sekitar jam 11 selesai cek ricek berkas, alhamdulillah. Tinggal menunggu kurang lebih 1-2 minggu untuk pencairan dananya. Karena aku memilih transfer ke rekening, jadi, menunggu saja. Oh ya, diminta membayar juga disana, tapi aku lupa nanya untuk apa. Sepertinya untuk biaya administrasi bank apa ya. Lupa nanya. Mungkin ada yang tau?

Itu ceritaku hari ini saat mengurus JHT di BPJS Ketenagakerjaan. Kamu, apa cerita kamu hari ini?

14 comments on "Matur Nuwun, BPJS Ketenagakerjaan | My Scrap Book"
  1. Wah, terimakasih infonya yaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2, mbak tian..

      semoga informasi ini berguna dan bermanfaat ya..

      Delete
  2. makasih sharingnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 :)

      semoga informasi ini berguna dan bermanfaat yaa..

      Delete
  3. mbak.. kok bayar sih? untuk apa? berapa harus bayar, dan ke siapa bayarnya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo, mbak pipit..

      disitu saya sudah tuliskan apabila saya lupa bertanya bayarnya itu untuk apa. mohon maaf, apabila informasinya kurang akurat

      saya bayar 18.300, kurang tau apabila di tempat mbak pipit. langsung kepada petugasnya, dan dibayarkan menggunakan formulir bank yang akan disetorkan melalui bank tsb.

      semoga informasi ini bermanfaat untuk mbak yaa..

      mohon maaf, apabila kurang akurat informasi yang saya berikan. Dan mohob juga, apabila bertanya gunakanlah bahasa yang enak dibaca. terima kasih.

      Delete
  4. Kmrn suami ku baru urus, pertama via online pake e-klaim abis itu ntar diimelin apa kekurangannya, trus dtg ke kantor BPJS nya.
    Tiap kantor BPJS beda2, ada yg cair sehari, ada yg 3bulan an.
    Ga bayar sama sekali, cuma ya gitu, packleringnya harus di cap Dan legalisir disnaker -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tetap harus sabar intinya yaa, mbak, berarti :)

      makasih, mbak, atas sharingnya :))

      Delete
  5. Anonymous09:44

    sebulan yang lalu sempat cairin JHT juga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaa.. tabungan banyak nihh.. Alhamdulillah yaa..

      Gimana dengan prosesnya, cepatkah?

      Delete
  6. Asiiik...makan2 dong mbak asri hihihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi.. ayooo, makan2 di rumah masing2 :)

      Delete
  7. Suamiku samoe skrg ga ngerti gunanya bpjs ketenagakerjaan itu utk apa truspun kmrn cuma dikasih kuitansi tanda bayar aja. Kartu bpjs atau apapun yg menandakan dia punya bpjs ga ada -,-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Whattt? Seriusan, Ayi? Ditanyain atuh ke BPJSnya..

      Delete

Tulis komentarmu dengan bahasa yang sopan dan tinggalkan Nama/URL yaa, biar bisa langsung saya BW :)

Custom Post Signature

Custom Post  Signature