21 April 2016

One Day with Ika Mitayani | Ngobrol Bareng

 

Baca juga yaa..


Holaa..


Solo, kota yang dekat dari Jogja. Dan belum bisa mengexplore lebih jauh. Tapi, amat sangat bersyukur, bisa ketemu dengan teman yang tinggal di Solo.

Nah, kali ini My Scrap Book menghabiskan waktu sehari penuh bersama mbak Ika Mitayani atau biasa dipanggil mbak Mita. Ada yang sudah mengenal mbak Mita? Belum? Waa.. kalau begitu, tak kenal maka tak sayang. Buat yang belum kenal, semoga dengan ngobrol bareng ini bisa sedikit mengenal Mita yaa. 

Oke, simak yuk acara Ngobrol Bareng Mita..

Hallo, mbak, apa kabarnya nih? Waah, lagi sibuk apa nih sekarang? 

Halo, kabar baik. Alhamdulillah, sekarang sedang sibuk menulis buku berikut yang ditawari penerbit mayor impian dan ebook, ngeblog, dan dalam waktu dekat diberikan kepercayaan membuat workshop,media sosial, dan proyek lainnya. Gara-gara nyampaikan ide yang muncul mendadak. :). Dan sibuk ngurus anak-anak pakai tangan sendiri.

Ehm, mbak, maaf yaa, ganggu waktunya sebentar. Boleh nanya-nanya kan? Ehm, mbak, kalau boleh tau nih, profesi mbak saat ini apa yaa? Boleh diceritakan sedikit  mengenai profesi mbak saat ini?

Profesi saya ini bisa dikatakan memiliki benang merah seperti, menulis dan berbisnis. Membuat proyek, dll. Jadi saya kadang bingung kalau ditanya soal pekerjaan, karena biasa mengerjakan banyak hal. Mungkin clue yang bisa diambil adalah, penulis, blogger, pembuat blog, toko online, dan ebook, tutor, dan menerima pesanan penulisan artikel.

Pernahkah mbak merasakan kebosanan atau mati gaya saat menjalani profesi mbak yang nggak sedikit itu? Bagaimana cara mbak apabila kemudian tiba-tiba merasakan kebosanan yang teramat sangat?

Wah pernah tuh. Namanya mati gaya pasti ada, hanya kita harus menyiasatinya, kalau dibiarkan, yang rugi juga diri sendiri. Saya biasanya akan mengalihkan rutinitas dengan kegiatan lain dulu. Misal membaca, keluar jalan-jalan bareng anak dan suami, mendengar lagu, menonton drama korea, dan aktivitas lainnya yang disuka. 

Kalau boleh tau nih, kan selain mbak berprofesi sebagai penulis, pemilik olshop dan blogger, mbak juga berprofesi sebagai blogger. Gimana sih cara bagi waktunya antara kesibukan mbak sendiri dengan menulis blog?

Profesi penulis, tutor dan mentor ngeblog, bisnis  online. Saya biasanya membagi waktunya memang secara khusus ya, karena juga memiliki dua buah hati yang masih masa aktif, cenderung super aktif. Biasanya pagi jam 4 saya sudah bangun, mengerjakan orderan, dll. Menyiapkan keperluan anak untuk sekolah harus saya pastikan saat malam hari, jadi saat pagi, saya tinggal masak dan membuat minuman, mandikan, mengantar sekolah. Karena si kecil rencana sekolah Mei nanti, biasanya pulang dari mengantar sulung, saya kembali bekerja dan beberes, kalau masih ada yang belum selesai tadi pagi. Biasanya sebelum mengantar anak, saya pastikan sudah selesai. 
 
Saya akan kembali bekerja, apa saja yang sudah saya checklist, biar tidak meleset dan bisa selesai tepat waktu, atau sehari sebelumnya sudah saya email ke klien. Alhamdulillah untuk anak, semua sudah mengerti tentang pekerjaan ibunya, karena saya sering memberikan pengertian pada mereka, dan saat dapat honor akan mengajak mereka, dan bilang, nak ini lho honor ami pas ami kerja kemarin, yuk beli es krim, atau sejenisnya. Jadi mereka makin mengerti, oh ami kemarin kerja, ini lho ada hasilnya, tapi tidak selalu begitu. :)

Siang saya akan menjemput sulung, dan mengurus keduanya, termasuk makan siang, dll. Saat mereka bermain atau tidur, saya akan membuka laptop kembali. Kadang kalau tertidur biasanya cuma sepuluh menit saja sudah segar. Sore, saya memilih menemani anak bermain dan menonton kartun. Begitu juga malam hari saya menemani anak belajar, dan menyiapkan pekerjaan rumah dan untuk keesokan harinya. Kadang saat siang hari saya juga memberikan selembar soal singkat, agar anak bisa mengingat apa yang diajarkan di sekolahdan memeriksa tugas sekolahnya, untuk mengetahui perkembangannya. 

Saat jam sembilan malam dan anak tertidur dan keperluan keesokaannya sudah siap, saya kembali bekerja. Sederhana bukan? :)

Apa yang melatar belakangi mbak kemudian membuat blog? Kalau boleh tau, dalam sehari, seminggu, sebulan, bisa posting berapa banyak? Ada tantangan/kesulitan nggak, setiap kali mau memposting tulisan di blog?

 Saya sendiri sejak dulu pernah dibilang pengangguran karena suka keluyuran di jam kantor bareng anak. Soal kantor, saya juga pernah super sibuk lho, tidak hanya di dalam dan luar kantor. Kalau sekarang justru pekerjaan makin doble. Saat kerja, baru selesai ngurus anak, minta susu, baru buka laptop, anak minta jajanan, ya bikinin. Baru mau nempelin ke kursi, hampir aja, anak bungsu minta ke belakang, dll. Sayangnya, pandangan ibu yang ada di rumah seharian cukup mengganggu saya. Kalau gerah, saya akan menjelaskan sampai detil. Menurut mereka yang begitu, enak menjadi ibu di rumah, ga ngapa-ngapain, enak ya di rumah aja. Lho, di rumah aja, kok ga dikerjain yang itu. Halah, cuma di rumah aja, main kok harus bikin janji dulu. Atau,sok sibuk deh. Jujur itu yang paling mengganggu, saya selalu bilang secara detil apa yang saya kerjakan, atau bilang, coba kamu sehari sama aku. Keluarga inti seperti suami sih mendukng sekali kegiatanku. Selain itu tidak, bisa terlihat dari yang diceritakan selain aku. Sekarang ketika kelihatan banget hasilnya, ya ditunjukkan, mulai menaruh simpati. Yang jelas, impian untuk bekerja berdasar passion sudah aku wujudkan dan sudah terbukti. Jadi biarkan orang menilai. Tak masalah, orang lain menganggap biasa, tapi bagi sebagian orang lain, kita bermanfaat, istimewa dan dipandang mumpuni bahkan cerdas hingga ditawari aneka proyek. :) 

Keuntungan sebagai blogger, saya bisa berbagi apa yang saya tahu. Saya selau ingin berbagi banyak hal. Karena dalam pikiran saya, untuk materi saya belum begitu banyak, karena bagaimana pun membantu juga membutuhkan uang,maka saya ingin berbagi lewat tulisan, ketika saya diperhitungkan dan memiliki posisi tawar dan memiliki pengaruh, maka saya akan bisa menggerakkan banyak orang.

Melalui blog, saya memiliki portfolio, itu kenapa banyak yang menghubungi untuk kerjasama promosi, menulis, dll. Saya juga mendapatkan pendapatan lumayan setiap bulannya dari blog, mulai ebook, artikel, mentor, menulis, dll. Juga mendapatkan banyak persahabatan. Dulu awalnya saya online untuk jualan dan banyak mendapatkan persahabaran yang berasal dari pembeli yang puas dan kembali memesan.

Saya berharap kelak, bisa menggerakkan orang, dan bisa mewujudkan satu impian saya memiliki yayasan untuk anak penderita HIV AIDS keturunan yang terbuang dan terkucil dan anak yang dibuang. Tentu mereka membutuhkan banyak dana.
Apakah keluarga mbak selama ini mendukung dari sisi pekerjaan tetap mbak dan pekerjaan sampingan mbak sebagai blogger?

Selama ini suami adalah penyemangat saya nomor wahid. Dia yang dari dulu bilang, AMi ini jago menulis dan pemasaran, udah nulis aja. Apalagi basicku juga bidang itu dan dia melihat tulisanku yang tidak akyu tunjukkin saat pacaran. KEtahuan pas bongkar gudang hahahaha.....
Untuk mama, baru ini saja bisa mengerti dan mencoba memahami pilihan anaknya yang seringnya tak sama dan tak sejalan. Apalagi semakin banyaknya orang yang justru menganggap saya "istimewa" seperti diminta jadi mentor, dll. Mungkin beliayu berpikir, oh ternyata apa yang anaknya lakukan tidak sia-sia. AKu memang termasuk getol, pantang menyerah, kekeh, dan rela berdarah-darah demi untuk berhasil. Selalu percaya bahwa Tuhan tidak pernah tidur. Bahwa langkahku tinggal sejengkal lagi, dan semacam itu. Selain itu, aku tak mempedulikan. Apabila dipandang biasa karena pilihan yang saya pilih yang cukup menyimpang dan berlawanan arah, dibanding anggota yang lain, saya tak masalah. Kelak mereka akan melihat dengan sendirinya. Saya juga bukan tipe orang yang selalu berkoar ini lho yang saya hasilkan dll. :) Bagi saya kesuksesan tidak melulu dengan profesi yang pada umumnya ada, saya ingin mengikuti passion saya, karena hidup hanya sekali.
 
Ada tips dan trik nggak dari mbak dalam menuliskan sebuah tema di blog? Atau saat menulis blog?

Wah apa ya? Saya biasanya menulis sebuah artikel dari kumpulan ide. Saya terbiasa menangkap ide yang datang dan langsung nulis di buku atau kertas. Klise ya? Memang benar. Saya memiliki ratusan ide yang tertulis di kertas dan notes. Bahkan saat di belakang, menunggu anak, dll. Semua saya tulis. Saya bela-belain mengetik di ponsel atau menghafalnya sampai depan rumah kalau tidak membawa apa-apa. Sulit? Tidak. Itu hanya kebiasaan. Saran saya, kalau tiba-tiba muncul ide, tulis. Nanti lama kelamaan, Anda akan terbiasa dengan itu. Kemudian menulis dari ide itu, yang menurut Anda ingin ditulis. Tak perlu harus urut. Kadang juga menulis apa yang muncul dan langsung saya tulis. Tidak mesti. 

Sebenarnya kalau tema tertentu atau niche khusus, saya biasanya juga menentukan artikel yang harus sesuai. Misal blog tentang mama, tentu saya harus membuat artikel seputar aktivitas mama biasanya, yang masih berhubungan. Usahakan untuk memikirkan terlebih dahulu setelah artikel selesai, apakah sudah menarik pembaca, apakah akan bermanfaat, dan apakah akan membuat pembaca datang berkunjung kembali.



Usahakan menulis artikel blog yang bermanfaat, dan bersifat sehari-hari. Sehingga mudah ditemukan ketika orang mencari. Atau kalau tidak, bisa ikut kelas saya ya. 
 
Menurut mbak, blogger di era sekarang ini penting nggak sih? 

Sangat penting. Mengapa? Ibarat marketing dari mulut ke mulut. Orang lebih mencari pendapat seorang blogger untuk sebuah produk dan tip lainnya. Alasannya karena lebih aplikatif dan jujur. Dibanding dengan artikel produk itu sendiri, karena pasti lebih ke promosi kan? Bahasa blog yang lebih mengobrol cenderung lebih ngena pembaca, dan bisa dua arah karena ditanggapi pemilik blog, membuat pembaca mendapat ilmu baru yang tidak bisa ditemui dari tempat lain. Pengalaman itu mahal. Orang mencari manfaat, dan blogger memberikannya.


Apalagi untuk sebuah perusahaan atau usaha, blogger juga bisa menjadikan juru tombak promosi yang sangat efektif, karena lebih bisa bicara jujur, selain itu bisa menyumbang traffic dan bisa membantu memudahkan pencarian sebuah produk di internet. Itu kenapa, sekarang perusahaan dan usaha, sering membayar mahal “bantuan” seorang blogger.

Yang terakhir ya. Ada pesan nggak untuk para blogger yang memiliki pekerjaan pokok atau untuk para pemula yang masih baru berkecimpung di dunia perbloggeran?   

Saya berharap teman-teman bukan hanya memikirkan materi saja, tapi gairah dan kebahagiaan ketika artikel bermanfaat banyak orang. Karena ketika kita bahagia akan membuat kita semakin bersemangat menulis yang jauh lebih bermanfaat lagi. Jadi tetap memperhatikan konten yang ditulis, menggarap dengan lebih serius lagi.


Untuk blogger yang baru memulai ngeblog, yuk semangat ngeblog. Mulai rutin membiasakan diri menulis minimal dua kali dalam seminggu. Menulis yang bermanfaat mulai yang sehari-hari aja dulu. Misal pnya pengalaman mata merah sembuh karena daun sirih. Ceritakan saja di blog. Mulai dari awal sakit mata, hingga menemukan obat itu dari siapa, bagaimana cara menggunakan daun sirih, efeknya gimana, berapa lama, dll. Kita tak pernah tahu siapa yang akan membutuhkan infoitu. Atau cerita pengalaman membuat SIM, obat batuk untuk anak yang efektif, pembalut wanita yang terbukti anti bocor, dll. Justru info dan pengalaman semacam ini yang biasa dicari dan bersifat abadi.

Atau bisa membeli buku atau ikut kelas konten saya.
        *** 
Gimana hasil My Scrap Book ngobrol bareng Mbak Mita? Asyik kan? Seru banget kan? Jadi, tambah bikin nggak sabar buat segera meluncur ke blognya Mbak Mita buat baca postingan serunya. My Scrap Book udah lho, kamu?


Makasih banyak, Mbak Mita sudah bersedia meluangkan waktunya untuk ngobrol bareng di rumah My Scrap Book. Semoga dengan ini bisa menjadikan kita makin akrab dan silaturahmi tidak terputus yaa..
  

Untuk tampilan blog dari Mita adalah :
 
Asyikkk, kelar sudah ngobrol bareng My Scrap Book bersama dengan Mbak Mita. Don't go anywhere, tetap stay tune yaaa di blog My Scrap Book. Karena ada berbagai artikel menarik di sini.

Ngobrol bareng ini menjadi pilihan My Scrap Book untuk ikut meramaikan postingan di blog ini. Dimulai dengan Ngobrol bareng, dan jangan lupa baca Guest Post yang sudah bisa mulai kamu baca juga di blog ini. Semoga dengan adanya postingan ini bisa menambah pertemanan dan keakraban di antara teman-teman semua.
 ***
https://ton.twitter.com/i/ton/data/dm/720996349643108355/720996349659840512/YgZJaDnb.jpg:large


Seorang Blogger, ibu dua anak.Founder ikamitayani, vamithashop, penulisproduktif, mamakece, motivasikece, jualnovel, dan sukabacatulis. Pernah menjadi penyiar dan script writer, ketua tim kreatif, produser radio, jurnalis surat kabar dan majalah cetak dan online, pernah menjadi pemasar di sebuah majalah, pernah menjadi PR tim sukses walikota, pernah diminta untuk mendampingi pelayanan publik, pernah dinobatkan pembeli tentang service pembeli, pernah menulis artikel, pernah menyunting naskah, pernah aktif di berbagai organisasi bidang jurnalistik, pernah menjadi redaktur tabloid, manajer personalia,pimred, dll. Buku saya akan segera terbit 3 buku, yang bisa diperoleh melalui sukabacatulis.com. Bagi yang ingin memasang iklan untuk blog, review produk, membuat blog/toko online/ebook, jasa artikel, media sosial, dan jasa juga buku ( iklan ke seluruh sosmed jaringan dari IkaMitayani.com)



Anda bisa menghubungi melalui ikamitayani@gmail.com

Add pin 2755288C untuk tip yang saya bagi

Twitter: @IkaMitayani

Fanpage /IkaMitayaniCom

Instagram : @ikamitayaniblog

G+: +ikamitayani

Be First to Post Comment !
Post a Comment

Tulis komentarmu dengan bahasa yang sopan dan tinggalkan Nama/URL yaa, biar bisa langsung saya BW :)

Custom Post Signature

Custom Post  Signature