28 June 2016

Belajar Freelance sama Melati, yuk | Ngobrol Bareng

 

Holaaa..

Selasa! Yeay.. Tak terasa yaa seminggu lagi lebaran. Waktu terasa cepat berlalu. Kapan nikah? Duh, pertanyaannya..

Nah, kali ini My Scrap Book lagi mau Belajar Freelance nih sama Melati. Penasaran nggak? Penasaran kan, iya kan?

Oke, simak yuk, obrolan cantik sambil kita berdua yuk..
 
Hallo, mbak, apa kabarnya nih? Waah, lagi sibuk apa nih sekarang? 

Sekarang sedang sibuk ngurus tiga bocah niy (6, 4, dan 1 thn) nih. Lagi musim sakit T.T

Ehm, mbak, maaf yaa, ganggu waktunya sebentar. Boleh nanya-nanya kan? Ehm, mbak, kalau boleh tau nih, profesi mbak saat ini apa yaa? Boleh diceritakan sedikit  mengenai profesi mbak saat ini?

Kalau ditanya profesinya apa saya suka bingung, jadi saya jawab secara urut kronologis ya. Saya itu seorang freelance penerjemah, editor, dan freelance penulis alias ghostwriter. Kalau lagi tdk ada job yg disebut tadi, alhamdulillah dikasih orderan fancy cake dan cupcake. Kalau ga ada dua2nya, saya jd blogger dengan meramaikan isi blog di https://melatikoekieku.blogspot.co.id

Pernahkah mbak merasakan kebosanan atau mati gaya saat menjalani profesi mbak yang nggak sedikit itu? Bagaimana cara mbak apabila kemudian tiba-tiba merasakan kebosanan yang teramat sangat?

Bosan sih ga tapi malas iya hahaha ... Mungkin karena terlanjur capek dengan urusan rumah tangga kali ya. Namun biasanya kalau bersentuhan dengan fresh money yg cepat saya langsung termotivasi. Kalau ga, ya saya ingat-ingat saja status profil yang saya pajang di twitter, biar malu, biar termotivasi.

Kalau boleh tau nih, kan selain mbak berprofesi sebagai freelance, mbak juga berprofesi sebagai blogger. Gimana sih cara bagi waktunya antara kesibukan mbak sendiri dengan menulis blog? 
 
Semua pekerjaan saya sbg freelancer penerjemah, editor, penulis dan baker itu saya lakukan stlh anak2 tidur. Jika ada break, baru berangkat ke blog. Makanya dlm seminggu saya sudah punya 4 tema harian: RABUku, KAMYStory, JJS Jumat Jelang Siang, dan hoMYNGGU. Jadi otak saya sudah ada pola mau menulis tentang apa. Sifatnya tidak mengikat, jd belum rutin saya isi setiap minggu.
 
Apa yang melatar belakangi mbak kemudian membuat blog? Kalau boleh tau, dalam sehari, seminggu, sebulan, bisa posting berapa banyak? Ada tantangan/kesulitan nggak, setiap kali mau memposting tulisan di blog?

Saya sudah punya blog sejak sebelum menikah, tp rumahnya ganti2. Dasarnya memang suka menulis. Dulu di friendster, sisi blog saya isi puisi. Ketika di multiply lbh byk curhat dan kadang review buku yg diterbitkan di tempat saya bekerja dulu. Barulah ketika di https://melatikoekieku.blogspot.co.id saya lebih tertata. Terima kasih pd semua komunitas blogger. Saya banyak belajar dari mereka.

Setiap bulannya sejelek-jeleknya saya posting empat kali dalam sebulan. Saya bilang jelek karena saya sudah punya tema harian, jadi rasanya bersalah jika tidak rutin mengisinya. Kalau rutin, kan harusnya ada 16 posting tema harian dan belum termasuk lomba blog dan reportase acara blogger.
 
Bagaimana pandangan orang-orang di sekitar mbak, di lingkungan pekerjaan mbak dengan profesi mbak sebagai blogger? Apakah mereka mendukung atau malah ada yang mencibir? Apa keuntungan yang mbak dapatkan saat mbak kemudian memilih menjalani profesi sebagai blogger? 

 Oleh karena lingkungan saya lebih dekat ke penerbit dan saya juga sarjana ilmu budaya, profesi blogger ini lebih mudah dipahami dan dihargai oleh mereka ketimbang orang-orang di luar itu. Malah menjadi nilai tambah bagi pekerjaan saya sebagai freelancer. Orang bisa langsung melihat hasil kerja saya.

Sebagai ibu rumah tangga, saya merasa dgn menjadi blogger saya terpacu untuk mengambil the best of my life everyday. Karena kalau sekilas, pekerjaan kami ini membosankan, tp bisa jadi bahan penulisan, kalau mau berkreasi. Ajang jalan2 bareng anak2 adalah modus utk mengisi blog hehehe ... Begitu pula dgn belanja buku untuk anak dan sebagainya.

 Apakah keluarga mbak selama ini mendukung dari sisi pekerjaan tetap mbak dan pekerjaan sampingan mbak sebagai blogger?

Semua pekerjaan saya sampppingan, mba. Yang tetap cuma ibu rumah tangga. Jadi saya ga bisa jg serta merta pergi ke acara blogger kalau nasib anak2 ga jelas, entah karena sakit atau karena bapaknua rempong kalau ditiban tiga anak sekaligus atau kalau si bapak ada pekerjaan mendadak di akhir pekan. Maklum, saya pun tidak pakai ART. Jadi pada dasarnya mendukung, tapi ya itu, anak2 jelas posisinya hehehe ..

Ada tips dan trik nggak dari mbak dalam menuliskan sebuah tema di blog? Atau saat menulis blog?

Saya selalu teringat sesi pelatihan penulisan dengan Raditya Dika. Saat kami diminta menceritakan ide cerita dalam satu kalimat dan harus membuat orang lain tertarik. Itu yang saya ingat-ingat sebelum membuat tulisan agar tidak terjebak dengan ulasan membosankan. Membuat draft penting sebelum mempublish, kita harus baca lagi dan lagi dan harus merasa senang saat membacanya. Kalau tidak senang berarti ada yang tidak pas. Tersenyum adalah senjata saya untuk menulis hehehe ...

Menurut mbak, blogger di era sekarang ini penting nggak sih? 

Bagi saya seorang blogger memiliki fungsi dan manfaat yang tak bisa dipungkiri lagi, hampir semua urusan bisa di-google. Tapi soal ulasan, orang lebih byk percaya jika berasal dari konsumen ketimbang produsen. Walaupun si konsumen pun hasil titipan sponsor hehehe ... Dan seorang blogger selalu membawa image mandiri, mereka ga punya bos dan mereka punya visi misi sendiri, Walau mereka berbayar hehehe.

Yang terakhir ya. Ada pesan nggak untuk para blogger yang memiliki pekerjaan pokok atau untuk para pemula yang masih baru berkecimpung di dunia perbloggeran? 
 
Pesan bagi para pemula? Banyak2lah menulis. Biar tahu di mana salahnya, tahu di mana minat aslinya, dan kemudian tahu bagaimana mengembangkan tulisan menjadi sesuatu yg lebih besar ^^ saya pun masih belajar menuju ke sana. 


*** 
Gimana hasil My Scrap Book ngobrol bareng mbak Melati? Asyik kan? Seru banget kan? He.. he.. he.. Jadi, tambah bikin nggak sabar buat segera meluncur ke blognya mbak Melati buat baca postingan serunya. My Scrap Book udah lho, kamu?

Makasih banyak, mbak Melati, sudah bersedia mengobrol, berbagi ilmu bersama My Scrap Book. Semoga dengan ini bisa menjadikan kita makin akrab dan silaturahmi tidak terputus yaa.. 

Untuk tampilan blog dari Melati adalah :
 
 
Asyikkk, kelar sudah ngobrol bareng My Scrap Book bersama dengan mbak Melati. Don't go anywhere, tetap stay tune yaaa di blog My Scrap Book. Karena ada berbagai artikel menarik disini.

Ngobrol bareng ini menjadi pilihan My Scrap Book untuk ikut meramaikan postingan di blog ini. Dimulai dengan Ngobrol bareng, dan jangan lupa apabila kamu ingin ikutan di rubrik ini, bisa langsung send me an email yaa. Semoga dengan adanya postingan ini bisa menambah pertemanan dan keakraban di antara teman-teman semua.
 ***
https://scontent-sin1-1.xx.fbcdn.net/v/t1.0-9/1508974_10152722485909315_5287299614100570285_n.jpg?oh=5ad8f7df255ade49dfe9581442b4bd51&oe=57C4DF3B
diambil dari Facebook Melati
Ibu dengan 3 anak yang lucu. Selain menjadi seorang blogger, juga berprofesi sebagai freelance penerjemah, editor, dan freelance penulis alias ghostwriter. Dan terkadang menerima pesanan orderan fancy cake dan cupcake. 
 
Kamu bisa menemukan kesehariannya di Blog | Twitter
Be First to Post Comment !
Post a Comment

Tulis komentarmu dengan bahasa yang sopan dan tinggalkan Nama/URL yaa, biar bisa langsung saya BW :)

Custom Post Signature

Custom Post  Signature