30 July 2016

NongCan with Social Media Specialist, Puput | Ngobrol Bareng




Holaaa..

Weekend kali ini ada acara apakah kalian semua? Yang lagi dapat undangan nikahan pasti lagi bingung kan mau kasih kado apa. 




Nah, kali ini My Scrap Book lagi seneng banget. Kenapa? Karena bisa nongcan sama social media specialist, Puput Utami. Waa, kayak apa nih obrolan kita? Penasaran kan?

Oke, simak yuk, obrolan cantik sambil kita berdua yuk..


Hallo, mbak, apa kabarnya nih? Waah, lagi sibuk apa nih sekarang?

Hi mba Asri, alhamdulillah baik, sehat wal afiat. Alhamdulillah sekarang lagi sibuk bekerja, mengurus suami, blogging dan menunggu due date kelahiran anak pertama. Mohon doanya mbaak.


Ehm, mbak, maaf yaa, ganggu waktunya sebentar. Boleh nanya-nanya kan? Ehm, mbak, kalau boleh tau nih, profesi mbak saat ini apa yaa? Boleh diceritakan sedikit  mengenai profesi mbak saat ini?

Saat ini profesi ku alhamdulillah banyak ya mba hehe. Istri, mom-to-be insyaAllah, blogger dan social media specialist di salah satu perusahaan media online di Jakarta. Nah, mungkin ngebahas nya ke profesi sebagai social media specialist kali ya mba. Mudahnya, aku dibayar oleh perusahaan untuk main facebook, twitter, google+ dan all social media yang digunakan oleh perusahaan tempat aku bekerja sebagai perusahaan news online. Kerjaan ku ga jauh jauh dari ngetweet, update status, analisa socmed, strategi socmed dan hal hal lain yang berbau social media.


Pernahkah mbak merasakan kebosanan atau mati gaya saat menjalani profesi mbak yang nggak sedikit itu? Bagaimana cara mbak apabila kemudian tiba-tiba merasakan kebosanan yang teramat sangat?


Alhamdulillah karena mungkin aku suka sama bidang yang aku kerjakan jadi kata bosan cenderung gak ada ya mba. Kalau capek, iya. Kalau capek biasanya aku tinggal dulu pekerjaan aku dan browsing hal hal lain yang lebih "menyenangkan" atau ga, pelariannya ngeblog hehe. Kalau sebagai IRT, sekarang lagi semangat-semangatnya mba, maklum pengantin baru (mau setahun) hahaha. mudah mudahan terus semangat sampai akhir nanti.. aamiinn


Kalau boleh tau nih, kan selain mbak berprofesi sebagai social media specialist, mbak juga berprofesi sebagai blogger. Gimana sih cara bagi waktunya antara kesibukan mbak sendiri dengan menulis blog?


Untuk ngeblog aku usahain seminggu sekali untuk update. dan biasanya proses produksinya aku cicil selama satu minggu tersebut. Alhamdulillah bisa lah "nyempil" dikit di tengah kesibukan bekerja sebagai socmed specialist ini, karena basisnya kan sama sama online. Jadi tinggal buka tab browser, buka blog, buka socmed, sambil kerja sambil ngeblog. kadang sambil ngedit foto buat bahan di blog juga hehehe. Untuk publish artikel baru di blog biasanya aku jadwalin di weekend. Either sabtu atau minggu.

Apa yang melatar belakangi mbak kemudian membuat blog? Kalau boleh tau, dalam sehari, seminggu, sebulan, bisa posting berapa banyak? Ada tantangan/kesulitan nggak, setiap kali mau memposting tulisan di blog?

Awalnya karena aku hobi nulis diary sih dari kecil. Keterusan sampai diperkenalkan dengan medium blog. Waktu itu mulai aktif ngeblog karena di awal aku berhijab, aku merasa gak banyak yang namanya fashion blog berisi pakaian hijab yang wearable untuk usia SMA-kuliahan. Nah, terinspirasi dari fashion blog non hijab yang udah hype duluan seperti blog nya dianarikasari, akhirnya aku cobalah memosting foto fotoku dengan hijab dan ide-ide fashion hijab (mix and match). Intinya sih pengen menunjukkan bahwa hijab gak bikin kita kuno kok.. tetap bisa terlihat stylist dengan tetap berada dalam koridor islami. Ya.. kita sama-sama belajar lah.

Aku usahakan posting blog itu seminggu sekali. Berarti satu bulan empat kali posting hehe. Tantangannya, di ide sih. Kadang mulai stuck mau posting tentang apa. Yaa.. penyakitnya blogger lah mbak, writer's block gitu. Jadinya ga mood deh ngeblock. Cara mengatasinya dengan browsing, tukar pikiran dengan orang-orang di sekitar, keluarga dan karena sekarang sudah ada suami, jadi tukar pikirannya kebanyakan sama suami dan orang tua.

Bagaimana pandangan orang-orang di sekitar mbak, di lingkungan pekerjaan mbak dengan profesi mbak sebagai blogger? Apakah mereka mendukung atau malah ada yang mencibir? Apa keuntungan yang mbak dapatkan saat mbak kemudian memilih menjalani profesi sebagai blogger?

Alhamdulillah sejauh ini tanggapannya positif. Keuntungannya banyak, salah satunya menambah list lingkaran pertemanan dan memperpanjang tali silaturrahmi. hihi kadang suka aneh kalo ada orang yang negor dan tau banyak tentang kita. setelah ditelusuri ternyata mereka pembaca blog ku...walah hahahah suka ga nyadar kalau udah nulis ini itu di blog hehe.

 Apakah keluarga mbak selama ini mendukung dari sisi pekerjaan tetap mbak Puput dan pekerjaan sampingan mbak sebagai blogger?

Mendukung banget alhamdulillah. Tanpa dukungan mereka, gak mungkin lah aku bisa "eksis" #ecie sebagai blogger dan tetap bertahan sebagai social media specialist. Mereka bahkan banyak bantu aku dari sisi produksi postingan blogku. Karena kebanyakan blog ku berisi foto foto outfit of the day, jadi keluargaku sudah paham kalau kemana mana aku bawa kamera dan minta difotoin ootd hahaha.

Ada tips dan trik nggak dari mbak dalam menuliskan sebuah tema di blog? Atau saat menulis blog?


Menulis tema di blog itu kalau aku pribadi lebih mudah kalau aku mengaitkan dengan diri aku sendiri. Kesukaan aku, apa yang sedang aku alami, atau insight aku tentang sesuatu baik itu peristiwa atau pengalaman aku menggunakan suatu barang/ jasa. Jadi, karena dikaitkan dengan diri sendiri itu lah, terkadang tulisan kita mengalir dan dari hati.

 Menurut mbak, blogger di era sekarang ini penting nggak sih?

Blogger di era sekarang ini penting banget ya. Karena ternyata gak hanya sekedar nulis, ternyata suara blogger ini dianggap mewakili suara konsumen/ suara masyarakat akan sesuatu, entah itu untuk produk, jasa, dan sebagainya. Blogger juga sebagai penyampai informasi yang gak jarang bisa jadi happening di kalangan masyarakat. Malah suatu issue kadang menjadi besar/ terdengar awalnya bukan dari wartawan, tapi dari blogger. Di sisi lain, seiring berkembangnya dunia blogging ini, gak jarang suatu brand meminta feedback kepada blogger atas produk/ jasanya, oke atau engga nih produk/jasa mereka tersebut?

Yang terakhir ya. Ada pesan nggak untuk para blogger yang memiliki pekerjaan pokok atau untuk para pemula yang masih baru berkecimpung di dunia perbloggeran?

Untuk pemula yang masih baru berkecimpung di dunia blogger dan blogger yang punya pekerjaan pokok, pada intinya menjadi seorang blogger itu dibutuhkan komitmen. Jadi, selama kita komit dan tetap istiqamah blogging, insyaAllah blogging kita akan hidup terus. Bahkan bisa menghasilkan. Selain itu, terus menebarkan hal hal yang positif di dalam blog kita, karena blog kita secara tidak langsung adalah cerminan dari diri kita.


*** 
Gimana hasil My Scrap Book ngobrol bareng mbak Puput Utami? Asyik kan? Seru banget kan? He.. he.. he.. Jadi, tambah bikin nggak sabar buat segera meluncur ke blognya mbak Puput Utami buat baca postingan serunya. My Scrap Book udah lho, kamu?

Makasih banyak, mbak Puput Utami, sudah bersedia mengobrol, berbagi ilmu bersama My Scrap Book. Semoga dengan ini bisa menjadikan kita makin akrab dan silaturahmi tidak terputus yaa.. 

Untuk tampilan blog dari Puput Utami adalah :


Tentang Puput Utami :


Calon Ibu yang lagi menunggu kelahiran anak pertamanya ini adalah seorang social media specialist. Hobi menuliskan kegiatannya di blog.

Kamu bisa menemukan kesehariannya di : Blog | Twitter | Facebook | Fanpage


Be First to Post Comment !
Post a Comment

Tulis komentarmu dengan bahasa yang sopan dan tinggalkan Nama/URL yaa, biar bisa langsung saya BW :)

Custom Post Signature

Custom Post  Signature