12 July 2016

Si Blogger Buku yang Ramah, Ipeh Alena | Ngobrol Bareng


Holaaa..
 
Gimana dengan lebaran kalian? Senang dong bisa kumpul keluarga sembari liburan.. Ciee liburan..

Nah, kali ini My Scrap Book lagi mau ngobrol sama blogger buku yang ramah, Ipeh Alena. Penasaran kan?

Oke, simak yuk, obrolan cantik sambil kita berdua yuk..
 
Hallo, mbak, apa kabarnya nih? Waah, lagi sibuk apa nih sekarang?
 
Halo juga Mba Asri, kabar saya sehat walafiat, allhamdulillah. Semoga Mba Asri sehat juga ya. Masih sibuk nulis buat draft blog, nyari bahan yang bisa ditulis.

Ehm, mbak, maaf yaa, ganggu waktunya sebentar. Boleh nanya-nanya kan? Ehm, mbak, kalau boleh tau nih, profesi mbak saat ini apa yaa? Boleh diceritakan sedikit  mengenai profesi mbak saat ini?

Hehe, boleh..boleh...kalau bicara profesi, karena sekarang yang saya geluti yaitu dunia blogger. Otomatis profesi saya Blogger.
 
Pernahkah mbak merasakan kebosanan atau mati gaya saat menjalani profesi mbak yang nggak sedikit itu? Bagaimana cara mbak apabila kemudian tiba-tiba merasakan kebosanan yang teramat sangat?
 
Bosan? Ini dia nih. Saya itu tahu kalau saya bukan orang yang senang dengan rutinitas yang sama setiap hari. Tapi, kondisi saya justru membuat saya harus melalukan rutinitas yang sama, mau enggak mau, saya dihadapi sesuatu yang bisa membuat saya bosan setengah hidup. Nah, karena saya paham sama diri saya sendiri, kalau saya itu orangnya bosenan, jadi saya akali aja dengan mix waktu aktivitas saya.

Seperti kapan waktu untuk nyari ide, kapan menimba ilmu, kapan saya full day cuma gegoleran di atas kasur. Hehe, ini saya mix, jadi enggak teratur dan selalu itu-itu aja aktivitas sama di jam yang sama.

Kalau boleh tau nih, kan selain mbak berprofesi sebagai freelancer, mbak juga berprofesi sebagai blogger. Gimana sih cara bagi waktunya antara kesibukan mbak sendiri dengan menulis blog?
 
Yaitu tadi, bagi waktu aja. Kapan saya harus ketemu sama tetangga, kapan saya harus mengantri untuk belanja. Kapan saya jalan kaki untuk 'me time'. Sambil di mix aja, kaya nulis sambil ngopi. Itu kan huwow banget buat saya.

Apa yang melatar belakangi mbak kemudian membuat blog? Kalau boleh tau, dalam sehari, seminggu, sebulan, bisa posting berapa banyak? Ada tantangan/kesulitan nggak, setiap kali mau memposting tulisan di blog?


Karena saya suka nulis daripada ngomong. Meski saya cenderung bawel tingkat alaihimgambreng. Saya saat ini menargetkan untuk menulis seminggu 3 kali tulisan saya tayang di blog. Kesulitannya? Kalau saya mau menulis ulasan tentang film. Saya harus mengulang menonton film tersebut sebanyak 3 kali, it means membutuhkan waktu seharian hanya untuk dapat menulis ulasan yang sesuai apa yang saya mau. Jadi, lumayan menantang juga.

Bagaimana pandangan orang-orang di sekitar mbak, di lingkungan pekerjaan mbak dengan profesi mbak sebagai blogger? Apakah mereka mendukung atau malah ada yang mencibir? Apa keuntungan yang mbak dapatkan saat mbak kemudian memilih menjalani profesi sebagai blogger?
 

Allhamdulillah, meski keluarga besar banyak yang belum paham dengan profesi blogger. Tapi mereka sejauh ini mendukung aja. Keuntungan saya menjadi full time blogger, bisa bergabung di komunitas blogger. Karena saat pertama saya ngeblog tahun 2008 di platform mana aja, saya sulit sekali mendapat teman yang sejalan. Jadi, kaya merasa sendiri. Lah kalau sekarang kan beda, ada komunitas tersendiri yang membuat saya semakin semangat.

Apakah keluarga mbak selama ini mendukung dari sisi pekerjaan tetap mbak dan pekerjaan sampingan mbak sebagai blogger?
 

Selama saya bisa mengatur waktu dan PAHAM dengan prioritas mana yang harus saya dahulukan serta bertanggung jawab dengan segala resiko dari pilihan saya, mereka tidak masalah.

Ada tips dan trik nggak dari mbak dalam menuliskan sebuah tema di blog? Atau saat menulis blog?
 

Tema blog saya itu luas ya, cuma satu yang punya niche, yaitu blog buku. Kalau yang blog personal, kebetulan saya punya 3 hal yang membuat saya interest : Aplikasi di handphone, mengulas film dan mengabarkan update apa saja yang saya terima dari komunitas yang saya ikuti.
Jadi, 3 hal tersebut justru memberi kemudahan untuk saya dalam menulis dan menentukan ingin menulis apa.

Menurut mbak, blogger di era sekarang ini penting nggak sih?
 

Penting. Dan jangan tanya kenapa...mwehehehehe.

Yang terakhir ya. Ada pesan nggak untuk para blogger yang memiliki pekerjaan pokok atau untuk para pemula yang masih baru berkecimpung di dunia perbloggeran?

Saya sendiri masih pemula dan akan terus mencoba belajar. Buat yang sama seperti saya, sama-sama pemula, yuk menulis sesuatu yang kita sukai dan juga membuat orang lain suka. Karena, hiduplah untuk lebih banyak memberi bukan lebih banyak meminta.

*** 
Gimana hasil My Scrap Book ngobrol bareng mbak Ipeh? Asyik kan? Seru banget kan? He.. he.. he.. Jadi, tambah bikin nggak sabar buat segera meluncur ke blognya mbak Ipeh buat baca postingan serunya. My Scrap Book udah lho, kamu?

Makasih banyak, mbak Ipeh, sudah bersedia mengobrol, berbagi ilmu bersama My Scrap Book. Semoga dengan ini bisa menjadikan kita makin akrab dan silaturahmi tidak terputus yaa.. 

Untuk tampilan blog dari Ipeh adalah :
 

***
 
Tentang Ipeh Alena :
 
Kamu bisa menemukan kesehariannya di Twitter | Blog | Facebook
4 comments on "Si Blogger Buku yang Ramah, Ipeh Alena | Ngobrol Bareng"
  1. Aih keren mba Ipeh niy :) salam kenal mba Asri ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeay, mbak Ipeh emang keren..

      Salam kenal kembali mbak Herva :)

      Delete
  2. Duh, saya jadi terharu bisa tampil di sini. Terima kasih mba Asri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeay.. kembali kasih, mbak Ipeh. Glad to have your time ini this Ngobrol Bareng

      Delete

Tulis komentarmu dengan bahasa yang sopan dan tinggalkan Nama/URL yaa, biar bisa langsung saya BW :)

Custom Post Signature

Custom Post  Signature