04 October 2016

Baca Buku Asyik di Perpustakaan bareng Umi Kulsum





Holaaa..

Selamat hari Selasa, kawan-kawan blogger semua? Apa kabarnya di minggu pertama bulan Oktober? Nggak terasa yaa udah masuk bulan Oktober. Oh ya, selamat tahun baru hijriyah yaaa.

Nah, kali ini My Scrap Book lagi mau Baca Buku Asyik di Perpustakaan bareng Umi Kulsum. Penasaran?

Oke, simak yuk, obrolan cantik sambil kita berdua yuk..
  
Hallo, mbak, apa kabarnya nih? Waah, lagi sibuk apa nih sekarang?

Lagi sibuk sama pekerjaan perpustakaan yang gak habis-habis.. Hehehe.

Ehm, mbak, maaf yaa, ganggu waktunya sebentar. Boleh nanya-nanya kan? Ehm, mbak, kalau boleh tau nih, profesi mbak saat ini apa yaa? Boleh diceritakan sedikit  mengenai profesi mbak saat ini?

Saya Guru Bahasa Inggris, sekaligus Kepala Perpustakaan SMKN 1 Jombang, juga Owner/Direktur PAUD  (baby day care, pg dan tk) ABATA. Juga mengelola Taman Bacaan Monster Pintar, Ketua FLP Jombang dan Direktur PLASMA, LSM pembinaan pelajar di Jombang. Emak dari 4 anak. Guru ekskul menulis di SDIT Ar Ruhul Jadid, Jombang
  
Pernahkah mbak merasakan kebosanan atau mati gaya saat menjalani profesi mbak yang nggak sedikit itu? Bagaimana cara mbak apabila kemudian tiba-tiba merasakan kebosanan yang teramat sangat?

Nggak. Sebab bosan di satu tempat, selalu mendapat hiburan di tempat lain. Selalu ada cerita baru dan semangat baru dari berganti kegiatan, ketemu orang, atau mengalami kejadian apa pun.

Kalau boleh tau nih, kan selain mbak berprofesi sebagai ibu guru, mbak juga berprofesi sebagai blogger. Gimana sih cara bagi waktunya antara kesibukan mbak sendiri dengan menulis blog?

Tulis saja. Simpan ide di kepala, di catatan, berupa foto dll, lalu tulis kapan saja.

Apa yang melatar belakangi mbak kemudian membuat blog? Kalau boleh tau, dalam sehari, seminggu, sebulan, bisa posting berapa banyak? Ada tantangan/kesulitan nggak, setiap kali mau memposting tulisan di blog?

Berapa ya? Sesempatnya saja. Maunya sih tiap hari. Tapi oleh sebab karena saya orangnya perfeksionis dalam menulis, saya butuh waktu sekitar satu jam lebih untuk menulis. Saya merasa perlu ambil angle yang pas, gak asal cerita.

Bagaimana pandangan orang-orang di sekitar mbak, di lingkungan pekerjaan mbak Umi dengan profesi mbak sebagai blogger? Apakah mereka mendukung atau malah ada yang mencibir? Apa keuntungan yang mbak dapatkan saat mbak kemudian memilih menjalani profesi sebagai blogger?

Tergantung. Banyak yangmensupport, ada juga yang biasa saja, ada juga yang ..sirik. Hehehe. No problem. I write because I want to share my spirit. No matter what others think. Sebab saya yakin, lanaa ‘amalunaa, walakum ‘amalukum. Bagiku amalku, bagimu amalmu. Saya kejar apa yang bisa jadi amal saya. Itu saja.

Apakah keluarga mbak selama ini mendukung dari sisi pekerjaan tetap mbak Umi dan pekerjaan sampingan mbak sebagai blogger?

Sangat mendukung. Support banget. Suami apalagi. Anak-anak suka menunggu tulisan saya, dan senang membacanya. Walau kadang mereka bilang, aku gak mau ditulis disana ya! Hehehe.

Ada tips dan trik nggak dari mbak dalam menuliskan sebuah tema di blog? Atau saat menulis blog?

Tipsnya, menulislah dari hati. Renungkanlah sebelum menulis. Sebab yang kita tulis akan dipertanggungjawabkan. Jangan sampai tulisan kita menjadi musuh kelak di yaumil akhir.

Menurut mbak, blogger di era sekarang ini penting nggak sih?

Penting banget, para blogger itu penting banget. Spirit, motivasi, inspirasi, bisa disebar melalui blog.

Yang terakhir ya. Ada pesan nggak untuk para blogger yang memiliki pekerjaan pokok atau untuk para pemula yang masih baru berkecimpung di dunia perbloggeran?

Pesan saya: menulislah. Menulis di blog itu meninggalkan jejak, bagi anak-anak, cucu kita kelak. Semoga tulisan kita menjadi amal jariah yang akan mengalirkan pahala sepanjang masa.

*** 
Gimana hasil My Scrap Book ngobrol bareng mbak Umi? Asyik kan? Seru banget kan? He.. he.. he.. Jadi, tambah bikin nggak sabar buat segera meluncur ke blognya mbak Umi buat baca postingan serunya. My Scrap Book udah lho, kamu?

Makasih banyak, mbak Umi, sudah bersedia mengobrol, berbagi ilmu bersama My Scrap Book. Semoga dengan ini bisa menjadikan kita makin akrab dan silaturahmi tidak terputus yaa.. 

Untuk tampilan blog dari Umi adalah :


Asyikkk, kelar sudah ngobrol bareng My Scrap Book bersama dengan mbak Umi. Don't go anywhere, tetap stay tune yaaa di blog My Scrap Book. Karena ada berbagai artikel menarik disini.

Ngobrol bareng ini menjadi pilihan My Scrap Book untuk ikut meramaikan postingan di blog ini. Dimulai dengan Ngobrol bareng, dan jangan lupa apabila kamu ingin ikutan di rubrik ini, bisa langsung send me an email yaa. Semoga dengan adanya postingan ini bisa menambah pertemanan dan keakraban di antara teman-teman semua.
 ***
Tentang Umi :

Umi Kulsum yang lahir pada tanggal 24 September ini berprofesi sebagai seorang Guru Bahasa Inggris di SMKN 1 Jombang. Ibu dari 4 orang anak ini memiliki hobi menulis dan membaca.

Kamu bisa menemukan kesehariannya di Blog
7 comments on "Baca Buku Asyik di Perpustakaan bareng Umi Kulsum"
  1. Salam Kenal bu Umi.
    Saya baru kenal dan dengar seorang blogger dan juga pustakawati di SMKN 1 Jombang ini di sini. heeehee... Profesinya banyak banget. Tpi emang, kadang banyaknya profesi yg dimiki ada rasa bosen, tapi tetep bisa tergantikan bosennya dg kegiatan lainnya hhee


    Maaf mbak, untuk link ke ibu guru uminya, pending dibuka. *punten yak

    ReplyDelete
  2. Mbak Umi sibuk banget di bidang pendidikan dan masih sempat nge-blog. Hebat!

    ReplyDelete
  3. Menulislah dengan hati..karena tulisan kita akan dipertanggungjawabkan nanti..noted bgt

    ReplyDelete
  4. Menulislah dengan hati..karena tulisan kita akan dipertanggungjawabkan nanti..noted bgt

    ReplyDelete
  5. Waah profesi Mbak Umi Kulsum banyak juga ya...
    Salut dengan cara Mbak Umi memanajemen waktunya.

    ReplyDelete
  6. Baru tau mbak Umi nih.. ternyata ada blogger lain selain pakde cholik yg dari Jombang.. hehe

    ReplyDelete
  7. Baru tau mbak Umi nih.. ternyata ada blogger lain selain pakde cholik yg dari Jombang.. hehe

    ReplyDelete

Tulis komentarmu dengan bahasa yang sopan dan tinggalkan Nama/URL yaa, biar bisa langsung saya BW :)

Custom Post Signature

Custom Post  Signature