01 October 2016

Join Club Parenting bersama Eiyta Ardinasari



Holaaa..

Hari Sabtu, weekend, awal bulan Oktober. Yeay! Udah punya weekend list belum nih, kawan-kawan blogger semua?

Nah, kali ini My Scrap Book lagi mau Join Club Parenting bersama Eiyta Ardinasari nih. Penasaran nggak nih, kawan-kawan semua? Kira-kira kegiatannya apaan yaa?

Oke, simak yuk, obrolan cantik kita berdua yuk..
  
Hallo, mbak, apa kabarnya nih? Waah, lagi sibuk apa nih sekarang?

Nama saya Eiyta Ardinasari, kebetulan bekerja sebagai dokter di instansi pemerintah kabupaten di Kalimantan.
Saat ini selain pekerjaan sehari-hari tersebut, saya juga sedang terus mempromosikan kesehatan wanita dan anak melalui buku saya yang berjudul  Panduan lengkap bayi 1 Tahun Pertama, page klikbayi.com dan blog di www.eiyta.com, menyelesaikan beberapa pengerjaan buku, serta mendirikan club parenting bersama beberapa kawan.

Ehm, mbak, maaf yaa, ganggu waktunya sebentar. Boleh nanya-nanya kan? Ehm, mbak, kalau boleh tau nih, profesi mbak saat ini apa yaa? Boleh diceritakan sedikit  mengenai profesi mbak saat ini?

Pekerjaan tetap saya sih dokter. Selain dokter kantoran yang harus kekantor jam 7 pagi dan pulang jam 2 siang, saya memiliki beberapa kegiatan lain yang mengasyikkan.
Proyek buku Panduan Lengkap 1 Tahun saya kerjakan bersama seorang teman lama. Buku tersebut memberikan panduan praktis tentang perawatan, tumbuh kembang bayi dan membahas tentang problematika yang sering ditemukan pada bayi sejak lahir hingga berumur 1 tahun.

Banyak kegiatan yang saya lakukan dibantu dengan dukungan atau bekerja sama dengan orang lain, seperti misalnya club parenting kami, Karena tidak bisa dipungkiri, banyak hal besar yang dapat menjadi lebih besar lagi bila dikerjakan bersama.  Menurut pengalaman saya, bekerja sama dalam tim justru akan membuat kita lebih mudah maju. Jangan takut rugi untuk berbagi ide. Karena ide besar, membutuhkan keterlibatan banyak pihak untuk merealisasikannya.

Kesehatan anak dan wanita menarik minat saya, karena melalui para wanitalah generasi penerus yang sehat dan tangguh akan dilahirkan.

Wanita yang terdidik dan terpapar dengan informasi kesehatan yang baik dan benar, akan menularkan dan membawa ilmunya dalam keluarga dan anak-anaknya, sehingga dengan demikian, akan tercipta generasi berikut yang lebih sehat dan berdaya saing tinggi.

Club parenting yang kami dirikan juga bersinergi dengan tujuan awal saya, plus meningkatkan minat baca yang makin rendah di kalangan anak dan remaja serta memotivasi setiap anggota untuk mencintai lingkungan, dengan berbagai kegiatan yang menyenangkan.
  
Pernahkah mbak merasakan kebosanan atau mati gaya saat menjalani profesi mbak yang nggak sedikit itu? Bagaimana cara mbak apabila kemudian tiba-tiba merasakan kebosanan yang teramat sangat?

Kebosanan? Pasti adalah yaa..apalagi pekerjaan saya adalah pekerjaan yang rutinitasnya itu-itu saja..pagi kekantor, periksa pasien.. malam ke praktek ketemu pasien lagiii.. kok kayaknya ga ada habisnya yaa nii pasien hahaha..

Kalau jenuh sudah melanda, saya berkumpul dengan teman-teman dari club parenting, sekedar sharing segala hal, dari yang ringan hingga berbagi impian. Seringnya dari sekedar ngobrol, muncul banyak ide untuk mengembangkan atau melakukan hal baru, sehingga semangatpun akan terdongkrak lagi.

Dari obrolan itu juga, saya sering mendapat ide untuk menulis lagi, entah di blog, page atau proyek buku baru.

Naah..kalo lagi males keluar rumah, biasanya sih saya menghilangkan kebosanan dengan membaca. Bacaannya macem-macem..dari novel, majalah, komik, bukunya anak-anak, atau sekedar membaca timeline facebook, hehehe..

Kalau boleh tau nih, kan selain mbak berprofesi sebagai dokter, mbak juga berprofesi sebagai blogger. Gimana sih cara bagi waktunya antara kesibukan mbak sendiri dengan menulis blog?

Selain jadi dokter, saya juga blogger, walaupun masih pemula. Selain kesibukan kantor, kesibukan domestic juga menyita waktu saya, jadi  membagi waktu untuk menulis di blog memang harus diakali yaa..

Tapi karena sudah diniati untuk menjadikan blog saya sebagai tempat saya belajar menulis, membagi ilmu, dan wadah promosi kesehatan juga, jadi yaa harus tetap dipaksakan untuk terus menulis.

Karena saya membuka line konsultasi untuk klien buku saya, maka pertanyaan yang diajukan oleh para klien juga dapat menjadi ide untuk dituliskan di blog. Kadang menulisnya di waktu-waktu yang ajaib, saat tengah malam, dini hari, atau mencicilnya saat menunggu antrian pasien.

Apa yang melatar belakangi mbak kemudian membuat blog? Kalau boleh tau, dalam sehari, seminggu, sebulan, bisa posting berapa banyak? Ada tantangan/kesulitan nggak, setiap kali mau memposting tulisan di blog?

Dulunya blog saya berisi cerita keseharian seperti biasa, kesehatan, beragam tema yang diikutkan lomba blog, dan sejenisnya, hehehe..

Tapi seiring waktu, terutama sejak anak-anak lahir, kebanyakan diisi oleh cerita tentang tumbuh kembang mereka. Selanjutnya, terpikir kenapa tidak memberdayakan blog ini untuk postingan tentang kesehatan anak dan wanita saja, sekaligus membantu para ibu muda seperti saya (waktu  itu) yang bingung mencari informasi tentang perawatan bayi dan anak. Jadilah blog saya seperti penampakannya saat ini..

Walaupun dibuat agak resmi, namun untuk memposting blog ini menjadi tantangan tersendiri buat saya. Niatnya sih sesering mungkin yaa..tapi realisasinya setidaknya sebulan 3 atau 4x saja. Karena tulisan yang dibuat harus melalui penelitian dan referensi dari berbagai sumber. Kendalanya..tentu saja waktu dan tenaga..hahaha..

Bagaimana pandangan orang-orang di sekitar mbak, di lingkungan pekerjaan mbak Eiyta dengan profesi mbak sebagai blogger? Apakah mereka mendukung atau malah ada yang mencibir? Apa keuntungan yang mbak dapatkan saat mbak kemudian memilih menjalani profesi sebagai blogger?

Lingkungan sih banyak yang mendukung. Dan Alhamdulillah tidak ada yang mencibir, karena toh isinya bukan mengenai hal yang kontroversial.

Keuntungan yang saya dapatkan adalah kepuasan baik secara pribadi maupun professional. Bahwa mempromosikan kesehatan, mengajak masyarakat untuk menjaga dan memelihara kesehatan tidak harus dalam pakaian resmi dan dibelakang meja praktek, tapi bisa juga di balik layar laptop..

Apakah keluarga mbak selama ini mendukung dari sisi pekerjaan tetap mbak Eiyta dan pekerjaan sampingan mbak sebagai blogger?

Keluarga, mendukung banget, apalagi anak-anak, karena saat saya membuka laptop mereka juga meminta jatah membuka laptop..untuk menonton film, hahaha..

Ada tips dan trik nggak dari mbak dalam menuliskan sebuah tema di blog? Atau saat menulis blog?

Wah..kapasitas saya belum bisa memberikan tips dan trik ya, karena saya juga masih junior di dunia per-blog-an. Tapi sebenernya, ide bisa muncul  dimana saja dan kapan saja. Kalau saya, ide muncul saat menemui kasus penyakit tertentu di tempat bekerja atau dari pertanyaan yang dilontarkan klien buku saya melalui email, sms, WA, atau bbm. Dari 1 pertanyaan dapat dijadikan beberapa tema postingan yang berbeda.

Menurut mbak, blogger di era sekarang ini penting nggak sih?

Peran blogger di zaman serba IT seperti sekarang tentu saja sangat besar ya. Dari para blogger kita bisa belajar berbagai hal dan mendapatkan info tentang apa saja.
Hidup terasa semakin mudah dan dunia semakin indah dengan adanya blogger yang cerdas dan kreatif. Mereka mampu memberdayakan, mencerdaskan, dan mengubah pola pikir orang lain maupun dirinya sendiri hanya melalui blog dan menjadi blogger.
Yang terakhir ya. Ada pesan nggak untuk para blogger yang memiliki pekerjaan pokok atau untuk para pemula yang masih baru berkecimpung di dunia perbloggeran?

Naahh..justru saya yang seharusnya menerima wejangan dan petuah dari para senior tentang ini. Mengingat ketidakmampuan saya memanajemen waktu untuk posting blog secara konsisten. Jadi , mohon bimbingannya ya… *ketjuupp*

Untuk tampilan blog dari Eiyta adalah :
 

Asyikkk, kelar sudah ngobrol bareng My Scrap Book bersama dengan mbak Eiyta. Don't go anywhere, tetap stay tune yaaa di blog My Scrap Book. Karena ada berbagai artikel menarik disini.

Ngobrol bareng ini menjadi pilihan My Scrap Book untuk ikut meramaikan postingan di blog ini. Dimulai dengan Ngobrol bareng, dan jangan lupa apabila kamu ingin ikutan di rubrik ini, bisa langsung send me an email yaa. Semoga dengan adanya postingan ini bisa menambah pertemanan dan keakraban di antara teman-teman semua.
 ***
Tentang Eiyta :

Eiyta Ardinasari bekerja sebagai seorang dokter anak. Dan sudah menerbitkan bukunya yang berjudul Panduan Lengkap Bayi 1 Tahun Pertama.

Kamu bisa menemukan kesehariannya di Blog.
2 comments on "Join Club Parenting bersama Eiyta Ardinasari"
  1. Halo mbak Eiyta, salam kenal yak :D
    siap ngubek2 blognya yah mbak Eiyta ^_^

    ReplyDelete
  2. dokter tapi juga blogger..keceee badaaii

    ReplyDelete

Tulis komentarmu dengan bahasa yang sopan dan tinggalkan Nama/URL yaa, biar bisa langsung saya BW :)

Custom Post Signature

Custom Post  Signature