24 December 2023

Suka Duka Jualan Buku



Hola.. Halo..


Balik lagi sama aku, disini, di Cerita Asri. Apa kabar kalian semua? Aku harap kalian selalu jaga kesehatan yaaa, cuaca sedang tak menentu. Jangan lupa olahraga, minum vitamin dan minum air putih. Eh udah mulai libur sekolah yaa buat yang masih sekolah? 

Okey, aku mau cerita sedikit tentang kisahku berjualan buku. Awal dari aku berjualan buku adalah karena tentu saja aku suka membaca buku, biasanya aku membaca novel-novel, komik, dan lain-lain. Apalagi dulu aku pernah menjadi reviewer buku, alhasil dari situ tercetuslah ide untuk jualan buku. 

Awal mendirikan usaha jualan buku ini gampang-gampang susah. Susah cari pasarnya, karena sudah ada beberapa toko buku online yang berdiri terlebih dahulu. Eh sebelum lanjut, aku kasih nama toko buku online aku ini Bookishtorage. Kenapa? Karena apa yaa, intinya ini tuh surganya pecinta buku aja deh gitu. Berharapnya semoga tidak hanya toko buku online saja, tapi akan menjadi toko buku offline juga. Walaupun kecil, tapi memberi manfaat buat banyak orang. 


Kemudian toko buku online aku sempat stop beroperasi karena saat itu aku lagi hectic-hecticnya ngereview buku, alhasil terbengkalai. Setelah nggak ngereview buku, aku telatenin aja sampai sekarang.


Nggak gampang lho, sempat jatuh bangun. Bisa ngejual 1 buku aja udah seneng banget. Belum ngeh saat itu kalau harus ngehitung margin buku dapat berapa dikurangi ongkir ke alamat aku, ehm, kok diitung-itung nggak balik modal yaaa.


Tapi, akhirnya karena aku juga kerja dan mengampu satu wadah untuk UMKM, jadinya berkenalan dengan para pakar UMKM, diajarinlah cara menghitung HPP segala macamnya. Jangan sampai uang pribadi tercampur dengan uang jualan. Banyak banget ternyata kenal dengan pakar UMKM, diajarin banyak hal sampai sekarang lho.


Akhirnya saat kak Alnira ngeluarin karya baru, berjudul The Purpose Of Life, aku yang menghandle, dan alhamdulillah, banyak banget orderannya, aku sampai gemetar banget saat itu. Kemudian berlanjut dengan 3 novel yang tercipta dari ide aku, kapan-kapan aku ceritakan yaaa, Geronimo (Indah Hanaco) - Beta Testing (Mooseboo) - Algoritme Rasa (Pradnya P) , target awalku hanya sekian buku, ternyata, alhamdulillah melebihi ekspektasi. Masya allah, alhamdulillah.


Berlanjut ke novel berjudul Dosbim dan Himpunan, antusiasmenya karena memakai RP alias role player penyanyi KPOP dari group NCT kalau tidak salah, banyak banget sampai waktu packing gemetar saking banyaknya.


Alhamdulillah, toko buku online yang kuberi nama Bookishtorage ini berjalan hingga saat ini. Even banyak banget halangan, rintangan maupun jatuh bangunnya tapi alhamdulillah aku jadi bisa kenal banyak penerbit dan penulis. Kenal dengan banyak pembeli dari Indonesia maupun Luar Negeri. 

Oh yaa, banyak juga yang nanyain, kenapa sih, Bookishtorage ini jarang banget posting di marketplace. As you know yaaa, teman-teman, margin dari jualan buku itu gak sebesar yang dibayangkan, karena dari margin itu masih dikurangi ongkos kirim dari gudang penerbit ke tempat kita, masih dikurangi untuk packing juga, jadi kalau pun masuk ke marketplace, harganya pun dinaikkan karena biaya admin di marketplace bikin nangis.

Nah, buat kalian yang mau belanja buku, atau mau kerjasama sama toko buku online aku, boleh banget yaaa. Ada beberapa paket kerjasama yang Bookishtorage tawarkan lhooo. Apa aja itu, langsung boleh kontak Bookishtorage yaaa. 

Be First to Post Comment !
Post a Comment

Tulis komentarmu dengan bahasa yang sopan dan tinggalkan Nama/URL yaa, biar bisa langsung saya BW :)

Custom Post Signature

Custom Post  Signature