24 January 2024

Apa MBTImu? Mengenal Diri Lewat Kepribadian dengan MBTI


Hola, teman-teman

Pernah nggak sih kalian bertanya-tanya mengenai gimana sih kepribadian kalian sebenarnya? Apakah kamu tipe yang pemikir dan suka merencanakan segala sesuatunya dengan baik, atau lebih cenderung ke sosial dan energik? Kalau kalian sering bertanya-tanya, aku pun juga.

Dari segala macam pertanyaan kalian mengenai apa tipe kepribadian kalian bisa kalian temukan melalu sebuah alat pengukur yang populer, sebenarnya aku baru tahu populer setahun atau dua tahun belakangan ini sih, yaitu MBTI (Myers Briggs Type Indicator).

Baca juga punya kak Bea dan kak Ning yaaa

Apa sih itu MBTI?

Merupakan sebuah alat untuk dapat mengukur kepribadian kita dan alat ini dikembangkan oleh Katharine Cook Briggs dan putrinya, Isabel Briggs Myers, tentu saja berdasarkan teori dari Carl Gustav Jung, dan dibagi menjadi empat pilar utama, yaitu antara lain:

Extraversion (E) atau Introversion (I) yaitu seberapa banyak energi yang bisa kamu ambil dari melakukan interaksi sosial?

Sensing (S) atau Intuition (N) yaitu bagaimana caranya kamu mengumpulkan berbagai macam informasi?

Thinking (T) atau Feeling (F) yaitu gimana sih caranya kamu membuat sebuah keputusan dalam hidupmu?

Judging (J) atau Perceiving (P) yaitu gimana caranya kamu merencanakan serta mengelola hidup kamu?

Nah, dari kombinasi empat pilar ini bisa menghasilkan satu dari enam belas tipe kepribadian MBTI yang berbeda-beda. Wow, banyak sekali yaa tipe kepribadian MBTI itu, daebak!

Lalu, penting nggak sih mengetahui tipe kepribadian itu sendiri?

Untuk sebagian orang, penting yaa, namun ada juga menurut beberapa orang nggak penting, 'buat apa juga gitu'. Tapi, ada baiknya sih, kita mengetahui tipe kepribadian kita itu seperti apa. Karena dengan MBTI ini sendiri bisa lebih membantu kamu untuk memahami diri kamu sendiri, including kelemahan maupun kelebihan kamu. Selain itu, dengan mengetahui tipe kepribadian teman, keluarga, atau rekan kerja sangat penting untuk kita, agar dapat meningkatkan kemampuan komunikasi kita juga, bagaimana caranya kita berkomunikasi dengan mereka. 

Gimana sih caranya bisa mengetahui apa MBTI aku atau kamu?

Banyak banget beberapa situs online yang menawarkan tes MBTI secara gratis. Kamu bisa menjawab berbagai macam pertanyaan untuk bisa memberikan bagaimana sih tipe kepribadian kamu sebenarnya. Lalu, nanti setelah kamu bisa mengetahui apa tipe kepribadian kamu, kamu dapat lebih mengeksplorasi lebih mendalam tentang diri kamu sendiri.

Apa saja jenis-jenis tipe kepribadian MBTI?

Ada beberapa jenis tipe kepribadian MBTI itu sendiri.  Apa saja sih?

INTJ - The Architect : penuh dengan strategi, memiliki kemampuan analitis yang baik serta memiliki wawasan yang mendalam

ENFP - The Champion : tipe yang penuh dengan ide kreatif, energetik dan tentu saja penuh semangat

ISTP - The Craftsman : tipe ini merupakan tipe yang praktis, tegas dan juga pandai menggunakan berbagai macam alat

ESFJ - The Provider : tipe yang senang dan peduli sekali membantu orang lain

Dan tentunya masih banyak lagi tipe-tipe yang lain. 

Kalau aku, apa tipe MBTI-ku?

Dua kali aku melakukan tes MBTI, aku mendapatkan dua hasil yang berbeda. Dan aku bingung sendiri, aku tuh tipe kepribadian yang seperti apa sih. Sebelum menulis ini, aku mencoba melakukan tes kembali, dan hasilnya adalah aku seorang kapiten, eh salah ini dia hasilnya
INTJ (The Scientist).

Kalau kamu, apa MBTI-mu?
2 comments on "Apa MBTImu? Mengenal Diri Lewat Kepribadian dengan MBTI"
  1. Toss untuk project pertama kita

    ReplyDelete
  2. Aku ISTJ mba, the logistic๐Ÿ˜. Dan memang udah sesuai, ama karakter ku banget.

    Walopun terkadang bingung juga untuk apa gunanya ini, tapi kalo menurut teman , bisa aja jadi patokan para HRD untuk menentukan posisi sesuai dari staff yg mereka rekrut ๐Ÿ˜„.

    Kalo suamiku lupa persisnya, tapi yg pasti awalannya E, krn dia memang ekstrovert luar biasa ๐Ÿ˜„

    ReplyDelete

Tulis komentarmu dengan bahasa yang sopan dan tinggalkan Nama/URL yaa, biar bisa langsung saya BW :)

Custom Post Signature

Custom Post  Signature