28 January 2024

P.S. I Still Love You - Jenny Han


Judul : P.S. I Still Love You
Penulis : Jenny Han
Penerbit : Spring
ISBN : 978-602-71505-3-9

And the blurb..

Lara Jean tidak mengira akan benar – benar jatuh cinta pada Peter.

Dia dan Peter tadinya hanya berpura – pura. Tapi tiba – tiba saja mereka tidak lagi pura – pura. Sekarang, Lara Jean tambah bingung dengan perasaannya dan juga dengan situasi yang dia hadapi.

Saat seorang pemuda dari masa lalunya tiba – tiba kembali ke dalam kehidupannya, percikan yang pernah dia rasakan pun kembali. Bisakah seorang gadis jatuh cinta pada dua pemuda sekaligus?

Buku ini adalah sekuel dari To All the Boys I’ve Loved Before, tempat kita bisa merasakan cinta pertama lewat Lara Jean.

Cinta tidak pernah mudah, tapi mungkin itulah yang membuatnya luar biasa.
 

Here we go..


Kurasa kau tidak bisa terus mencengkeram masa lalu hanya supaya ada sesuatu untuk dipegang

P.S. I Still Love You ini menceritakan tentang lanjutan kehidupan seorang Lara Jean. Novel ini menceritakan perasaan Lara Jean kepada Peter. Apakah Lara benar-benar merasakan cinta kepada Peter atau hanya perasaan sesaat saja. Karena memang awalnya Lara Jean dan Peter hanya berpura-pura bahwa mereka berpacaran. Lara galau, benar-benar menggalau. Nggak tahu harus bagaimana, apalagi saat itu teman masa lalu Lara datang. Dia bernama John. Ternyata oh ternyata John ini merupaka orang yang juga menerima surat dari Lara. Padahal Lara udah nggak ada harapan lho saat mengirimkan surat tersebut, apakah surat tersebut akan dibalas atau tidak sama John. Hingga akhirnya Lara dan John berbalas surat. Sampai pada satu hari, John hadir di hadapan Lara. Hal itu membuat Lara teringat akan masa lalu.

Saat kemudian permasalahan dengan sahabatnya sendiri mulai datang menghampiri Lara. Hubungannya dengan para sahabatnya tak lagi sama. Terlebih lagi, permasalahan antara Lara dan Genevieve terasa banget disini.

Cinta bisa pergi atau orang - orang bisa pergi, bahkan tanpa bermaksud untuk pergi. Tidak ada yang dijamin tidak akan berubah

Membaca kisah ini, bikin kagum sama penulisnya yang bisa merangkai setiap alur kejadian dengan matang. Perkenalan-perkenalan tokoh di dalam novel ini membuat aku benar-benar gemes sekaligus tegang, bikin dag dig dug dan tiba-tiba butuh nafas buatan. Walaupun jujur aku belum membaca buku yang pertama dan hanya membaca review dari teman-teman book reviewer selama ini, setidaknya itu bisa membuat aku mengenali masing-masing tokohnya dan ceritanya.

Favoritku disini adalah Peter. Pasti guantengggg deh. Peter ini pacar pura-puranya Lara. Dan dia agak bad boy memang, tapi itu bikin dia keren banget. Selain Peter, aku juga suka sama yang namanya John. Pokoknya begitu ada cowok ganteng, udah deh, agak ijo gitu matanya. Bahaya deh. John ini juga ganteng dan dewasa.

Novel ini menggunakan sudut pandang dari orang pertama. Dan aku suka dengan cara penulis menceritakan kisah di buku kedua ini. Seperti terasa nyata dan kayak ngalamin sendiri kisah ini. Eh pernah sih aku galau gitu karena cowok, tapi udah lama sih. Jadi lupa deh gimana rasanya. Setidaknya di novel ini aku seperti mendapat gambaran bagaimana wajah-wajah para tokohnya masing-masing.

Aku suka dengan bagaimana cara penulis membagi antara kisah masa lalu dan masa sekarang, sangat pas. Sesuai porsi masing-masing. Nggak terlalu berlebihan. Saling melengkapi satu sama lain. Ada beberapa adegan yang bikin aku mengharu biru, galau, baper, menahan napas, tegang, gemas, rasanya pingin nyubitin. Tapi, beneran, semua rasa melebur jadi satu disini.

Aku suka bagaimana penulis mengeksekusi ceritanya di bagian akhir. Agak susah sih awalnya buat aku menebak endingnya, namun tebakanku ternyata nggak salah.  Kemudian eksekusi konfliknya pun luar biasa bikin aku dag dig dug. Baper bangettt. Penasaran sama kelanjutannya. Pingin baca kelanjutannya. Penasaran akuttttt.

Overall, jika kamu mencari kisah yang komplit banget, aku sarankan kamu untuk membaca P.S. I Still Love You. Recomended banget. Ceritanya seru bangettt, aku jatuh cinta sama cerita ini.

Cowok akan selalu jadi cowok, tapi cewek harus selalu berhati - hati ---tentang tubuh kami, tentang masa depan kami, tentang cara orang lain menilai kami
2 comments on "P.S. I Still Love You - Jenny Han"
  1. Ceritanya menarik ini

    ReplyDelete
  2. Aku tuh punya bukunya, ama yg sekuel sebelumnya juga, tapi blm dibaca 🤣🤣🤣. Kebiasaan sih, beli buku laper mata doang, jadi numpuk abis itu 😄😁

    Tapi ntr mau aku baca kok. Setelah baca review dari mba, juga makin tertarik. 👍. Kadang buku slice of life gini enak dibaca di saat memang butuh bacaan yg ringan aja

    ReplyDelete

Tulis komentarmu dengan bahasa yang sopan dan tinggalkan Nama/URL yaa, biar bisa langsung saya BW :)

Custom Post Signature

Custom Post  Signature