16 February 2024

Pasar Tradisional yang Wajib Dikunjungi di Yogyakarta

 
Hari Jumat, beneran deh waktu berlalu begitu cepat sekali, time flies so fast banget yaaa. Tahu-tahu sudah bulan Februari, pertengahan bulan. Masih berasanya di bulan Januari, habis nyelesaiin drama korea My Demon.
 
Biasanya hari Sabtu tuh kalau nggak mager atau kalau memang ada yang harus dibeli di Kang Sayur tapi ternyata nggak datang, aku sama ibu atau aku sendiri ke pasar buat belanja. Dan di kota tempat aku tinggal ini, banyak banget pasar tradisional. Kenapa lebih memilih belanja ke pasar tradisional daripada ke supermarket? Karena bisa berinteraksi dengan pedagang, ngobrolin harga sembako, bisa nawar harga juga, bisa belanja grosiran, bisa jalan-jalan lihat aktivitas para pedagang, para pembeli juga, biasanya harga yang ditawarkan lebih murah juga. Tapi, memang tidak setiap belanjaan aku ke pasar yaa, ada kalanya ke supermarket juga, apalagi kalau mau buat makanan yang bahan dan bumbunya tidak bisa aku temui di pasar, jadi aku belanja ke supermarket.
 
Baca juga Jalan Santai
 
Di kotaku sendiri, Yogyakarta, ada beberapa pasar tradisional yang wajib banget buat kamu kunjungi kala bermain atau berkunjung ke Yogyakarta. Mana aja nih?
 
Pasar Beringharjo
 
pict by OkeOceNews

Pasar Beringharjo merupakan salah satu pasar tradisional tertua dan terbesar di Yogyakarta. Di sini, kamu akan menemukan segala sesuatu mulai dari hasil pertanian lokal hingga kerajinan tangan tradisional, pakaian, tekstil hingga makanan dan oleh-oleh. Di pasar ini terkenal dengan penjual-penjual yang ramah dan semangat serta berbagai macam barang yang ditawarkan dengan harga yang terjangkau, selain itu keramahan pedagangnya membuat suasana pasar semakin hidup.

Pasar Ngasem

Pasar Ngasem terletak di dekat Keraton Yogyakarta dan merupakan tempat yang tepat untuk mencari oleh-oleh dan barang antik. Di sini, Anda akan menemukan berbagai macam kerajinan tangan, tekstil tradisional, dan barang-barang unik lainnya. Selain itu, ada banyak jajanan tradisional yang ditawarkan oleh pedagang di sekitar pasar. Hmm, rindu berburu kulineran disini kan jadinya.
 
Pasar Kotagede

Pasar Kotagede adalah pasar tradisional yang terletak di daerah Kotagede, Yogyakarta. Pasar ini terkenal dengan berbagai macam barang antik dan barang-barang seni yang ditawarkan oleh para pedagangnya. Selain itu, pasar ini juga merupakan tempat yang tepat untuk mencari perhiasan dan aksesoris tradisional.
 
Pasar Klithikan Pakuncen

Pasar Klithikan Pakuncen adalah pasar tradisional yang terletak di daerah Pakuncen, Yogyakarta. Pasar ini terkenal dengan berbagai macam barang antik dan barang-barang seni yang ditawarkan oleh para pedagangnya. Selain itu, pasar ini juga merupakan tempat yang tepat untuk mencari perhiasan dan aksesoris tradisional.

Pasar Giwangan

Pasar Giwangan adalah pasar tradisional yang terletak di daerah Giwangan, Yogyakarta. Pasar ini terkenal dengan berbagai macam sayuran, buah-buahan, dan rempah-rempah segar yang ditawarkan oleh para pedagangnya. Pasar ini juga merupakan tempat yang tepat untuk mencari bahan-bahan masakan tradisional.
 
Pasar Tanaman Hias dan Hewan
 
Pasar Pasthy ini terletak di Jalan Bantul, perbatasan antara kota Bantul dan kota Yogyakarta. Di pasar ini kamu bisa mendapatkan berbagai macam tanaman hias dan hewan-hewan yang mungkin bisa kamu jadikan sebagai peliharaan kamu, seperti misalnya kucing, kelinci, ular, burung, dan lain-lain. 
 
So, ketika kamu merencanakan untuk berkunjung, mampir atau liburan ke Yogyakarta, kamu bisa masukkan salah satu atau semuanya ke dalam itinerary kamu. Selain untuk membantu perekonomian para pedagang, juga bisa menjadi sarana tempat kamu healing. Hanya jalan-jalan, ngobrol, lihat aktivitas pedagang dan pembeli sudah menjadi sarana healing kamu lho. Ini aku belajar dari seseorang yang aku temui saat aku dalam perjalanan ke Solo naik KRL, seorang ibu yang tanpa ragu mengobrol denganku, untuk berbagi pengalaman. Kata beliau saat itu, "Healing itu nggak perlu jauh-jauh, mbak, dari rumah. Kalau di sekitar rumahnya ada pasar bisa kesana, sambil jalan-jalan lihat aktivitas pedagang dan pembeli atau sekadar ngobrol dengan pedagang udah bisa buat pikiran terbuka, karena mungkin saja kita butuh healing karena pikiran kita saat itu penuh sekali dengan berbagai masalah atau pekerjaan. Dengan ngobrol sama orang asing saja, bisa jadi kita mendapatkan insight atau penyegaran tanpa disangka-sangka. Itu sih yang biasanya saya lakukan kalau saya mau healing di tempat yang dekat dengan rumah saya."
 
Kalau kamu, pasar tradisional di kota kamu yang sudah sering kamu kunjungi mana saja nih?
Be First to Post Comment !
Post a Comment

Tulis komentarmu dengan bahasa yang sopan dan tinggalkan Nama/URL yaa, biar bisa langsung saya BW :)

Custom Post Signature

Custom Post  Signature